earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Mojokerto merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan banyak tempat wisata menarik. Kota ini memang sangat terkenal dengan kekayaan sejarah dan budaya peninggalan kerajaan Majapahit.

Namun selain itu, masih ada banyak destinasi wisata populer di Mojokerto yang juga bisa jadi pilihan tujuan Anda saat liburan. Berikut ini adalah 18 rekomendasi terbaik tempat wisata Mojokerto yang tidak boleh Anda lewatkan.

Daftar Tempat Wisata Mojokerto Populer

Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Meski hanya setinggi 1.653 mdpl, Gunung Penanggungan layak untuk masuk dalam daftar gunung yang wajib Anda kunjungi. Sebab pemandangan dari gunung ini tampak begitu menakjubkan.

Dari puncak pawitranya, Anda bisa melihat Gunung Arjuna dan Gunung Welirang yang tidak jauh dari lokasi. Bahkan saat pagi, panorama lautan awan pun bisa Anda dapatkan.

Uniknya lagi, menurut legenda gunung ini merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang menjadi potongan dari Gunung Semeru. Sehingga kesan keramat dan suci tidak bisa terpisahkan dari gunung satu ini.

Terbukti dari banyaknya peninggalan candi yang tersebar di sekitar kawasan gunung. Peninggalan sejarah ini bisa Anda jumpai saat melewati beberapa jalur pendakian yang tersedia.

Durasi pendakiannya sendiri hanya sekitar 3 jam untuk pendakian normal. Biasanya wisatawan akan camping terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak dan pulang.

Jalur Jolotundo, Tamiajeng, dan Kedungudi menjadi jalur favorit bagi para pendaki di antara lima jalur yang ada. Jika Anda tertarik bisa datang ke lokasinya yang berada di antara Kabupaten Mojokerto dan Lumajang,

Biaya retribusinya pun tidak mahal hanya sekitar Rp10.000,00 saja. Selain itu, meski buka 24 jam, waktu terbaik untuk berkunjung tentu saja saat musim kemarau atau awal musim hujan. Supaya selama perjalanan Anda tidak terhalang badai dan bisa menikmati pemandangan.

Rainbow Garden Poetoek Soeko

Rainbow Garden Poetoek Soeko

Taman cantik yang menjadi tempat wisata di Lembang seperti Rainbow Garden juga bisa Anda temukan di Mojokerto. Nama taman tersebut adalah Rainbow Garden Poetoek Soeko yang terletak di Sukosari, Trawas.

Sesuai dengan namanya, tempat ini menawarkan pemandangan taman bunga beraneka warna layaknya pelangi. Bunga-bunga cantik seperti bunga matahari, bougenvil, dan tanaman hias lain tertata rapi di taman.

Anda pun dapat berfoto di berbagai spot dengan latar menarik seperti sawah, bunga, hingga panorama Gunung Welirang. Sejumlah spot yang menjadi favorit pengunjung di sini antara lain spot bunga matahari dan jembatan.

Selain itu, di sini Anda juga dapat berkeliling menggunakan ATV atau bersantai menunggangi kuda. Biaya sewanya pun sangat terjangkau tidak jauh berbeda dari tiket masuknya yang hanya Rp15,000,00.

Lokasi wisata ini bisa Anda kunjungi dengan memanfaatkan layanan paket liburan murah dari biro perjalanan. Atur saja waktu kunjungan Anda sesuai dengan jam bukanya antara pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB saat akhir pekan.

Taman Ghanjaran

Taman Ghanjaran Mojokerto

Ingin puas bermain bersama keluarga dengan berbagai wahana, Taman Ghanjaran di Mojokerto ini wajib Anda kunjungi. Terdapat puluhan wahana permainan seru yang bisa Anda coba salah satunya bianglala.

Ukurannya memang tidak seperti yang ada di Sindu Kusuma Edupark Jogja tapi keseruannya hampir sama. Tempat ini juga menyediakan wahana seperti skuter, perahu naga, ATV, hingga cinema 9 dimensi.

