SalSari Resto & Coffee

Provinsi Sulawesi Utara khususnya Manado, terkenal keindahan biota lautnya dan menjadi rujukan traveler saat mencari tempat wisata terbaik di Indonesia. Selain keindahan bawah laut, masih ada banyak tempat wisata Manado yang menarik untuk dikunjungi.

Kami telah merangkum 16 tempat wisata terbaik di Manado yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Manado. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tempat Wisata Manado Terbaik dan Terpopuler

Jembatan Ir. Soekarno

Jembatan Ir Soekarno Manado

Tak jauh dari pusat kota Manado, terdapat sebuah jembatan gantung raksasa yang memukau. Jembatan yang sempat mangkrak selama 12 tahun karena banyak faktor akhirnya selesai dan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2015. Jembatan Ir Soekarno merupakan salah satu tempat wisata gratis yang bisa Anda kunjungi saat berada di Manado.

Selain sebagai jalan penghubung, jembatan ini juga tempat nongkrong masyarakat sekitar. Pemandangan yang tersaji sangat menawan. Berada di atas Teluk Manado dengan landscape gedung-gedung tinggi serta deretan pegunungan akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Banyak orang yang datang untuk bersantai melihat pemandangan sekitar atau berfoto-foto. Di pinggir jalan, banyak penjual makanan kaki lima yang menjajakan berbagai jajanan kuliner khas Manado.

Anda yang baru pertama ke Manado jika ingin mengunjunginya tak perlu takut tersesat, karena dari kejauhan kemegahannya sudah terlihat jelas. Dari pusat kota Manado hanya berjarak sekitar lima menit saja.

CitraLand WaterPark Manado

CitraLand WaterPark Manado

Selain pantai, ada tempat lain dengan nuansa perairan di Manado, Citraland Waterpark namanya. Taman rekreasi ini menyuguhkan kolam renang dan taman bermain yang ramah keluarga, sekaligus menjadi yang pertama di Manado. Suasananya sangat nyaman, kawasannya terlihat asri dan bersih dengan nuansa alam hijau yang menyejukkan.

Kolam renangnya ada untuk kalangan dewasa, remaja, hingga kolam khusus anak. Tersedia berbagai wahana permainan seru seperti racing slide, perosotan berkelok, ember tumpah, air mancur, dan arena playground dalam kolam khusus anak.

Taman bermain ini cocok untuk tempat outing sekolahan. Para murid-murid sekolah pasti akan sangat senang bermain dan berenang di tempat yang banyak wahananya ini. Anda bisa menggunakan layanan rental big bus untuk mengakomodir seluruh peserta outing yang ikut.

Jika ingin mengunjunginya, Citraland Waterpark beralamatkan di CitraLand City of Blessings, Jl. Royal Mansion 2, Winangun Satu, Malalayang, Manado, Sulawesi Selatan. Adapun harga tiket masuk per orangnya sebesar Rp35.000. Jika datang berombongan lebih dari 25 orang menjadi Rp20.000 per orangnya.

Tugu Zero Point

Tugu Zero Point Manado

Tempat wisata gratis di Manado selanjutnya ada Tugu Zero Point. Destinasi ini sekaligus menjadi ikon Kota Manado. Buat wisatawan yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Manado, pasti akan selalu berkunjung ke wisata ikonik Manado satu ini.

Titik nol kilometer Manado berbentuk tugu globe atau bundar mirip bola. Sama seperti titik nol kilometer Jogja, Tugu Zero Point juga berfungsi sebagai titik yang menjadi patokan penentuan jarak antar daerah di Manado.

Untuk bisa menemukannya tak sulit, karena berada di tengah kota Manado. Tepatnya terletak di perempatan Sam Ratulangi yang selalu ramai angkot dan transportasi umum lainnya. Anda pun bisa mudah mengaksesnya dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Jika ingin mengadakan pemotretan atau hunting foto, datanglah pada saat pagi hari. Sebab menjelang siang hari kawasan tugu sudah ramai lalu-lalang kendaraan, sehingga akan menghalangi dan mengganggu jalannya pemotretan. Namun, bila ingin berjalan-jalan santai, Anda bisa datang sore hari, saat cuaca tak panas.

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken

Sudah menjadi hal wajib saat berkunjung ke Manado untuk mengunjungi wisata Taman Nasional Bunaken, terutama buat yang suka keindahan laut. Taman Nasional Bunaken merupakan taman nasional laut pertama di Indonesia sejak peresmian pertamanya pada tahun 1999.

Dengan luas mencapai 89 hektar yang menyajikan berbagai biota laut dan terumbu karang. Biodiversitas laut di Taman Nasional Bunaken merupakan yang tertinggi di dunia. Tak ayal wisata laut Manado ini masuk ke dalam warisan dunia versi UNESCO sejak tahun 2005. Keindahan bawah lautnya tak kalah dengan Pulau Alor, yang juga merupakan wisata laut terbaik di NTT.

