earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bangkinang juga menyimpan atraksi wisata alam yang mengagumkan. Salah satunya adalah Sungai Hijau yang terletak di Salo, Bangkinang.

Hampir setiap hari, puluhan bahkan ratusan pengunjung datang ke sini. Saat akhir pekan dan libur tanggal merah, tempat ini semakin ramai oleh wisatawan yang datang dari luar kota.

Sungai ini memang sangat cocok untuk Anda dan pengunjung lainnya yang ingin mengusir penat dan menikmati keindahan alam. Sambil bermain air tentunya.

Sekilas Tentang Sungai Hijau

Sungai ini terlihat berwarna hijau menyerupai daun di pepohonan sekitarnya. Warna hijau ini merupakan sebuah efek visual yang bersumber dari lumut yang tumbuh di dalam sungai.

Tempat wisata yang berupa sungai ini memang cocok untuk pengunjung yang suka bermain air dan berenang. Bahkan pengunjung yang tidak bisa berenang pun tetap aman saat berendam di sungai ini.

Sebab, sungai ini termasuk tipe sungai yang dangkal. Titik terdalamnya saja hanya 1.5 meter, sedang titik terdangkalnya sekitar 30 cm.

Sungai ini juga terbilang unik karena semakin masuk ke area hutan, permukaannya semakin dangkal.

Sungai sepanjang 400 meter ini memiliki 3 buah tempat pemandian. Ketiganya bisa digunakan untuk berendam bagi pengunjung dari semua kalangan usia seperti di Tirta Sanita, Depok.

Harga Tiket Masuk Sungai Hijau

Wisata Sungai Hijau

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tiket untuk memasuki wisata alam ini sangat murah meriah. Harga tiket saat hari libur, baik libur nasional maupun libur akhir pekan, umumnya akan mengalami kenaikan.

Jadi, Anda wajib menyiapkan uang tunai lebih apabila berencana ingin liburan di sini akhir pekan ini. Nominal kenaikannya sendiri tidaklah signifikan. Jadi masih relatif murah.

Selain tiket, Anda juga harus menyiapkan uang kecil untuk biaya parkir kendaraan (jika Anda membawa kendaraan). Tarif parkir yang berlaku di tempat wisata Pekanbaru ini juga masih tergolong murah meriah.

Agar tidak penasaran, berikut kami bagikan daftar tarif parkir dan harga tiket masuk terkini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Daya Tarik Wisata Sungai Hijau

sungai hijau pekanbaru

Bagi sebagian besar pengunjung, daya tarik menjadi alasan utama bagi mereka untuk memilih tempat tersebut sebagai destinasi wisata. Seperti tempat wisata yang satu ini.

Ada cukup banyak daya tarik yang tersimpan di sungai ini. Daya tarik inilah yang kemudian membuat wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya secara langsung.

Berikut adalah sejumlah daya tarik yang berhasil kami rangkum untuk Anda.

Alam yang Mempesona

Keindahan alam di sekitar menduduki rangking pertama untuk kategori daya tarik paling menarik. Sungainya sendiri sudah sangat cantik.

Genangan dan aliran air yang berwarna kehijauan ditambah dengan bebatuan alami merupakan perpaduan yang sempurna. Sama indahnya dengan sungai bawah tanah di kawasan wisata Goa Pindul Jogja.

Pesona alam ini semakin lengkap dengan adanya perkebunan yang sangat subur tumbuh di sekeliling sungai. Perkebunan ini berupa perkebunan karet yang identik dengan daun pohon karet yang rindang.

Keberadaan perkebunan karet ini tentu menjadikan area sekitar sungai terasa teduh dan sejuk.

Keunikan Warna Air Sungai

Sedikitnya ada 3 pendapat mengenai asal warna hijau pada sungai ini. Pendapat yang pertama, air sungai tampak berwarna hijau karena air sungai ini sangat jernih.

Kejernihan air sungai ini lalu dapat memantulkan warna hijau dari pepohonan yang ada di dekat sungai. Pemandangan serupa juga bisa kita jumpai di Pura Tirta Empul, Bali.

Pendapat kedua ada kaitannya dengan hal yang berbau supranatural. Konon di dalam sungai ini terdapat sebuah batu giok. Warna hijau dari batu giok inilah yang menjadi penyebab air sungai berwarna hijau.

