SalSari Resto & Coffee

Buat yang belum tahu Bukittinggi merupakan sebuah kota yang masuk ke dalam teritorial provinsi Sumatera Barat. Kota ini banyak menyimpan sejuta panorama dan pesona alam yang spektakuler. Sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai keberadaan wisata Bukittinggi yang bagus.

Jangan memandang sebelah mata kota yang tak seterkenal Padang dan kota besar lainnya. Karena Bukittinggi banyak menyimpan objek wisata mulai dari wisata alam, situs bersejarah, situs budaya, hingga berbagai spot foto Instagramable.

Penasaran ada apa saja di Bukittinggi? Berikut kami telah merangkum 16 wisata Bukittinggi terbaik. Simak ulasannya di bawah ini.

Tempat Wisata Hits di Bukittinggi Populer

Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang Bukittinggi

Berencana pergi liburan ke Bukittinggi? Jangan lewatkan objek wisata Jam Gadang Bukittinggi. Jam raksasa setinggi 26 meter ini menjadi ikon sekaligus titik nol kilometer Kota Bukittinggi. Lokasinya sangat strategis berada di tengah kota, sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Jam Gadang Bukittinggi sudah ada dari tahun 1926. Bangunan ini merupakan hadiah pemberian Ratu Belanda kepada pemerintahan Kota Bukittinggi. Sampai sekarang, bangunan tempat menempelnya jam masih berdiri kokoh. Walaupun hanya terbuat dari putihan telur dan sempat diguncang gempa beberapa kali.

Anda bisa menyaksikan langsung pesona Jam Gadang sambil berjalan-jalan, karena di sekitarnya juga banyak terdapat daya tarik lain. Mulai dari Taman Sabai Nan Aluih, air mancur, pasa ateh atau pasar atas, museum, hingga menjajal wisata kuliner khas Indonesia.

Landmark kota Bukittinggi ini terletak di Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh, Benteng Pasar Ateh, Kota Bukittinggi. Rute dan aksesnya sudah cukup bagus. Anda bisa menggunakan kendaraan motor ataupun mobil untuk mengunjunginya.

Benteng Fort De Kock

Selain Jam Gadang dan kampung halaman Bung Hatta, kota ini juga mempunyai benteng bersejarah yang patut Anda kunjungi. Benteng Fort de Kock namanya, sebuah benteng yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan pada masa penjajahan.

Benteng yang berada di Puncak Bukit Jirek ini menjadi saksi bisu perjuangan pasukan paderi yang dipimpin oleh Imam Bonjol dalam mengusir pasukan Hindia Belanda. Saat mengunjunginya, Anda dapat melihat meriam di keempat sudut benteng. Jangan lupa untuk berfoto di meriam fenomenal tersebut.

Kawasan sekitar telah direkonstruksi oleh pemerintah setempat menjadi sebuah taman dan banyak pohon rindang. Nah setelah dipugar, kawasan ini berubah menjadi taman Kota Bukittinggi serta Taman Burung Tropis.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Dari banyaknya objek wisata di Bukittinggi, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan masuk ke dalam destinasi teratas yang wajib Anda kunjungi. Dulunya, tempat ini hanyalah sebuah taman bunga.

Namun pada tahun 1929, menambah fungsi menjadi sebuah kebun binatang sekaligus menjadi salah satu kebun binatang tertua di Indonesia.

Taman margasatwa ini menawarkan pengetahuan, nilai sejarah, serta pesona alam Bukittinggi yang indah dalam satu area. Selain tempat konservasi binatang, tempat ini juga terdapat bangunan rumah adat Minangkabau yang digunakan sebagai museum.

Di dalam museumnya, terdapat banyak peninggalan benda kebudayaan dan sejarah mengenai Bukittinggi. Diantaranya ada pakaian adat, perhiasan, dan peralatan kesenian khas Minang. Dengan berkunjung ke sini, Anda dapat belajar mengenai kehidupan fauna endemik Indonesia serta sejarah dan kebudayaan Bukittinggi.

Jika tertarik mengunjunginya, lokasinya beralamatkan di Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Akses jalannya sudah cukup bagus. Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi, ojek online, ataupun rental mobil terdekat.

Setiap pengunjung yang ingin masuk harus membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 untuk dewasa dan Rp20.000 untuk anak. Biaya yang sangat murah bukan?

Istano Rajo Basa Pagaruyung

Istano Rajo Basa Pagaruyung

Secara bahasa Istano Rajo Baso bermakna “Istana Raja yang Besar”. Bangunan ini sendiri merupakan replika dari Istana Kerajaan Pagaruyung, Minangkabau yang ada di abad 17.

