SalSari Resto & Coffee

Menghabiskan libur akhir pekan memang paling asik kita habiskan bersama keluarga atau orang terkasih. Di Deli Serdang, ada sebuah wisata menarik yang sangat ideal untuk momen liburan keluarga. Taman Buah Lubuk Pakam namanya.

Tempat wisata Medan terdekat ini selalu menjadi pilihan, terutama keluarga yang ingin mengajak anak-anak liburan. Pasalnya, ada banyak daya tarik dan juga fasilitas yang lengkap yang membuat pengunjung betah di sini.

Sekilas Tentang Taman Buah Lubuk Pakam

alamat taman buah lubuk pakam

Taman Buah Lubuk Pakam adalah ruang hijau terbuka yang berada di kompleks kantor Bupati Deli Serdang. Kawasan ini berupa taman dengan luas 4 Hektar.

Di kawasan ini berisi semacam kebun aneka tanaman buah, taman bermain anak, dan spot foto. Sejak beroperasi 2015 lalu, taman buah ini tak pernah sepi. Terlebih saat musim liburan dan libur akhir pekan.

Ketika memasuki area taman buah, pengunjung akan langsung menjumpai tanaman buah-buahan. Ada tanaman Jambu Klutuk, mangga, jambu air, durian, manggis, belimbing, duku, alpukat, kueni, nanas, hingga kelengkeng.

Jadi tidak hanya berwisata, Anda juga bisa memperkenalkan berbagai macam buah-buahan kepada anak-anak. Anda bahkan bisa membeli beberapa sebagai oleh-oleh khas Medan selain makanan siap santap.

Lokasi Taman Buah Lubuk Pakam

Alamat Taman Buah Lubuk Pakam berada di Komplek Kantor Bupati Deli Serdang. Tepatnya di Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Karena berada di kompleks kantor bupati, Anda tidak akan sulit menemukannya.

Anda bisa mengakses lokasi Taman Buah Lubuk Pakam ini dengan mobil atau sepeda motor milik Anda. Bisa juga dengan transportasi umum. Dari Kota Medan, rute yang Anda lewati adalah via Jalan Lintas Sumatera Medan-Lubuk Pakam.

Lalu menuju ke Kantor Bupati Deli Serdang. Setibanya di kantor tersebut, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 15 menit untuk tiba di taman. Untuk yang baru pertama kali ke sini, boleh gunakan bantuan Google Maps.

Misal ada rencana safari wisata sekaligus, sangat disarankan untuk manfaatkan jasa rental mobil Salsa Wisata. Pilihan kendaraan yang disewakan lengkap dan beragam. Rental mobil Avanza Matic di Medan adalah yang terlaris.

Jam Buka Taman Buah Lubuk Pakam

Untuk keperluan kunjungan wisata, taman buah di Medan ini buka dari Senin hingga Minggu dengan jam operasional yang berbeda. Berikut jadwalnya:

Hari Jam Operasional
Senin 08.00 – 22.30 WIB
Selasa 08.00 – 16.45 WIB
Rabu dan Kamis 08.00 – 17.00 WIB
Jumat 08.45 – 17.00 WIB
Sabtu 08.00 – 21.00 WIB
Minggu 08.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk Taman Buah Lubuk Pakam

Anda tidak perlu pusing memikirkan tiket masuk Taman Buah Lubuk Pakam karena gratis. Anda hanya perlu menyiapkan uang kecil untuk biaya parkir kendaraan jika Anda membawa kendaraan. Berikut tarif parkirnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Daya Tarik Wisata Taman Buah Lubuk Pakam

Lubuk Pakam adalah salah satu kecamatan terbesar di Deli Serdang. Tak heran jika wilayah tersebut menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik.

