earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Taman Pintar Yogyakarta tentu sudah sangat akrab dan familiar bagi para wisatawan yang datang ke Jogja terutama anak-anak. Tempat ini juga termasuk salah satu tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi saat study tour berlangsung selain Malioboro.

Berbagai alat peraga sains menarik bisa anak-anak mainkan di sini sehingga mereka bisa belajar sambil bermain dengan senang. Dengan begitu mengunjungi destinasi ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bermanfaat saat Anda berada di Jogja.

Anda bisa mengunjungi objek wisata satu ini dengan menggunakan paket tour Jogja yang ditawarkan oleh biro perjalanan. Namun sebelum datang berkunjung, mari simak beberapa hal menarik yang bisa Anda dapatkan dari Taman Pintar Jogja berikut ini.

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar sudah berdiri sejak tahun 90-an dan menjadi salah satu media mengasah kreatifitas anak-anak dalam memahami teori yang diajarkan. Hal ini sangat sesuai dengan cita-cita para pendirinya yang ingin anak usia dini hingga SMA bisa mengenal sains lebih baik.

Objek wisata ini dibangun di area bekas bangunan Shopping Center yang masih terhubung dengan Benteng Vredeburg dan juga Taman Budaya. Relokasi tersebut dilakukan pada tahun 2004 dan dilanjutkan dengan pembangunan secara bertahap.

Pembangunan tahap pertama selesai dilakukan pada tahun 2006 dan menghasilkan area playground serta Gedung PAUD di sisi timur dan barat. Lalu tahap kedua diresmikan pada tahun 2007 yang berhasil membangun gedung oval dan satu lantai gedung kotak.

Kemudian di tahap terakhir, gedung kotak pun berhasil dibangun menjadi tiga lantai dan diresmikan langsung oleh Presiden pada tahun 2008. Sejak saat itu taman ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai sekolah dan daerah yang ada di indonesia selama liburan.

Kawasan dan Wahana Menarik Taman Pintar Yogyakarta

Wahana Taman Pintar

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Terdapat banyak sekali wahana menarik yang bisa Anda jelajahi di dalam kawasan objek wisata ini mulai dari arena bermain hingga akuarium. Berikut ini beberapa area serta wahana yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Taman Pintar:

Gedung Oval

Area pertama yang wajib Anda coba adalah gedung oval yang berisi berbagai macam alat peraga sains khusus astronomi dan geografi. Di gedung ini Anda bisa menemukan dan mencoba generator pedal, peraga cuaca dan iklim, serta peraga tata surya yang menarik.

Selain itu ada pula terowongan ilusi serta akuarium air tawar berukuran besar di dalam gedung yang berisi ikan-ikan cantik. Area ini sangat cocok untuk anak-anak belajar mengenai astronomi dan geografi melalui media pembelajaran yang ada.

Gedung Kotak

Gedung kotak termasuk salah satu area terluas di tempat ini dengan tiga lantai berbeda yang bisa Anda kunjungi. Wahana yang ada di gedung kotak berfokus pada pengetahuan umum dan sejarah seperti misalnya tentang Indonesia, olahraga, dan sebagainya.

Di area ini Anda juga bisa menonton film 4D pada teater khusus yang sudah disediakan. Berbagai informasi menarik mulai dari pelaksanaan pemilu, KPK, hingga nuklir bisa Anda pelajari di gedung kotak.

Science Theater

Gedung selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah gedung audio visual yang mampu menampung sekitar 50 hingga 60 pengunjung. Di dalam gedung ini para pengunjung dapat menyaksikan pemutaran film bertema sains sekaligus peragaannya yang menarik.

Tempat ini juga sering menjadi lokasi diadakannya seminar dan penjelasan mengenai beberapa hal penting pada saat dilakukan kunjungan. Science Theater ini berada di dekat zona perpustakaan tepatnya di area barat Taman Pintar.

Zona Perpustakaan

Seperti perpustakaan pada umumnya, di zona ini Anda bisa membaca berbagai macam buku menarik tentang sains dan ilmu lainnya. Disediakan pula beberapa komputer yang bisa diakses pengunjung untuk mencari informasi dalam bentuk film animasi menarik.

Dalam seminggu sekali biasanya sering diadakan pertunjukan boneka tangan yang bisa dinikmati oleh siapapun. Selain menambah wawasan mengunjungi zona perpustakaan di Taman Pintar ini bisa jadi pengalaman baru yang cukup seru.

Wahana Kampung Kerajinan

Bergeser ke area selanjutnya terdapat wahana bernama Kampung Kerajinan yang memungkinkan pengunjung membuat berbagai macam kerajinan tangan. Para pengunjung yang datang bisa belajar melukis, membatik, membuat gerabah hingga menghias kaos dan gerabah.

