SalSari Resto & Coffee

Tidak lagi memiliki citra negative yang sebelumnya disandangnya, Taman Kalijodo yang ada di Jakarta kini sangat mengasyikkan. Taman ini sekarang menjadi obyek wisata ruang terbuka yang hijau dan bisa dikunjungi semua orang.

Bukan itu saja, taman ini sekarang bahkan sudah berubah menjadi taman yang ramah anak-anak. Saat ini, taman ini menjadi area yang sangat cocok untuk liburan seru Bersama keluarga.

Bahkan, taman ini dalam waktu yang begitu singkat sudah menjadi taman yang memiliki predikat membanggakan. Itu karena taman ini sekarang memiliki area skatepark terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu masih ada begitu banyak hal yang bisa Anda nikmati di taman asri nan mengasyikkan ini. Berikut ulasan lengkap mengenai taman di Tambora ini untuk Anda:

Sekilas Tentang Taman Kalijodo

Wisata Taman Kalijodo

Taman nan hijau ini bisa menjadi tujuan liburan baik bagi warga Jakarta sendiri maupun warga luar Jakarta. Itu karena lokasinya sangat mudah dijangkau. Bahkan, pemerintah telah menyediakan bis wisata gratis bagi pengunjung yang berlibur di taman ini.

Area hijau yang berlantaikan rumput di taman ini menjadikannya tempat yang begitu indah. Selain itu, pohon-pohon yang tumbuh di taman ini juga menjadikan tempat ini terasa begitu teduh dalam cuaca panas.

Tempat ini termasuk salah satu tempat wisata hits Jakarta yang wajib Anda coba paling tidak sekali saat berlibur di ibu kota. Jadi sempatkan untuk mampir dan melihat perubahan kawasan kumuh menjadi tempat rekreasi yang menarik.

Harga Tiket Masuk Taman Kalijodo

Tiket masuk Taman Kalijodo ini tidak ada sama sekali atau dengan kata lain gratis. Anda tidak perlu membayar biaya apapun jika ingin menikmati fasilitas tersedia di dalam taman, kecuali untuk urusan parkir.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Taman Kaljodo

Lokasi Wisata Taman Kalijodo

Taman Kalijodo terletak di Jl. Pangeran Tubagus Angke Blok Siaga No.4, RT.4/RW.5, Angke, Tambora, Kota Jakarta Barat. Untuk menuju lokasi menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat melalui Tol Dalam Kota menuju Jalan Pangeran Tubagus Angke – Exit Angke.

Kemudian, setelah keluar dari tol, Anda bisa tetap di ruas kanan jalan dan ikuti rambu menuju Jalan Pangeran Tubagus Angke – Jalan Kepanduan II. Taman ini ada di pinggir jalan tersebut. Jika Anda ingin perjalanan yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa rental Innova Jakarta.

Sementara itu, jika Anda ingin menggunakan TransJakarta, Anda bisa naik bus dengan tujuan halte Jembatan Dua. Setelah sampai di halte, Anda bisa keluar dari sisi bagian barat Jembatan Dua dan jalan kaki sejauh 350 meter ke arah barat menuju taman ini.

Sementara itu, jika Anda ingin menggunakan kereta Commuter Line, Anda bisa turun di Stasiun Angke atau Stasiun Grogol. Setelahnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan transportasi online.

Jam Buka Taman Kalijodo

Taman Kalijodo buka selama 24 jam penuh setiap harinya sehingga Anda tidak perlu takut ketinggalan keseruan yang ada. Namun, ada baiknya untuk Anda berkunjung pada hari dan jam kerja saat tempat ini tidak terlalu padat.

Tentu, saat Anda berkunjung ke sini, ada baiknya Anda mengenakan pakaian yang nyaman untuk bergerak. Dengan begitu, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dengan leluasa di taman ini.