Semua bisa Anda mainkan dengan harga tiket yang terjangkau, mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp20.000,00 saja. Suasana malam hari di sini juga tetap menarik berkat lampu warna-warni yang ada.

Jam operasionalnya sendiri mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB setiap hari. Jika Anda ingin menikmati semua wahana yang ada, siapkan saja budget untuk paket anak dan dewasa sekitar Rp30.000,00 hingga Rp65.000,00.

Harga paket tersebut berbeda tergantung waktu berkunjung Anda saat hari kerja atau akhir pekan. Alamat Taman Ghanjaran ini berada di Sukorame, Ketapanrame, Trawas.

Candi Tikus

Candi Tikus

Salah satu bukti peninggalan sejarah yang kental di Mojokerto adalah keberadaan candi seperti Candi Tikus ini. Berbeda dengan candi di Jawa Tengah yang menggunakan batu andesit, candi bercorak hindu ini memakai bata merah sebagai bahan pembangunan.

Arsitekturnya pun unik karena berada sekitar 3.5 meter di bawah tanah seperti Candi Sambisari. Bentuknya pun seperti kolam dengan sejumlah menara di bangunan utama candi.

Mitosnya, candi ini berfungsi sebagai tempat bersuci karena airnya berkhasiat. Salah satu khasiatnya seperti mampu mengusir tikus dari sawah para petani yang ternyata menjadi asal usul nama candi ini di kalangan masyarakat.

Untuk tiket masuknya, cagar budaya di Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Trowulan ini hanya mematok tarif Rp3.000,00 saja. Anda bisa berkunjung setiap hari antara pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung

Mojokerto juga memiliki banyak pesona alam menawan salah satunya Air Terjun Dlundung. Air terjun ini berada di kaki gunung arjuno tepatnya di Ketapang, Kemloko, Trawas, Mojokerto.

Hawa dingin dan sejuk khas pegunungan membuat suasana di air terjun ini terasa segar. Selain dapat berfoto di area sekitar air terjun setinggi 60 meter ini, Anda juga bisa puas berenang di kolam dekat curugnya.

Sama seperti di Coban Rondo, air terjun ini juga punya banyak fasilitas dan wahana permainan. Anda dan rombongan bisa mencoba aktivitas outbound seru hingga camping santai di area air terjun.

Waktu kunjungan terbaik biasanya saat pagi hari atau sore sesuai pilihan karena tempat ini buka mulai pukul 06.30 WIB hingga 17.00 WIB. Bahkan di hari Sabtu, tempat ini beroperasi selama 24 jam penuh.

Cukup siapkan tiket masuk mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp13.000,00 tergantung usia dan waktu kunjungan Anda. Biaya ini pun sudah termasuk asuransi keselamatan bagi para pengunjung.

Ranu Manduro

Ranu Manduro

Bukan hanya Ranu Kumbolo yang cantik, Ranu Manduro yang ada di Mojokerto juga tak kalah menarik. Tempat wisata di Mojokerto ini sempat viral berkat keindahan alamnya.

Ranu ini sendiri awalnya merupakan sisa galian pasir untuk menutup lumpur Lapindo. Namun setelah terisi air dan rumput mulai tumbuh di sekitarnya, pemandangan tempat ini tampak lebih menawan.

Batu-batu besar yang tersebar di hamparan padang rumput pun ikut menambah indah panorama ranu ini. Tempat ini menjadi favorit kawula muda untuk berfoto terlebih dengan latar belakang Gunung Penanggungan yang gagah.

Lokasi ranu ini beralamat di Mandurono, Watesnegoro, Ngoro, Mojokerto dengan tiket masuk yang hanya Rp3.000,00 hingga Rp10.000,00. Anda tinggal datang saja sebab tempat ini juga buka selama 24 jam penuh.

