SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kawasan wisata Malioboro adalah ikon pariwisata Jogja. Hampir semua turis yang liburan di Jogja pasti menyempatkan diri mereka untuk minimal mampir sebentar ke Malioboro. Kunjungan ke Malioboro ini akan terasa lebih seru lagi jika bersafari wisata ke 16 tempat wisata dekat Malioboro.

Bukan rahasia lagi bahwa di sekitar Malioboro ada banyak sekali pilihan tempat menarik yang bisa Anda jadikan sebagai target kunjungan wisata.

Dan kali ini Anda akan kami ajak untuk mengetahui daftar tempat wisata terdekat Malioboro. Semoga beberapa diantaranya akan menjadi referensi baru untuk Anda.

Daftar Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Hits

Tugu Jogja

Tugu Jogja

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

 

Monumen ikonik yang satu ini memang digadang-gadang sebagai Monas-nya Kota Yogyakarta. Tugu ini adalah sebuah bangunan bersejarah di Jogja yang telah berusia lebih dari 3 abad. Bangunan ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono yang pertama sekitar tahun 1755.

Mulanya fasad bangunan monumen ini memiliki tinggi 25 meter. Tapi karena rusak pada tahun 1889, Sri Sultan Hamengkubuwono I kembali membangun tugu ini dengan tinggi 15 meter saja.

Lokasinya yang cukup dengan Malioboro menjadikan Tugu Pal Putih Jogja ini selalu ramai oleh turis. Sebagian besar turis dari luar kota seringnya menyempatkan diri mereka untuk berfoto di sekitar Tugu. Oh iya, wisata Tugun ini buka selama 24 jam dan gratis loh.

Titik Nol KM Yogyakarta

titik nol km yogyakarta

Nah, Titik Nol KM ini menjadi tempat wisata Jogja yang paling dekat dengan Malioboro karena terletak di ujung Jalan Malioboro. Di sekitar tempat ini terdapat banyak bangunan kuno berarsitektur Eropa.

Menariknya lagi, bangunan-bangunan bergaya Eropa ini masih aktif beroperasi hingga sekarang. Sebut saja Gedung BNI Pusat dan Kantor Pos Indonesia.

Selain bebas hunting foto di sini, Anda juga dapat berburu kuliner jalanan di sekitar Nol KM ini. Ada banyak penjual jajanan di sekitar Nol KM yang menjajakan aneka jenis jajanan dan minuman. Jadi, tak perlu bingung lagi jika Anda haus dan lapar ya.

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Setelah puas berfoto ria di Nol KM, silahkan geser sedikit ke Museum Sonobudoyo. Situs wisata museum ini dibangun sekitar tahun 1935. Museum ini menyimpan berbagai jenis koleksi barang antik dan bersejarah. Misal keris, artefak, arca, dan aneka karya keramik kuno.

Di samping itu, terdapat jenis koleksi karya kerajinan seperti batik dan gerabah. Total ada sebanyak 43.263 buah koleksi yang tersimpan di museum ini.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke sini, ingat jadwal buka dan jam operasionalnya ya. Museum Sonobudoyo ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu dengan jam operasional yang berbeda.

Selasa hingga Kamis dan Minggu buka mulai pukul 08.00 sampai pukul 15.30 WIB. Sedang Jumat, jam operasional yang berlaku yaitu jam 08.00-14.00 WIB.

Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp3.000,00 (dewasa) atau Rp2.000,00 (anak-anak), Anda sudah dapat berjelajah di area dalam museum.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Istana Kesultanan Ngayogyakarta ini sudah jadi langganan tempat yang masuk dalam daftar paket family gathering ke Jogja. Dibangun di tahun yang sama dengan Tugu Pal Putih (1755), Kraton Yogyakarta hingga sekarang masih berdiri kokoh dan megah.

Sebenarnya masih banyak koleksi lainnya yang juga sangat menarik untuk Anda lihat. Tapi tak usah khawatir, Anda bisa sering datang ke sini. Harga tiket masuknya juga sangat murah, jadi Anda tidak akan boros meski terlalu sering berkunjung ke Keraton Yogyakarta ini.

