SalSari Resto & Coffee

Yogyakarta memiliki segudang tempat wisata yang unik dan menarik. Stonehenge Yogyakarta adalah salah satu di antaranya. Objek wisata ini bukan berupa pantai dan juga bukan candi.

Tempat ini sangat unik karena terdiri dari batu-batu raksasa yang tersusun sedemikian rupa seperti kerangka pintu raksasa. Keindahan tempat ini menjadikannya sebagai tempat wisata favorit bagi warga Jogja dan sekitarnya. Seperti apa keunikan tempat ini, simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Stonehenge Yogyakarta

sejarah Stonehenge Yogyakarta

Pernah mendengar Stonehenge, bukan? Ya, bangunan yang sudah ada sejak zaman perunggu dan neolitikum tersebut memang berada di Wiltshire, Inggris.

Meski begitu, Indonesia juga memiliki komplek wisata serupa yang tak kalah menarik, yaitu Stonehenge Yogyakarta. Tempat wisata unik ini berasal dari erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 silam.

Kawasan wisata ini berupa rerumputan hijau seluas kurang lebih 200 meter persegi dan penuh dengan batu-batu raksasa. Meski merupakan hasil buatan tangan manusia, gugusan batu tersebut sangat mirip dengan Stonehenge aslinya di Inggris.

Tinggi batuannya sekitar 4 meter dan tentu saja sangat besar untuk ukuran batu. Banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berfoto sebagai kenang-kenangan.

Lokasi dan Rute Menuju ke Stonehenge Yogyakarta

Lokasi Stonehenge Yogyakarta

Stonehenge Yogyakarta berada di Trutan, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sekitarnya juga terdapat berbagai tempat wisata Sleman yang terkenal.

Untuk bisa sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Aksesnya juga mudah untuk Anda lalui.

Tempat ini berada sekitar 30 kilometer di utara Kota Yogyakarta. Bila Anda berangkat dari pusat kota, maka bisa melalui Gejayan menuju Jalan Kaliurang.

Dari Jalan Kaliurang, Anda perlu mengikuti jalan hingga menemui sebuah tanjakan. Jika Anda sudah menemukan tanjakan maka Anda akan sampai di Kawasan Kaliadem.

Sesampainya di tempat itu, Anda bisa melanjutkan ke sebuah dusun bernama Petung. Dari dusun tersebut, Anda hanya perlu lurus lalu ambil arah timur dan tujuan Anda sampai.

Jika Anda masih bingung, maka bisa menggunakan peta digital atau Google Maps. Selain itu, Anda juga bisa bertanya pada masyarakat sekitar yang melintas untuk mencapai lokasi.

Pilihan bagi Anda yang ingin jalan-jalan ke tempat ini adalah menggunakan layanan rental mobil Avanza Jogja plus driver dari Salsa Wisata. Perjalanan Anda tentu saja akan lebih simpel dan tentunya aman.

Harga Tiket Masuk Stonehenge Yogyakarta

Anda bisa masuk ke Stonehenge Yogyakarta dengan terlebih dahulu membayar tiketnya. Harga tiketnya sendiri termasuk murah dan sangat terjangkau.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp15.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp2.000,00

Jam Operasional Stonehenge Yogyakarta

Stonehenge Yogyakarta buka setiap hari mulai Senin sampai Minggu. Anda juga bisa berkunjung saat akhir pekan atau weekend.

Untuk jam bukanya sendiri dari pukul 07.30 hingga 18.00 WIB. Anda tidak perlu khawatir jika ingin menginap, karena ada banyak hotel bintang 3 murah di Yogyakarta dengan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas di Stonehenge Yogyakarta

fasilitas Stonehenge Yogyakarta

Sebagai tempat wisata yang hits, Stonehenge Yogyakarta menyediakan berbagai fasilitas. Keberadaan fasilitas di tempat ini cukup memanjakan setiap pengunjung yang datang.

Pihak pengelola wisata sendiri menyediakan beberapa fasilitas standar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas yang tersedia terbilang cukup standar, karena objek wisatanya sendiri memang berupa replika Stonehenge di Inggris.

Ada tempat parkir yang luas dan bisa menampung kendaraan dalam jumlah cukup banyak. Selain itu, ada juga toilet untuk laki-laki dan perempuan.

Fasilitas yang paling menonjol tentu saja adalah spot foto instagramable. Sebab tempat ini menjadi surganya penikmat foto dan pengunjung yang gemar berfoto.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Jogja selain gudeg, Anda bisa membelinya di toko-toko yang ada di sekitar wisata. Anda bisa memilih pakaian, makanan atau souvenir menarik.

