SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jawa Barat adalah salah satu tempat yang biasanya banyak dikunjungi oleh warga Jakarta untuk berlibur bersama keluarga. Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi adalah Setu Patok di Cirebon.

Tempat ini sering ramai didatangi oleh wisatawan baik pada hari biasa maupun akhir pekan. Masyarakat sekitar menjagokan keindahan tempat wisata ini karena pesonanya yang menarik.

Objek wisata alam memang masih menjadi primadona di Indonesia. Selain keindahan pemandangannya, wisata alam juga dipilih karena dapat menyegarkan kembali pikiran pengunjungnya.

Setu ini juga menjadi salah satu objek wisata Jawa Barat khususnya Cirebon yang tidak kalah menarik dibandingkan yang lainnya, sebut saja Bukit Gronggong, Wisata Banyu Panas Palimanan hingga Batu Lawang.

Sekilas Tentang Danau Setu Patok

Setu Patok merupakan tempat wisata di Desa Setu Patok, Mundu, Cirebon. Danau ini terletak di kaki Gunung Ciremai bersama dua danau yang lainnya yaitu Situ Sangiang di Majalengka dan Seto Sedong di Kuningan.

Objek wisata ini memiliki keindahan yang tidak Anda temukan di tempat lain. Tempat ini juga tidak hanya cocok untuk wisata keluarga saja, namun juga kalangan milenial yang ingin berburu spot foto.

Jika beruntung, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Ciremai yang gagah. Oleh sebab itu, lokasi ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda, apalagi jika ingin bersantai di tengah suasana ala,.

Alasan pengunjung pergi ke sini bukan hanya dari pesona alamnya saja. Namun juga lokasinya yang tergolong strategis. Sebab objek wisata ini tidak jauh dari pusat Kota Cirebon.

Apalagi, di sekitar danau ini terdapat berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati oleh penunjang. Bahkan, ada juga berbagai wahana yang disediakan untuk anak-anak sekaligus sebagai salah satu daya tarik utamanya.

Daya Tarik Danau Setu Patok

Danau Setu Patok

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Keindahan panorama Setu Patok membuat danau ini hampir tak pernah sepi pengunjung terlebih lagi saat hari libur. Ciri khas tempat ini terletak pada keberadaan bukit di tengah waduk.

Pengunjung juga sering menikmati pemandangan sore di tempat ini dengan berfoto atau sekedar bersantai. Selain itu, masih banyak lagi daya tarik lain dari tempat wisata satu ini, berikut di antaranya:

Sejarah Setu Patok

Indonesia dikenal dengan kekayaan budaya dan nilai sejarahnya. Hampir setiap tempat memiliki asal-usulnya masing-masing dan dipercaya warga sekitar sebagai legenda, tidak terkecuali dengan Setu Patok.

Sejarah Setu Patok sendiri tak lepas dari keberadaan Sungai Nanggela yang ada di sekitar bendungan. Menurut cerita, dulunya kawasan ini sering terkena dampak luapan dari Sungai Nanggela.

Hal itu menyebabkan daerah di sekitar sungai menjadi langganan banjir saat musim hujan. Hingga suatu hari, seorang tokoh bernama Kyai Ento Rujitnala yang merupakan Keturunan Raja Luwung ini membuat bendungan.

Namun setelah usahanya gagal, dia kemudian membuat sayembara. Setelah itu datanglah pemuda bernama Muqoyyim Seya yang akhirnya membuat patok di beberapa titik bendungan.

Singkat cerita, patok tersebut ternyata mampu membendung air. Hasil bendungan air inilah yang kemudian membentuk setu yang saat ini terkenal di kawasan Cirebon.

Pemandangan Indah Alam Sekitar

Di balik sejarahnya yang panjang, setu ini memiliki keindahan alam sangat indah. Terdapat pepohonan perdu yang menghijaukan pemandangan dan air danau yang tenang.

Hal inilah yang banyak dijadikan pengunjung sebagai sarana untuk mencari ketenangan hati. Rindangnya pepohonan tersebut juga membuat udara menjadi semakin sejuk.

Di tengah waduk, terdapat sebuah pulau kecil yang membuat lokasi ini menjadi sangat eksotik. Sambil bersantai, semua pemandangan ini bisa Anda nikmati dengan tenang bersama teman atau keluarga.

Memanjakan Si Buah Hati di Wahana Bermain

Jika Anda pergi bersama buah hati, ajaklah mereka ke sebuah lokasi yang dikenal dengan nama Ciwalk. Lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata Cirebon paling favorit bagi pengunjung untuk rekreasi bersama keluarga.

Alasannya adalah karena area seluas 30 hektar ini banyak menyediakan wahana permainan, misalnya area outbound sederhana berupa ATV dan Paintball. Selain itu, Anda bisa mengajak si kecil ke kolam renang.