HTM per orangnya hanya Rp5.000,00 saja. Para turis yang hendak memotret di sekitar area keraton akan dikenai biaya Rp2.000,00 saja. Ingat jam operasionalnya ya, yakni dari jam 08.00 sampai jam 14.00 WIB (selain hari Jumat), sedang hari Jumat, turis boleh berkunjung antara jam 08.30-11.00 WIB.

Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta

Kawasan Kampung Wisata Taman Sari tak lain adalah bekas pemandian para puteri keraton lengkap dengan taman cantiknya. Situs ini dibangun dari tahun 1758 hingga tahun 1765.

Luas lahan Taman Sari mencapai 10 Ha. Di dalamnya terdapat 57 unit bangunan lawas. Sebagian bangunan pernah direnovasi karena sempat rusak akibat gempa 27 Mei 2006 lalu.

Taman Sari adalah tempat wisata dengan spot foto cantik berupa taman pemandian. Area kolam pemandian kini sudah tak digunakan lagi sehingga ditumbuhi lumut, menyebabkan warna airnya hijau toska.

Pemandangan ini makin eksotis dengan sisa bangunan di sekitar kolam pemandian yang ber-tone earthy. Sungguh perpaduan yang sangat pas. Nah, daripada penasaran, kunjungi saja tempat ini. Hanya perlu merogoh kocek Rp5.000,00 saja untuk bisa masuk ke sini.

Museum De Arca Yogyakarta

museum de arca yogyakarta

Museum yang satu ini sangat unik dan hanya ada di Jogja. De Arca Museum Jogja merupakan museum patung 3 dimensi pertama di Jogja dan di Indonesia.

Di sini ada banyak koleksi patung public figure terkenal seperti tokoh presiden, pahlawan, musisi, dan bahkan atlet. Untuk memudahkan pengunjung, museum ini terbagi menjadi 3 zona, yaitu zona presiden dunia, zona nasional, dan zona public figure dunia.

Jadi misalnya Anda ingin selfie dengan patung Michael Jackson, Anda akan tahu zona mana yang harus Anda tuju.

Lokasi museum ini terbilang cukup jauh dari Malioboro Jogja. Banyak turis yang lantas menggunakan mobil sewaan dari agen rental mobil murah dekat Malioboro untuk memulai perjalanan menuju ke museum langka ini.

Situs Warungboto

Situs Warungboto

Sejatinya situs Warungboto ini adalah sebuah cagar budaya. Tempat ini merupakan situs pemandian sekaligus pesanggrahan. Jika Anda amati dengan seksama, gaya arsitektur Warungboto ini sangat mirip dengan Tamansari.

Area di dalam situs Warungboto ini mempunyai 2 kolam pemandian, yaitu kolam yang berbentuk persegi dan bulat. Sedang di dalam bangunannya sendiri, Anda akan melihat lorong-lorong yang bagus sekali untuk jadi spot foto.

Dengan modal tiket masuk Rp3.000,00 saja, Anda bebas eksplorasi ke seluruh area Warungboto. Jadikan momen kunjungan ini untuk menambah koleksi foto dan selfie Instagenic Anda.

Alun-alun Kidul Yogyakarta

Alun Alun Kidul

Kawasan Alun-Alun Kidul Yogyakarta juga tak pernah sepi dari pengunjung. Tak hanya turis saja yang memenuhi taman belakang keraton ini. Melainkan juga warga setempat dan para perantau seperti mahasiswa dan karyawan yang ingin sekedar santai di sini.

Jika ingin menikmati alun-alun dengan suasana sepi, datanglah saat siang hari. Saat tengah sepi, kawasan alun-alun ini akan terlihat seperti lapangan luas dengan dua pohon beringin kembar di bagian tengahnya.

Saat hari mulai sore hingga malam, suasana sepi berubah menjadi ramai. Jalanan aspal yang mengelilingi area alun-alun akan dipenuhi dengan odong-odong dengan sorotan lampu warna-warni.