Pendapat ketiga berasal dari penuturan warga sekitar yang mengatakan bahwa warna hijau pada sungai ini memang sudah ada sejak dulu.

Pendapat ini dapat dibuktikan dengan cara mengambil air sungai dengan menggunakan jerigen air. Setelah air di dalam jerigen dibawa pulang, air tidak berwarna hijau.

Tempat Berendam

Sungai ini juga menawarkan 3 titik untuk berendam. Anda dan pengunjung lainnya bisa berendam di salah satu titik ini.

Airnya yang begitu jernih, bersih, dan segar dapat membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Efektif untuk hilangkan rasa bosan dan stress ringan akibat rutinitas.

Usai asik berendam, pikiran akan semakin rileks dengan menyantap Lempok Durian yang tak lain adalah oleh-oleh khas Pekanbaru yang legit. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh terdekat.

Fasilitas di Sungai Hijau

Meski lokasinya terkesan di daerah terpencil, tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan membuat pengunjung nyaman dan mudah.

Area parkir di sini cukup luas, bisa menampung beberapa unit mobil dan puluhan sepeda motor. Kemudian ada juga fasilitas kamar mandi lengkap dengan WC.

Kamar mandi ini biasanya digunakan oleh pengunjung untuk membilas badan  dan berganti pakaian usai berenang atau bermain air di sungai. Fasilitas kamar mandi ini berbayar. Tarif per orang hanya Rp2.000,00 saja.

Selanjutnya ada fasilitas mushola yang sudah lengkap dengan tempat wudhu. Tersedia juga beberapa tempat sampah yang disediakan untuk menampung sampah dari pengunjung.

Fasilitas yang terakhir adalah warung makan yang siap menjadi target ketika pengunjung merasa lapar atau haus. Warung makan di sini menyediakan berbagai jenis mie instan dan minuman ringan.

Ada juga beberapa menu makanan khas Pekanbaru seperti Salai Ikan Patin yang dijamin akan membuat Anda ingin makan lagi dan lagi.

Lokasi & Rute Menuju Sungai Hijau

lokasi sungai hijau

Objek wisata sungai ini terletak di Bangkinang, Salo, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Rute terbaik untuk dapat tiba di sini adalah dengan melalui Jalan Raya Kota Bangkinang, tepatnya Jalan Ahmad Yani.

Setelah sampai di Jalan Ahmad Yani, lanjutkan lagi menuju Jalan Tuanku Tambusai, lalu lanjut lagi ke Jalan Lingkar.

Umumnya, rute ini lebih padat daripada rute yang melewati Jalan Raya Kota Bangkinang. Terlebih saat akhir pekan atau libur panjang. Potensi lelah akibat terlalu lama menyetir pasti ada.

Solusi terbaik agar tak lelah dan tetap menikmati perjalanan adalah dengan menggunakan jasa sewa mobil dan driver dari Salsa Wisata. Beraneka ragam pilihan paket sewa mobil dan jenis kendaraan lainnya bisa Anda gunakan.

Paket sewa Elf Short Pekanbaru adalah opsi yang tepat untuk kegiatan wisata bersama rombongan.

Jam Operasional Sungai Hijau

Sebelum mantap berangkat menuju ke tempat wisata ini, Anda wajib tahu jadwal buka dan jam operasional yang berlaku. Wisata alam sungai ini buka dari hari Senin sampai Minggu serta hari libur nasional.

Jam operasional yang berlaku dari jam 08.00 sampai jam 18.00 WIB. Di luar jam operasional tersebut, petugas tidak akan melayani pengunjung.

Demikian informasi singkat seputar wisata Sungai Hijau di Pekanbaru. Tempat ini sangat recommended untuk Anda yang memimpikan suasana liburan yang santai di area wisata yang masih natural dan asri.

Ajak serta orang terkasih, bisa sahabat, pasangan, atau keluarga ke tempat ini. Untuk mempermudah kegiatan liburan Anda, pastikan Anda berlangganan paket liburan dari Salsa Wisata.

Sebab, liburan akan praktis, efektif, murah, dan yang pasti seru bersama kami. Dengan begitu pengalaman liburan Anda bersama keluarga akan semakin berkesan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)