Namun, bangun aslinya telah terbakar karena peristiwa Perang Padri. Dan bangunan yang sekarang merupakan gubahan ketiga dari semenjak awal renovasi.

Karena Pagaruyung sudah tak ada lagi, bangunan ini beralih fungsi menjadi tempat wisata sekaligus simbol persatuan budaya dan masyarakat Minang. Daya tarik utamanya tentu mengexplore bangunan istana yang mempunyai nilai filosofis khas budaya Minang.

Tak lengkap bila mengunjungi wisata Istano Rajo Basa Pagaruyung Bukittinggi tanpa mengenakan baju adat khas Minang. Jika Anda ingin mencobanya, terdapat persewaan baju adat khas Minang di lokasi tersebut.

Berfoto sambil mengenakan baju adat khas Minang berlatar belakang rumah tentu menjadi pengalaman yang menarik dan berkesan.

Jika ingin mengunjungi, Istano Pagaruyung terletak di Jalan Alam, Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Adapun harga tiket masuknya sebesar Rp15.000 dan harga sewa baju adat mulai dari Rp35.000-Rp75.000.

Masjid Raya Bukittinggi

Masjid Agung Tangah Sawah di daulat menjadi Masjid Raya Bukittinggi serta menjadi kebanggan untuk masyarakat Bukittinggi. Dinamakan “Tangah Sawah” karena dulunya terletak di tengah-tengah sawah. Seiring perkembangan zaman, yang dulunya sawah, kini menjadi bangunan-bangunan bertingkat.

Keberadaan Masjid Raya Bukittinggi mempunyai arti penting untuk masyarakat Bukittinggi. Masjid ini tak pernah sepi. Karena lokasinya yang terletak di pusat kota. tempat beraktivitas dan berkumpulnya masyarakat.

Hal tersebut didukung oleh pelataran yang luas, sehingga muat menampung banyak parkir kendaraan. Bahkan terminal angkot di depan masjid, akan dikosongkan bila pelataran masjid tak muat menampung kendaraan lagi.

Selain itu, lokasinya juga sangat dekat dengan wisata Jam Gadang Bukittinggi. Hanya berjarak sekitar 400 meter saja. Jadi, selepas melaksanakan ibadah shalat dan istirahat sejenak, Anda bisa singgah ke objek wisata Jam Gadang.

Rumah Kelahiran Bung Hatta

rumah kelahiran bung hatta

Tak jauh dari Masjid Raya Bukittinggi sekitar 1,8 KM terdapat objek wisata lain yaitu Rumah Kelahiran Bung Hatta. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini menawarkan tempat kediaman Bung Hatta karena Bukittinggi merupakan kampung halamannya.

Sebenarnya, rumah asli Bung Hatta sudah runtuh. Namun akhirnya direkonstruksi untuk dijadikan museum sekaligus mengenang jasa perjuangan Bung Hatta di masa awal kemerdekaan.

Walaupun hanya replika, namun tata letak dan furniture bangunannya dibuat semirip mungkin dengan kondisi awalnya. Seperti penanaman tiga pohon jambak di halaman rumah, murbei di depan kapuk, serta pohon sawo di depan istana.

Saat mengunjunginya, Anda masih bisa melihat beberapa barang bekas Bung Hatta. Seperti tempat tidur, meja kerja, serta koleksi foto dan lukisan sumbangan dari pihak keluarga Bung Hatta.

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan objek wisata alam berupa sebuah lembah yang mempunyai panjang 15 kilometer serta lebar 200 meter. Lembah yang mempunyai kedalaman hingga 100 meter ini ketenarannya sudah sampai turis mancanegara.

Lembah yang mengagumkan ini mengarungi 3 kawasan di Bukittinggi, yaitu Palupuh, Nagari Sianok Enam, dan Nagari Koto Gadang. Proses terbentuknya lembah ini karena pergerakan patahan lempeng bumi.

Hutan-hutan yang mengapit di sekeliling lembah membuat tempat ini menjadi habitat flora dan fauna. Beberapa tanaman langka ada juga di sini seperti tanaman raflesia dan tanaman obat lainnya.

Selain itu, Anda dapat menemui hewan endemik penghuni lembah seperti rusa, babi, monyet ekor panjang, siamang, macan tutul, dan tapir.

Daya tarik lainnya, Anda bisa menikmati sunset view, olahraga, bermain skimboarding, dan menikmati jajanan kuliner khas Sumbar di taman. Untuk bisa menikmati segala aktivitas yang ada, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Anda pun bisa datang kapan pun, karena objek wisata ini beroperasi selama 24 jam.

