SalSari Resto & Coffee

Pantai dan Gunung. Saat Anda ingin berwisata alam, pasti dua tempat rekreasi itu yang muncul di benak Anda. Pernahkah Anda memikirkan sawah sebagai destinasi wisata? Kalau belum, Anda harus mencobanya dengan pergi ke Sumber Gempong!

Wisata alam ini merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata kekinian di Mojokerto. Di area yang jauh dari perkotaan ini, Anda bisa bersantai dengan tenang sambil menikmati indahnya suasana pedesaan.

Tidak hanya duduk-duduk, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana hiburan, serta berkemah di sini. Kalau Anda sudah lama tidak berlibur dan menghabiskan quality time bersama keluarga, sekaranglah waktu yang tepat!

Tidak perlu khawatir masalah budget, karena Anda bisa keluar kota dengan harga murah. Salsa Wisata menyediakan berbagai paket wisata murah, termasuk paket wisata ke Surabaya murah!

Sejarah Wisata Sawah Sumber Gempong

view Wisata Sawah Sumber Gempong

Tempat wisata ini baru mulai beroperasi pada tahun 2018. Saat baru dibuka, traveler menjuluki tempat ini sebagai hidden gem, karena keberadaannya yang tersembunyi dari masyarakat awam.

Namun, semenjak muncul di media sosial, ketenaran wisata alam ini langsung meningkat pesat karena keindahannya. Wisata alam ini awalnya adalah sebuah sumber air.

Warga yang menemukan sumber air ini, lalu membentuk bendungan berukuran 7 x 5 meter, dengan kedalaman 1 meter. Selanjutnya, warga memanfaatkan sumber air ini untuk mengairi sawah mereka.

Menurut sesepuh, Gempong berasal dari nama kayu yang dulunya ada di sekitar sumber air. Kayu Gempong itu sendiri sekarang sudah tidak ada wujudnya, tetapi namanya sudah melekat di benak warga.

Selain itu, Gempong juga berarti keputusasaan, sehingga warga percaya bahwa mata air ini dapat menghilangkan keputusasaan. Walaupun berawal dari sumber air, wisata alam ini lebih menonjolkan area persawahannya yang cantik dan segar.

Hal tersebut membuat wisatawan seringkali menyandingkannya dengan area persawahan yang ada di Ubud, seperti Tegalalang Rice Terrace.

Harga Tiket Masuk Wisata Sawah Sumber Gempong

Harga tiketnya sangat terjangkau dan tidak berbeda antara hari biasa maupun hari libur. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Wahana Permainan Rp10.000,00 – Rp30.000,00
Sewa Tenda Rp60.000,00
Penginapan Rp250.000,00 – Rp350.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Sawah Sumber Gempong

berkuda di Wisata Sawah Sumber Gempong

Wisata alam ini terletak di Sukorame, Ketapanrame, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dari Kabupaten Mojokerto, rutenya cukup mudah dan hanya memakan waktu sekitar 40 menit.

Anda tinggal melewati Jl. Trawas untuk sampai ke wisata alam ini. Karena tidak ada transportasi umum yang mengarah ke lokasi wisata alam ini, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Apa lagi jika Anda dari Surabaya, Anda akan membutuhkan waktu 1,5 jam untuk sampai di sini. Kalau tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan layanan rental mobil plus driver murah untuk memudahkan mobilitas Anda saat berwisata.

Dari Surabaya, Anda tinggal memasuki Jl. Tol Surabaya dan ambil jalur keluar di Pandaan/Prigen/Malang. Lanjutkan ke Jl. Raya Malang, lalu ke Jl. Raya Prigen dan ambil Jl. Sumbergempong-Ganjaran.

Setelah 48 meter, Anda akan menemukan area persawahan ini di sebelah kiri. Dari Kota Malang, akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai lokasi wisata ini.

Anda bisa merental mobil di Malang dengan harga murah. Rutenya sama dengan arah Surabaya, yaitu mulai dari Jl. Tol Pandaan, dan keluar di Pandaan/Prigen/Malang.