Daya Tarik Stonehenge Yogyakarta

Stonehenge Yogyakarta telah menjadi objek wisata favorit dengan spot foto yang sangat beragam. Ketinggiannya yang berada di 850 sampai 900 meter di atas permukaan laut membuatnya semakin menarik.

Bebatuan Ala Inggris

wisata Stonehenge Yogyakarta

Meski terbilang cukup baru dari berbagai tempat wisata Jogja hits lainnya, Stonehenge sudah cukup hits di kalangan wisatawan. Apalagi bagi mereka yang suka berburu foto estetik.

Tempat ini menyimpan keindahan berupa gugusan bebatuan ala Inggris yang begitu cantik. Batu-batu tersebut tersusun berjajar dan berdiri tegak.

Bentuknya melingkar dengan hamparan rumput hijau yang mengelilinginya. Batu-batu raksasa tersebut memberikan kesan kuno dan bersejarah.

Sebagian berdiri sendiri atau tunggal, kemudian sebagian lainnya berbentuk gerbang dengan sebuah batu horizontal di atas dua batu penyangga menghadap vertikal.

Pemandangan yang Indah

Pemandangan di Stonehenge Jogja ini begitu memukau. Batuannya tinggi menjulang dengan alas rumput yang tampak hijau.

Anda juga dapat melihat gagahnya Gunung Merapi dari area ini jika cuaca sedang tidak berkabut. Bahkan, Anda bisa berfoto dengan latar pemandangan atau di salah satu sisi Stonehenge, pengunjung dapat berfoto.

Bisa juga dengan berpose dengan latar belakang Gunung Merapi. Hasilnya akan sangat indah, berpadu dengan birunya langit membuat pemandangan begitu memukau.

Spot foto utama di sini sebenarnya adalah batu-batuannya. Ketinggian batu yang mencapai 4 meter bisa menjadi spot foto yang sangat instagramable.

Nah, ada beberapa batu yang memiliki ketinggian mencapai 8 meter. Batu itulah yang sering menjadi spot foto favorit pengunjung.

Nuansa Alami

nuansa alami Stonehenge Yogyakarta

Objek wisata ini awalnya sengaja bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setelah terkena muntahan lava Gunung Merapi.

Namun, di luar hal itu, tempat wisata populer ini justru menyuguhkan panorama alam yang begitu mempesona. Anda bisa merasakannya saat pertama kali sampai di lokasi.

Suasana yang sejuk akan langsung menyambut Anda ketika menginjakkan kaki di sini. Hamparan rumput hijau juga akan memanjakan mata Anda, belum lagi pepohonan yang semakin membuat tempat ini terasa begitu asri.

Panorama Senja

sunset Stonehenge Yogyakarta

Anda tidak perlu buru-buru pulang. Tunggulah hingga sore hari tiba, saat matahari mulai terbenam. Karena momen ini merupakan pemandangan yang cantik dan wajib Anda saksikan sendiri.

Anda bisa melihat keindahan panorama senja yang tiada duanya seperti saat di Candi Borobudur. Dari balik bebatuan, Anda akan melihat pancaran sinar matahari senja berwarna orange kemerahan yang membuat suasana terasa hangat dan eksotis.

Foto Pre-Wedding

prewed Stonehenge Yogyakarta

Tidak hanya pengunjung yang berfoto, mereka yang ingin melangsungkan pernikahan juga bisa memanfaatkan spot di wisata ini untuk berpose. Foto pre-wedding di Stonehenge adalah salah satu hal yang lumrah.

Latar belakang batuan akan membuat hasil foto menjadi unik. Apapun konsepnya akan cocok jika berfoto di sini, mulai dari konsep romantis, konsep tradisional hingga internasional pun cocok.

Keunggulan tersebut ini didukung dengan fasilitas yang tersedia. Sebab area Stonehenge akan steril dan tidak terganggu oleh lalu lalang pengunjung lain ketika sesi pemotretan.

Nah, itulah informasi mengenai Stonehenge di Jogja yang begitu terkenal. Mengunjungi tempat ini akan sangat berkesan jika Anda mengajak keluarga atau kerabat.

Untuk memudahkan perjalanan, Anda bisa memesan paket liburan Jogja dari Salsa Wisata. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa menikmati layanan wisata sekaligus penginapan dan transportasinya.

Dengan begitu liburan Anda akan menjadi lebih praktis dan hemat. Selain itu, Anda juga bisa memilih paket wisata yang telah kami tawarkan sesuai dengan keinginan.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)