SalSari Resto & Coffee

Sibolga merupakan salah satu kota madya di Sumatera Utara yang terkenal dengan tempat wisata alamnya. Secara georafis letaknya ada di sebelah pantai barat Pulau Sumatera, membentang luas dari utara ke selatan.

Jika dari Kota Medan berjarak sekitar 350 KM dan bisa Anda tempuh menggunakan layanan rental mobil Avanza Medan plus sopir. Perjalanan yang Anda butuhkan kurang lebih delapan jam berkendara tergantung kondisi lalu lintas saat itu.

Dulunya Sibolga merupakan ibu kota dari Karesidenan Tapanuli. Hampir sebagian wilayahnya berada di pesisir laut, bahkan sampai mendapatkan julukan “Sibolga Kota Ikan”. Oleh karenanya wajar tempat wisata di Sibolga dan sekitarnya ini sebagian besar pantai.

Tak hanya itu saja, budaya tradisionalnya yang masih kental dan beberapa situs sejarah juga menarik untuk Anda kunjungi. Selain itu masih ada apa lagi destinasi wisata yang menarik dari Sibolga Kota Ikan ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Sibolga Populer

Pantai Pandan

Pantai Pandan Sibolga

Menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke pantai masih jadi favorit banyak orang. Suara deburan ombak yang menenangkan, angin laut yang berhembus sepoi-sepoi, serta pemandangan laut jadi daya tarik tersendiri wisata ini.

Di Sibolga sendiri ada pantai yang cukup terkenal akan keindahannya yaitu Pantai Pandan. Lokasinya terletak di Jl. Sisingamangaraja Padang Sidempuan, Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Wisata pantai Pandan Sibolga mempunyai pasir putih yang halus membuat siapa saja nyaman berjalan di atasnya. Ombaknya pun juga tergolong masih bersahabat, sehingga Anda dapat bermain di pinggir bibir pantai dengan leluasa.

Jika sedang tidak ingin untuk berbasah-basahan, Anda tetap bisa duduk di pinggiran pasir pantai sambil menikmati keindahannya. Apalagi tiket masuk tempat wisata hits di Sibolga ini sangat murah jadi sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Pulau Putri Sibolga

Pulau Putri Sibolga

Luas Pulau Putri mungkin hanya sekitar setengah hektar saja, walaupun begitu, jangan underestimate pesona tempat ini. Pulau Putri menyuguhkan pemandangan pulau dan laut yang sangat eksotis.

Pesona bawah laut dengan terumbu karang, rumput laut, dan ikannya juga tak kalah cantik. Biota lautnya masih sangat terjaga, cocok buat Anda yang hobi menjelajahi alam bawah laut dengan snorkeling ataupun menyelam.

Aksesnya menuju wisata alam Sibolga ini terbilang cukup mudah, dari pusat kota hanya berjarak sekitar 12 KM saja atau 30 menit perjalanan. Jika ingin berpetualang dengan perahu juga bisa karena banyak yang menyewakan perahu yang memadai.

Jika ingin menyaksikan keindahan Pulau Putri silahkan datang langsung ke Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Tapanuli Tengah. Adapun untuk bisa masuk harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00

Pulau Poncan Gadang

Pulau Poncan Gadang Sibolga

Pulau Poncang Gadang terkenal sebagai tempat wisata Sibolga yang memiliki banyak goa-goa Jepang yang eksotis. Hal ini karena dulunya pulau ini merupakan tempat persembunyian pasukan tentara Jepang sebelum kemerdekaan.

Saat itu Pulau Poncan juga sekaligus gudang tempat penyimpanan logistik dan amunisi tentara Jepang. Terlepas dari sejarah kelamnya, pesona alam yang tersaji di tempat wisata alam Sibolga ini sangat luar biasa.

Air laut dan biota bawah lautnya tak kalah indah dengan wisata bahari di tempat lainnya. Kejernihan air lautnya membuat wisatawan dapat melihat kehidupan bawah lautnya dengan sangat jelas tanpa harus menyelam.