Tiap kendaraan odong-odong ini juga berisikan sound system dengan suara musik keras, semakin menambah keramaian suasana malam di sini. Anda bisa menyewa odong-odong ini untuk berkeliling memutari jalanan alun-alun. Ketika perut mulai lapar, tenang, ada banyak makanan khas Jogja yang enak di sini.

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Benteng sekaligus museum ini terletak di sisi Selatan Pasar Beringharjo. Menurut informasi sejarah, tempat ini merupakan sebuah penjara untuk para pejuang kita. Tak heran jika di sekeliling bangunan ini terdapat parit alias jagang.

Bangunan benteng ini memiliki bentuk persegi dan ada sebuah menara pantau (bastion) di masing-masing empat sudut bangunan. Selain arsitektur bangunannya yang masih sangat otentik, ada hal menarik lainnya, yaitu museum.

Bagian dalam Museum Benteng Vredeburg terdapat rangkaian gambaran peristiwa (diorama) tentang sejarah Indonesia. Bagi para pecinta sejarah, tentu ini sangat menarik karena semua peristiwa sejarah perjuangan para pahlawan kita tergambar secara jelas di sini.

Museum Kereta Kencana

Museum Kereta Kencana Yogyakarta

Semarang punya Museum Kereta Ambarawa, Jogja juga tak mau kalah. Jogja juga memiliki sebuah museum kereta. Namun bukan kereta lokomotif yang jadi koleksinya, akan tetapi berupa kereta kencana.

Koleksi utama Museum Kereta Kencana ini adalah sejumlah kereta kencana milik keluarga Keraton Yogyakarta. Selama berkunjung ke tempat ini, Anda dan pengunjung lainnya akan mendapatkan informasi detail seputar sejarah dari masing-masing kereta kencana.

Uniknya lagi, tiap tahun ada ritual pemandian kereta-kereta kencana. Pastinya ritual ini mengundang minat para wisatawan untuk datang ke Jogja. Hampir tiap akhir pekan, puluhan bus pariwisata yang disewa dari penyedia jasa sewa bus pariwisata Jogja murah memenuhi area parkir museum ini.

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali

Tempat wisata ini masuk dalam list tempat wisata sejarah di Jogja yang sebaiknya Anda kunjungi. Monjali atau Monumen Jogja Kembali merupakan sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang peristiwa perjuangan masyarakat Jogja melawan penjajah.

Bentuk bangunan monumen ini cukup unik, yaitu kerucut. Bagian dalamnya juga tak kalah menarik. Ada cukup banyak diorama di sini. Mulai dari diorama kisah perjuangan rakyat Jogja hingga diorama Presiden Soekarno saat tinggal di Jogja.

Di bagian luar Monjali, terdapat Taman Pelangi yang terlihat sangat menakjubkan di malam hari. Sebab, ada puluhan lampion besar menghiasi area taman ini. Lampion-lampion ini memiliki aneka ragam bentuk. Recommended untuk jadi wisata malam Jogja yang Instagramable.

Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman

Nah, kali ini Anda akan kami ajak jalan-jalan di sebuah situs wisata religi paling terkenal di Jogja. Benar sekali, Masjid Gedhe Kauman namanya. Bangunan masjid ini konon usianya sudah lebih dari 200 tahun.

Walaupun sudah berusia tua, semua komponen bangunan ini masih sangat kokoh. Secara keseluruhan tampilan masjid ini juga masih terlihat megah dan original. Hampir semua bagian dari bangunan masjid ini masih asli. Anda bisa lihat dari lantai dan kayu yang digunakan.

Masjid Gedhe Kauman ini berada di sisi Barat Alun-Alun Utara. Lokasi ini juga sangat dekat dengan Keraton dan sentra Gudeg Jogja, Kampung Wijilan.

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Satu dari 16 tempat wisata dekat Malioboro yang jelas paling recommended adalah Pasar Beringharjo. Tempat wisata belanja ini berada di salah satu sisi Jalan Malioboro.

Pasar Beringharjo dari dulu hingga sekarang berperan sebagai pusat perekonomian, terutama bagi para pedagang Jogja. Ada ratusan pedagang dengan beragam dagangan menghuni kios-kios di pasar ini.