Rumah Pohon Inyiak

Rumah Pohon Inyiak

Rumah Pohon Inyiak merupakan objek wisata baru yang berlokasi di aliran Sungai Batang Sianok, Bukittinggi. Saat pertama kali tiba, Anda akan disambut dengan pajangan mobil Jeep Willys klasik sekaligus menjadi spot foto pertamamu. Masuk lebih dalam terdapat Palanta Inyiak atau taman yang disusun membentuk hati.

Secara keseluruhan, terdapat 11 spot estetik yang Instagramable untuk tempat berfoto-foto. Mulai dari hunian Vietnam beratapkan jerami, hingga rumah yang beratapkan rumput jerami dan menjadi ciri khas dari Rumah Pohon Inyiak. Rumah ini selalu menjadi spot favorit berfoto para wisatawan karena bentuknya yang unik dan menarik.

Setelah mengitari seluruh spot yang ada, Anda bisa beristirahat sejenak sambil menikmati hidangan di cafe berbentuk kapal yang bernama Kapa Kuliner Inyiak. Anda dapat mendengar suara aliran Sungai Batang Sianok juga keindahan panorama Ngarai Sianok daari cafe kapal tersebut.

Bila ingin berkunjung ke wisata ini, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saat weekdays dan Rp10.000 saat weekend. Anda dapat datang kapan pun karena objek wisata Rumah Pohon Inyiak buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 18.15 WIB.

Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang merupakan destinasi bertajuk wisata sejarah di Provinsi Sumatera Barat. Dulunya tempat ini adalah tempat persembunyian dan gudang senjata pasukan Jepang.

Buat pecinta wisata sejarah dan ingin mengetahui potret kehidupan tentara pasukan Jepang di masa lampau bisa mengunjungi destinasi ini.

Wisata Bukittinggi ini terletak di Kayu Kubu, Kec. Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Tiket masuknya dibanderol seharga Rp15.000.

Sayangnya, jika ingin mengunjunginya Anda tak bisa datang kapan saja, karena pengelola tempat menerapkan jam khusus untuk wisatawan. Lobang Jepang Bukittinggi hanya beroperasi antara pukul 09.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Taman Bermain Banto Royo

Taman Bermain Banto Royo

Taman Bermain Banto Royo merupakan objek wisata Bukittinggi yang menawarkan tempat wisata air. Dengan total luas lahan 6 hektar dan 80 persen areanya berupa perairan. Sebelumnya, kawasan ini hanyalah berupa rawa dengan pohon yang rimbun. Namun, pada tahun 2018 kawasan ini berubah menjadi tempat wisata yang menarik dengan berbagai wahana permainan yang seru.

Beberapa wahana permainan yang bisa Anda mainkan yaitu outbound, perahu dayung, dan playground. Selain itu, banyak terdapat spot foto bagus untuk tempat berfoto dan kadang-kadang ada penampilan budaya Minang untuk mengenalkan kepada wisatawan.

Jika ingin mengunjunginya, Taman Bermain Banto Royo terletak di Jl. Kaluang Tapi, Koto Tangah, Tilatang Kamang, Agam, Sumatera Barat. Jika ingin bermain di sini, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saat weekdays dan Rp20.000 pada weekend.

Monumen Polisi Wanita

Monumen Polisi ini memang sengaja dibangun sebagai bentuk wujud penghormatan dan mengenang hari Polwan Indonesia, setiap 1 September. Asal muasal berdirinya monumen ini karena ada 6 wanita sebagai polwan pertama yang mengenyam pendidikan polisi di SPN Bukittinggi.

Tugu Monumen Polisi ini berlokasi di pusat kota tepatnya di Jalan Moh. Syafei, Tarok Dipo, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Selain sebagai simbol peringatan polisi wanita, juga dijadikan sebagai objek wisata orang yang berkunjung ke Bukittinggi.

Jika ingin mengunjunginya, lokasi Masjid Jami Birugo terletak di Jalan Sudirman, Kelurahan Birugo, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Sempatkan untuk singgah sejenak untuk melihat kemegahan arsitektur bangunannya sekaligus melaksanakan ibada shalat.

Panorama Ngarai Sianok

Panorama Ngarai Sianok

Wisata Taman Panorama Ngarai Sianok termasuk salah satu destinasi yang wajib Anda sambangi saat berada di Bukittinggi. Destinasi utamanya tentu melihat keindahan Ngarai Sianok dengan latar belakang Gunung Singgalang dan Marapi.