Apalagi semakin banyak spot foto kekinian dengan latar pemandangan yang bagus. Selain itu tersedia pula, penginapan atau resort yang bisa Anda pilih untuk bersantai mulai dari yang murah hingga berkelas.

Pulau Poncan Ketek

Pulau Poncan Ketek Sibolga

Selagi menginap di Pulau Poncan tak ada salahnya untuk mampir ke Pulau Poncan Ketek karena jaraknya yang masih berdekatan. Bisa Anda jangkau menggunakan boat dalam beberapa menit saja.

Bagi sebagian orang yang belum mengenal lebih dalam pasti menganggapnya dua pulau ini merupakan pulau yang sama. Pulau Poncan Ketek mempunyai ukuran yang lebih kecil, dari segi fasilitas juga kurang memadai.

Oleh karenanya tidak banyak wisatawan yang datang berkunjung ke pulau satu ini. Walaupun begitu pemandangan yang tersaji di tempat ini tak kalah indah dengan pulau tetangganya, bahkan suasananya lebih tenang.

Sembari mengisi kekosongan waktu Anda pun bisa singgah sebentar ke Pulau Poncan Ketek untuk mengexplore pesona alamnya dan berfoto-foto. Toh masuk ke kawasan pulau ini tak harus membayar tiket masuk.

Pantai Ujung Sibolga (PAJUS)

Pantai Ujung Sibolga (PAJUS)

Pantai Ujung Sibolga atau PAJUS menjadi destinasi wisata favorit traveler terutama untuk menikmati keindahan sunset di sore hari. Terlebih wisata pantai Sibolga ini baru saja beroperasi kembali setelah adanya renovasi.

Alhasil, fasilitasnya kini semakin memadai dan juga terdapat banyak wahana permainan yang bisa pengunjung mainkan. Sambil menunggu sunset, Anda bisa mencoba makanan khas provinsi Sumatera Utara atau bermain wahana permainan yang tersedia.

Anda juga bisa berfoto di sejumlah spot-spot Instagramable yang ada di sekitar lokasi. Akses jalan menuju ke PAJUS sudah jalan beraspal, sehingga memudahkan para pengunjung yang ingin datang berkunjung.

Pantai ini terletak di Desa Simare-mare yang wilayahnya masuk ke dalam Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga. Untuk bisa menikmati keindahan pantainya Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00.

Pantai Kalangan Indah Sibolga

Pantai Kalangan Indah Sibolga

Letaknya cukup jauh dari pusat kota, walaupun begitu Pantai Kalangan termasuk salah satu destinasi Sibolga yang cukup populer. Lokasinya terletak di Hajoran, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Meski harus menempuh perjalanan yang cukup panjang, namun semua rasa capek akan hilang sewaktu melihat pesona alamnya. Pasir putih dan pepohonan rimbun yang tumbuh di pinggiran pantai menambah keeksotisan pantai indah ini.

Untuk dapat masuk dan menikmati keindahan wisata pantai Sibolga satu ini, Anda harus membayar tiket masuk. Adapun besaran tarif tiket masuknya yaitu Rp10.000,00 per orangnya dan belum termasuk tarif parkir kendaraan.

Pulau Mursala

Pulau Mursala

Salah satu tempat wisata terdekat yang paling populer di sekitar Sibolga adalah Pulau Mursala. Ciri khas yang membuat Pulau Mursala terkenal yaitu karena adanya air terjun alami dari atas tebing yang turun ke laut.

Saat berkunjung Anda akan disuguhkan dengan keindahan air terjun dan pemandangan laut yang cantik. Selain terdapat air terjun di samping laut lepas, Pulau Mursala pernah menjadi tempat syuting film King Kong pada tahun 2005.

Semenjak itu kepopuleran pulau ini semakin tenar, tak hanya wisatawan lokal saja, turis mancanegara pun ikut datang ke pulau ini. Jika Anda tertarik berkunjung, silakan datang ke Tapian Nauli I, Tapian Nauli, Tapanuli Tengah.

