earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kawasan wisata Gunung Bromo memang istimewa. Spot wisata yang tersaji tidak pernah gagal. Sebaliknya, para wisatawan selalu dibuat takjub dengan spot-spot wisata yang ada. Seruni Point adalah salah satunya.

Seruni Point berupa spot khusus untuk menyaksikan proses matahari terbit dari balik Bromo. Sunrise point ini masuk dalam area Bukit Penanjakan yang juga kini menjadi objek wisata.

Karena lokasinya berada di Bukit Penanjakan, sunrise point ini kemudian sering disebut juga dengan nama beken Penanjakan 2.

Bagi Anda yang belum pernah menginjakan kaki di sini pasti sangat penasaran dengan tempat ini, bukan? Berikut kami bagikan info singkat tentang tempat ini.

Sekilas Tentang Seruni Point

Titik Seruni merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang terletak di ketinggian Probolinggo. Tempat ini menjadi salah satu fasilitas pendukung untuk wisatawan yang gemar ‘berburu’ mentari pagi di kawasan Bromo.

Area ini menjadi salah satu rekomendasi sunrise point terbaik di Probolinggo dan Jawa Timur pada umumnya. Sunrise yang terlihat dari titik ini sangat istimewa karena berhiaskan Bromo, Semeru, dan Gunung Ijen.

Terletak di ketinggian 2.436 mdpl membuat keindahannya tidak kalah dari tempat wisata Malang serupa. Sehingga wajar bila tempat ini menjadi salah satu primadona di kawasan Gunung Bromo dan Semeru.

Sekedar informasi, sunrise point di Bromo lainnya memiliki ketinggian sedikit di bawah Seruni, yaitu tepatnya 2.329 mdpl.

Nama Seruni sendiri memiliki arti ‘bunga’ dalam Bahasa Jawa. Namun ada juga yang mengartikan Seruni sebagai jenis tumbuhan yang tumbuh di pantai.

Nama Seruni juga sangat umum digunakan sebagai nama anak perempuan Jawa. Jadi, dari arti-arti di atas, sebenarnya tidak memiliki keterkaitan antara makna dan fungsi tempat ini.

Harga Tiket Masuk Seruni Point

Seruni Point Bromo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Untuk melihat sunrise tercantik di Puncak Seruni ini, Anda tak perlu membayar mahal. Tiket untuk memasuki lokasi wisata ini bisa Anda tebus dengan harga yang sangat murah.

Selain tiket, ada juga biaya-biaya lainnya di luar biaya pembelian tiket masuk. Contohnya saja adalah biaya toilet dan biaya sewa kuda. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang
Toilet Rp5.000,00 per orang
Sewa Kuda Rp100.000,00 – Rp150.000,00 (PP)

Tarif tiket masuk bisa berubah sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Harga tiket juga bisa mengalami kenaikan selama libur akhir pekan dan libur nasional.

Nah, untuk biaya sewa kuda, cakupan rute-nya meliputi area Gunung Pananjakan, Bukit Teletubbies, dan sekitarnya.

Daya Tarik Seruni Point

Wisata Seruni Point Bromo

Ada dua daya tarik utama yang sifatnya paripurna di tempat ini, yaitu view golden sunrise dan empat buah pilar Tugu Brawijaya.

Kemudian gambaran Puncak Seruni yang disamakan dengan The Great Wall di China menjadi daya tarik lainnya.

Golden Sunrise

Puncak Seruni adalah lokasi terbaik untuk menyaksikan momen terbitnya mentari dengan latar Bromo. View ini akan terlihat sangat epic dengan angle lebih tinggi dari Bromo.

Anda tak hanya mendapatkan view sunrise yang super cantik, melainkan juga mendapatkan bonus pemandangan kawah Bromo yang berhiaskan langit jingga.

4 Pilar Tugu Brawijaya

Selain puncak, ada satu lagi spot yang selalu menjadi rebutan para wisatawan. Tentu saja spot tersebut adalah empat buah pilar Tugu Brawijaya.

Sebenarnya, keempat pilar ini adalah penanda puncak Seruni. Namun banyak wisatawan yang juga menjadikan pilar-pilar ini sebagai spot foto.

Mengapa Tugu Brawijaya? Situs Tugu Brawijaya adalah sebuah simbol kejayaan Kerajaan Majapahit. Pilar-pilar ini dibangun dengan menggunakan dana APBN 5 miliar rupiah.

