SalSari Resto & Coffee

Jakarta Timur punya banyak taman menarik yang wajib Anda kunjungi seperti Taman Ria Rio. Taman ini menawarkan serunya berolah raga di sekitar kawasan asri danau buatan bagi para pengunjungnya seperti halnya sejumlah tempat wisata hits Jakarta lain.

Sebenarnya, awalnya taman ini hanyalah rawa-rawa yang kemudian diubah menjadi waduk penampungan air banjir. Namun pada era Gubernur Jokowi, waduk tersebut mengalami penataan ulang dan lahan di sekitarnya berubah menjadi taman kota.

Karena hal tersebut, Jakarta pun punya taman baru yang bisa warga sekitar dan wisatawan gunakan sebagai tempat rekreasi. Tak hanya itu, taman ini juga menjadi tempat di mana pengunjung bisa mengirup udara segar di luar kediaman masing-masing.

Sekilas Tentang Taman Ria Rio

Taman Waduk Ria Rio merupakan taman ruang terbuka hijau baru di Jakarta dengan view danau buatan. Dulu sekali, kawasan ini masih berupa rawa-rawa sampai Gubernur Ali Sadikin mengubahnya menjadi waduk untuk mengurangi genangan air serta banjir.

Pembangunan waduk ini bersinergi dengan PT. Pulomas Jaya saat itu memerlukan tanah urukan untuk membangun lapangan pacuan kuda tak jauh dari kawasan waduk. Nama “Ria” sendiri berasal dari kata riak, yang merepresentasikan air waduk yang beriak.

Sedangkan untuk nama “Rio” ini berasal dari nama depan pemimpin PT. Pulomas Jaya kala itu, yaitu Rio Tambunan. Sejak saat itu, taman ini berfungsi untuk banyak hal seperti tempat berenang, lahan bermain dan berbagai keperluan lain.

Luasnya sendiri sekitar 2.6 hektar dan berada di kawasan Pulomas Jakarta Timur. Di sekeliling waduk ini pun terdapat banyak pepohonan rindang dan unik sehingga membuat pengunjung yang datang bisa merasa nyaman berkeliling.

Apabila Anda sudah berkunjung ke Taman Lapangan Banteng dan ingin mencoba taman lain, Anda harus mencoba taman ini. Berbagai kegiatan seru bisa Anda lakukan di sini bersama teman atau keluarga.

Harga Tiket Masuk Taman Ria Rio

Tiket Masuk Taman Ria Rio

Tiket masuk Taman Waduk Ria Rio ini gratis. Anda tidak perlu membayar biaya apapun untuk menikmati semua fasilitas yang ada. Namun siapkan saja uang kecil untuk membayar parkir kendaraan yang hanya Rp3.000,00.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Taman Ria Rio

Taman Ria Rio terletak di Jl. Pulo Mas Utara Blok E No. 1, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Lokasi tersebut sangat mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan umum.

Pemberhentian bis yang dekat dengan taman ini di antaranya halte Ahmad Yani 15b, halte Suprapto 1 dan halte Cempaka Putih. Sementara itu, jalur bis yang menuju ke arah taman ini di antaranya seperti jalur Transjabodetabek – Bogor dan jalur Transjabodetabek Cileungsi – Senen.

Sehingga Anda bisa mencapai lokasi taman ini dengan relatif mudah meski menggunakan kendaraan umum. Namun, jika Anda ingin perjalanan Anda ke taman ini lebih mudah, ada baiknya Anda menggunakan jasa rental mobil innova Jakarta.

Bersama para sopir yang bertugas, Anda bisa menuju lokasi taman dengan relatif mudah. Selain itu, Anda juga bisa mengunjung berbagai destinasi menarik lain yang Anda inginkan selama berada di Ibu Kota.

Jam Buka Taman Ria Rio

Taman Ria Rio buka setiap hari dari pagi pukul 07.00 WIB hingga sore hari pukul 18.00 WIB. Namun untuk waktu terbaik berkunjung biasanya saat sore hari di akhir pekan sebab Anda bisa menikmati momen matahari terbenam dari tepi danau.

