SalSari Resto & Coffee

Jika Anda menyukai tempat-tempat bernuansa vintage yang kaya akan sejarah, Anda bisa mencoba mengunjungi Semarang Tawang.

Tawang sendiri sebenarnya merupakan stasiun kereta api utama di kota Semarang yang memang sudah berdiri sejak zaman Belanda. Jadi, tak heran bisa bangunan bergaya Indische ini memiliki banyak sejarah.

Walau bangunan ini merupakan stasiun kereta api, namun karena sejarahnya tempat ini pun menjadi salah satu lokasi wisata unik di Semarang. Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir untuk melihat kemegahan stasiun ini ya!

Sejarah Singkat Semarang Tawang

Sejarah Semarang Tawang

Stasiun Tawang merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di kota Semarang. Letaknya tak begitu jauh dari Kota Lama Semarang dan berada di ketinggian lebih dari 2 meter di atas permukaan air laut.

Namanya sendiri berasal dari nama kampung yang berada tak begitu jauh dari lokasi stasiun, yaitu Kampung Tawangsari. Stasiun ini merupakan stasiun utama di Semarang dan pertama kali diresmikan pada tahun 1914.

Arsitek yang mendesain bangunan stasiun ini bernama Sloth-Blauwboer yang merupakan pria Belanda. Dulu, stasiun ini sering terendam banjir, sampai kemudian dibangunnya polder yang berfungsi sebagai penahan air bah.

Dibangun dengan kerangka beton bertulang, stasiun ini memiliki 3 peron dan 8 jalur. Layanan operasinya termasuk beberapa kereta yang terkenal, seperti Argo Sindoro, Argo Muria, Argo Bromo Anggrek, Argo Sembrani, Argo Gumarang dan masih banyak lagi.

Bentuk stasiun ini memanjang hingga sekitar 175 meter. Bagian tengah yang merupakan vocal point sengaja dibangun lebih tinggi. Di bangunan utamanya terdapat sebuah kubah besar berbentuk persegi dan berlapis tembaga.

Bagian dalam bangunan utama ini memiliki langit-langit yang tinggi dengan pilar-pilar penyangga. Sekilas tampak seperti desain interior rumah adat Jawa.

Pada masa kemerdekaan, perjalanan kereta api luar biasa (KLB) dilakukan di stasiun ini. Perjalanan pertama dilakukan pada 10 September 1945, ketika para pemuda dan pekerja kereta api di Semarang melakukan perjalanan ke Bandung untuk membuktikan kepada para pimpinan Indonesia di kantor pusat Bandung bahwa perkeretaapian di seluruh Jawa Tengah sudah berhasil dikuasai Indonesia.

Perjalanan kedua dilaksanakan pada Oktober 1945. Pada saat itu, Presiden Soekarno dan Sekneg Gafar Pringgodigdo datang ke Semarang untuk berunding mengenai gencatan Pertempuran Lima Hari Semarang. Pada peristiwa ini, pekerja Stasiun Tawang dengan sigap membantu mengungsikan 15 lokomotif kiriman dari Stasiun Poncol untuk diteruskan menuju Kedungjati.

Rute Menuju Lokasi Semarang Tawang

Lokasi tepatnya Stasiun Tawang ini ada di Jl. Taman Tawang No.1, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Letaknya tidak begitu jauh dari Pasar Johar dan Kota Lama Semarang. Anda bisa mencapai stasiun ini dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Untuk lebih mudahnya bisa dengan menggunakan Google Maps. Adapun untuk peta lokasi Stasiun Semarang Tawang ada di sini.

Anda bisa datang menggunakan layanan rental mobil innova zenix Semarang pada agen travel organizer yang terpercaya, Salsa Wisata. Anda bisa memilih untuk bepergian dengan supir atau lepas kunci. Dengan begitu, perjalanan wisata akan semakin efektif dan nyaman.

Jam Buka Semarang Tawang

Jam Operasional Pukul
Senin – Minggu 24 Jam

Harga Tiket Masuk Semarang Tawang

Tidak ada harga tiket masuk yang Anda perlu bayarkan untuk datang berkunjung ke stasiun penuh cerita ini. Anda juga bisa mempersiapkan budget untuk membeli oleh-oleh khas Semarang selain makanan atau berwisata kuliner. Sebab, di sekitar stasiun ini terdapat beberapa spot wisata yang unik dan menarik.

Fasilitas di Semarang Tawang

fasilitas Semarang Tawang

Secara keseluruhan, fasilitas penunjang yang tersedia di Stasiun Tawang sudah memadai. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di dalamnya.

  • Parkiran
  • Minimarket
  • Toilet umum
  • Klinik kesehatan
  • ATM
  • Ruang tunggu
  • Masjid

Daya Tarik di Semarang Tawang

Daya tarik Semarang Tawang

Melodi Penyambutan Kereta Api

Daya tarik utama dari stasiun ini adalah melodi penyambutan kereta apinya yang sangat unik.

Melodi tersebut berupa lagu instrumental Gambang Semarang karya Sidik Pramono dan Oey Yok Siang. Jika ada kereta api yang datang, maka Anda pasti akan mendengar melodi ini.

Sebenarnya, lagu Gambang Semarang ini juga diperdengarkan di Stasiun Poncol. Hanya saja bedanya melodi ini terdengar saat kereta akan melintas, datang dan berangkat dari Stasiun Poncol.

Monumen Lokomotif dan Patung Ir. Soekarno

Di depan bangunan stasiun, tepat di sebelah polder, terdapat monumen lokomotif D301 59 yang dihiasi lampu berwarna-warni dan air mancur menari.

Lampu dan air mancur menari ini tentu saja hanya dapat dinikmati pada malam hari. Jadi, pastikan Anda mengunjungi lokasi stasiun ini pada malam hari juga agar bisa mengabadikan momen unik tersebut.

Selain itu, di tengah polder juga terdapat patung Ir. Soekarno, proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia. Patung ini memiliki tinggi yang mencapai 18,5 meter. Tampak sangat megah dengan berlatarkan langit dan Stasiun Tawang.

Polder Tawang

Tepat di depan Stasiun Semarang Tawang, terdapat sebuah kolam penampungan air. Kolam ini disebut sebagai polder. Fungsinya untuk menjaga agar pada saat musim hujan daerah sekitar tidak akan kebanjiran.

Sebenarnya polder ini dulunya termasuk dalam kawasan Kota Tua Semarang. Pada saat itu, polder ini masih berupa lapangan luas yang kerap menjadi sarana rekreasi atau olahraga masyarakat. Bahkan, lapangan ini juga suka untuk sarana terapi fisik untuk pasien Rumah Sakit Jiwa Semarang.

Sekarang, lapangan tersebut sudah menjadi polder. Biasanya, lokasi ini akan mulai semarak menjelang malam. Masyarakat datang berbondong-bondong untuk berkumpul bersama komunitas sambil menikmati makanan pinggir jalan khas Semarang.

Nah, itu adalah beberapa daya tarik yang bisa Anda dapatkan di Semarang Tawang. Di sekitar kawasan ini juga masih ada beberapa tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi, seperti Lawang Sewu, Kota Lama Semarang, Pasar Johar dan masih banyak lagi.

Agar perjalanan lebih efektif dan lengkap, Anda juga bisa memilih paket tour Semarang murah yang sudah termasuk kunjungan ke beberapa lokasi wisata. Terutama bila Anda datang bersama keluarga. Dengan begitu, liburan akan semakin seru dan mengasyikkan!

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)