SalSari Resto & Coffee

Salah satu jenis wisata yang tidak pernah sepi pengunjung dan selalu ramai anak-anak adalah waterpark atau waterboom. Itu karena jenis wisata air ini memang sangat mengasyikkan. Apalagi semua keluarga bisa ikut menikmati. Nah, wisata yang satu ini juga tidak ada bedanya. Namanya Taman Dayu Waterpark.

Waterpark yang satu ini letaknya di Pasuruan, Jawa Timur. Banyak orang yang jika pergi ke Pasuruan, cuma datang ke Taman Safari Prigen saja. Padahal, kota ini punya banyak tempat wisata juga untuk dijelajahi, lho.

Sekilas Tentang Taman Dayu Waterpark

Taman Dayu Waterpark Pasuruan

Dilansir dari situs resminya, The Taman Dayu sebetulnya merupakan sebuah kawasan hunian villa sekaligus pusat bisnis. Lokasinya sendiri ada di Pandaan, Pasuruan, jawa Timur. Hunian elegan ini menggabungkan konsep gaya hidup modern dan suasana alam.

Berangkat dari sinilah, kemudian dibuat Taman Dayu Waterpark, yang letaknya tidak jauh dari perumahannya. Awalnya mungkin ini adalah salah satu fasilitas bagi warga Taman Dayu. Namun, lama-kelamaan, tempat ini dibuka untuk umum

Waterpark ini mengambil lokasi di area perbukitan yang pemandangannya luas menghijau. Airnya juga sangat jernih. Bayangkan, Anda bisa berenang sambil sekalian menikmati panorama alam di sekitar.

Berbeda dari waterpark lainnya, konsep yang diusung Taman Dayu adalah water outbound. Itu artinya, Anda bukan cuma sekadar bisa main di waterpark saja, tapi juga mendapatkan suguhan hiburan di setiap akhir pekan dan musim liburan.

Beberapa hiburan yang ada antara lain Magic Show, Fun Game, Foam Party, live music, bahkan flying fox. Memang agak tidak biasa ketika ada flying fox di tempat yang bukan wisata alam.

Namun ini unik. Alih-alih meluncur di atas perbukitan atau hutan, Anda akan meluncur di atas kolam renang. Seru, kan?

Yang lebih unik lagi, waterpark ini juga ada camping ground dan rumah kayu juga, lho. Dua kawasan ini letaknya di puncak bukit, tepat di atas area waterpark. Jadi, Anda bisa sekalian menginap. Pemandangannya langsung menuju kolam renang.

Fasilitas Taman Dayu Waterpark

fasilitas Taman Dayu Waterpark

Secara keseluruhan, pihak pengeola telah menyediakan fasilitas umum dengan sangat lengkap. Berikut ini beberapa sarana dan prasarana yang bisa dimanfaatkan.

  • Parkiran
  • Toilet
  • Mushola
  • Kamar mandi bilas
  • Ruang ganti
  • Loker
  • Gazebo
  • kursi payung
  • Playground anak
  • Restoran
  • Kantin

Harga Tiket Masuk Taman Dayu Waterpark

Retribusi Tarif
Tiket hari biasa Rp50.000,00
Tiket akhir pekan Rp60.000,00
Tiket musim liburan Rp60.000,00

Lokasi Taman Dayu Waterpark

Taman Dayu Waterpark sendiri beralamatkan di Jl. Raya Surabaya-Malang KM. 48, Pandaan, Area Sawah, Bulukandang, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Jika datang dari Malang, Anda bisa gunakan jasa rental mobil Innova Reborn Malang plus driver dari Salsa Wisata. Anda bisa berangkat dari Malang, diantar oleh sopir yang ramah dan berpengalaman. Salsa Wisata menyediakan banyak jenis mobil sewa yang bisa Anda pilih sendiri.