Daya Tarik Taman Ria Rio

Taman ini sangat cocok untuk berbagai aktivitas menarik mulai dari olahraga hingga sekedar bersantai. Berikut ini beberapa hal menarik yang sayang sekali untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke taman ini.

Tempat Olahraga Seru

Dengan jogging track yang sangat memadai, taman ini menjadi tempat yang tepat untuk berolahraga. Di sini, Anda bisa berolahraga lari atau jalan cepat sambil menikmati pemandangan taman yang begitu indah dan asri.

Apabila Anda merasa lelah setelah berolahraga, Anda bisa duduk di deretan bangku taman sambil menikmati pemandangan hamparan taman yang luas. Bersama dengan Taman Suropati, taman ini adalah salah satu taman kota terbaik yang ada di Jakarta.

Melihat Pohon Unik

Taman ini tidak diragukan lagi merupakan taman yang sangat sehat. Itu karena di taman ini, ada berbagai jenis pohon yang ditanam sebagai paru-paru kota. Pohon-pohon yang ada di sini menjadikan suasana taman ini begitu sejuk dan asri.

Bahkan, ada salah satu pohon yang sangat menarik dan menjadi ikon taman ini. Pohon itu adalah pohon Baobab. Ukurannya yang begitu besar menjadikannya mudah menjadi pusat perhatian karena tinggi pohon ini bisa mencapai 30 meter.

Alasan mengapa pohon ini ada di taman ini adalah karena ia dapat menyerap serta menyimpan air dengan baik pada batangnya. Bahkan, pohon kehidupan ini dapat menyimpan ribuan gallon air dan buahnya mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk.

Pohon tersebut sangat cocok berada di tempat yang sehat dan hidup seperti taman ini. Tampilannya yang menarik pun bisa menjadi latar yang indah untuk berswafoto. Sudah barang tentu, berkat pohon tersebut, taman ini menjadi tak kalah menarik dari Taman Barito.

Bersantai Berfoto Menikmati View

Pohon Unik Taman Ria Rio

Salah satu aktivitas menarik lain yang tidak boleh Anda lewatkan tentu saja bersantai di sekitar kawasan taman. Sambil melihat indahnya danau yang tenang dengan view bangunan pencakar sebagai latar jadi panorama apik yang bisa Anda dapatkan di kota.

View indah ini juga bisa Anda manfaatkan untuk berfoto atau menangkap momen indah sekitar taman. Salah satu spot yang bisa Anda pilih tentu saja sekitar pohon Baobab yang menghadap langsung ke danau.

Selain itu, untuk mendapatkan foto terbaik Anda bisa datang saat pagi atau sore hari menjelang terbenam. Dengan begitu Anda bisa menikmati momen indah yang sangat apik dari taman dan danau ini.

Fasilitas Taman Ria Rio

Taman yang begitu memukau ini menawarkan banyak fasilitas kepada pengunjung. Selain jogging track, Anda juga bsia menikmati amphiteater yang bisa menjadi area berkumpul yang mengasyikkan.

Tempat sampah dengan jumlah memadai dan area parkir yang luas pun tersedia lengkap. Di samping itu, ada juga mushola dan kamar mandi sehingga Anda tidak perlu khawatir saat menghabiskan waktu yang cukup lama di sini.

Sejumlah tempat istirahat seperti kursi taman juga ada di sekeliling taman dan danau. Dengan begitu, saat Anda lelah setelah berolahraga di sini, Anda bisa beristirahat terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan ke lokasi lain.

Sayangnya untuk saat ini belum ada pedagang atau kedai yang menjual makanan khas Betawi atau Jakarta. Sehingga jika Anda merasa lapar bisa membawa bekal sendiri atau membeli makanan di luar area taman.

Tentunya, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak berbelanja oleh-oleh atau menikmati wisata kuliner Jakarta. Pasalnya, dengan aktivitas tersebut, kesenangan Anda selama berada di sini tidak akan luntur begitu saja.

Untuk mendapatkan waktu kunjungan terbaik ke taman ini, Anda bisa manfaatkan layanan biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Sebab selain taman ini, Anda juga bisa mengunjungi destinasi menarik lain dengan mudah, nyaman, dan tentunya dengan biaya terjangkau.



By Categories: Destinasi, Jakarta

Bagikan Artikel Ini Ke:

Rate this post