earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Mari isi libur akhir pekan ini dengan mengunjungi sentra seni budaya di Bandung. Apalagi jika bukan Saung Angklung Udjo.

Tempat wisata Bandung untuk anak satu ini sungguh menarik karena menampilkan kekayaan budaya asli Sunda, khususnya seni musik tradisional Sunda.

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyuguhkan instrumen musik Angklung sebagai daya tarik utamanya.

Wisatawan yang hadir di sini, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan dapat berkesempatan untuk mengenal lebih detail seputar Angklung.

Bahkan di waktu tertentu, ada momen di mana di tempat ini akan menampilkan live performance permainan musik Angklung. Benar-benar menarik, bukan?

Sekilas Tentang Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo sendiri merupakan salah satu rekomendasi destinasi wisata edukatif di Bandung selain Museum Geologi Bandung.

Tempat ini didirikan oleh sang pemilik waktu itu, yaitu Udjo Ngalagena atau familiar dipanggil Mang Udjo. Beliau membangun saung khusus untuk Angklung ini bersama sang istri pada tahun 1966 silam.

Hobi dan ketertarikan beliau dengan budaya Sunda menjadi sejarah dan latar belakang keduanya untuk mendirikan saung ini.

Saung Udjo ini semacam ruang khusus untuk mengenalkan sekaligus melestarikan budaya dan seni tradisional Sunda.

Destinasi wisata edukasi dan rekreasi ini mempunyai fasilitas khusus seperti bale pertunjukan seni. Selain itu ada juga ruang pameran aneka macam karya kerajinan berbahan bambu.

Kerennya lagi, pengunjung juga boleh mengikuti program workshop terkait dengan alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu.

Rupanya tempat ini tak sekedar fokus pada program pelestarian seni dan budaya Sunda saja. Kawasan wisata ini juga semakin menarik dengan suguhan alam yang menakjubkan.

Sekalinya memasuki area rekreasi dan edukasi ini, udara segar khas pegunungan akan menyambut setiap pengunjung. Pemandangan asri dan hijau khas Bandung Timur juga nampak jelas di mata para pengunjung.

Suasana tenang juga seketika hadir saat memasuki lokasi wisata ini. Anda tak perlu lagi pindah ke tempat wisata terdekat seperti Cikole atau Lembang hanya untuk memburu suasana yang menenangkan jiwa.

Daya Tarik Saung Angklung Udjo

Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Situs wisata edukasi ini menawarkan aktivitas dan daya tarik yang lain daripada yang lain. Seperti apa daya tarik dan juga aktivitas yang dibilang seru dan unik ini? Langsung simak informasinya di bawah ini.

Interior Saung yang Unik

Daya tarik pertama yang akan kami bahas adalah bagian interior saung yang sangat khas dan benar-benar mempresentasikan seni Sunda.

Pada bagian interior bangunan, sangat terlihat jelas bahwa material bambu begitu mendominasi. Pilihan dekorasinya juga pas dan sangat cocok dengan gaya interior ruangannya.

Terkadang ornamen yang juga terbuat dari bambu tak sengaja berbunyi akibat terkena angin seketika menggambarkan keseimbangan antara alam dan budaya.

Memainkan Karya Seni Asli Sunda

Ada begitu banyak karya seni asli Sunda yang bisa Anda mainkan di sini. Salah satunya adalah Wayang Golek. Pertunjukan Wayang Golek ini biasanya menjadi pertunjukan pembuka di bale pertunjukan.

Menjelang akhir pertunjukan biasanya sang dalang akan menyampaikan pesan moral kepada para audiens. Pertunjukan Wayang Golek ini biasanya akan berlangsung selama 10-20 menit saja.

Selain pertunjukan Wayang Golek, audiens juga akan mendapatkan hiburan dari rangkaian pertunjukan seni lainnya. Contohnya adalah Tari Topeng, Helaran, dan musik orkestra Angklung.

Menariknya lagi, di sini ada sesi bermain Angklung bersama di mana akan ada puluhan anak didik yang memainkan Angklung sesuai dengan aba-aba dirigen.

Menarikan Tarian Tradisional

Kapan lagi Anda memiliki kesempatan untuk menarikan tarian tradisional Jawa Barat jika tidak di saung ini. Anda para wisatawan cukup meniru gerakan para penari dan sesuaikan gerakan tarian Anda dengan musiknya.

Kegiatan menari ini tentu sangat menarik, terutama bagi anak-anak karena mereka akan teredukasi. Mereka juga dapat mulai mengenal tarian tradisional Sunda hanya dengan menyaksikan performa ini.

Jadi, wisata edukasi dan rekreasi bagi anak tidak melulu harus mengunjungi Lembang Park Zoo saja. Saung milik Mang Udjo ini juga sangat recommended.

