SalSari Resto & Coffee

Ketika Anda mengajak keluarga Anda berlibur, main ke gunung atau pantai adalah hal yang biasa. Liburan ke taman bermain atau waterpark bagus di Bekasi juga sudah sering. Lalu, harus ke mana supaya Anda bisa mengajak keluarga Anda liburan yang berbeda? Anda mungkin bisa mempertimbangkan Taman Buaya Indonesia Jaya.

Taman buaya ini letaknya di Kabupaten Bekasi, tidak jauh dari Jakarta. Seperti yang sudah bisa Anda duga dari namanya, tempat wisata ini adalah tempat penangkaran buaya terbesar di Indonesia, dan bahkan di Asia.

Binatang buas yang biasa hidup di rawa ini berhasil menarik minat banyak pengunjung. Objek wisata ekologi seperti ini bisa jadi tempat liburan alternatif yang seru.

Sejarah Tentang Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya Bekasi

Tempat wisata ini sebetulnya bukan tempat baru. Taman Buaya Indonesia Jaya sudah berdiri dari sejak tahun 1990 silam.

Setiap tahunnya dari sejak awal berdiri, taman ini mengalami peningkatan, sekarang ada sekurangnya lima kolam besar bagi para raja sungai ini. Setiap kolam bisa menampung sedikitnya seratus ekor buaya! Bayangkan ada berapa banyak buaya di sini.

Anda tentu sudah pernah melihat buaya di Kebun Binatang Ragunan atau Gembira Loka Zoo. Namun, melihat buaya di sini itu sensasinya berbeda.

Ada ratusan buaya dari berbagai jenis yang bergerombol. Para reptil ini memiliki beragam jenis ukuran. Anda bisa berkeliling penangkaran untuk tahu lebih dekat tentang buaya-buaya ini.

Begitu pertama masuk ke taman buaya, Anda akan melihat sebuah patung buaya berukuran besar dengan mulut terbuka lebar. Tentu saja ini bisa jadi spot foto instagramable bagi pengunjung.

Di sini, buaya bukan cuma sekadar dipelihara, tapi juga dibudidayakan untuk kebutuhan masyarakat. Kulit-kulit buaya mati akan digunakan sebagai bahan industri.

Kulit tersebut biasa untuk tas atau sepatu. Bukan cuma kulitnya saja yang dimanfaatkan. Dagingnya juga. Tahukah Anda bahwa daging buaya bisa dimakan dan rasanya ternyata lezat?

Selain itu, banyak yang juga percaya bahwa daging buaya bisa mengobat bermacam penyakit tertentu. Anda tak akan mengira bahwa peminat daging buaya ternyata sangat tinggi. Itulah sebabnya penangkaran ini juga berfungsi sebagai tempat bisnis olahan buaya.

Harga Tiket Masuk Taman Buaya Indonesia Jaya

Untuk bisa melihat dari dekat buaya-buaya yang ada di sini, Anda tidak perlu membayar mahal. Berikut ini rincian harga tiket masuk Taman Buaya Indonesia Jaya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk dewasa Rp20.000,00
Tiket masuk anak Rp6.000,00

Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa tergantung dari kebijakan pengelola wisata. Apa lagi di hari libur nasional atau masa liburan sekolah kemungkinan mengalami kenaikan tarif.

Rute Menuju Taman Buaya Indonesia Jaya

wisata Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya itu terletak di Jalan Raya Cibarusah, Kecamatan Serang, Bekasi, Jawa Barat. Paling mudah untuk menjangkaunya dengan kendaraan pribadi.

Kalau dari Jakarta, Anda bisa lewat jalan tol Cikampek lalu keluar di pintu tol Cikarang Barat. Begitu keluar tol, ambil kanan menuju Cibarusah. ikuti jalan sejauh 11 km. Taman Buaya ada di kanan jalan.

Sayangya transportasi umum sulit menjangkau tempat wisata ini. Karena itu, sebagai alternatif kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Bekasi plus sopir dari Salsa Wisata.

Dengan begitu, Anda bisa sekalian mengeksplor tempat wisata hits Bekasi lainnya sekaligus menikmati wisata kuliner.

Fasilitas Taman Buaya Indonesia Jaya

fasilitas Taman Buaya Indonesia Jaya

Fasilitas yang ada di sini terbilang cukup lengkap. Ada fasilitas dasar dan ada fasilitas penunjang. untuk fasilitas dasar, ada lahan parkir yang luas, toilet, dan tempat sampah di beberapa titik.

Untuk fasilitas penunjang, ada gazebo dan semacam bale-bale tempat Anda bisa beristirahat sambil menikmati makanan khas Bekasi kekinian. Ada tempat makan juga jika Anda ingin jajan. Terakhir, ada arena bermain outdoor lengkap untuk anak-anak.

