SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Buat yang belum tahu Bukittinggi merupakan sebuah kota yang masuk ke dalam teritorial provinsi Sumatera Barat. Kota ini banyak menyimpan sejuta panorama dan pesona alam yang spektakuler. Sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai keberadaan wisata Bukittinggi yang bagus.

Jangan memandang sebelah mata kota yang tak seterkenal Padang dan kota besar lainnya. Karena Bukittinggi banyak menyimpan objek wisata mulai dari wisata alam, situs bersejarah, situs budaya, hingga berbagai spot foto Instagramable.

Penasaran ada apa saja di Bukittinggi? Berikut kami telah merangkum 16 wisata Bukittinggi terbaik. Simak ulasannya di bawah ini.

Tempat Wisata Hits di Bukittinggi Populer

Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang Bukittinggi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berencana pergi liburan ke Bukittinggi? Jangan lewatkan objek wisata Jam Gadang Bukittinggi. Jam raksasa setinggi 26 meter ini menjadi ikon sekaligus titik nol kilometer Kota Bukittinggi. Lokasinya sangat strategis berada di tengah kota, sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Jam Gadang Bukittinggi sudah ada dari tahun 1926. Bangunan ini merupakan hadiah pemberian Ratu Belanda kepada pemerintahan Kota Bukittinggi. Sampai sekarang, bangunan tempat menempelnya jam masih berdiri kokoh. Walaupun hanya terbuat dari putihan telur dan sempat diguncang gempa beberapa kali.

Anda bisa menyaksikan langsung pesona Jam Gadang sambil berjalan-jalan, karena di sekitarnya juga banyak terdapat daya tarik lain. Mulai dari Taman Sabai Nan Aluih, air mancur, pasa ateh atau pasar atas, museum, hingga menjajal wisata kuliner khas Indonesia.

Landmark kota Bukittinggi ini terletak di Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh, Benteng Pasar Ateh, Kota Bukittinggi. Rute dan aksesnya sudah cukup bagus. Anda bisa menggunakan kendaraan motor ataupun mobil untuk mengunjunginya.

Benteng Fort De Kock

Selain Jam Gadang dan kampung halaman Bung Hatta, kota ini juga mempunyai benteng bersejarah yang patut Anda kunjungi. Benteng Fort de Kock namanya, sebuah benteng yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan pada masa penjajahan.

Benteng yang berada di Puncak Bukit Jirek ini menjadi saksi bisu perjuangan pasukan paderi yang dipimpin oleh Imam Bonjol dalam mengusir pasukan Hindia Belanda. Saat mengunjunginya, Anda dapat melihat meriam di keempat sudut benteng. Jangan lupa untuk berfoto di meriam fenomenal tersebut.

Kawasan sekitar telah direkonstruksi oleh pemerintah setempat menjadi sebuah taman dan banyak pohon rindang. Nah setelah dipugar, kawasan ini berubah menjadi taman Kota Bukittinggi serta Taman Burung Tropis.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Dari banyaknya objek wisata di Bukittinggi, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan masuk ke dalam destinasi teratas yang wajib Anda kunjungi. Dulunya, tempat ini hanyalah sebuah taman bunga.

Namun pada tahun 1929, menambah fungsi menjadi sebuah kebun binatang sekaligus menjadi salah satu kebun binatang tertua di Indonesia.

Taman margasatwa ini menawarkan pengetahuan, nilai sejarah, serta pesona alam Bukittinggi yang indah dalam satu area. Selain tempat konservasi binatang, tempat ini juga terdapat bangunan rumah adat Minangkabau yang digunakan sebagai museum.

Di dalam museumnya, terdapat banyak peninggalan benda kebudayaan dan sejarah mengenai Bukittinggi. Diantaranya ada pakaian adat, perhiasan, dan peralatan kesenian khas Minang. Dengan berkunjung ke sini, Anda dapat belajar mengenai kehidupan fauna endemik Indonesia serta sejarah dan kebudayaan Bukittinggi.

