SalSari Resto & Coffee

Berkunjung ke Bandung rasanya tak cukup hanya satu hari saja. Sebab, ada banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Selain Kawah Putih, ada juga tempat rekomendasi lainnya, yaitu Situ Cileunca Pangalengan Bandung.

Situ atau danau ini selalu jadi favorit warga Bandung dan sekitarnya saat akhir pekan. Suasana danau yang tenang dan sejuk sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama kawan-kawan atau keluarga.

Sekilas Tentang Situ Cileunca Pangalengan Bandung

alamat situ ciluenca

Situ Cileunca Pangalengan Bandung adalah tempat wisata terkenal yang berada di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Tempat ini adalah destinasi wisata air di Bandung selain Situ Cisanti.

Danau ini adalah salah satu tempat wisata di Bandung terbaru di Bandung bagian Selatan. Tempat ini sejatinya merupakan sebuah danau buatan yang dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Ternyata, danau ini juga menjadi pemisah antara dua wilayah yaitu Desa Pulosari dan Desa Wanasari. Kedalamannya mencapai 17 meter dan luasnya sekitar 1.400 hektar.

Saking luasnya, Anda pasti akan menyangka bahwa danau ini terbentuk secara alami karena tampak menyatu dengan alam sekitar. Suasana di sekitar danau terasa sejuk dan dingin karena berada di ketinggian 1.550 mdpl.

Lokasi Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Alamat Situ Cileunca berada di Jalan Pulosari, Desa Cibuluh, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Aksesnya mudah dan terjangkau oleh mobil, bus, ataupun sepeda motor. 

Jika Anda datang dari luar kota menggunakan mobil, rekomendasi terbaiknya adalah menggunakan jalan tol kemudian keluar di Pintu Tol Soroja. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam.

Setelah keluar tol, lanjutkan perjalanan menuju Pangalengan. Silahkan gunakan aplikasi Google Maps sebagai panduannya. Namun jika ingin lebih efektif, Anda dapat memanfaatkan layanan rental mobil di Salsa Wisata.

Salsa Wisata hadir dengan beragam layanan rental kendaraan. Diantaranya mobil keluarga, mobil mewah seperti rental mobil Alphard Bandung, bahkan bus pariwisata dengan tarif bersahabat.

Jam Buka Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Objek wisata danau buatan ini menerima kunjungan wisatawan dari Senin sampai dengan Minggu serta hari libur nasional. Jam buka Situ Cileunca Pangalengan Bandung ini dari jam 08.00 sampai jam 17.00 WIB.

Sebelum Anda pulang, sempatkan diri untuk membeli oleh-oleh khas Bandung yang lagi hits mulai dari makanan hingga souvenir. Sebab, di sekitar lokasi, ada banyak toko souvenir dan toko oleh-oleh yang siap sambut Anda.

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Tiket masuk Situ Cileunca bervariatif, tergantung usia para wisatawan yang berkunjung. Meski begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan budget terlalu banyak untuk masuk ke kawasan ini.

Berikut adalah daftar biaya mulai dari tiket masuk, outbond, dan rafting di wisata ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Weekdays Rp5.000,00 per orang
Tiket Masuk – Weekend Rp10.000,00 per orang
Outbond Mulai dari Rp150.000,00 sampai Rp450.000,00
Rafting Rp150.000,00

Tarif tiket masuk di atas memang masih tergolong murah. Berbeda dengan biaya kegiatan outbond dan rafting. Namun Anda bisa mendapatkan harga lebih murah bila masuk dalam daftar peserta paket liburan Bandung murah dari Salsa Wisata.

Cukup sekali reservasi paket wisata yang Anda kehendaki, Anda akan mendapatkan harga di bawah harga standard.

Daya Tarik Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Wisata alam Pangalengan Bandung ini adalah tempat rekreasi yang harus Anda kunjungi karena suguhan pesona alamnya. Tidak hanya itu, ada banyak alasan yang membuat Anda harus pergi ke tempat ini.