Hasil kreasi Anda di sini pun bisa dibawa pulang atau ditinggal untuk dipajang di dalam galeri Kampung Kerajinan. Mencoba wahana ini bisa melatih kreatifitas anak dalam berseni dan berkreasi tanpa ada tekanan serta tetap menyenangkan.

Area Playground

Area Playground

Halaman dari Taman Pintar tidak hanya berfungsi untuk tanaman saja, ada beberapa permainan seru yang bisa Anda coba di tempat ini. Contohnya air menari, dinding berdendang, jungkat-jungkit, katerol, pembangkit listrik hingga gong perdamaian semua ada.

Setiap wahana yang ada di area playground ini bertemakan sains dan bisa para pengunjung nikmati tanpa ada biaya tambahan. Area ini juga yang menjadi salah satu daya tarik bagi sebagian wisatawan yang datang ke Taman Pintar.

Wahana Bahari

Masih di sekitar area playground terdapat sungai dan kolam buatan kecil yang bisa menjadi tempat untuk bermain air. Sungai kecil tersebut menjadi lintasan dari kapal mini berkapasitas 2 orang dengan berat maksimal 100 kg.

Anda bisa mengajak anak-anak berkeliling dan merasakan sensasi seru bermain air di atas kapal mini menarik berbagai bentuk. Selain kapal mini Anda juga bisa memberi makan ikan kecil yang ada di dalam kolam atau aliran sungai.

Gedung Paud

Untuk anak-anak usia 2 hingga 7 tahun bisa mengunjungi dua gedung paud yang berada di Taman Pintar. Di dalam gedung ini terdapat banyak alat peraga edukasi interaktif khusus anak-anak usia dini yang berkonsep permainan.

Gedung ini juga menyediakan ruang laktasi untuk para ibu menyusui yang ingin memberikan susu kepada anaknya. Fasilitas yang ramah anak-anak membuat gedung paud sangat cocok menjadi lokasi kunjungan anak-anak kecil usia TK.

Wahana Planetarium

Selain alat peraga astronomi, di tempat ini Anda juga bisa mengunjungi planetarium mini yang menampilkan pemandangan langit Jogja. Pemandangan tersebut berasal dari proyeksi digital ke atas langit-langit berbentuk kubah yang ada di dalam planetarium.

Proyektor ini juga sering digunakan untuk menampilkan film pendaratan manusia ke bulan kepada para pengunjung. Anda bisa tiduran dengan nyaman sambil menikmati proyeksi langit malam atau film saat berada di planetarium.

Selain beberapa area tersebut masih banyak area lain yang bisa Anda eksplor seperti misalnya area foodcourt yang menjual makanan khas Jogja. Area manapun yang Anda pilih, ilmu pengetahuan dan keseruan yang Anda dapatkan bisa menjadi hal yang bisa Anda banggakan.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Tiket masuk Taman Pintar ini tidak terlalu mahal terlebih lagi bila Anda datang bersama rombongan anak-anak. Cukup dengan beberapa ribu rupiah saja, Anda sudah bisa masuk dan menikmati berbagai wahana yang ada.

Retribusi Anak Dewasa
Gedung Oval dan Kotak Rp12.000,00 Rp20.000,00
Planetarium Rp22.000,00 Rp22.000,00
PAUD Barat / Timur Rp3.000,00
Wahana Bahari (Kapal Boat Mini) Rp6.000,00 Rp6.000,00
Lalu Lintas (3 – 7 Tahun) Rp12.000,00
Kreasi Batik Rp18.000,00
Kreasi Gerabah Rp13.000,00
Lukis Kaos Rp45.000,00
Lukis Gerabah Rp15.000,00
Teater 4D Rp15.000,00 Rp20.000,00
Dino Adventure Rp20.000,00 Rp25.000,00
Hand on Science Rp10.000,00 Rp10.000,00
Presenter TV Rp15.000,00 Rp15.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya  dan pertimbangan sebelum mengunjungi Taman Pintar.

Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Jogja dengan memanfaatkan paket wisata dari Biro Perjalanan. Dari paket ini Anda bisa mendapatkan kemudahan berlibur dan mendapatkan oleh-oleh khas Jogja yang Anda inginkan dengan lebih hemat.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Pintar

Taman Pintar terletak di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Lokasinya sangat dekat dengan Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo, Malioboro, Keraton, Shopping Center Book, dan Taman Budaya.

Untuk menuju tempat ini Anda bisa mengandalkan navigasi dari Google Maps yang akan menunjukan rute terbaik ke Taman Pintar. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental mobil alphard Jogja yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Taman Pintar

Objek wisata ini buka sejak pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB setiap hari kecuali hari Senin.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (1 vote)