earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Klaten dengan sejuta pesona wisatanya tentu layak menjadi target untuk berwisata. Anda tak hanya akan disuguhi dengan situs candi saja, melainkan juga wisata alam yang menakjubkan. Rowo Jombor salah satunya.

Tempat wisata ini terbilang unik berkat hadirnya warung-warung apung yang menjajakan berbagai kuliner di atas permukaan air.

Tentu saja warung makan ini menjadi daya tarik yang selalu diminati oleh pengunjung. Sembari bersantap Anda dapat bersantai menikmati keindahan rawa.

Sekilas Tentang Rowo Jombor

Rawa alami ini memiliki kedalaman sekitar 4.5 meter dan panjang sekitar 7.5 KM. Daya tampung rawa ini mencapai 4.000.000 meter kubik. Kapasitas besar ini menjadikan rawa ini sebagai salah satu sumber irigasi di Klaten.

Selain berperan sebagai sumber irigasi, rawa ini juga kini menjadi sebuah objek wisata terkenal di Klaten seperti Umbul Ponggok.

Menurut penuturan dari salah seorang warga sekitar, sebelum menjadi rawa, area ini dulunya merupakan sebuah perkampungan. Pemda setempat lalu mengubah perkampungan ini menjadi sebuah rawa.

Tujuannya adalah untuk menampung air dari beberapa sungai sebagai upaya pengendalian banjir. Selain itu, jutaan kubik airnya juga berfungsi sebagai cadangan persediaan air selama musim kemarau.

Lalu kini pemanfaatan rawa juga bertambah untuk keperluan-keperluan lain, seperti budidaya ikan dan pariwisata.

Terkait dengan pariwisata, situs sejarah, pusat kerajinan, museum pertanian, dan sarana pendukung wisata lainnya juga bisa Anda temukan di sini.

Harga Tiket Rowo Jombor

Objek wisata ini masuk dalam kategori tempat wisata Klaten murah meriah. Tiket masuk objek wisata ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Begitu juga dengan biaya parkir kendaraan.

Berikut kami informasikan harga tiket dan tarif parkir terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00/ orang
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Apabila Anda berniat untuk mengunjungi tempat ini saat akhir pekan atau saat liburan nasional, ada baiknya Anda siapkan budget lebih.

Sebab, kemungkinan akan ada kenaikan harga tiket dan tarif parkir. Meski kenaikannya sendiri tidak signifikan.

Daya Tarik Wisata Rowo Jombor

rowo jombor klaten

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sama halnya dengan kawasan wisata Umbul Manten, wisata rawa ini juga memiliki daya tarik yang siap mencuri hati para pengunjungnya. Berikut kami ulas secara singkat beberapa daya tarik utama rawa cantik ini.

Panorama Khas Perbukitan di Sekelilingnya

Dengan luas lebih dari 180 Ha, rawa ini menyajikan panorama alam yang benar-benar asri. Suasana terasa sangat sejuk dengan perbukitan yang terlihat mengelilingi rawa.

Sesekali pengunjung akan melihat warga setempat yang sibuk mencari ikan di rawa. Ada juga yang terlihat sedang mengangkat keramba-keramba ikan.

Warung Apung

Jika Lembang terkenal dengan floating market-nya, lain lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Pengunjung akan disambut oleh ratusan warung apung yang menjadi ikon wisata rawa ini.

Hampir semua warung apung di sini menjajakan hasil tangkapan para nelayan. Menariknya lagi, menu-menu makanan yang ditawarkan berupa ikan-ikan segar yang diambil langsung dari rawa.

Selain berbagai olahan ikan segar, terdapat menu-menu lainnya yang tak kalah lezat. Makanan khas Solo seperti Sego Gudangan juga tersedia di warung-warung apung ini.

Suguhan Pemandangan Bukit Sidoguro

Tepat di sebelah rawa, terdapat sebuah bukit yang terkenal keindahannya. Namanya adalah Bukit Sidoguro. Di puncak bukit ini, Anda dapat selfie atau foto biasa dengan latar rawa indah ini.

Tempat Pemancingan

Anda yang gemar memancing, wisata rawa ini adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Soal peralatan memancing, Anda tak perlu repot membawanya dari rumah. Pihak pengelola wisata telah menyiapkan pusat sewa alat pancing dengan harga sewa yang terjangkau.

Kereta Mini dan Sepeda Air

Cukup bermodalkan uang Rp5.000,00 saja per orang, Anda dapat menyewa wahana sepeda air atau kereta mini untuk mengelilingi area rawa ini.

Fasilitas di Rowo Jombor

Pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas umum untuk para pengunjung yang ingin liburan di wisata rawa ini. Tempat parkir, misalnya, memiliki area yang sangat luas. Jadi, pengunjung bebas ingin parkir di titik yang mana saja.

Mushola tentu juga tersedia di sini. Untuk mempermudah pengunjung yang ingin menjalankan sholat, pihak pengelola telah menyediakan tempat wudhu dan perlengkapan sholat (mukena, sarung, dan sajadah).

Toilet untuk keperluan BAK dan BAB juga tersedia di sini. Beberapa toilet bisa Anda jumpai di warung-warung makan.

Anda juga dapat memanfaatkan gazebo-gazebo yang terletak di Bukit Sidoguro. Biasanya pengunjung menjadikan gazebo-gazebo ini sebagai tempat untuk beristirahat setelah lelah menaiki bukit.

Fasilitas lainnya yaitu pusat jual jajanan yang mudah dijumpai di pinggir jalan. Aneka jajanan bisa Anda beli di sini, termasuk gorengan khas Klaten yang dinamakan Kapelan.

Anda bisa jadikan Kapelan ini sebagai oleh-oleh untuk saudara di rumah meski tidak setenar oleh-oleh khas Solo lainya. Rasanya yang gurih-asin dan teksturnya yang kriuk di luar dan empuk di dalam pasti sangat disukai oleh orang di rumah.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Rowo Jombor

Jika Anda berminat untuk di sini, silahkan Anda datangi alamat ini: Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Kota Solo.

Ada beberapa opsi rute menuju ke alamat di atas. Namun ada satu rute terbaik yang bisa Anda coba. Rute ini dimulai dari Kota Klaten lalu lurus saja menuju ke Jalan Raya Kalikebo.

Selanjutnya belok kanan dan lurus ke arah Jalan Raya Wiro. Setelah melewati 4 belokan, Anda akan segera sampai di Kecamatan Bayat. Nah, dari sini lurus saja hingga tiba di lokasi wisata rawa ini.

Mungkin bagi pengunjung yang bukan berasal dari Klaten akan sedikit bingung dengan rute di atas. Anda bisa gunakan jasa rental mobil untuk mempermudah perjalanan Anda.

Salsa Wisata dengan pilihan paket rental mobil terlengkap siap memfasilitasi Anda. Karena track menuju wisata rawa ini adalah track biasa, Anda dapat memilih tipe mobil sewa apa saja.

Rental mobil Klaten adalah satu yang paling direkomendasikan. Sebab, harga sewa murah dan mampu menampung kapasitas 7 penumpang.

Jam Operasional Rowo Jombor

Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 09.00 sampai jam 21.00 WIB. Waktu kunjungan terbaik adalah pagi hari karena selain relatif sepi, udara di sekitar tempat wisata juga masih sejuk, segar, dan bersih.

Untuk perjalanan traveling yang praktis, efektif, dan berkualitas di Rowo Jombor, Salsa Wisata Travel Organizer tentu menjadi rekomendasi terbaik.

Dengan memilih paket traveling yang tepat, tentu acara liburan Anda akan menjadi momen yang tak terlupakan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)