earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Para pecinta gunung pasti familiar sekali dengan gunung berapi yang ada di Daerah Garut ini. Gunung Papandayan menjadi salah satu target pendakian bagi para pendaki Indonesia.

Berbagai atraksi wisata alam menarik bisa Anda temukan di kawasan gunung aktif ini. Saat akhir pekan, kawasan kaki dan lereng gunung semakin ramai adanya aktivitas pendakian atau rekreasi keluarga.

Sekilas Tentang Gunung Papandayan

Gunung yang satu ini termasuk gunung berapi yang masih aktif di Provinsi Jawa Barat. Di kalangan pendaki Indonesia, Papandayan termasuk salah satu gunung terkenal.

Kategorinya termasuk dalam jenis gunung api tipe strato. Ketinggian gunung ini mencapai 2.665 mdpl. Letaknya hanya sekitar 70 KM saja dari pusat Kota Bandung atau kurang lebih 60 KM dari Lembang.

Terdapat 4 buah kawah yang bisa Anda temukan, yaitu Kawah Baru, Kawah Mas, Kawah Manuk, dan Kawah Nangklak. Hingga sekarang, semua kawah ini masih aktif mengeluarkan uap panas dan belerang.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Papandayan

Wisatawan ataupun pendaki yang ingin memasuki kawasan wisata alam ini harus membayar retribusi tiket masuk terlebih dahulu. Biaya pembelian tiket ini belum termasuk penggunaan fasilitas dan juga biaya camping.

Harga tiket juga berbeda untuk pengunjung mancanegara dan pengunjung lokal.

Berikut adalah tabel yang berisi update harga tiket terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Rp20.000,00 per orang
Tiket Masuk Wisatawan Asing Rp200.000,00 per orang
Tiket Pelajar Lokal Rp18.000,00 per orang
Tiket Pelajar Asing Rp200.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp12.000,00
Parkir Mobil Rp25.000,00
Parkir Bus Rp110.000,00
Parkir Bus Besar Rp20.000,00
Parkir Sepeda Rp7.000,00
Camping Rp35.000,00

Biaya tiket dapat naik sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi berikut:

  • Akhir pekan
  • Libur nasional

Kenaikan harga tiket maksimal 10% dari harga tiket reguler.

Daya Tarik Wisata Gunung Papandayan Garut

Gunung Papandayan

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Seperti Gunung Merapi dan wisata gunung pada umumnya, Papandayan juga menawarkan banyak kegiatan dan spot rekreasi yang sangat menarik.

View Gunung yang Eksotis

Gunung berapi ini mempunyai bentang alam yang sangat eksotis. Kondisi alam semacam ini memang sangat cocok untuk kegiatan pendakian seperti hiking.

Bentang alamnya sudah menjadi magnet tersendiri bagi para pendaki. Tak cukup sampai di sini saja, view alam yang khas dari gunung ini juga mampu mencuri perhatian para wisatawan.

Berbagai pusat rekreasi pun perlahan muncul di sini dengan menawarkan panorama pegunungan sebagai daya tarik utama. Sebut saja beberapa tempat wisata seperti yang ada di Dusun Bambu, wisata kekinian, resto, pemandian air panas, dll.

Berendam di Kolam Air Panas

Daya tarik lainnya yang dapat Anda jumpai di kawasan wisata gunung api ini adalah kolam air panasnya. Kolam yang ada di sini merupakan kolam buatan yang airnya berasal dari sumber air panas yang ada di gunung.

Kandungan mineral belerang yang ada di dalam air hangatnya sangat baik untuk kesehatan kulit. Suhu hangat airnya pun berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan merilekskan otot-otot yang kaku.

Sejak pemandian air panas ini dibuka tahun 2017 lalu, tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi saat weekend.

Trekking

Trekking Gunung Papandayan

Hobi trekking di gunung? Wajib coba jalur di gunung satu ini. Anda dapat memulai kegiatan trekking  dengan menelusuri jalur yang dekat dengan pintu masuk.

Berbeda dengan hiking, tujuan akhir kegiatan trekking tidak harus sampai di puncak. Tapi, khusus di sini, jalur trekking yang dilalui akan melewati salah satu kawah yang ada.

Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari pintu masuk utama kawasan wisata. Lokasi kawah ini dapat dijangkau dengan jalan kaki sekitar 20 menit saja.

Inilah yang membuat aktivitas trekking di Papandayan berbeda dengan tempat lainnya. Letak kawah yang mudah dijangkau mengingatkan kita pada kawah-kawah yang ada di Dieng.

