SalSari Resto & Coffee

Di antara gunung-gunung yang mengelilingi Kota Garut, ada Gunung Talaga Bodas yang keindahannya akan menentramkan hati. Kalau lelah menghadapi pekerjaan dan aktivitas sosial, Anda wajib sekali healing di sini.

Tidak salah jika para penjajah Belanda memberi julukan Garut Mooi atau Garut yang cantik terhadap Kota Garut. Tempat wisata Garut ini menawarkan segala kecantikan alam yang akan memikat hati Anda. Mulai dari telaga airnya yang biru pucat, hutan lebat di sekitarnya, sampai gunung cantiknya.

Sambil menikmati udara yang sejuk dan menyegarkan mata dengan panorama yang cantik, Anda juga akan mendengar nyanyian alam yang merdu. Setelah menerima energi positif dari gunung ini, Anda dapat berwisata ke tempat wisata Garut yang bagus lainnya.

Sejarah Talaga Bodas

sejarah Talaga Bodas Garut

Sesuai dengan letaknya yang berada di Garut, penamaan wisata alam ini pun diambil dari Bahasa Sunda. Talaga berarti telaga. Bodas berarti putih.

Pantulan cahaya matahari yang menembus ke dalam telaga berdiameter 2 km ini menghasilkan warna putih. Hal tersebut terjadi karena telaga ini mengandung belerang.

Selain karena lokasinya, penamaan dalam Bahasa Sunda ini juga berfungsi membedakan telaga ini dengan Kawah Putih Bandung. Meskipun mirip, keduanya menawarkan pesona yang berbeda. Karena itu, sebaiknya Anda mengunjungi keduanya.

Selanjutnya, gunung di telaga ini adalah gunung stratovolcano. Artinya, gunung ini adalah gunung api yang tersusun atas perselingan endapan piroklastika dan aliran lava. Di sekitar Telaga putih ini juga terdapat fumarol, kolam lumpur, dan mata air panas.

Fakta unik lainnya adalah, bahwa puncak gunung setinggi 2.201 mdpl ini membatasi Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

Fasilitas Talaga Bodas

fasilitas Talaga Bodas Garut

Tempat Parkir

Tempat parkir wisata alam ini, berjarak 1 km dari lokasi telaga. Dari tempat parkir, Anda bisa berjalan atau menaiki ojek yang disediakan Telaga, dengan membayar Rp15.000,00 – Rp20.000,00.

Camp Area

Jika Anda ingin menginap, tempat ini menyediakan camp area. Tempat wisata ini mengizinkan wisatawan yang ingin berkemah untuk membawa kendaraan sampai ke lokasi telaga.

Fasilitas Umum Lainnya

Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada kedai makanan khas Sunda enak di sini. Sangat disayangkan, tetapi jawabannya tidak ada. Di tempat ini, hanya ada warung-warung kopi yang menjual makanan ringan.

Karena itu, sebaiknya Anda makan dalam perjalanan, atau membawa bekal sendiri. Di perjalanan, Anda juga bisa sekalian membeli dodol, serta oleh-oleh khas Jawa Barat tahan lama lainnya.

Meskipun tidak ada warung makanan berat, tetapi tempat ini menyediakan banyak fasilitas penting, seperti toilet dan Mushola. Bahkan, disini juga ada saung-saung untuk beristirahat.

Harga Tiket Talaga Bodas

Biaya tiket masuk wisata Talaga Bodas masih cukup terjangkau. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Weekdays Rp5.000,00

Weekend Rp7.500,00

Camping Rp15.000,00
Parkir motor Rp5.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Talaga Bodas

wisata Talaga Bodas Garut

 

Wisata Alam Talaga Bodas beralamatkan di Jl. Talaga Bodas, Wanajaya, Kec. Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Butuh waktu kurang lebih satu jam dari pangkalan ojek jalan raya Wanaraja untuk mencapai lokasi. Dari Pasar Wanaraja, pengunjung dapat menggunakan alat transportasi pribadi, delman, ojek atau angkutan kota.

Pilih angkot dengan trayek: Garut – Cibatu, Garut – Cikelet, terminal Guntur – Sukawening, dan jalur terminal Guntur Perumnas Cempaka Indah. Jalanan dari arah Garut sudah lumayan rapi dan bagus, hanya saja agak sempit.

