SalSari Resto & Coffee

Bali memang selalu menjadi pilihan utama saat merencanakan liburan bersama orang-orang terkasih. Pasalnya, Pulau Dewata ini memang memiliki tempat-tempat wisata yang hits dan seru. Salah satunya adalah Taman Dedari.

Taman ini sebenarnya merupakan restoran khas Bali. Namun, karena adanya patung-patung bidadari yang megah dan indah, maka para wisatawan pun berdatangan pula untuk berfoto dan menikmati pemandangan yang disajikan.

Berikut ini ulasan lengkapnya kami berikan hanya untuk Anda!

Sejarah Singkat Patung Bidadari di Taman Dedari

indoor area Taman Dedari Bali

Sama halnya dengan Patung Satria Gatot Kaca yang ada di daerah Badung, Bali, patung-patung bidadari yang menghiasi tempat wisata ini berdasarkan pada legenda masyarakat Bali.

Legenda tersebut adalah legenda perjalanan Resi Markandeya, salah satu resi kuno dalam kepercayaan agama Hindu. Resi Markandeya dikisahkan melakukan perjalanan dari Gunung Dieng, melewati Gunung Raung, hingga tiba di Bali pada abad 4 Masehi.

Kemudian, sang Resi menetap di Bali dan bermeditasi di tepi sungai. Saat itulah sang Resi melihat para bidadari turun dari kahyangan untuk mandi. Sungai tersebut akhirnya dinamakan Sungai Ayung, yang artinya ayu atau indah.

Berdasarkan legenda ini, maka dibangunlah patung-patung bidadari yang menawan di sekeliling Taman Dedari. Patung-patung tersebut memiliki makna dalam bagi masyarakat Bali, sebab pembangunannya pun dengan diiringi upacara-upacara adat.

Rute Menuju Lokasi Taman Dedari

Taman wisata ini terletak di Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Letaknya sekitar 15 menit perjalanan dari Ubud, dan sekitar 1 jam 20 menit dari Bandara Ngurah Rai.

Untuk mencapai lokasi taman wisata ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi, sebab tidak ada transportasi umum yang bisa mengantarkan ke lokasi.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, maka Anda dapat memanfaatkan layanan rental Innova Zenix Bali murah di agen Salsa Wisata yang terpercaya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan rute dan waktu perjalanan. Anda bisa sepuasnya mengelilingi tempat-tempat wisata di Ubud dan sekitarnya.

Jam Operasional Taman Dedari

Jam Operasional Pukul
Senin – Minggu 10.00 – 21.00 WITA

Harga Tiket Masuk dan Menu Makanan Taman Dedari

Tidak ada biaya tiket masuk yang perlu Anda bayarkan jika ingin mengunjungi taman wisata ini. Anda hanya harus menyiapkan budget untuk menyantap makanan di Restoran Dedari juga membeli oleh-oleh khas Bali makanan.

Sementara range harga makanan yang ada di restoran ini terbilang murah. Sekitar Rp14.000,00 hingga Rp135.000,00. Berikut ini rincian tarif menunya.

Menu Tarif
Soto & Soup Rp29.000,00 – Rp33.500,00
Mie Goreng Rp42.000 – Rp49.500,00
Nasi Goreng Rp47.000,00 – Rp55.000,00
Pasta & Pizza Rp42.000,00 – Rp55.000,00
Ayam Betutu Bakar Rp135.000,00
Dedari Crispy Duck Rp135.000,00
Nasi Campur Kedewatan Rp49.500,00
Minuman Rp12.000,00 – Rp43.000,00
Beer Rp42.000,00 – Rp76.000,00

Daya Tarik Taman Dedari

daya tarik Taman Dedari Bali

Taman ini pada awalnya merupakan sebuah restoran yang menyajikan ragam kuliner khas Bali. Setelah dibangun patung-patung bidadari, restoran ini pun menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi para wisatawan.