Pantai Bosur

Pantai Bosur

Dulunya pantai ini bernama Pantai Bosur. Nama Pantai Bosur terinspirasi dari nama Bonaran Situmeang dan Sukran Tanjung, walikota yang saat itu menjabat. Namun pada 31 Juli 2019, nama Bosur resmi berganti menjadi Pantai Indah Pandan (PIP).

Pergantian nama tersebut atas dasar permintaan masyarakat setempat agar nama pantai lebih netral tanpa terikat sosok tertentu. Selain itu pergantian nama juga bertujuan untuk menarik para wisatawan agar tertarik berkunjung ke pantai ini.

Ada banyak ragam aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke wisata pantai Sibolga ini. Mulai dari menyusuri pantai, bermain ombak atau pasir pantai, melihat sunset, berkeliling menggunakan perahu, dan berfoto-foto.

Bicara mengenai fasilitasnya, pengelola telah menyediakan fasilitas yang memadai seperti gazebo, toilet, tempat bilas mandi, area parkir, dan warung makan. Selain itu tersedia toko souvenir, Anda pun bisa membeli oleh-oleh khas Medan untuk dibawa pulang.

Pantai Sibolga Kota Ikan

Pantai Sibolga Kota Ikan

Pantai Sibolga Kota Ikan termasuk destinasi pantai yang cukup digandrungi wisatawan karena dinilai estetik dan menarik. Dari kejauhan saja, Anda sudah bisa nampak pemandangan laut yang berwarna kebiruan.

Namun, keindahan tersebut sedikit tercemar karena adanya sampah yang berserakan di pinggiran pantai. Terlepas dari itu, Anda tetap bisa menikmati keindahannya terutama pada saat menjelang matahari terbenam.

Adapun fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah cukup memadai dan dapat membuat wisatawan nyaman. Mulai dari area parkir, toilet umum, mushola, dan warung makan dengan menu seafood di tepi laut.

Jika ingin berkunjung ke sini, Pantai Sibolga Kota Ikan terletak di Kota Beringin, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Untuk bisa masuk ke area pantainya, Anda tidak akan dikenakan retribusi tiket masuk, alias gratis.

Pulau Kalimantung Na Menek

Pulau Kalimantung Na Menek

Tempat wisata hits dekat Sibolga selanjutnya adalah Pulau Kalimantung. Keindahan pulau ini pun terkenal sangat menawan sehingga wajar jika pulau ini masuk dalam jajaran pantai terindah di Indonesia terbaik.

Pulau Kalimantung merupakan pulau tak berpenghuni yang masih satu kawasan dengan Pulau Mursala di Tapanuli Tengah. Suasananya sangat nyaman dan tenang dengan view pantai yang begitu mempesona.

Pasir pantainya bersih dan halus, deretan pohon kelapa yang tumbuh di sekitarnya menambahkan kesan eksotis dan asri. Tempat ini pun jadi lokasi yang tepat untuk aktivitas snorkeling maupun diving berkta biota lautnya yang masih terjaga dan belum tercemar.

Kekurangannya hanya fasilitas yang belum memadaidan masih seadanya. Fasilitas yang tersedia hanya sebatas toilet, penyewaan tikar, dan gazebo untuk berteduh. Masih belum ada pedagang makanan maupun penginapan.

Pantai Pandaratan Sarudik

Pantai Pandaratan Sarudik

Secara administratif Pulau Sarudik terletak di Pancuran Pinang, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota, Sibolga, Sumatera Utara. Daya tarik utamanya ada pada bebatuan eksotis bernuansa gelap yang terdapat di antara tanaman tropis.

Gambaran pulau kecil dengan pulau kelapa di sekelilingnya bisa Anda temukan saat mengunjungi pantai ini. Karena pesona pantainya yang memukau itulah, Pantai Sarudik ini kerap dijadikan sebagai destinasi untuk melepas penat.

Beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini yaitu menyusuri pantai sambil melihat keindahan pulaunya, atau menunggu sunset di sore hari. Mumpung tidak diberlakukan retribusi tiket masuk, Anda pun bisa bermain sepuasnya di Pantai Sarudik.

Air Terjun Sihobuk

Air Terjun Sihobuk

Saat berkunjung ke Tapanuli Tengah jangan lewatkan untuk berkunjung ke wisata alam air terjun Sihobuk yang bertempat di Kecamatan Sarudik. Aliran air terjunnya sangat jernih dan suasana sekitarnya sejuk.

Karena memang lokasinya berada di pedalaman dan di tengah hutan, sehingga masih sangat asri. Kesegarannya bisa menyembuhkan rasa lelah yang hinggap pada tubuh dan tetap cocok untuk anak anak sekalipun.

Pasalnya kedalaman kolamnya hanya berkisar satu meteran saja. Cocok sebagai tempat bermain dan berenang yang relatif aman. Paling cocok memang membawa bekal makanan dari rumah dan menyantapnya di sejumlah gazebo yang tersedia.

Kalaupun tak membawa bekal, Anda bisa memesan di warung makan yang ada sekitar air terjun. Untuk ukuran tempat wisata yang gratis, fasilitas yang tersedia tersebut sudah cukup memadai.

Pantai Batu Gajah Sibolga

Pantai Batu Gajah Sibolga

Biasanya saat berkunjung ke wisata pantai tentu sudah biasa dengan pasir putihnya. Namun bagaimana jika ada “gajah” di tepi laut? Di daerah Hajoran, Pandan, Tapteng, terdapat pantai unik yang menawarkan daya tarik tersebut.

Posisi batu gajah tersebut masih dalam area pasang-surut. Jadi, saat air laut surut Anda bisa mendekatinya untuk melihat lebih dekat. Anda pun bisa berfoto dengan latar belakang batu gajah raksasa tersebut.

Selain itu, terdapat menara pandang yang menjadi salah satu tempat berswafoto favorit wistawan. Sebab dari sini, Anda bisa menikmati keindahan pantai dari perspektif berbeda yang juga tak kalah menawan.

Walaupun belum mendapatkan porsi pembangunan yang memadai dari pemda setempat, destinasi tetap recomended untuk Anda kunjungi karena keunikannya. Jangan heran bila akses menuju wisata pantai Sibolga ini masih sulit.

Tangga Seratus Sibolga

Tangga Seratus Sibolga

Destinasi wisata populer Sibolga selain pantai adalah Tangga Seratus. Sesuai dengan namanya destinasi ini menghadirkan seratus lebih anak tangga yang menuntun ke atas puncak bukit.

Memang untuk bisa mencapai harus bersusah payah menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan tersebut. Namun, begitu sampai di atas puncak bukit rasa lelah dan capek akan hilang begitu menyaksikan keindahan yang tersaji.

Kami sarankan untuk membawa bekal air minum karena Anda akan melalui perjalanan yang melelahkan. Terutama buat Anda yang belum pernah melakukan trekking sebelumnya.

Bila Anda tertarik untuk mengunjungi wisata unik ini silahkan datang ke Jalan Sisingamangaraja, Desa Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga. Anda pun bisa datang ke sini kapan pun, karena wisata Tangga Seratus buka setiap hari selama 24 jam.

Nah itu tadi deretan tempat wisata di Sibolga terpopuler dan terbaik versi Salsa Wisata. Mumpung sedang berada di Sumatera Utara, sempatkan juga mampir ke Kota Medan, jaraknya pun tak terlalu jauh. Gunakan agen biro perjalanan terbaik seperti Salsa Wisata.

Salsa Wisata menyediakan paket liburan ke Medan dengan fasilitas perjalanan yang lengkap mulai dari akomodasi, penginapan, transportasi, dan itinerary. Anda pun juga bisa mengcustom destinasi wisata Medan terbaik yang sesuai dengan keinginan Anda.



By Categories: Destinasi, Sumatera

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)