Banyaknya biota laut dan terumbu karang yang hidup di laut Bunaken menjadikan destinasi surga bagi para pecinta alam bawah laut. Anda bisa snorkeling atau menyelam dan mengeksplorasi keindahan bawah alam lautnya yang mempesona.

Jika butuh penginapan yang dekat dengan Taman Nasional Bunaken, ada Lumbalumba Resort. Penginapan tersebut menawarkan akomodasi yang berada tepat di pinggir laut. Jika ingin menyelam atau snorkeling bisa langsung menceburkan diri ke laut. Kapan lagi bisa tinggal di penginapan yang depannya langsung laut dengan terumbu karang yang eksotis selain di resort ini.

Bukit Kasih Kanonang

Bukit Kasih Kanonang

Bukit Kasih Kanonang merupakan tempat wisata religi di Manado yang berada atas bukit belerang. Tempatnya sangat nyaman dan masih terjaga keasriannya. Bukit ini sering untuk tempat bermeditasi atau kegiatan spiritual lainnya. Di atas puncak bukitnya terdapat sebuah tugu, yang konon katanya merupakan simbol kerukunan antar umat beragama di sekitar sana.

Di atasnya terdapat lima bangunan tempat peribadatan seperti kuil, masjid, gereja kristen dan gereja katolik. Oleh sebab itu Bukit Kasih disebut sebagai simbol kerukunan dan perdamaian antar umat. Bahkan di pintu masuknya terdapat sebuah tugu toleransi dengan kutipan simbol dari tiap agama.

Untuk bisa mencapainya, Anda harus menaiki ratusan anak tangga terlebih dahulu. Namun tak perlu risau, karena sepanjang perjalanan akan tersaji pemandangan alam perbukitan yang mempesona.

Sebelum masuk, tiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Jika ingin mengunjunginya Bukit Kasih terletak di l. Kawangkoan-Kanonang, Kanonang Empat, Kec. Kawangkoan Barat, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara

Monumen Yesus Memberkati

Monumen Yesus Memberkati

Sebagai kota dengan mayoritas masyarakatnya yang menganut agama Kristen, Manado mempunyai wisata religi kristen bernama Monumen Yesus Memberkati. Monumen ini kerap disamakan dengan Patung Kristus Penebus yang ada di Rio de Janeiro, Brazil karena terlihat mirip.

Pencetus pembangunan patung ini seorang pengusaha ternama di Indonesia, yakni Ciputra sebagai bentuk hadiah untuk Manado karena merupakan kampung halamannya.

Monumen setinggi 20 meter ini berupa patung Yesus yang menghadap ke utara dengan kedua tangan mengangkat dan menghadap ke bawah. Seakan sedang memberkati seluruh umat Kristiani di Manado dan sekitarnya.

Dari sisi samping patung terdapat jubah yang dibuat seakan sedang berkibur tertiup angin. Di sekitar lokasi monumen banyak terdapat patung-patung kecil yang menggambarkan seperti malaikat penjaga.

Jika ingin mengunjunginya Monumen Yesus Memberkati terletak di Winangun Satu, Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Adapun untuk masuk ke kawasan tersebut tak harus membayar tiket masuk, alias gratis.

Rumah Alam Manado Adventure Park

Rumah Alam Manado Adventure-Park

Buat Anda yang sedang mencari hiburan dan tempat refreshing datang saja ke wisata Rumah Alam Manado Adventure Park. Lokasinya ada di Jl. Ring Road Jaga IX No.Km.1, Maumbi, Kec. Kalawat, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Anda bisa bermain, berfoto-foto dan mencoba berbagai permainan seru yang ada di dalamnya.

Beberapa wahana permainan yang ada yaitu zorbing, rappelling, flying fox, ATV, playground anak, arena golf, dan banyak spot foto kekinian. Suasana tempatnya sangat nyaman. Karena wisata ini mengusung konsep ‘Back to Nature’ di mana mempunyai udara yang segar terjaga keasriannya.

Jika perut mulai keroncongan setelah seharian bermain, terdapat Minahasa Resto yang menyediakan berbagai kuliner khas Manado enak. Anda bisa mengisi tenaga sambil beristirahat di restoran tersebut. Kemudian bagi Anda yang betah dengan suasana alamnya, bisa menginap di rumah pohon mungil yang terbuat dari kayu.

Namun, jika hanya bermain dan berkunjung sejenak, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 per orangnya. Anda bisa datang kapan pun, karena Rumah Alam Manado Adventure Park beroperasi setiap hari dari pukul 10.000 hingga 18.00 WITA.