Barang-barang dagangan yang dijual di sini sangat komplit. Sebut saja oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama seperti kaos oblong, produk kain batik Jogja, sprei, makanan, jamu, dan bahkan souvenir pernikahan. Tak heran jika Pasar Beringharjo patut mendapat julukan pusat wisata belanja Jogja terbesar dan terlengkap.

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Ingin sekalian ajak si buah hati jalan-jalan dan liburan di sekitar Malioboro? Taman Pintar Yogyakarta wajib jadi destinasi wisata. Alasannya yang pertama adalah lokasinya sangat dekat dengan Malioboro. Anda tinggal jalan kaki saja menuju ke tempat wisata ini.

Alasan yang kedua adalah Taman Pintar Yogyakarta itu sendiri merupakan wahana edukasi terlengkap dan dinamis. Anda dan si buah hati akan menjumpai beragam permainan, wahana simulasi, dan instrumen pendidikan anak lainnya.

Para pecinta buku juga bisa ‘bermanja-manja’ dengan koleksi buku yang ada di sini. Buku-buku di sini dapat Anda beli dengan harga murah. Referensi buku di sini juga begitu lengkap. Ada yang berupa buku-buku akademik, buku motivasi, buku resep, buku anak, dan lain sebagainya.

Pastikan Anda dan si buah hati mendatangi seluruh area Taman Pintar Yogyakarta karena ada banyak sekali kategori wahana permainan edukatif di sini. Semua tersebar di beberapa gedung, yaitu Gedung Planetarium, Gedung Kotak, Gedung Oval, Theater 3D, Gedung Paud, dan juga Kampung Kerajinan.

Stasiun Tugu

stasiun tugu yogyakarta

Memang benar bahwa Stasiun Tugu bukanlah sebuah objek wisata di Jogja. Akan tetapi nama stasiun utama Kota Yogyakarta ini sama populernya dengan tempat wisata Sleman hits lainnya. Di sinilah para turis memulai ‘petualangan’ mereka.

Stasiun Tugu masuk dalam daftar wisata top selfie Jogja berkat gaya arsitektur pada bangunan utamanya. Silahkan Anda lihat bagian terluar bangunan stasiun; terlihat sangat menarik dengan gaya arsitektur Eropa-nya.

Warna putih terlihat mendominasi bagian muka stasiun. Jendela-jendela besar memenuhi bagian terluar bangunan. Tulisan ‘JOGJAKARTA’ yang berbalut cat warna orange sangat kontras dengan fasad putih bangunan, sangat menonjol tapi cantik.

Stasiun ini juga dekat dengan salah satu tempat wisata kuliner malam hari di Jogja terkenal yakni Angkringan Kopi Joss. Anda bisa santai ngopi sambil menikmati suasana romantis Stasiun Jogja di malam hari. Namun jika Anda bingung menggunakan transportasi menuju kesana, kami merekomendasikan agar Anda menggunakan jasa rental mobil dekat Stasiun Tugu.

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark

Taman rekreasi ini adalah yang terbesar yang pernah ada di Indonesia. Bahkan Sindu Kusuma Edupark ini diklaim sebagai taman rekreasi dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara.

Taman rekreasi ini menyuguhkan wahana permainan terlengkap. Berikut daftar wahana yang tersedia di sini:

  • Cakra Manggilingan atau Ferris Wheel
  • Pit Egrang
  • Montor Tumbur, dll

Intinya, semua wahana permainan di atas pasti akan membuat liburan Anda terasa sangat seru. Jika Anda sudah puas dengan wahana permainan outdoor di atas, kini saatnya mencoba wahana indoor-nya.

Wahana-wahana tersebut adalah Theater 7 Dimensi, Tenggoro Budoyo, Kampung Seni, dan Arcade Game. Siapa di sini yang tak sabar untuk menjajal semua wahana ini?

Demikian 16 tempat wisata dekat Malioboro terkenal dan ngehits. Harapannya informasi ini bisa menjadi referensi baru bagi Anda yang berencana ingin liburan di Jogja. Ayo liburan ke Jogja dan jadikan momen liburan Anda penuh warna dengan mengunjungi tempat-tempat wisata ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)