Sumber Gempong

Sumber Gempong

Wisata Sawah Sumber Gempong jadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk bersantai. Tempat ini menawarkan pemandangan sawah yang asri lengkap dengan kolam mata air alami.

Anda bisa mendengar gemericik air sembari merasakan tiupan angin sepoi-sepoi yang mendayu. Momen seperti ini pas sekali bagi Anda yang ingin healing dari rutinitas harian yang membosankan.

Tempat ini juga menyediakan beragam spot menarik untuk para pengunjung berfoto. Suasana di Sumber Gempong ini tidak kalah apik dari Lembah Indah Malang terutama panorama bukit dan sawahnya.

Siapkan saja uang sekitar Rp5.000,00 per orang, Anda sudah bisa masuk dan menikmati berbagai fasilitas yang ada. Lokasi sawah ini terletak di Sukorame, Ketapanrame, Trawas, Mojokerto dan bisa Anda kunjungi antara pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Bernah de Vallei

Bernah de Vallei

Di daerah Pacet, tepatnya di Jl. Raya Tirto Wening, Paras, Kembangbelor, Anda bisa berenang di tengah suasana asri hutan pinus. Tempat viral tersebut bernama Bernah de Vallei dan cocok sekali Anda kunjungi bersama keluarga.

Kolam renang di sini terkenal dengan air yang jernih dan segar di tengah hutan pinus. Area hutan pinus ini pun bisa Anda manfaatkan untuk aktivitas seru seperti outbound dan bermain ATV.

Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa puas bermain dengan wahana yang ada salah satunya kandang kelinci. Sambil bermain Anda pun bisa puas berfoto di sejumlah spot yang tersedia.

Keindahan serta keseruannya tidak jauh berbeda dengan yang ada di Lawu Park. Bahkan dengan tiket masuk yang hanya Rp7.000,00 sampai Rp10.000,00 tempat ini sangat cocok jadi pilihan destinasi Anda.

Pacet Mini Park

Pacet Mini Park

Objek wisata lain yang juga tidak boleh Anda lewatkan di Pacet, Mojokerto adalah Pacet Mini Park. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata Mojokerto favorit keluarga berkat berbagai macam wahana dan fasilitasnya.

Wahana utama tempat ini adalah kolam renang dengan waterboom mini yang pas untuk anak-anak bermain air. Selain itu ada pula odong-odong atau kereta rekreasi yang siap mengajak Anda berkeliling kawasan bersama.

Di sini Anda juga bisa mencoba bermain ATV atau outbound untuk menguji keberanian anak-anak. Tidak ketinggalan restoran lesehan yang menawarkan menu khas Jawa Timuran.

Salah satunya adalah makanan khas Surabaya terkenal, sego sambel yang lengkap dengan lalapan. Cukup membayar tiket paket lengkap Rp25.000,00 Anda sudah bisa berenang dan masuk berkeliling hingga puas.

Pacet Mini Park ini buka mulai hari Sabtu hingga Kamis antara pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Langsung saja datang ke alamatnya di Jl. Pacet No.Km. 55, Dusun Randegan, Warugunung, Pacet jika Anda ingin berkunjung.

Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill

Di daerah Trawas Mojokerto pun ada tempat wisata lengkap seperti Pacet Mini Park, yakni Duyung Trawas Hill. Berbagai macam aktivitas wisata seru bisa Anda lakukan bersama keluarga.

Misalnya saja seperti berenang, berfoto, melihat hewan, hingga outbound dan camping pun bisa Anda coba. Selain itu, tersedia juga fasilitas pendukung lengkap seperti hotel dan warung makan yang siap melayani.

Anda bisa menikmati durian khas Trawas yang tidak kalah lezat dari oleh-oleh khas Medan favorit yang terkenal dengan duriannya. Apalagi dengan suasana asri pegunungan di sini, sudah pasti rasa penat dan lelah hilang seketika.