Selain wisata Merci Medan, taman buah di Lubuk Pakam ini juga cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Penasaran ada daya tarik apa saja yang ditawarkan oleh taman buah ini? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Eduwisata tentang Aneka Buah

wisata taman buah lubuk pakam

Di tempat ini, Anda dapat mengajarkan banyak hal kepada anak-anak. Mulai dari hidup sehat, memelihara kekayaan alam, hingga mengenal berbagai macam nama buah.

Taman buah ini merupakan satu-satunya di Sumatera Utara yang memiliki berbagai koleksi buah tropis dengan rancangan kebun holtikultura. Holtikultura adalah teknik budidaya tanaman yang dikelola secara modern.

Jika musim buah, Anda dan keluarga diperbolehkan untuk memetik dan memakan buah di taman. Namun meskipun bebas memetik, Anda disarankan untuk mengambil buah yang sudah matang saja.

Piknik Santai Bersama Keluarga

Untuk wisata keluarga, kawasan ini memang paling cocok jika digunakan sebagai area piknik. Ada taman-taman indah yang bisa Anda dan keluarga gunakan untuk piknik sembari menikmati bekal makanan khas Sumatera Utara yang Anda siapkan.

Ada juga aneka tempat duduk yang memiliki bentuk menyerupai buah-buahan. Tempat duduk tersebut tersebar di berbagai sudut area taman ini. Anda bisa menggunakannya sebagai tempat istirahat setelah jalan-jalan santai di area taman.

Waktu santai Anda akan ditemani dengan nuansa alam yang indah dari tempat ini. Terlebih, Anda bisa memilih lokasi beristirahat di tempat yang teduh dan diiringi angin sepoi-sepoi.

Area Bermain Anak

Bagi Anda yang membawa anak-anak, tak perlu takut mereka akan rewel ketika berkunjung ke tempat ini. Pasalnya, ada banyak mainan seru yang bisa mereka coba seperti ayunan dan perosotan.

Wahana permainan di sini memang tak selengkap wahana di kolam renang di Medan yang ada waterpark. Akan tetapi tetap akan terasa menyenangkan karena gratis.

Selain itu, setiap pohon di area ini sudah memiliki papan nama lengkap dengan jenis tanamannya. Anda pun bisa menjadikan kawasan ini sebagai sarana edukasi bagi anak-anak untuk menambah wawasan mereka tentang alam.

Area yang luas juga memudahkan anak-anak jika ingin bermain dan berlarian. Hal ini juga yang membuat tempat wisata ini memiliki label ruang publik terpadu ramah anak di Deli Serdang.

Berburu Spot Foto

Anda harus meluangkan waktu untuk berfoto bersama keluarga. Karena, ada banyak spot foto instagramable yang tersedia di tempat ini. Salah satu spot paling hits di sini adalah patung buah-buahan yang ikonik.

Anda bisa berfoto dengan latar taman buah indah dengan hiasan payung warna-warni yang tergantung. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk berpose bersama badut karakter Doraemon, Ksatria Baja Hitam, Upin Ipin, dan Mickey Mouse.

Fasilitas di Taman Buah Lubuk Pakam

tiket masuk taman buah lubuk pakam

Sederet fasilitas yang tersedia di tempat wisata di Lubuk Pakam ini terbilang lengkap. Anda dapat menjumpai fasilitas-fasilitas berikut:

  • area parkir kendaraan
  • mushola
  • toilet umum
  • area bermain
  • ruang laktasi
  • rumah pembibitan
  • area kuliner
  • kantor
  • area plaza

Tak salah jika Anda memilih ruang hijau terbuka ini sebagai destinasi liburan keluarga Anda. Selain dekat, tak butuh biaya untuk bisa habiskan waktu liburan di sini. Jadi, Anda bisa hemat.

Budget yang sebelumnya sudah Anda siapkan bisa untuk hal lainnya. Misal untuk safari wisata kuliner Medan murah dan enak yang ada di sekitar wisata Taman Buah Lubuk Pakam ini. Tunggu apa lagi, buat agendanya dari sekarang.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)