Cicip Kuliner di Dapoer Angklung

Keseruan liburan di tempat wisata ini memang tidak pernah ada habisnya. Setelah puas dengan berbagai macam pertunjukan seni dan budaya, Anda akan mendapatkan suguhan menarik lainnya, yaitu kuliner.

Aneka ragam kuliner tersedia di Dapoer Angklung. Menu yang ditawarkan sangat variatif, mulai dari jajanan hingga makan besar. Menu jajanan yang paling favorit adalah siomay dan batagor.

Sedang untuk menu hidangan utama, western foods terlihat lebih mendominasi dibanding makanan khas Bandung legendaris.

Memborong Souvenir

Di akhir kunjungan wisata, biasanya para wisatawan akan beramai-ramai berbelanja merchandise atau souvenir. Kebetulan di sini terdapat pusat toko souvenir besar yang menjual berbagai jenis souvenir khas Sunda.

Produk souvenir yang dijual di sini antara lain kipas, gantungan kunci, gelang, kaos, tas, sandal, dan bahkan miniatur Angklung.

Tak usah khawatir soal harga karena tiap jenis produk souvenir ini dijual dengan harga yang terjangkau. Anda pun dapat membeli souvenir dalam jumlah banyak sebagai oleh-oleh khas Bandung yang lagi hits.

Selain kegiatan-kegiatan seru di atas, Anda juga bebas berpose dan berekspresi di spot-spot foto menarik.

Bagi yang hobi nyanyi, ada sesi bernyanyi bersama di saung ini. Adapun daftar lagu yang kerap dinyanyikan adalah lagu-lagu daerah dan lagu anak-anak.

Fasilitas Saung Angklung Udjo

Fasilitas Saung Angklung Udjo

Tempat wisata seni dan budaya Sunda ini mempunyai beragam fasilitas yang sangat memadai dan lengkap. Salah satunya adalah fasilitas Buruan Sari Asih, yaitu tempat untuk beristirahat dan bersantai dengan dukungan suasana Sunda.

Fasilitas lainnya adalah Sentra Penyuluhan Kehutanan. Untuk fasilitas ini, peranannya adalah sebagai pusat kegiatan penyuluhan untuk menanam, menjaga, dan melestarikan pohon demi kesehatan lingkungan alam.

Selanjutnya ada fasilitas Bale Karesemen, yaitu tempat untuk berkumpul sekaligus untuk pertunjukan seni. Selain beberapa fasilitas penunjang di atas, spot wisata bernuansa Sunda ini tentunya juga memiliki fasilitas penting layaknya di tempat wisata lain.

Sebut saja toilet umum, tempat parkir, mushola, dan restoran sebagai opsi pusat wisata kuliner Bandung terdekat.

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

Tiket masuk wisata edukasi ini bisa dikatakan cukup mahal. Akan tetapi sangat wajar mengingat daya tarik dan fasilitas yang disuguhkan begitu lengkap.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp85.000,00 (Wisatawan Domestik Dewasa)

Rp60.000,00 (Wisatawan Domestik Anak-anak)

Rp120.000,00 (Wisman Dewasa)

Rp85.000,00 (Wisman Anak-anak)

Rp60.000,00 (Pelajar)

Lokasi dan Rute Menuju Saung Angklung Udjo

Lokasi Saung Angklung Udjo

Alamat lengkap wisata edukasi Bandung ini berada di Jalan Padasuka No.118, Bandung, Jawa Barat. Cukup berkendara 23 menit saja untuk tiba di alamat di atas dengan catatan Anda berangkat dari pusat Kota Bandung.

Adapun rute yang digunakan yaitu melalui Jalan Phh. Mustofa atau Jalan A. Yani lalu ke Jalan Padasuka. Jika Anda adalah wisatawan luar kota yang sangat awam dengan rute di atas, saran kami adalah gunakan jasa rental mobil dari Salsa Wisata.

Ada banyak rekomendasi paket rental mobil matic murah yang kami tawarkan kepada Anda. Salah satu yang terbaik adalah paket rental Alphard di Bandung 24 jam dengan supir.

Jam Operasional Saung Angklung Udjo

Untuk jam buka, dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB, sedang jam pertunjukan dimulai pada pukul 10.00, 13.00 dan pukul 15.30 WIB.

Terdengar sangat menarik, bukan? Mari lestarikan budaya lokal Indonesia dengan mengunjungi tempat wisata edukatif seperti tempat wisata edukasi Bandung yang satu ini.

Ikuti layanan paket liburan keluarga ke Bandung, rombongan, atau perorangan dari Salsa Wisata untuk jelajah budaya seru nan asik.

Cukup reservasi via call center atau online di situs resmi kami, lalu bersiaplah untuk bermain Angklung, menari dan bernyanyi bersama di Saung Angklung Udjo.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)