Daya Tarik Wisata Sawah Sumber Gempong

Spot Foto

spot foto Wisata Sawah Sumber Gempong

Dari mulai masuk wisata alam ini, area persawahan serta pemandangan Gunung Penanggungan yang cantik akan menyambut Anda. Dari sini saja, Anda sudah bisa berfoto dengan latar sawah dan gunung.

Jika berjalan lebih jauh lagi, khususnya ke area bertuliskan nama tempat wisata ini, Anda akan menemukan lebih banyak spot foto. Mulai dari jalan undakan, ayunan, kursi kayu, serta sudut bunga berlatar gunung.

Kolam Pemandian

pemandian Wisata Sawah Sumber Gempong

Tempat wisata ini memiliki dua buah pemandian yang airnya berasal dari mata air gempong. Kolamnya tidak besar, tetapi lumayan jernih dan penuh bebatuan layaknya air terjun.

Kolam pemandian anak memiliki kedalaman 30 cm, sehingga batita pun dapat bermain air disini. Selanjutnya, ada kolam pemandian dewasa sedalam 130 cm.

Wahana Menarik

wahana becak gantung Wisata Sawah Sumber Gempong

Ada banyak sekali wahana menarik dengan harga terjangkau disini. Di area sawah, ada jantra, kereta sawah dan sepeda layang yang bisa Anda nikmati dengan harga Rp.10.000,00. Selain itu, ada juga becak terbang yang memiliki tarif Rp15.000,00.

Untuk area sekitar kolam pemandian, ada kolam terapi ikan yang bisa Anda nikmati secara gratis. Lalu, ada kolam lain dimana Anda bisa bermain bebek air dengan harga Rp20.000,00.

Jika ingin mengelilingi seluruh area wisata alam ini, Anda memiliki dua pilihan. Pertama, Anda bisa menaiki ATV dengan harga Rp25.000,00. Lalu pilihan kedua, Anda bisa menunggangi kuda dengan harga Rp30.000,00.

Camping dan Penginapan

camping di Wisata Sawah Sumber Gempong

Wisata alam ini menyediakan camping ground bagi Anda yang suka berkemah. Untuk menyewa area kemahnya sendiri, Anda cukup membayar Rp15.000,00. Anda juga bisa menyewa tenda kemahnya seharga Rp60.000,00.

Jika tidak suka berkemah, Anda bisa menginap di penginapannya. Anda tidak perlu khawatir, karena harganya sangat terjangkau. Di hari biasa, Anda cukup membayar Rp250.000,00, sementara di hari libur biayanya menjadi Rp300.000,00.

Fasilitas Wisata Sawah Sumber Gempong

fasilitas Wisata Sawah Sumber Gempong

Area parkir wisata alam ini sangat luas, dan terbagi menjadi dua area. Area di kanan untuk parkir mobil, dan area di kiri untuk motor. Lalu, ada dua buah toilet dengan tarif Rp2.000,00.

Di sebelah kanan toilet, ada mushola bergaya saung yang menyediakan sajadah dan mukena. Dengan adanya wahana pemandian, maka tentu saja wisata alam ini menyediakan delapan buah ruang bilas.

Di sebelah ruang bilas, juga terdapat loket yang menyewakan berbagai alat. Celana pendek seharga Rp5.000,00,  ban Rp5.000,00-Rp10.000,00, lalu tenda wisata Rp10.000,00/jam.

Wisata alam ini menyediakan banyak stand makanan di dekat area pemandian dan area parkir. Ada berbagai makanan, mulai snack sampai makanan-makanan khas Jawa Timur kekinian.

Namun walaupun demikian, pengunjung tetap diizinkan untuk membawa makanan dari luar. Anda tidak perlu repot berkeliling Mojokerto untuk berburu oleh-oleh.

Karena wisata alam ini menyediakan stand oleh-oleh khas Jawa Timur makanan produksi UMKM warga. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp5.000,00/bungkus.

Jam Buka Wisata Sawah Sumber Gempong

Wisata alam ini buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB. Anda bisa berkunjung kapan saja, tetapi sebaiknya Anda datang di pagi atau sore hari ketika cuacanya sejuk.

Anda tertarik berlibur ke Sumber Gempong? Kalau Anda sampai memutuskan menginap disini, Anda bisa pergi mengunjungi Gunung Anjasmoro keesokan harinya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)