Terdapat juga destinasi lain dalam satu kawasan berupa Lobang Jepang, tempat di mana pasukan tentara Jepang bersembunyi. Untuk memanjakan wisatawan yang suka berfoto-foto, pihak pengelola menyediakan banyak spot foto.

Yang paling fenomenal yaitu viewing platform seperti yang ada di wisata Kalibiru, Jogja. Sampai saat ini, sudah ada tiga spot foto. Dua diantaranya menggantung di pohon besar, sementara satunya yaitu papan berbentuk tulisan “I Love You”.

Air Terjun Lembah Harau

Lembah Harau merupakan objek wisata alam berupa ngarai atau lembah yang tercipta atas fenomena alamiah. Diapit oleh diapit dua bukit cadas yang terjal setinggi 300 meter. Tebing-tebing granit serta pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar menambah keeksotisan wisata ini.

Mengunjungi objek wisata Bukittinggi terdapat enam air terjun yang bisa Anda sambangi. Mulai dari air terjun Sarasah Murai, Sarasah Bunta, Sarasah Jambu, Sarasah Aie Luluih, Akar Berayun, dan Air Terjun Sarasah Aie Angek. Ketinggiannya pun bervariasi ada yang 6 meter, 10 meter, 15 meter, hingga 100 meter.

Selain itu terdapat destinasi lain berupa Kampung Eropa yang menyajikan rumah-rumah ala eropa. Lengkap dengan miniatur kincir angin Belanda, replika Menara Eiffel Paris, dan beberapa tempat ikonik Eropa lainnya.

Lereng Singgalang

Lereng Singgalang

Lereng Singgalang merupakan objek wisata alam yang ada di atas ketinggian 1200 mdpl. Dari atas sini, pengunjung dapat melihat keindahan Kota Bukittinggi, Jam Gadang, serta Ngarai Sianok. Ditambah suasananya yang sangat sejuk memberikan kenyamanan dan ketenangan untuk para wisatawan. Latar belakang Gunung Singgalang juga menambah keeksotisannya.

Aktivitas lainnya yaitu ada trek lintasan Janjang Sajuta, dan plataran Pinus Lereng Singgalang. Anda bisa berjoging santai ataupun bersepeda di lintasan yang ada. Selain itu tata letaknya yang sangat estetik cocok untuk tempat berfoto.

Objek wisata ini dapat menjadi alternatif tempat mengisi waktu saat senggang. Di dalamnya banyak terdapat beberapa objek dan berbagai aktivitas dapat Anda lakukan di sana. Anda bisa datang kapanpun, karena Lereng Singgalang beroperasi setiap hari mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Wisata Taman Ngarai Maaram Bukittinggi dapat menjadi alternatif tempat untuk refreshing sejenak di akhir pekan. Lokasinya di pusat kota menjadikan taman wisata ini selalu ramai pengunjung. Sejak tahun 2018 taman ini selalu mengalami pembaruan untuk meningkatkan minat wisatawan datang berkunjung. Di taman ini, wisatawan dapat bersantai dan menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

Selain menyajikan taman hijau yang asri, terdapat juga berbagai wahana permainan yang dapat wisatawan mainkan. Secara keseluruhan wahana yang tersedia memang kebanyakan untuk anak-anak. Untuk kalangan dewasa terdapat area bersantai dan spot foto yang unik.

Berbicara mengenai fasilitas yang tersedia, pengelola Taman Ngarai Maaram telah menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari toilet umum, masjid, dan tempat parkir yang luas. Selain itu banyak pedagang jajanan di sekitaran areal taman.

Masjid Jami Birugo

Masjid Jamik Birugo

Wisata religi islami yang bisa Anda kunjungi di Bukittinggi ada Masjid Jami Birugo. Masjid bersejarah yang sudah ada sejak tahun 1917 dan menjadi tempat pertemuan para ulama Minangkabau. Pertemuan tersebut kemudian melahirkan kelompok majelis ulama daerah pertama di Indonesia sebelum adanya Majelis Ulama Indonesia.

Nah itu tadi deretan tempat wisata terbaik dan terpopuler di Bukittinggi yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Bila berencana untuk mengunjungi atau berlibur di kampung halaman Bung Hatta ini gunakan layanan biro perjalanan wisata terbaik seperti Salsa Wisata.

Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot memikirkan dan menyiapkan segala kebutuhan liburan. Karena semuanya telah diatur oleh kami.

Berbagai pilihan paket wisata domestik bisa Anda gunakan dan sesuaikan dengan apa yang Anda mau. Kami akan memberikan harga terbaik demi mewujudkan pengalaman liburan di Bukittinggi yang menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)