Daya Tarik Taman Kalijodo

Kawasan yang dulunya memiliki angka kriminalitas yang tinggi ini sekarang sudah berubah menjadi taman kota yang megah dan cantik. Para penghuni kaasan ini sebelumnya telah direlokasi ke berbagai rusun yang ada di Jakarta.

Hasilnya, taman ini kini menjadi kawasan yang citranya sama sekali berbeda dengan citranya yang terdahulu. Sebagai salah satu taman mengasyikkan di Jakarta selain Taman Menteng Bintaro, taman ini memiliki daya Tarik yang luar biasa.

Arena Skateboard dan Sepeda BMX

Arena Skateboard di Taman Kalijodo

Taman ini memiliki predikat sebagai taman dengan kawasan skatepark terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, luas arenanya dua kali lebih luas dari skatepark Cikokol. Selain itu, taman ini juga memiliki arena khusus untuk bermain sepeda BMX.

Area skatepark dan sepeda BMX yang ada di taman ini ada di sisi utara tembok pembatas yang tingginya 24 meter. Orang dewasa, remaja dan anak-anak diperbolehkan bermain di sini.

Arena skatepark meliputi arena box, tangga, lintasan menurun cekung dan pipa besi panjang. Sementara itu, arena sepeda BMX meliputi arena jenis flat land, lintasan naik turun dengan bukit kecil dan lintasan cekung.

Tentu, jika Anda sudah pernah mencoba arena ice skating Taman Anggrek dan Anda begitu menyukainya, Anda wajib ke sini. Mencoba arena skateboard dan sepeda BMX yang ada di sini akan memberikan Anda pengalaman yang begitu mengasyikkan.

Beragam Aktivitas Olahraga dan Pilihan Kuliner

Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan oleh taman ini sehingga Anda bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga di sini. Pertama-tama, di taman ini ada jogging track yang panjangnya ratusan meter dan lebarnya 1,5 meter.

Tak hanya itu, taman ini juga menawarkan tiang-tiang besi yang bisa Anda manfaatkan untuk pull-up. Bahkan, ada lapangan futsal di sini. Saat Anda berolahraga di sini, Anda akan ditemani oleh mural nan artistic di dinding.

Selesai berolahraga, Anda bisa mencoba sajian kuliner dan makanan khas Jakarta yang tersedia di kedai-kedai di area taman ini. Ketoprak, bakso, tekwan, mie ayam, pempek, batagor dan beragam sajian kuliner lain bisa Anda nikmati di sini.

Menimba Ilmu Sambil Bermain di Perpustakaan

Menariknya, di taman ini ada sebuah perpustakaan tidak jauh dari lapangan futsal. Perpustakaan ini sendiri sebenarnya dikhususkan bagi anak-anak. Walau begitu, pengunjung dewasa juga diperbolehkan masuk ke perpustakaan ini.

Selain memiliki koleksi buku, perpustakaan ini juga menawarkan permainan balok yang dapat membuat anak menjadi lebih kreatif. Perlu Anda ketahui, untuk masuk ke perpustakaan ini, Anda harus mengisi buku tamu.

Fasilitas Taman Kalijodo

Fasilitas Wisata Taman Kalijodo

Ada banyak fasilitas yang taman ini tawarkan seperti area parkir, toilet, tempat sampah dan mushola. Selain itu, ada spot foto yang menarik di taman ini. Tentu, berbagai arena, sentra kuliner dan wahana permainan seru yang ada di sini juga termasuk dalam daftar fasilitas yang tersedia.

Seperti Taman Pemuda Pratama, taman ini memiliki karakter yang unik dan sangat menarik. Anda harus mencoba berbagai fasilitas yang ditawarkannya saat Anda berlibur ke ibu kota.

Setelah bersenang-senang di taman ini, ada baiknya juga Anda berbelanja berbagai oleh-oleh menarik. Jangan ragu juga untuk liburan bersama Salsa Wisata agar segala kebutuhan Anda selama liburan terpenuhi dan berjalan sempurna.



By Categories: Destinasi, Jakarta

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)