Wisata Pantai Malalayang Manado

Wisata Pantai Malalayang Manado

Pantai Malalayang merupakan salah satu destinasi favorit di Kota Manado yang menyuguhkan pesona pantai yang menawan. Mulai dari pesisir pantai, keindahan alam bawah laut, dan sunset view nya. Pantai Malalayang mempunyai sejuta pesona yang akan membuat siapapun kagum saat mengunjunginya.

Bisa dibilang Pantai Malalayang wajib masuk ke dalam list tempat wisata yang harus dikunjungi saat berada di Manado. Sebab, Anda dapat melihat langsung berbagai biota laut dari yang lucu sampai spesies yang langka. Tak perlu bersusah payah harus menyelam, Anda bisa melihatnya langsung dalam batu karang yang dangkal.

Secara keseluruhan suasana pantainya sangat tenang sehingga cocok untuk tempat menjernihkan pikiran sambil memandangi lautan ditemani suara deburan ombak. Semilir angin pantai yang menyejukkan pastinya membuat siapa saja betah berlama-lama berdiam di sana.

Jika ingin mengunjunginya, Pantai Malalayang terletak di Jl. Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Setiap pengunjung yang ingin masuk harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000. Anda pun bisa datang kapan pun, karena Pantai Malalayang beroperasi selama 24 jam.

Tugu Boboca

Masih dalam satu kawasan Pantai Malalayang, terdapat sebuah tugu unik yang bentuknya menyerupai boboca, gurita khas Sulut. Oleh karena itu tugu ini dinamakan Tugu Boboca. Jika sedang berkunjung ke Pantai Malalayang mampirlah sejenak di tugu estetik ini, walaupun hanya sekedar foto-foto saja.

Selain itu Anda juga bisa menikmati kesejukan semilir angin yang berhembus sambil menunggu sunset tiba. Tugu unik telah mengalami beberapa kali renovasi, sehingga dalam hal fasilitas sudah terjamin kelayakan dan kelengkapannya.

Tak ada tarif tiket masuk untuk pergi ke destinasi ini. Karena sudah termasuk dalam satu tiket Pantai Malalayang.

Taman Berkat (GODBLESS PARK) Manado

Taman Berkat (GODBLESS PARK) Manado

Dalam rangka mewujudkan Manado kota doa, maka dibuatlah sebuah taman dengan ikon tugu berbentuk tangan menggenggam yang melambangkan sedang berdoa. Pembuatannya terinspirasi dari karakteristik kehidupan masyarakat sekitar yang menjunjung tinggi kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

Adanya taman ini diharapkan mampu membawa keberkahan dari Tuhan untuk penduduk sekitar serta menjadi tempat yang bermanfaat. Biasanya orang-orang ramai mengunjungi saat sore hari karena ingin berolahraga atau sekedar bersantai sambil melihat pemandangan.

Jika ingin mengunjungi Godbless Park beralamatkan di Jl. Piere Tendean, Sario Utara, Kec. Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara. Akses jalannya sudah cukup bagus, bisa dilalui motor dan kendaraan roda empat. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke dalam taman harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000.

Wisata GPI Waterpark Manado

Kolam renang GPI merupakan waterpark kedua di Manado setelah Citraland Waterpark. Walaupun berdiri setelah Citraland Waterpark, tetapi GPI Waterpark berdiri di area yang lebih luas dengan wahana permainan yang lebih banyak.

Taman bermain ini sangat cocok untuk mengisi waktu bersama keluarga. Karena banyak permainan yang bisa dilakukan baik untuk anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Selain itu, banyak fasilitas penunjang yang bisa digunakan saat menunggu anak-anaknya berenang.

Untuk kolam renangnya tersedia untuk berbagai kalangan dari dewasa hingga kolam khusus anak. Sementara wahana permainan yang tersedia ada perosotan berkelok, ember tumpah, air mancur, kolam arus, dan arena outbound air. Buat Anda yang ingin berolahraga renang bisa di kolam dewasa yang mempunyai kedalaman lebih dari 1,5 meter.

Jika ingin mengunjungi, GPI Waterpark terletak di Griya Paniki Indah, Jl. Akasia, Paniki Bawah, Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara. Setiap wisatawan yang ingin berenang harus membayar tiket masuk sebesar Rp35.000 dan Rp40.000 saat weekend dan hari libur nasional.

Makatete Hills Warembungan

Makatete Hills Warembungan

Makatete Hills merupakan sebuah puncak bukit yang terletak di Sulawesi Utara, tepatnya di Minahasa. Walaupun secara geografis masuk ke dalam wilayah Minahasa, namun tetap bisa menjadi pilihan karena jaraknya masih berdekatan dengan Manado.