Objek wisata ini bisa Anda kunjungi di Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Trawas antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tiket masuknya Rp25.000,00 namun untuk tiga orang Anda bisa memilih paket Rp100.000,00.

Bukit Kayoe Putih Mojokerto

Bukit Kayoe Putih Mojokerto

Salah satu wisata edukasi sekaligus rekreasi menarik di Mojokerto adalah Bukit Kayoe Putih. Di tempat ini, Anda bisa belajar bagaimana proses pembuatan minyak kayu putih sambil bersantai menikmati pemandangan.

Tak hanya itu, ada pula kolam renang dan spot-spot menarik untuk Anda berfoto. Bukit Kayu Putih juga sering menjadi spot nongkrong bagi wisatawan karena tersedia cafe kekinian yang asyik untuk ngumpul bersama teman.

Sembari menikmati kopi hangat, suasana malam syahdu penuh lampu jad momen menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Tempat ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB dan buka lebih awal saat akhir pekan.

Cukup siapkan budget Rp5.000,00 untuk anak-anak dan Rp10.000,00 untuk dewasa, Anda sudah bisa masuk ke bukit cantik ini. Alamatnya berada di Jl. Raya Kupang, Kupang, Jetis, Mojokerto.

Candi Brahu

Candi Brahu

Satu lagi candi apik yang bisa Anda kunjungi di Mojokerto yakni Candi Brahu. Cagar budaya ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan fasad seperti halnya candi peninggalan Majapahit.

Bahan utamanya terbuat dari bata merah dan hanya terdiri dari satu bangunan saja. Meski begitu keindahan candi ini tidak kalah dari Candi Prambanan yang sudah lebih dulu terkenal.

Biasanya candi ini menjadi incaran para fotografer saat pagi menjelang matahari terbit. Sebab pemandangan yang terlihat sangat menawan, ketika matahari muncul perlahan dari balik candi.

Candi ini sendiri beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB setiap harinya. Anda bisa langsung menuju alamatnya di Jl. Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Trowulan, Mojokerto.

Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu

Tidak jauh dari Candi Tikus, ada candi yang tak kalah populer yakni Candi Bajang Ratu. Candi ini sering menjadi tujuan fotografi wisatawan yang datang berkunjung karena bentuknya yang unik.

Berbeda dengan candi lain, Candi Bajang Ratu berbentuk gapura dan dulunya menjadi pintu masuk raja menuju area kerajaan. Di bagian kaki candi ini juga terdapat relief penghormatan terhadap Raja Jayanegara.

Kawasan candi yang luas dan asri juga sering menjadi lokasi piknik rombongan wisata sama seperti Candi Muara Takus di Pekanbaru. Lokasi cagar budaya ini sendiri berada di Jl. Candi Tikus No.9, Pelem, Temon, Trowulan.

Jika Anda tertarik bisa berkunjung antara pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB setiap harinya. Tiketnya pun sangat murah, untuk anak-anak hanya Rp1.500,00 dan orang dewasa cukup Rp3.000,00.

Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno

Di perbatasan antara Mojokerto dan Pasuruan, terdapat air terjun cantik bernama Air Terjun Putuk Truno. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Arjuno Welirang dengan ketinggiannya yang mencapai 45 meter.

Wisatawan yang datang bisa puas bermain air atau berfoto di spot-spot yang telah tersedia. Salah satu yang jadi favorit adalah gardu pandang yang membuat pemandangan air terjun ini seperti Air Terjun Kedung Kayang Magelang.

Tempat ini juga memiliki mitos tentang keabadian cinta yang berasal dari legenda cinta Joko Taruno dan Putri Sri Gading. Konon katanya pasangan yang berkunjung ke sini cintanya akan abadi dan langgeng.

Penasaran membuktikan mitos tersebut, datang saja ke lokasinya di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tempat ini hanya mematok tiket masuk sebesar Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00 saja.

