SalSari Resto & Coffee

Dulu, Depok merupakan wilayah Bogor. Namun, pada tahun 1999, Depok melepaskan diri dan menjadi wilayah kota tersendiri. Walau begitu, Kota Depok juga terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang mengasyikkan loh! Salah satunya yaitu Setu Pengasinan.

Seperti juga Bogor, kebanyakan tempat wisata di Depok bernuansa alam sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat. Setu atau danau ini bisa menjadi pilihan Anda untuk bersantai dan rileks tanpa mengeluarkan biaya mahal.

Mau tahu apa saja keseruan yang ada di tempat wisata daerah Depok ini? Yuk, simak ulasan kami berikut ini!

Sejarah Setu Pengasinan

Setu Pengasinan

Setu atau danau Pengasinan yang terletak di Kota Depok merupakan danau buatan. Luasnya sekitar 6 hektar dengan kedalaman 1-4 meter. Danau ini dibuat dengan fungsi sebagai daerah serapan air.

Setu ini terletak di daerah Kelurahan Pengasinan yang pada jaman dulu terkenal sebagai kampung jawara. Sebab, di sini terdapat banyak padepokan dan perguruan silat pada tahun 1960 hingga 1990-an.

Sekarang, setu ini menjadi tempat rekreasi masyarakat karena suasananya yang sejuk dan alami. Dengan biaya yang sangat murah, Anda sudah bisa menikmati keindahan danau sambil berfoto.

Memang tidak terlalu banyak wahana permainan, namun setu ini sudah menjadi salah satu tempat wisata hits di Depok yang terkenal di kalangan masyarakat Kota Depok.

Rute Menuju Setu Pengasinan

Lokasi tempat wisata ini terletak di Jl. Setu Pengasinan Indah No. 27, Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa naik angkot yang menuju Bojongsari lalu turun di Pengasinan. Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan ojek atau kendaraan pribadi hingga lokasi.

Jarak dari jalan raya utama ke lokasi setu memang agak jauh. Oleh sebab itu, akan lebih praktis apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil innova zenix Depok murah.

Jam Operasional Setu Pengasinan

Jam Operasional Pukul
Senin – Minggu 08.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk Setu Pengasinan

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke kawasan setu ini. Namun, Anda perlu mempersiapkan biaya parkir kendaraan.

Namun, walau lahan parkirnya cukup luas, namun disarankan agar Anda datang dengan menggunakan mobil atau sepeda motor saja. Sebab, jalan masuk menuju setu ini cukup sempit sehingga akan sulit untuk dimasuki bus pariwisata.

Selain itu, wahana-wahana yang bisa dinikmati di sini akan membutuhkan biaya kurang lebih Rp5.000,00 sampai Rp10.000,00. Jadi, jangan lupa menyiapkannya juga bila Anda berencana untuk menikmati wahana-wahana ini.

Jangan lupa pula untuk menyiapkan budget berbelanja oleh-oleh khas Depok selain makanan. Sebab, Anda dapat menemukan beberapa toko cendera mata di sekitar kawasan setu ini.

Daya Tarik Setu Pengasinan

daya tarik Setu Pengasinan

Walau tidak terlalu semarak dengan wahana layaknya taman bermain umumnya, Setu Pengasinan tetap memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati.

Hunting Foto Instagramable

Pemandangan di setu ini sangat indah. Airnya kehijauan dan di tepinya ditumbuhi pepohonan. Pada saat sore hari, langit lembayung dan pantulan cahaya matahari di permukaan air menambah keindahan pemandangan.

Beberapa fotografer pemula juga suka mendatangi tempat wisata ini untuk belajar mengambil foto panorama.

Di sini juga terdapat huruf-huruf timbul yang bertuliskan “LOVE DEPOK” dengan hiasan berbentuk hati. Ini merupakan spot favorit anak-anak untuk berfoto.

Wahana Air dan Darat

Di setu ini terdapat beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung dari berbagai kalangan usia. Ada bebek dan perahu kayuh yang bisa Anda naiki untuk mengitari danau.

Kemudian, ada pula sepeda mini dan kereta mini bagi anak-anak yang hendak bermain di tepi danau. Ada pula penjual yang menjajakan buku mewarnai sehingga anak-anak bisa mengisi waktu mereka dengan mewarnai.

Untuk menikmati fasilitas wahana ini, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Tapi tenang saja, biayanya tentu tidak akan membuat kantong bolong.

Oh ya, Anda juga bisa memancing ikan di tepi setu loh! Hanya saja, Anda harus menyiapkan segala keperluan dan peralatannya sendiri, dan hasil tangkapan nanti boleh langsung dibawa pulang.

Menikmati Kuliner Khas

Selain wahana-wahana tersebut, di tepi Setu Pengasinan juga terdapat banyak pedagang asongan yang menjual beragam jajanan khas Depok, seperti cilok, cireng, cimol  dan batagor. Ada pula warung-warung kecil yang menjual beragam minuman, seperti kopi dan jus.

Jika Anda ingin makanan berat, Anda tidak perlu pusing. Sebab, di sekitar kawasan setu terdapat banyak restoran dan rumah makan yang menjual ragam masakan khas Nusantara enak.

Bila musim liburan tiba, lokasi wisata ini akan lebih ramai lagi dengan berbagai pedagang.

Fasilitas di Setu Pengasinan

fasilitas Setu Pengasinan

  • Tempat parkir
  • Wahana permainan
  • Warung makan
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Minimarket
  • Area olahraga

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat ini adalah saat pagi atau sore hari, ketika sinar matahari tidak terlalu terik.

Tidak perlu menggunakan pakaian yang terlalu tebal sebab suhu di sekitar setu justru terbilang hangat. Namun, Anda tetap harus berjaga-jaga membawa payung dan jas hujan bila mendung.

Kenakan juga sepatu yang nyaman agar kaki Anda tidak lecet saat berjalan-jalan di sekitar setu. Berhati-hati pula saat bermain di tengah atau tepi danau agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian, jika Anda tidak terlalu suka keramaian, maka disarankan untuk datang pada weekdays. Karena lokasi tidak terlalu ramai dan Anda bisa menikmati waktu yang ada sepuas hati.

Jika Anda sudah puas bermain di Setu Pengasinan, sempatkan diri untuk menikmati wisata kuliner Depok yang terkenal ya! Manfaatkan layanan paket wisata domestik dari Salsa Wisata untuk menemanimu mengexplorasi tempat wista terkenal di Depok.



By Categories: Depok, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)