SalSari Resto & Coffee

Tempat wisata hits di Malang, khususnya di Batu, memang seolah tak ada habisnya. Dari mulai Selecta yang sudah lama berdiri sampai Batu Night Spectacular yang kekinian, semua ada. Kini, ada satu tempat wisata baru lagi di Malang. Namanya Taman Langit Gunung Banyak.

Taman wisata yang satu ini sudah mulai cukup populer di Batu. Yang ditawarkan adalah sejumlah spot foto unik dan cantik yang pastinya bisa membuat foto-foto estetis. Ditambah lagi, pemandangan khas dataran tingginya juga luar biasa.

Sekilas Tentang Taman Langit Gunung Banyak

pemandangan Taman Langit Gunung Banyak

Dibanding dengan tempat-tempat wisata lainnya di Batu, Malang, Taman Langit Gunung Banyak ini bisa dibilang usianya masih muda. Meski baru dibuka pada tahun 2017 silam, popularitasnya sudah bisa menyaingi tempat-tempat serupa yang sudah lebih lama berdiri.

Secara konsep memang mirip dengan Taman Langit Pangalengan, yang sama-sama menawarkan pemandangan alam pegunungan.

Konsepnya adalah penggabungan antara spot foto buatan dan pemandangan alam yang ditawarkan oleh kawasan sekitar. Memang, target yang dibidik adalah pengunjung-pengunjung yang senang foto-foto, utamanya kaum muda.

Maka dari itu, pengelola berusaha membuat spot foto yang instagramable tapi tetap tidak mengubah kesan alaminya. Meski spot fotonya buatan, semuanya berlatarkan pemandangan hijau yang apik.

Barisan perbukitan dan pohon-pohon yang rimbun merupakan lanskap yang mendominasi area taman ini.

Pemandangan ini bisa dilihat dari ketinggian, karena memang letaknya di lereng gunung. Anda bisa melihat kota Batu dari ketinggian. Pemandangan ini jadi berkali-kali lebih indah di malam hari, ketika lampu-lampu kota bersinar.

Taman ini buka sampai malam, jadi memang lebih banyak wisatawan yang datang di malam hari untuk bisa menikmati suasana romantis itu. Ada restoran dan cafe yang bisa Anda kunjungi juga.

Jadi, Anda bisa menikmati makanan khas Malang kekinian sambil melihat lampu-lampu kota di bawah. Seru, kan?

Fasilitas di Taman Langit Gunung Banyak

fasilitas Taman Langit Gunung Banyak

Masih banyak spot foto lainnya yang bisa Anda jelajahi di taman rekreasi ini. itu semua termasuk bagian dari fasilitas taman. Fasilitas lainnya standar, seperti toilet, tempat ibadah, dan area parkir yang luas.

Sedangkan untuk fasilitas penunjang, ada restoran Cangkruk Manuk, penginapan, gardu pandang, area camping, sampai paralayang seperti yang ada di Watu Gupit Jogja.

Restorannya menyediakan berbagai menu khas nusantara, sedangkan penginapannya punya tiga pilihan: Omah Kayu, Lavender Villa, dan Gardu Pantau.

Harga Tiket Masuk Taman Langit Gunung Banyak

Karena Taman Langit ini berada di area Gunung Banyak, jadi Anda harus membeli dua tiket. Yang satu tiket masuk ke area Gunung Banyak, dan satunya lagi ke area Taman Langit. Berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gunung Banyak Rp15.000,00
Tiket masuk Taman Langit Rp10.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Tiket masuk Taman Langit Gunung Banyak sama di hari biasa maupun akhir pekan, orang dewasa maupun anak-anak.

Rute Menuju Taman Langit Gunung Banyak

sepeda Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak ini letaknya tidak jauh dari Museum Angkut yang terkenal itu. Jaraknya cuma sekitar setengah jam perjalanan. Kalau Anda berangkat dari alun-alun kota Batu, ambil arah ke Jalan Rajek Wesi. Dari situ Anda bisa tinggal ikuti petunjuk jalan.

Nah, karena tempat wisata ini letaknya tidak jauh dari tempat-tempat wisata lain di sekitarnya, rasanya sayang kalau Anda tidak mengunjungi semuanya sekalian. Karena itu, Anda bisa gunakan rental mobil Malang plus sopir murah yang bisa membawa Anda ke berbagai tempat wisata di kota ini.