Daya Tarik Taman Buaya Indonesia Jaya

Di sini, Anda bukan cuma sekadar melihat buaya-buaya yang berkumpul di dalam satu kolam saja. Ada banyak kegiatan edukasi yang bisa Anda lakukan. Diantaranya yaitu:

Mempelajari Jenis-jenis Buaya

koleksi Taman Buaya Indonesia Jaya

Total, ada sekitar 500 buaya yang hidup di dalam penangkaran ini. Beberapa di antaranya termasuk ke dalam jenis yang langka. Diantaranya adalah buaya air payau, buaya Irian, buaya muara, dan buaya buntung. Anda juga bisa melihat buaya albino yang putih semua tubuhnya dengan mata merah.

Berdiri di atas lahan seluas satu seperempat hektar, kolam-kolam yang ada di sini ukurannya bervariasi. Kolam yang paling besar jumlahnya lima buah. Selain itu, ada juga banyak kolam yang lebih kecil. Kolam sedang dan kecil untuk berbagai kebutuhan penangkaran.

Melihat Buaya Makan

Salah satu kegiatan seru yang bisa Anda saksikan di sini yaitu melihat bagaimana para pawang buaya memberi makan buaya-buaya yang ada di sini. Sebagai karnivora, tentu saja buaya-buayanya makan daging segar. Lihat sendiri bagaimana para buaya tersebut bersaing untuk memperebutkan makanan.

Memang pemandangan buaya yang sedang berebut makanan itu terlihat mengerikan. Namun jangan khawatir. Di setiap kolam ada pagar pengaman berupa besi setinggi 1,5 meter. Anda bisa melihat mereka makan tanpa takut mereka akan jadi ganas dan menyerang pengunjung.

Melihat Perawatan Bayi Buaya

bayi Taman Buaya Indonesia Jaya

Sambil berjalan santai ke sekeliling penangkaran, Anda juga bisa mengenali berbagai jenis buaya dan mengetahui proses buaya bertelur. Anda juga bisa melihat bagaimana telur buaya menetas dan sebesar apa buaya kecil yang baru menetas.

Kalau beruntung, Anda bisa melihat bayi-bayi buaya yang sedang diberi perawatan. Tidak semua orang bisa melihat bagaimana buaya bertelur, melihat telur buaya, dan melihat bayi buaya yang baru menetas. Semua itu cuma bisa Anda saksikan di Taman Buaya Indonesia Jaya.

Melihat Atraksi Debus Tradisional Bekasi

debus Taman Buaya Indonesia Jaya

Anda bukan cuma bisa melihat buaya, Anda juga bisa menonton debus. Pengelola punya jadwal khusus untuk pertunjukan debus. Biasanya, debus ini dipertunjukkan di hari Minggu atau di hari libur nasional. Pertunjukan ini disebut sebagai atraksi Joko Tingkir.

Ada tiga jenis atraksi yang ditampilkan: atraksi pawang ular, debus, dan pawang buaya. Atraksi ini menyuguhkan tontonan yang menantang maut. Namun bukan cuma itu, penonton pun bisa dapat ilmu bagaimana caranya menghadapi ular. Disarankan untuk tidak mengajak anak-anak saat menonton atraksi ini, karena atraksinya mengandung kekerasan.

Piknik

piknik di Taman Buaya Indonesia Jaya

Di sini, pengunjung juga bisa piknik bersama keluarga. Ada gazebo yang bisa Anda manfaatkan untuk duduk-duduk sambil menikmati makanan. Gazebo ini bisa Anda gunakan bersama rombongan.

Bukan cuma sekadar piknik, anak-anak juga bisa bermain di taman bermain. Pihak pengelola menyediakan taman bermain yang lengkap dengan ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan untuk anak-anak.

Tentu menjadi pengalaman yang sangat berkesan bukan menikmati wisata kuliner Bekasi lezat dengan pemandangan buaya-buaya.

Jam Operasional Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Kalau Anda ingn menyaksikan berbagai atraksi yang ada, pastikan Anda datang di jam-jam yang sudah ditentukan.

Pulangnya jangan lupa untuk mampir ke pusat oleh-oleh terdekat untuk memborong oleh-oleh souvenir khas Bekasi tahan lama yang bagus-bagus.

Tertarik ingin datang ke sini? Anda bisa memesan liburan Anda lewat Salsa Wisata. Salsa Wisata menyediakan banyak pilihan paket wisata di berbagai kota di Indonesia.

Paket wisatanya sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi. Harga paketnya pun terjangkau dan bisa Anda sesuaikan dengan budget. Praktis dan simpel, bukan?

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)