Empat pilar ini menjadi satu-satunya bangunan megah di Desa Ngadisari. Tugu Brawijaya ini kemudian diresmikan pada tanggal 18 Desember 2018 lalu oleh Bupati Probolinggo.

The Great Wall Bromo

Nama The Great Wall ini terinspirasi dari situs sejarah Tembok Besar Cina. Julukan ini muncul karena area wisata ini mirip dengan situs wisata sejarah dunia tersebut.

Kawasan wisata Puncak Seruni ini identik dengan bangunan yang besar. Untuk sampai di puncak, Anda memerlukan usaha keras dengan menaiki 256 anak tangga.

Terdapat 7 titik peristirahatan yang dibangun di sepanjang trek menanjak ini. Anda dapat berhenti dan beristirahat sejenak di salah satu titik ini.

Fasilitas di Seruni Point

Ada sejumlah fasilitas yang bisa Anda gunakan. Area parkir menjadi salah satu fasilitas yang ada di tempat wisata ini. Area parkir di sini sangat luas karena memang dibuat untuk memarkirkan kendaraan wisatawan.

Selain area parkir, terdapat juga fasilitas toilet dengan tarif sekali pakai Rp5.000,00.

Masih di area yang sama, Anda akan menjumpai beberapa warung makan. Kedai makan ini sering menjadi incaran para wisatawan yang lapar dan haus setelah puas melihat sunrise di puncak.

Adapun menu yang paling sering dijual adalah mie instan, bakso, teh, dan kopi. Jika Anda beruntung, Anda dapat mencicipi makanan khas Malang atau Probolinggo seperti Sawut Gunung Bromo meski jarang tersedia di sini.

Bagaimana dengan fasilitas penginapan dan mushola? Kedua fasilitas ini tidak tersedia di sini.

Bahkan sekedar camping site untuk berkemah. Tidak ada camping site di lokasi wisata ini karena wisatawan dilarang camping di area ini.

Jika ada wisatawan yang ingin menunaikan sholat, mereka harus menggunakan perlengkapan sholat pribadi, termasuk alas atau sajadah.

Adakah tempat jual oleh-oleh khas Malang yang tahan lama di sini? Mungkin tepatnya jual souvenir khas Bromo. Di beberapa titik, Anda dapat menjumpai banyak penjual souvenir seperti kupluk, syal, sarung tangan, dan masker.

Lokasi & Rute Menuju Seruni Point

Lokasi Seruni Point

Sebelum berangkat ke Puncak Seruni, ada baiknya cek dulu alamatnya. Tempat wisata ini terletak di Cemoro Lawang, Ngadisari, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Rute terbaik agar sampai di Seruni dengan singkat adalah via Kota Probolinggo lalu ke arah Jalan Raya Boto lalu Sukapura dan terakhir ke Bromo yang juga dekat dengan wisata Pasir Berbisik.

Namun Anda harus hati-hati ketika melalui rute ini. Karena ada beberapa titik yang cukup sulit dan hanya driver dengan skill menyetir yang baik yang dapat melaluinya dengan baik.

Seperti halnya sopir dari Salsa Wisata. Dengan bekal skill driving dan pengalaman bertahun-tahun, team driver kami ulung dalam hal trek sulit sekalipun.

Dapatkan layanan driver ini melalui paket rental mobil Salsa Wisata. Pilihan mobilnya pun beragam bisa Anda sesuaikan dengan budget, kapasitas, dan kondisi jalur tempat wisata.

Untuk tipe jalur menuju wisata Puncak Seruni, paket rental hiace premio Malang akan jadi opsi terbaik.

Jam Operasional Seruni Point

Layaknya wisata Bromo dan gunung-gunung lainnya, Puncak Seruni ini buka dari Senin hingga Minggu (setiap hari). Libur tanggal merah tetap buka. Jam operasionalnya sehari penuh alias 24 jam.

Namun penutupan area wisata bisa juga terjadi sesuai dengan keputusan pihak pengelola TNBTS. Jadi, sering-sering cek info terbarunya ya.

Agar selalu update dengan info wisata terkini, termasuk info wisata seputar Puncak Seruni, Anda bisa memanfaatkan paket liburan ke Bromo di Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)