Atau yang lebih baik lagi, Anda bisa pesan paket wisata Malang murah dari Salsa Wisata. Kami punya beberapa pilihan paket wisata di Malang berdasarkan destinasi wisatanya.

Semua sudah kami susun dalam rencana perjalanan yang rapi. Atau, Anda bisa tentukan sendiri tempat-tempat wisata mana saja yang ingin Anda kunjungi. Akan kami atur semuanya untuk Anda. Paket kami sudah termasuk akomodasi, makan, tiket wisata, dan transportasi plus sopir.

Daya Tarik Taman Langit Gunung Banyak

Bukan cuma sekadar makan sambil melihat pemandangan saja, ada banyak hal yang bisa membuat Anda betah di Taman Langit Gunung Banyak. Di antaranya adalah:

Spot Foto Bak di Negeri Dongeng

patung Taman Langit Gunung Banyak

Pengelola tempat wisata ini benar-benar total mengerahkan tenaga untuk membuat spot foto cantik ini. Hasilnya, spot-spot foto yang ada tidak terlihat murahan dan norak. Malah, semua itu membuat taman wisata ini seperti layaknya negeri dongeng. Kreasinya unik dan tidak biasa, jadi bisa menghasilkan foto yang estetis.

Gerbang yang Cantik

gerbang Taman Langit Gunung Banyak

Sebelum mulai foto-foto di berbaga spot-nya, dari depan gerbang saja Anda sudah bisa berpose. Begitu masuk ke taman wisata ini, Anda sudah akan disambut dengan pintu gerbang yang cantik. Terbuat dari akar kayu dan ditambah tulisan “Taman Langit”, gerbang ini jadi salah satu spot foto ikonik. Kalau malam, ada cahaya lampu yang cantik memancar dari sini.

Jalanan yang Unik

Tahukah Anda, bahkan jalanan di tempat wisata ini saja benar-benar unik. Ada jalan setapak yang menghubungkan setiap spot foto dengan lainnya. Ruas jalan setapak tersebut sudah modern, dibuat dari paving block warna-warni yang tertata apik. Petunjuk jalannya pun unik, bisa jadi penanda jalan atau bahkan latar belakang foto juga.

Ranjang Rumput

ranjang rumput Taman Langit Gunung Banyak

Salah satu spot foto menarik yang ada di sini adalah sebuah tempat tidur, tapi kasurnya bukan kasur biasa, melainkan rumput hias. “Tempat tidur” ini juga dilengkapi dengan dua bantal yang juga terbuat dari rumput. Bayangkan rasanya tidur di tempat tidur “alami” seperti ini.

Udara yang Sejuk

Kota Batu memang identik dengan udara khas pegunungannya yang sejuk. Anda pun bisa menikmati itu di sini. Suasananya masih bersih, jauh dari hiruk-pikuk dan polusi kota. Benar-benar puas untuk healing. Jangan lupa pakai pakaian tebal kalau datang ke sini.

Angsa Putih Besar

angsa putih Taman Langit Gunung Banyak

Memang bukan angsa betulan, tapi tetap saja spot foto ini terlihat sama persis seperti angsa asli. Hanya saja replikanya ini dibuat jauh lebih besar dari ukuran aslinya.

Terlihat angsa ini sedang mengerami telurnya di atas taman. Patung angsa ini sepertinya dibuat sebagai pengingat bahwa area ini dulu dipenuhi angsa. Selain yang raksasa, ada juga angsa-angsa kecil di sekitarnya. Di sekelilingnya terdapat rumput hijau dan bunga-bunga cantik.

Putri Bersayap dan Sarang Burung

sarang burung Taman Langit Gunung Banyak

Ada salah satu patung di sudut taman berwarna keemasan berbentuk seorang putri yang memiliki sayap. Patung yang eksotis ini terlihat seolah sedang menari di tengah taman.

Selain itu, ada juga sebuah sarang burung unik yang terletak di bawah pohon. Di sarang ini, ada sebutir telur burung besar yang terlihat retak seolah sedang menetas.

Jam Operasional Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak buka dari pukul 07.00 sampai 00.00 WIB. Itu berarti, Anda bisa memilih, ingin datang di siang atau malam hari. Datang siang berarti Anda bisa berfoto di berbagai spot foto sampai puas. Sedangkan kalau datang di malam hari, Anda bisa merasakan suasana romantis melihat kota Batu dari atas. Pilihan manapun sama-sama bagus.

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan, gunakan biro travel berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk mengantar ke tempat wisata Malang terkenal, termasuk Taman Langit Gunung Banyak.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)