Mendaki Gunung

Gunung ini juga sangat cocok untuk kegiatan pendakian, khususnya bagi para pendaki pemula. Alasannya, jalur pendakiannya relatif mudah, tanjakan dan turunannya tidak begitu ekstrim.

Selain itu sebagian besar jalur pendakiannya berupa area terbuka. Artinya, sepanjang jalan, para pendaki tidak akan menjumpai hutan lebat.

Aktivitas pendakian dapat dimulai dari pos pertama, yaitu Goberhut. Pos ini memiliki kontur tanah yang landai dan sering menjadi tempat bersantai.

Di sini, para pendaki juga dapat mengisi perut mereka dengan makanan dan minuman yang dijual di warung-warung yang ada di pos satu.

Sayangnya pendaki tidak akan menjumpai menu makanan khas Bandung karena yang dijual hanya berupa makanan sehari-hari. Masih di area pos pertama, pendaki juga bebas menggunakan kamar mandi dan toilet.

Hunting Foto Alam

Foto Gunung Papandayan

Keseruan lainnya berekreasi di tempat wisata ini adalah pengunjung dapat berburu foto alam cantik di beberapa spot rekomendasi. Salah satu spot yang menjadi incaran para pengunjung adalah Taman Edelweis.

Di sini Anda bisa bebas mengambil foto dengan syarat tidak memetik atau merusak tanaman bunga abadi ini.

Anda juga dapat berburu foto di spot lainnya yang lokasinya tak jauh dari Taman Edelweis. Hanya perlu berjalan sebentar ke bukit, Anda akan tiba di Hutan Mati Cantigi yang sangat unik.

Spot foto yang terakhir adalah Danau Papandayan yang secara instan akan menyejukan mata pengunjung yang melihatnya.

Fasilitas di Objek Wisata Gunung Papandayan

Sarana dan prasarana umum yang tersedia di tempat wisata Bandung ini begitu lengkap. Toilet umumnya bersih dan tersebar di beberapa titik. Fasilitas area parkirnya juga sangat luas.

Ada pula sejumlah penginapan dengan tarif yang cukup terjangkau. Fasilitas umum lainnya adalah mushola lengkap dengan tempat wudhu-nya.

Tempat ini juga mempunyai fasilitas yang sangat istimewa yaitu pusat oleh-oleh khas Bandung dan Garut. Pengunjung dapat membeli oleh-oleh dan souvenir di sini.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Papandayan

Wisata alam gunung ini terletak di salah satu kecamatan di Kabupaten Garut. Lebih tepatnya di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Jaraknya sekitar 80 km dari pusat Kota Bandung dengan waktu tempuh bervariasi. Rute yang bisa Anda tempuh untuk tiba di wisata alam gunung ini bisa dimulai dari Terminal Guntur.

Bagi pengunjung yang menaiki kendaraan umum, dari terminal ini, lanjutkan perjalanan Anda dengan menaiki minibus ke Desa Cisurupan. Lalu ganti gunakan mobil pickup hingga sampai di pintu masuk utama wisata alam ini.

Bisa juga menggunakan kendaraan sewa bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Ada banyak tempat rental mobil yang recommended untuk Anda salah satunya Salsa Wisata.

Pilihan layanannya sangat fleksibel dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tak hanya itu saja, jenis armada yang disewakan sangat beragam.

Salah satu yang cocok untuk perjalanan Anda ke papandayan ini layanan rental mobil Innova matic di Bandung. Selain terkesan mewah, mobil ini juga tangguh melibas medan jalan gunung yang berat.

Jam Operasional Gunung Papandayan

Terdapat dua jam operasional yang berlaku di wisata alam gunung ini. Jam operasional pertama yaitu mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB (berlaku untuk hari biasa alias Senin-Jumat).

Sedang jam operasional yang kedua yaitu 24 jam dan berlaku untuk hari libur (Sabtu-Minggu) dan juga hari libur nasional.

Kawasan wisata Gunung Papandayan memang terdengar menarik untuk dikunjungi. Terlebih oleh Anda yang jenuh dengan kebisingan kehidupan kota dan rutinitas yang membosankan.

Momen liburan tentu akan lebih menyenangkan jika Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat matang. Namun untuk Anda yang tidak mau repot sendiri bisa manfaatkan layanan tour agent.

Mengapa tour agent? Sebab bersama tour agent seperti Salsa Wisata, semua kebutuhan akomodasi dan transportasi Anda sudah tersedia.

Cukup siapkan diri atau rombongan serta budget yang cukup, Anda sudah bisa memulai liburan dengan tenang dan senang.

Anda bebas memilih paket liburan keluarga ke Bandung atau kota lainnya dengan tawaran harga paket terbaik. Dengan begitu liburan impian Anda bisa terwujud.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)