Puncak bukit ini menyuguhkan keindahan perkotaan Manado dari atas ketinggian. Selain itu masih ada banyak daya tarik lain yang terdapat di atas ketinggian 200 mdpl ini. Wisatawan yang berkunjung tak hanya dari luar Minahasa saja bahkan turis luar negeri juga turut meramaikan.

Hal tersebut karena terdapat tugu salib raksasa di atas puncak serta berbagai spot foto kekinian untuk wisatawan penggila foto. Dengan berbagai aktivitas menarik serta suasana yang nyaman menjadikan wisata ini cocok untuk tempat melepas penat. Setiap wisatawan yang ingin masuk ke dalamnya harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000.

Bukit Doa Mahawu

Bukit Doa Mahawu

Tomohon, Sulawesi Utara terkenal dengan sebutannya yaitu Kota Sejuta Bunga. Asal kalian tahu di kota ini juga terdapat wisata religi kristiani dengan nuansa sejuk di atas perbukitan. Bukit Doa Mahawu namanya. Terletak kaki Gunung Mahawu, tepatnya di Kakaskasen Tiga, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Sekedar informasi, sebagian bukit di daerah Tomohon dan Minahasa digunakan untuk tempat peribadatan umat kristiani dan katolik. Termasuk juga Bukit Doa Mahawu. Jadi, selain tempat wisata juga untuk tempat acara peribadahan seperti pemberkatan, pembaptisan, hingga pesta pernikahan.

Di sini, Anda dapat melihat replika makam Yesus, kisah sengsara Tuhan Yesus, pahatan Bunda Maria, dan replika kapal Nabi Nuh yang terbalik. Pihak pengelola memang sengaja menghadirkan nuansa agamis agar pengunjung yang datang lebih dekat dengan tuhan Yesus.

Walaupun wisata religi ini bernuansa kristiani, namun pengelola mengizinkan umat agama lain mengunjunginya. Setiap wisatawan yang ingin berkunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Anda dapat berkunjung kapan pun karena Bukit Doa Mahawu buka setiap hari dari pukul 09.00 – 18.00 WITA.

CAMP JAMES

Camp James manado

Setelah membahas objek wisata terkenal di Manado, mari beralih ke wisata kulinernya. Yang pertama ada Camp James. Tempat makan yang mengusung konsep cafe and resto dengan nuansa perpaduan Minahasa dan Amerika Serikat. Hal tersebut tentu mengundang banyak wisatawan yang sedang berlibur di Minahasa.

Suasana Negeri Paman Sam makin terasa dengan bendera Amerika Serikat dan bendera benua Amerika lainnya yang terpajang di dinding cafe. Lokasi cafe yang kekinian ini terletak di kawasan dataran tinggi sehingga menambah keindahan dan kenyamanan.

Nuansa Amerika juga terlihat di panggung hiburan yang ada di samping cafe. Panggung tersebut biasanya untuk acara pertunjukan tarian ala cowboy dengan iringan musik khas Amerika juga. Tak perlu jauh-jauh ke Amerika, Anda bisa datang ke cafe ini untuk merasakan nuansa Negeri Paman Sam. Jangan lupa untuk berfoto dan upload di sosial media agar orang tahunya Anda sedang berada di Amerika.

Dalam restorannya, Anda bisa menikmati berbagai kuliner nusantara dan makanan khas Amerika. Seperti burger, hotdog, French Fries, pie, dan lain-lain. Walaupun hadir sebagai resto and cafe, pemilik cafe menetapkan tiket masuk. Adapun besaran tarif tiket masuk per orangnya yaitu Rp20.000.

Wisata Bahari Kawasan Megamas Manado

Wisata kuliner Manado selanjutnya yaitu Wisata Bahari Manado yang terletak di kawasan Megamas Manado. Komplek tersebut memang banyak menyajikan tempat makan yang enak dan lezat. Seperti namanya, Restoran Wisata Bahari terkenal dengan hidangan lautnya.

Semua menu seafoodnya berasal dari ikan yang masih segar, bahkan ada yang masih hidup. Harga menu makanannya bervariasi, mulai dari Rp25.000. Sensasi makan ditemani suara deburan ombak merupakan pengalaman yang berkesan. Restoran Wisata Bahari tak hanya ada di kawasan Megamas saja, tapi juga ada di Kompleks Bahu Mall.

Nah, itu tadi rekomendasi tempat wisata terbaik dan terpopuler di Manado yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat berlibur ke Manado. Segera agendakan pergi liburan bersama keluarga ataupun orang terkasih. Jangan lupa untuk menggaet agen travel terpercaya seperti Salsa Wisata.

Berbagai pilihan paket wisata seluruh Indonesia hadir menjadi pilihan destinasi tempat liburan selanjutnya. Anda pun tak perlu repot-repot memikirkan kebutuhan terkait traveling.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (4 votes)