Berbagai daya tarik tersebut seakan menjadi magnet bagi para pengunjung. Lantas, ada daya tarik apa saja di sini? Berikut infonya:

Sejarah Situ

Tahukah Anda, sejarah Situ Cileunca Pangalengan Bandung ini berawal dari kawasan hutan yang sangat rimbun dan penuh dengan semak-semak. Kawasan ini jarang dijamah oleh penduduk sehingga terasa sepi.

Kemudian tahun 1918, ada seorang keturunan Belanda yang berinisiatif untuk membuat danau di kawasan hutan belantara tersebut. Tujuan pembangunan danau tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar.

Kemudian masyarakat pun memanfaatkan air bersih dari danau itu untuk kebutuhan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, fungsi dari danau pun perlahan beralih.

Kini, situ tersebut digunakan sebagai pembangkit listrik dan juga tempat wisata Pangalengan favorit warga. Bahkan kini tempat ini menawarkan sejumlah area khusus untuk outbond dan rafting.

Panorama Alam

Semua orang sepakat bahwa daya tarik utama dari Situ Cileunca adalah pemandangan alamnya. Tempat ini menyuguhkan panorama alam yang tiada duanya.

Anda akan merasakan suasana sejuk dan pemandangan yang indah ketika berkunjung ke tempat ini. Anda bisa menikmati pemandangan dan berkeliling danau.

Airnya yang jernih juga akan membuat Anda bisa melihat ikan-ikan kecil di dasar danau. Udara di tempat ini juga begitu sejuk sehingga membuat siapapun yang berada di sini pasti akan betah berlama-lama.

Tak heran jika banyak wisatawan yang betah di sini dan memutuskan untuk staycation di villa Situ Cileunca Pangalengan Bandung.

Rafting dan Outbond

situ cileunca rafting

Selain pemandangan alam, kawasan ini juga menawarkan aktivitas yang menyenangkan lainnya. Bagi Anda yang menyukai kegiatan yang memacu adrenalin, cobalah wahana rafting dan outbond di sini.

Jika memilih rafting, Anda akan diajak untuk menyusuri Sungai Palayangan yang merupakan destinasi paling terkenal di area ini. Sebelum mulai rafting Anda, ada petugas yang akan memberikan instruksi kepada Anda.

Setelah itu, perahu yang berisikan 6 orang tersebut akan terjun ke sungai untuk memulai penjelajahan. Anda akan berpetualang selama 1,5 jam dengan mengikuti jalur sepanjang 5 kilometer.

Anda pasti akan menyukai kegiatan ini, sebab Anda bisa berteriak, merasakan dinginnya air dan menikmati serunya mendayung bersama teman-teman.

Wisata Kuliner

Jangan khawatir jika Anda tidak sempat membawa perbekalan dari rumah. Karena di Situ Cileunca, Anda akan menemukan berbagai warung dan tempat makan yang menyediakan menu bervariatif.

Anda bisa memilih menu mulai dari makanan khas Bandung kekinian, makanan ringan, atau hanya memesan minuman hangat. Biasanya, pihak pengelola menyediakan paket makan termasuk dengan berbagai wahana permainan di sana.

Meski begitu, Anda juga bisa membeli makanan langsung di kedai-kedai yang menjual menu-menu favorit Anda.

Fasilitas di Situ Cileunca Pangalengan Bandung

tiket masuk situ cileunca

Situ Cileunca menyediakan fasilitas yang lengkap bagi seluruh pengunjungnya. Anda akan mendapatkan berbagai layanan terbaik, seperti:

  • area parkir kendaraan
  • mushola
  • kamar mandi dan toilet
  • penginapan
  • pusat sewa perlengkapan rafting, outbond, paintball, dll

Siapa yang tak tergiur dengan kelengkapan fasilitas dan banyaknya daya tarik tempat wisata ini? Mungkin Anda adalah salah satu orang yang langsung tertarik dan ingin mengagendakan liburan ke tempat ini.

Jika iya, jangan ragu untuk menggandeng Salsa Wisata sebagai fasilitator liburan Anda. Dengan layanan paket wisata terbaik, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Misal bebas kunjungi destinasi wisata dan wisata kuliner Bandung baru.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)