Patung-patung Bidadari

Daya tarik utama dari taman wisata ini tentu saja patung-patung bidadari yang berdiri mengelilingi lokasi. Ada empat patung yang memiliki tinggi sekitar 10 meter dan empat patung lainnya setinggi 5 – 6 meter.

Kemudian, ada pula patung-patung yang lebih kecil yang berderet hingga ke Sungai Ayung. Total keseluruhan patung mencapai 50 buah, dan semuanya berbentuk para bidadari yang sedang menari dengan indah dan gemulai.

Walau patung-patung ini tidak berwarna, namun Anda tetap bisa mengagumi keindahannya. Sebab, patung-patung ini dibentuk dan dipahat sedemikian rupa.

Restoran Taman Dedari

restoran Taman Dedari Bali

Setelah puas berfoto-foto dan mengagumi kemegahan patung-patung bidadari, Anda bisa bersantai sambil menyantap sajian khas Bali di restoran yang memang merupakan tempat berdirinya taman wisata ini.

Restoran Taman Dedari ini memiliki variasi makanan dan minuman yang bisa Anda pilih. Dari mulai Ayam Betutu, Nasi Campur Kedewatan, Sate Pelecing Ayam hingga Gurame Nyatnyat Kintamani.

Ada pula pilihan makanan barat, seperti pizza, pasta dan burger. Juga pilihan makanan pencuci mulut, seperti pisang goreng, singkong goreng dan crepes.

Sementara itu, untuk pilihan minuman ada es kelapa muda, es jeruk, bermacam-macam frappe, pilihan kopi, teh dan masih banyak lagi.

Semua menu halal sehingga para wisatawan beragama Islam bisa leluasa menikmatinya. Harganya pun terjangkau dan tidak akan membuat Anda tekor.

Mengunjungi Galeri Seni

Selain patung-patung yang menghiasi sekitar taman hingga ke Sungai Ayung, di lokasi ini juga terdapat galeri seni yang memajang lukisan-lukisan bertema Bali. Beberapa lukisan juga terpajang di area luar taman wisata sehingga memberikan kesan menyatu dengan alam.

Jika Anda kebetulan mengunjungi taman wisata yang hits di Ubud ini, jangan lupa untuk mengunjungi galeri seninya pula. Apa lagi bila Anda pecinta kesenian.

Pertunjukan dan Festival Kesenian

Taman wisata ini juga kerap dijadikan lokasi untuk menyelenggarakan berbagai acara. Dari mulai pertunjukan hingga festival kesenian. Acara-acara ini biasanya akan menampilkan beragam kesenian khas Bali, seperti tari-tari tradisionalnya.

Salah satu acara yang baru-baru ini diselenggarakan di sana adalah Bali Flora Festival pada 1-3 Juli 2022 lalu. Festival ini menampilkan beragam jenis tanaman hias dengan spot-spot foto yang tak kalah indah juga.

Festival ini pun dilengkapi dengan pertunjukan tari tradisional Bali. Tak lupa pula para pengunjung bisa bersantap dengan dikelilingi tumbuh-tumbuhan nan hijau.

Fasilitas di Taman Dedari

fasilitas Taman Dedari Bali

Secara keseluruhan, fasilitas umum yang terdapat di taman wisata ini cukup lengkap. Berikut ini rincian fasilitas yang tersedia.

  • Area parkir
  • Panggunh hiburan
  • Toilet
  • Penginapan resort
  • Spot foto

Restoran ini sangat cocok untuk tempat honeymoon. Karena selain tempatnya romantis ada resortnya juga. Pengalaman honeymoon Anda akan lebih berkesan dan terasa memuaskan bila Anda mengambil paket honeymoon Bali sekaligus menyewa mobil pengantin Bali murah di Salsa Wisata.

Dengan begitu, Anda bisa merencanakan perjalanan ke beberapa tempat wisata selama beberapa hari. Honeymoon di Pulau Dewata pun semakin mengesankan.



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)