Jika tertarik mengunjunginya, lokasinya beralamatkan di Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Akses jalannya sudah cukup bagus. Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi, ojek online, ataupun rental mobil terdekat.

Setiap pengunjung yang ingin masuk harus membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 untuk dewasa dan Rp20.000 untuk anak. Biaya yang sangat murah bukan?

Istano Rajo Basa Pagaruyung

Istano Rajo Basa Pagaruyung

Secara bahasa Istano Rajo Baso bermakna “Istana Raja yang Besar”. Bangunan ini sendiri merupakan replika dari Istana Kerajaan Pagaruyung, Minangkabau yang ada di abad 17.

Namun, bangun aslinya telah terbakar karena peristiwa Perang Padri. Dan bangunan yang sekarang merupakan gubahan ketiga dari semenjak awal renovasi.

Karena Pagaruyung sudah tak ada lagi, bangunan ini beralih fungsi menjadi tempat wisata sekaligus simbol persatuan budaya dan masyarakat Minang. Daya tarik utamanya tentu mengexplore bangunan istana yang mempunyai nilai filosofis khas budaya Minang.

Tak lengkap bila mengunjungi wisata Istano Rajo Basa Pagaruyung Bukittinggi tanpa mengenakan baju adat khas Minang. Jika Anda ingin mencobanya, terdapat persewaan baju adat khas Minang di lokasi tersebut.

Berfoto sambil mengenakan baju adat khas Minang berlatar belakang rumah tentu menjadi pengalaman yang menarik dan berkesan.

Jika ingin mengunjungi, Istano Pagaruyung terletak di Jalan Alam, Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Adapun harga tiket masuknya sebesar Rp15.000 dan harga sewa baju adat mulai dari Rp35.000-Rp75.000.

Masjid Raya Bukittinggi

Masjid Agung Tangah Sawah di daulat menjadi Masjid Raya Bukittinggi serta menjadi kebanggan untuk masyarakat Bukittinggi. Dinamakan “Tangah Sawah” karena dulunya terletak di tengah-tengah sawah. Seiring perkembangan zaman, yang dulunya sawah, kini menjadi bangunan-bangunan bertingkat.

Keberadaan Masjid Raya Bukittinggi mempunyai arti penting untuk masyarakat Bukittinggi. Masjid ini tak pernah sepi. Karena lokasinya yang terletak di pusat kota. tempat beraktivitas dan berkumpulnya masyarakat.

Hal tersebut didukung oleh pelataran yang luas, sehingga muat menampung banyak parkir kendaraan. Bahkan terminal angkot di depan masjid, akan dikosongkan bila pelataran masjid tak muat menampung kendaraan lagi.

Selain itu, lokasinya juga sangat dekat dengan wisata Jam Gadang Bukittinggi. Hanya berjarak sekitar 400 meter saja. Jadi, selepas melaksanakan ibadah shalat dan istirahat sejenak, Anda bisa singgah ke objek wisata Jam Gadang.

Rumah Kelahiran Bung Hatta

rumah kelahiran bung hatta

Tak jauh dari Masjid Raya Bukittinggi sekitar 1,8 KM terdapat objek wisata lain yaitu Rumah Kelahiran Bung Hatta. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini menawarkan tempat kediaman Bung Hatta karena Bukittinggi merupakan kampung halamannya.

Sebenarnya, rumah asli Bung Hatta sudah runtuh. Namun akhirnya direkonstruksi untuk dijadikan museum sekaligus mengenang jasa perjuangan Bung Hatta di masa awal kemerdekaan.

Walaupun hanya replika, namun tata letak dan furniture bangunannya dibuat semirip mungkin dengan kondisi awalnya. Seperti penanaman tiga pohon jambak di halaman rumah, murbei di depan kapuk, serta pohon sawo di depan istana.

Saat mengunjunginya, Anda masih bisa melihat beberapa barang bekas Bung Hatta. Seperti tempat tidur, meja kerja, serta koleksi foto dan lukisan sumbangan dari pihak keluarga Bung Hatta.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Miqdad Aufa

I am Groot

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)