SalSari Resto & Coffee

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution Kota Bandung merupakan salah satu taman rekreasi tertua di jantung Kota Bandung. Taman ini didirikan oleh H.Nazaruddin, S.H., seorang Kepala Polisi Lalu Lintas di era tahun 50-an.

Selain berguna sebagai taman bermain, tempat wisata Bandung kota ini juga menjadi pusat edukasi seputar rambu-rambu lalu lintas. Taman ini cukup terkenal sebagai objek wisata taman tematik.

Sekilas Tentang Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

rumah pohon taman lalu lintas bandung

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution resmi beroperasi pada tahun 1958. Sebelum beroperasi, taman ini telah mengalami perbaikan total kurang lebih 2 tahun.

Kawasan wisata ini menjadi taman lalu lintas pertama di Indonesia. Tempat ini juga merupakan simbol untuk mengenang pahlawan cilik Indonesia, Ade Irma Suryani Nasution.

Selain tawarkan daya tarik edukasi lalu lintas, di sini juga hadir fasilitas rekreasi anak lainnya. Sebut saja contohnya kolam renang dan juga playground lengkap dengan berbagai wahana permainan.

Mari ajak si buah hati liburan di sini dengan dukungan layanan paket wisata Bandung untuk 2 orang dan jenis paket lainnya dari Salsa Wisata. Biayanya murah, kualitasnya nomor satu.

Lokasi Wisata Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Alamat Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution berada di Jalan Belitung No 1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Jika Anda dari luar Kota Bandung maka bisa menggunakan jalan tol dan memilih pintu keluar Tol Pasteur. Kemudian Anda perlu menuju ke flyover Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja.

Setelah itu, ke Jalan Tamansari dan belok ke kanan ke Jalan Ir. H. Juanda Dago. Masuk ke Jalan Merdeka dan belok ke kiri ke Jalan Aceh terus berputar ke Jalan Belitung.

Jika Anda baru pertama kali ke sana, bisa menggunakan Google Maps. Atau solusi paling mudah adalah dengan rental mobil Alphard Bandung di Salsa Wisata. Anda juga bebas memilih tipe mobil lainnya selain Alphard.

Jam Buka Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman edukasi dan rekreasi ini buka dari Senin hingga Minggu, kecuali Jumat. Jam buka Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution ini juga berbeda saat hari biasa dan saat libur akhir pekan dan libur nasional.

Berikut kami infokan jadwal buka yang terupdate:

Jadwal Operasional Jam Buka
Senin – Kamis 09.00 – 15.00 WIB
Jumat Libur
Sabtu, Minggu, Libur Nasional 09.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman Lalu Lintas Bandung ini menjadi destinasi wisata yang tergolong murah meriah. Tidak butuh biaya yang mahal untuk datang ke wisata legendaris satu ini.

Anda cukup membayar tiket masuk dengan harga murah dan juga tiket wahana jika ingin memainkan wahana yang Anda sukai. Selain biaya tersebut, ada tambahan biaya parkir kendaraan untuk pengunjung yang membawa kendaraan.

Di bawah ini adalah info tarif tiket masuk, wahana, dan parkir kendaraan yang terbaru. Silahkan Anda simak sebagai referensi nantinya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Kolam Renang Rp10.000,00 per orang
Tiket Wahana Rp10.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Daya Tarik Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman ini menyuguhkan pengalaman rekreasi menyenangkan sekaligus bernilai edukatif. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di taman ini.

Wahana bermain yang tersedia juga sangat beragam. Tidak heran jika wisata ini sangat cocok untuk keluarga. Nah, berikut adalah daya tarik taman rekreasi ini:

Wahana Edukasi Taman Lalu Lintas Bandung

Sesuai dengan namanya, taman ini menyediakan berbagai wahana utama yang edukatif. Hanya saja taman ini lebih fokus pada edukasi terkait dengan pengaturan tata tertib lalu lintas.

Wahana ini terdapat banyak simbol-simbol terkait rambu lalu lintas yang lengkap dengan penjelasannya. Setelah mempelajari rambu lalu lintas, wisatawan juga dapat langsung mempraktekannya dengan menggunakan Sepeda Onthel.