Jika di waduk Anda dan keluarga tidak boleh berenang, maka di kolam ini Anda bisa bermain air sepuasnya. Di lokasi ini, ada sebuah titik di mana pengunjung dapat melihat pesona sunset yang indah.

Mengabadikan Momen Saat Matahari Tenggelam

Bagi sebagian orang berfoto merupakan hal wajib yang harus dilakukan ketika berwisata. Untuk Anda yang berpendapat sama, maka bisa mencari berbagai spot foto menarik untuk dijadikan latar belakang.

Salah satunya area danau cantik dengan pepohonan rindang yang mengelilingi tepiannya. Anda bisa mengambil banyak gambar dan pose sesuai dengan keinginan yang pasti bagus untuk sosial media.

Lalu untuk Anda yang ingin bersantai lebih lama, bisa menikmati sunset atau matahari tenggelam di tempat ini. Sensasi langit sore yang berwarna jingga membuat siapapun yang melihatnya akan dibuat takjub.

Jangan sia-siakan momen tersebut dengan hanya memandanginya saja. Anda bisa mengambil kamera atau handphone untuk mengabadikan momen tersebut atau bergaya dengan latar langit.

Piknik Sembari Memancing Ikan

Jika Anda dan keluarga ingin piknik, maka bisa melakukannya di berbagai area di tempat ini. Sambil menikmati pemandangan, Anda bisa bersantai dan bercengkrama bersama keluarga.

Atau jika Anda ingin merasakan sensasi memancing, juga tersedia sejumlah spot khusus untuk Anda. Memancing di sini lebih seru karena dilakukan sembari menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Jenis ikan yang terdapat di sini juga bervariasi, mulai ikan mujair, gabus, hingga ikan nila. Namun, Anda sebaiknya membawa sendiri karena pihak pengelola tidak menyediakannya.

Fasilitas di Kawasan Setu Patok

Daya Tarik Danau Setu Patok

Ada cukup banyak fasilitas yang tersedia bagi para pengunjung di Setu Patok. Fasilitas pertama yang bisa Anda dapatkan adalah area parkirnya yang luas dan mampu menampung ratusan motor sekaligus.

Selain itu ada juga mushola jika Anda sedang mencari tempat ibadah. Di area Ciwalk sendiri, Anda dapat menemukan deretan warung dan menikmati makanan khas Cirebon bersama dengan keluarga sepuasnya.

Fasilitas lain yang penting adalah kamar mandi atau toilet umum, penginapan, pondok wisata, area outbound, camping area dan kolam renang. Dengan fasilitas itulah, liburan ke tempat ini jadi sangat seru.

Harga Tiket Masuk Setu Patok

Tiket masuk Setu Patok ini masih sangat terjangkau hanya sekitar Rp20.000,00 dan itu pun jika Anda ingin mengunjungi pulau tengahnya. Berikut ini rincian lebih jelasnya:

Retribusi Tarif
Parkir motor Rp3.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Pergi ke pulau tengah Rp20.000,00

Rute Menuju Lokasi Setu Patok

Lokasi Danau Setu Patok

Lokasi Setu Patok terletak di Jl. Raya Banjar Wangunan Kios 2 Banjar Wangunan, Setupatok, Mundu, Cirebon. Rute yang bisa Anda ambil untuk menuju ke danau ini bisa melalui Alun-alun Kota Cirebon.

Dari alun alun, tempat ini hanya berjarak sekitar 12 kilometer dan bisa Anda tempuh dengan waktu tidak lebih dari 30 menit. Dari alun alun, Anda perlu melewati Jl. Cemara, hingga berlanjut terus ke Jl. Kalijaga.

Setelah itu belok kanan setelah melewati jembatan, tepatnya sebelum SMK Negeri 1 Cirebon. Sekitar 1 kilometer dari persimpangan tersebut, Anda bisa lanjut belok kiri menuju Jl. Raya Suci.

Ikuti jalan tersebut hingga melintasi Kantor Kuwu Desa Setu Patok, lalu belok kanan, dari sini Anda sudah dekat ke lokasi. Jika Anda tak ingin repot menghafal rutenya, maka bisa menghubungi Salsa Wisata dan memesan rental mobil Avanza Cirebon.

Jam Buka Setu Patok

Bila Anda ingin pergi ke sini, Setu Patok buka setiap hari selama 24 jam penuh. Jangan khawatir jika Anda sampai ke lokasi malam, karena ada fasilitas berupa penginapan yang bisa Anda nikmati.

Jangan lupa menyempatkan diri untuk mencoba berbagai wisata kuliner Cirebon sebelum Anda pulang. Nikmati pula keseruan lain dengan memanfaatkan layanan dari Salsa Wisata yang akan melayani setiap liburan Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Cirebon, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)