Karena itu, sebaiknya Anda tidak berangkat menggunakan bus. Alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil plus sopir murah dengan armada mobil yang mumpuni.

Daya Tarik Talaga Bodas

Trekking dan Hiking

trekking Talaga Bodas Garut

Massa otot kaki Anda mungkin mulai hilang, peredaran darah Anda juga mulai tidak lancar karena kelamaan duduk di depan komputer. Ditambah lagi, otot mata Anda pasti tegang, menatap layar seharian.

Yang Anda butuhkan saat ini, tentunya adalah olahraga di alam terbuka. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan, karena trekking dan hiking disini termasuk mudah dan santai.

Jarak dari tempat parkir ke lokasi adalah 1 km, sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk sampai. Di sepanjang jalan juga ada perkebunan buah dan sayur yang menyegarkan mata.

Berburu Foto Panorama

berfoto di Talaga Bodas Garut

Jika Anda menyukai fotografi, Anda wajib sekali mengalungi kamera Anda saat berlibur ke sini. Meskipun gunungnya tidak seterkenal dan setinggi Gunung Papandayan, tetapi disini, Anda bisa memotret gunung dan telaga dalam satu frame.

Telaga biru pucat, serta kawasan sekitarnya yang berhias batu putih, akan mengingatkan Anda dengan pantai. Belum lagi, aliran airnya yang tenang, serta pepohonan pinus yang mengelilinginya. Memori kamera Anda pasti akan cepat habis, karena ada terlalu banyak hal menakjubkan yang perlu diabadikan.

Alam Fauna

Dibalik keindahan alamnya, Anda juga akan menemukan banyak fauna. Mulai dari monyet, trenggiling dan tupai yang bersembunyi di balik hutan, sampai burung-burung cantik yang kadang lewat atau bertengger di sini.

Kabarnya, Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Ciamis, ingin telaga ini juga menjadi tempat pengamatan elang. Rencana ini sudah ada sejak 2020, dan sekarang masih tahap persiapan.

Rencana pelepasan elang di telaga ini, muncul karena banyaknya burung raptor yang bermigrasi kesini. Karena itu, buka mata Anda lebar-lebar saat berkunjung kesini! Siapa tahu ada burung raptor yang lewat.

Berendam di Kolam

berendam di Talaga Bodas Garut

Meskipun suhu air telaganya dingin menggigit, tetapi di sekitar telaga ada tiga kolam air panas yang nyaman untuk berendam. Dua kolam untuk anak-anak, satu kolam untuk orang dewasa.

Setelah meregangkan otot Anda dengan trekking dan hiking, sekarang waktunya merelaksasi otot-otot Anda yang pegal!

Sensasi berendam di kolam air panas ini tentunya akan jauh berbeda dengan berendam di bathtub Anda di rumah. Disini, Anda dapat memanjakan otot-otot Anda ditemani panorama gunung yang memukau, angin yang sejuk, serta suara alam yang syahdu.

Camping

camping di Talaga Bodas Garut

Sehari saja mungkin tidak cukup untuk meresapi segala ketenangan dan keelokan tempat wisata ini. Karena itu, wisata alam ini juga mengizinkan Anda untuk berkemah.

Anda cukup membawa tenda, sehingga bisa berkemah bersama teman, keluarga, atau bahkan sendirian!

Tidak ada yang salah dengan berkemah sendirian, apalagi jika Anda lelah berinteraksi sosial. Nyatanya dengan sendirian Anda mungkin akan merasakan ketenangan yang lebih dalam lagi.

Jam Buka Talaga Bodas

Wisata alam ini buka dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Kalau Anda ingin berwisata ke Talaga Bodas, sebaiknya Anda pergi di hari biasa.

Karena kalau di hari weekend, tempat ini lumayan ramai, dan Anda tidak bisa menikmati ketenangan yang Anda dambakan. Setelah pulang dari Garut, Anda juga bisa berlibur sebentar ke Bandung dengan paket wisata Bandung sehari murah dari Salsa Wisata.



By Categories: Destinasi, Garut

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)