Pihak pengelola sengaja menyediakan Sepeda Onthel lengkap dengan rute khusus untuk praktek. Rute yang tersedia sudah lengkap dengan rambu-rambu lalu lintas yang harus dipatuhi.

Keliling Seru dengan Kereta Api

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution Kota Bandung

Salah satu ikon dari taman edukasi ini adalah keberadaan kereta api yang memiliki desain artistik dan modern khas TGV Perancis yang melegenda. Anda dapat berkeliling memutari kawasan wisata ini dengan menggunakan kereta api.

Di sela-sela aktivitas berkeliling, Anda bisa beristirahat di berbagai tempat makan untuk menyantap makanan khas Bandung kekinian yang lezat. Anda juga bisa sekedar beristirahat sambil memandangi hijaunya taman ini.

Kolam Renang di Tengah Taman

Salah satu wahana yang memiliki banyak peminat terutama anak-anak adalah kolam renang. Kolam renang ini cukup dangkal dengan kedalaman kurang dari 1 meter.

Jadi, selain di kolam renang Bandung untuk anak, Anda juga bisa menikmati wisata air yang menyenangkan di taman ini. Meski aman bagi anak-anak, namun Anda tetap perlu mengawasi mereka ketika bermain air.

Pihak pengelola membuat kolam renang dangkal agar anak-anak tetap aman saat bermain air. Tidak lupa juga, pihak pengelola menyediakan pelampung, wahana perosotan air, serta air mancur untuk menambah keseruan.

Wahana Permainan Seru

Taman lalu lintas ini menyediakan arena bermain dengan wahana cukup lengkap. Terdapat ayunan, halang rintang, perosotan, juga karosel. Ada juga berbagai macam patung hewan seperti patung kuda, dinosaurus, dan unta.

Tidak jauh dari area bermain, ada lahan berumput dan paving blocks. Para orangtua bisa menggelar tikar dan piknik di sini. Piknik bisa diisi dengan mengisi perut dengan jajanan oleh-oleh khas Bandung murah dan enak.

Rumah Pohon dan Arena Piknik

Ada banyak spot bermain di taman ini. Salah satu yang paling favorit adalah rumah pohon. Rumah pohon ini juga lengkap dengan tangga. Tangganya terbuat dari besi, jadi kuat menopang tubuh anak-anak ataupun orang dewasa.

Anda dapat masuk ke rumah pohon untuk melihat pemandangan sekitar ataupun untuk sekedar mengambil foto bersama. Area ini menjadi salah satu spot foto favorit para wisatawan.

Menonton Acara Seni dan Musik Di Amfiteater

Taman lalu lintas Kota Bandung ini juga menyediakan sebuah panggung pertunjukan terbuka. Dengan dilengkapi dengan kursi-kursi yang dibuat berundak dan membentuk bundaran, panggung ini bak sebuah stadion.

Panggung utamanya berada di bawah dan memiliki ukuran yang cukup besar. Jika ada acara pagelaran musik ataupun pertunjukan seni, wisatawan bisa menonton pertunjukan dengan leluasa.

Fasilitas di Wisata Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

taman lalu lintas bandung

Menjadi taman wisata yang mendukung sarana bermain dan belajar, Taman Lalu Lintas Bandung ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Adapun daftar fasilitasnya antara lain:

  • area parkir kendaraan
  • area piknik
  • gedung serbaguna
  • mushola
  • toilet umum
  • replika bangunan edukatif

Liburan akhir pekan bersama anak-anak di taman ini tentu akan menjadi keputusan yang tepat. Anak-anak dapat belajar seputar lalu lintas dengan cara menyenangkan. Fasilitas dan wahana yang lengkap pastinya akan membuat anak-anak juga betah.

Agar lebih nyaman, Anda bisa fasilitasi liburan di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution ini dengan layanan paket wisata dari Salsa Wisata. Dengan layanan ini, Anda dapat memilih destinasi, termasuk destinasi wisata kuliner Bandung legendaris.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)