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Tidak jauh dari Putuk Truno, Anda juga bisa mengunjungi Air Terjun Kakek Bodo. Air terjun ini termasuk tempat wisata Mojokerto yang instagramable karena memiliki banyak spot foto menarik.

Selain area air terjun setinggi 40 meternya, Anda bisa berfoto di sepanjang jalan menuju air terjun. Objek wisata ini juga mempunyai kolam renang untuk anak-anak bermain air dengan lebih bebas.

Nama air terjun ini juga tidak terpisahkan dari makam keramat Kakek Bodo yang sakti. Letak makamnya pun masih bisa Anda lihat saat mengunjungi air terjun ini.

Anda bisa meminta sopir rental bus pariwisata murah yang Anda gunakan untuk mengantar langsung ke lokasinya yang berada di Jl. Taman Wisata No.541, Prigen, Pasuruan.

Jam operasional tempat ini sendiri antara pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya. Siapkan saja biaya tiket masuknya yang hanya sekitar Rp25.000,00 per orang.

Patung Buddha Tidur Mojokerto

Patung Buddha Tidur Mojokerto

Tidak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk melihat patung Buddha tidur, datang saja ke Jl. Siti Inggil, Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Di sini terdapat patung Budha raksasa berukuran panjang 22 meter dan tinggi hingga 4.5 meter sedang berbaring santai.

Warna keemasan patung ini sangat mencolok dan cantik sehingga selalu penuh wisatawan yang ingin berfoto. Tidak hanya patung Buddha, adapula miniatur Candi Borobudur serta patung biksu dan teratai yang tak kalah apik.

Anda juga bisa membeli souvenir unik seperti gantungan kunci di sini dengan harga murah. Harga murah ini juga berlaku untuk tiket masuknya karena hanya sekitar Rp3.000,00 hingga Rp5.000,00 saja.

Tempat ibadah sekaligus objek wisata ini selalu ramai wisatawan terutama saat musim libur tiba. Jam operasional wisatanya sendiri berlangsung antara pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari.

Candi Jolotundo

Candi Jolotundo

Berbeda dengan kebanyakan candi di Mojokerto, Candi Jolotundo menggunakan batu andesit hitam sebagai struktur utama. Selain itu candi ini juga terkenal dengan mata air suci berkhasiat yang ada di dekat candi.

Mata air ini memiliki kandungan mineral tinggi dan selalu menjadi incaran wisatawan yang datang. Suasana asri dan sejuk tempat ini juga membuat pengunjung selalu betah berlama-lama.

Candi peninggalan Majapahit yang sudah ada sejak tahun 997 Masehi pun masih sering menjadi lokasi ritual khususnya pada malam satu suro. Lokasi candi ini sendiri berada di kaki Gunung Penanggungan tepatnya pada ketinggian 880 mdpl.

Anda bisa datang kapanpun karena tempat ini buka selama 24 jam penuh. Wisatawan yang berkunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp7.500,00 hingga Rp10.000,00 saja.

Makam Troloyo

Makam Troloyo

Satu lagi rekomendasi tempat wisata hits di Mojokerto yakni Makam Troloyo yang selalu jadi destinasi rombongan wisata religi. Makam ini merupakan makam sekaligus petilasan sosok penting penyebaran agama islam di Indonesia.

Beberapa diantaranya seperti Syekh Maulana Jumadil Kubro, Syekh Maulana Ibrahim, Syekh Maulana Sekah, serta Syekh Abdul Qodir Jaelani Assyni. Sehingga banyak wisatawan yang melakukan ziarah wali songo pasti mampir ke tempat ini.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat yang bisa Anda kunjungi di Mojokerto. Langsung saja pilih tempat wisata Mojokerto terdekat yang ingin Anda kunjungi dan sesuai rute liburan Anda.

Nikmati pula liburan mudah bersama berbagai layanan dari Salsa Wisata. Sebab semua sudah tersedia, sehingga Anda hanya perlu bersantai menikmati liburan bersama teman atau keluarga.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)