Jam Operasional Taman Dayu Waterpark

Jam Buka Pukul
Senin – Minggu 08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Taman Dayu Waterpark

perosotan Taman Dayu Waterpark

Berenang di Kolam dan Menikmati Wahana Permainannya

Waterpark yang satu ini luasnya sekitar 2,5 hektar. Kolamnya sangat besar. Polanya menyatu antara satu area dengan area yang lain. Satu kolam luas itu terbagi-bagi menjadi beberapa zona, yakni zona kolam renang dewasa, kolam anak, water outbound, dan water slide.

Ada juga satu sudut yang dibuat khusus untuk water playground. Sama seperti water playground lain, di arena ini, anak bisa bermain seluncuran pendek. Jumlahnya memang tidak begitu banyak, tapi cukup untuk bersenang-senang.

Atraksi lain di playground ini adalah water splash. Ini adalah pancuran air yang keluar dari pipa-pipa khusus. Rasanya seperti main hujan. Anak-anak pasti betah berenang di sini.

Kedalaman kolam cuma sekitar 30 cm. Anda bisa mengawasi anak Anda bermain di sini sambil santai di gazebo atau pergola di pinggir kolam.

Main di Alam Terbuka

Karena waterpark ini lokasinya di perbukitan, sudah pasti pemandangannya juga sangat instagrammable, tidak kalah dengan pemandangan Gunung Welirang di dekatnya.

Kondisi alam di sekitar tempat wisata ini sangat sejuk dan teduh. Kalau dilihat dari atas, posisi waterpark-nya ada di cekungan, di kaki bukit. Di atas kolam, ada area penginapan.

Di sini juga terdapat lahan terbuka yang menghijau. Ada banyak spot foto cantik yang tidak boleh Anda lewatkan. Atau, bisa juga duduk-duduk di sini sambil istirahat dan menikmati pemandangan.

Menikmati Wahana yang Ada

Wahana yang tersedia di sini memang jadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Beberapa di antaranya adalah:

  • Seluncuran. Yang paling populer di waterpark ini adalah Giant Twister. Ini adalah seluncuran dengan tinggi 30 meter dan panjang 70 meter. Ada juga seluncuran yang hampir mirip di kolam Tube Error. Yang membedakan keduanya adalah seluncuran di kolam Tube Error lebih lebar.
  • Kolam busa: Kalau ditilik dari kedalaman kolamnya, wahana ini cocoknya untuk anak-anak. Meskipun begitu, banyak juga kok orangtua yang ikut masuk ke kolam ini untuk mendampingi anaknya.
  • Air mancur: Di tengah kolam juga ada air mancur, yang sekilas terlihat seperti shower, hanya saja lebih besar. Wahana ini terletak di kolam anak.

Main di Water Outbound

wahana anak Taman Dayu Waterpark

Beda seperti outbound biasa, water outbound tentu saja ada di dalam air. Water outbound yang ada di waterpark ini berupa piramida climbing dan terowongan jaring.

Kedua wahana ini cukup menantang, karena Anda diajak untuk berjalan menyusuri terowongan dari jaring yang letaknya tepat di atas kolam. Piramida climbing mengajak Anda untuk adu ketangkasan, karena Anda harus memanjat ke atas puncak piramida.

Letaknya ada di tengah-tengah kolam. Permainan ini cocok untuk Anda yang suka tantangan.

Tertarik untuk mengunjungi taman wisata air ini? Hubungi Salsa Wisata untuk membantu mengantarkan dan mengurus segala kebutuhan liburanmu.

Ingin lebih detail mengatur waktu liburan Anda? Bisa coba gunakan paket wisata dari Salsa Wisata. Selain menyediakan berbagai jenis mobil, elf, hiace, dan bus pariwisata, Salsa Wisata juga punya banyak pilihan paket wisata yang bisa Anda nikmati,

Dengan harga terjangkau, Anda bisa liburan ke Jawa Timur dan menikmati semua tempat wisata hits di Malang, mencicipi kulinernya, sekaligus beli oleh-oleh khas Jawa Timur kekinian.

Semua sudah diatur oleh tim kami. Akomodasi dan transportasi pun sudah disediakan dalam paket, jadi tidak perlu sewa mobil lagi. Hubungi kami sekarang untuk dapat info lebih lanjut.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)