SalSari Resto & Coffee

Tempat wisata Instagramable di Bogor seakan tidak pernah habis. Selalu ada saja yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun sahabat tercinta. Salah satunya adalah The Ranch Puncak.

Sesuai namanya, di sini Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur seolah sedang berada di sebuah peternakan yang asri dan indah. Anda bisa berinteraksi dengan hewan-hewan ternak dan berfoto di beberapa spot yang menarik.

Ingin tahu lebih lanjut? Silakan simak ulasan kami berikut ini!

Sekilas Tentang The Ranch Puncak

The Ranch Puncak

De’ Ranch Lembang sebenarnya sudah lebih dahulu terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang menarik di Bandung. Namun, The Ranch yang ada di Puncak tidak kalah loh! Bahkan, tempat wisata ini digadang-gadang lebih lengkap dan mengasyikkan daripada pendahulunya itu.

The Ranch ini memang terbilang masih baru sebab baru saja diresmikan pada tahun 2017 silam. Namun, hal itu tidak membuat tempat wisata ini sepi pengunjung.

Pemandangan yang indah serta wahana-wahana bermain yang mengasyikkan membuat siapa saja berbondong-bondong datang ke sini. Dari mulai menunggang kuda, bermain dengan kelinci, hingga berfoto menggunakan kostum, semuanya bisa Anda lakukan di sini.

Harga Tiket Masuk The Ranch Puncak

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini tidak terlalu mahal. Bahkan, harga satu tiketnya sudah termasuk voucher untuk segelas susu murni.

Walau begitu, Anda harus membayar biaya tambahan jika ingin menikmati beberapa wahana. Berikut daftar harga yang perlu Anda perhatikan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Reguler Rp25.000,00
Menunggang Kuda Rp40.000,00
Memberi Makan Hewan Ternak Rp25.000,00
Memberi Susu Anak Sapi Rp20.000,00
Panahan Rp35.000,00
Sepeda Rp20.000,00

Rute Menuju Lokasi The Ranch Puncak

The Ranch Puncak

Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Raya Puncak-Cianjur No.428, Cisarua, Bogor. Untuk mencapainya, disarankan bagi para wisatawan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda datang dari luar kota atau pulau, bisa memanfaatkan layanan rental mobil keluarga Bogor pada agen travel organizer yang terpercaya, Salsa Wisata.

Dari pusat kota Bogor, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 18,5 kilometer atau sekitar 50 menit. Anda bisa mengambil jalur Tol Jagorawi dan terus bergerak menuju daerah Cisarua.

Jarak tempat wisata ini sangat berdekatan dengan Taman Wisata Matahari sehingga Anda akan mudah menemukan lokasinya.

Fasilitas di The Ranch Puncak

fasilitas The Ranch Puncak

Fasilitas umum yang ada di tempat wisata ini cukup memadai. Ada toilet umum yang bersih dan terawat, ada lahan parkir yang cukup luas dan mampu menampung hingga 600 kendaraan bermotor.

Kemudian, ada beberapa kafe dan restoran yang menyajikan makanan khas Bandung yang enak. Unik sekali bukan? Jadi Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung hanya untuk mencicipi makanan khasnya.

Bagi para pengunjung disabilitas tidak perlu risau sebab lokasi tempat wisata ini memiliki jalan akses khusus kursi roda. Bahkan, disediakan pula beberapa kursi roda bagi Anda yang membutuhkan.

Tak lupa pula spot-spot foto yang menarik dan pastinya instagramable. Disertai dengan ragam wahana yang tak kalah seru sekaligus mendidik.

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Bogor makanan, Anda bisa melakukannya juga di salah satu gerai yang terdapat di kawasan tempat wisata ini. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari toko di luar.

Daya Tarik di The Ranch Puncak

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat wisata The Ranch ini. Baik anak-anak maupun orang dewasa bisa menikmatinya tanpa terkecuali. Beberapa kegiatan seru di antaranya adalah:

Menunggang Kuda

naik kuda The Ranch

Terdapat lahan seluas 6,5 hektar yang dikhususkan untuk menunggang kuda. Kuda-kuda yang bisa ditunggangi ada banyak dan beragam, sehingga baik anak-anak maupun orang dewasa bisa melakukannya.

Biasanya, anak-anak akan memilih untuk menunggangi kuda pony yang bertubuh lebih kecil, sementara kuda dewasa untuk orang-orang dewasa.

Yang lebih menarik adalah Anda juga bisa menyewa kostum koboi khusus untuk dikenakan saat menunggang kuda. Seru sekali, bukan?

Mengenai keamanan dan keselamatan, Anda tidak perlu khawatir. Karena, akan ada petugas profesional yang mendampingi dan mengawasi Anda selalu.

Berinteraksi dengan Hewan-hewan

The Ranch

Di sini terdapat beberapa hewan ternak lainnya yang bisa diajak berinteraksi, seperti kelinci, domba merino dan sapi. Anda dan si kecil bisa mengelus, berfoto dan memberi makan hewan-hewan ini.

Walau hewan-hewan ternak di sini tidak sebanyak di Bogor Mini Zoo, namun hal tersebut tidak mengurangi minat pengunjung.

Berburu Foto Unik

gelato The Ranch

Di lokasi tempat wisata ini terdapat banyak sekali spot foto yang unik. Sekilas terlihat seperti sebuah peternakan di benua Eropa. Anda bisa sepuasnya berfoto dengan latar belakang rumah-rumah unik.

Ada rumah hobbit, kincir angin, taman bunga cantik, bangku-bangku taman, sungai kecil serta rumah-rumah dan kastil bergaya Eropa.

Salah satu kastil bergaya Eropa ini merupakan kafe yang menjual makanan, minuman dan es krim loh! Jadi, Anda bisa mencicipi pilihan menu sambil berfoto-foto.

Ada pula area Candy Barrel dan Jembatan Dongeng yang juga menjadi spot foto favorit. Sebab, pemandangan dari sini sangat indah dan instagramable.

Wahana Lainnya

wahana The Ranch

Selain menunggang kuda, Anda juga bisa menikmati wahana lainnya. Salah satu yang menjadi favorit adalah memanah. Untuk anak-anak tersedia Panahan Boneka yang jarak memanahnya tidak terlalu jauh dan anak panahnya tidak terlalu tajam.

Sementara untuk orang dewasa terdapat panahan tradisional yang menggunakan anak panah asli dan jarak memanahnya cukup jauh.

Lalu, ada pula sepeda-sepeda yang bisa Anda sewa jika ingin berkeliling area tempat wisata ini. Ada pula trampolin khusus orang dewasa, taman bermain untuk anak-anak, balon air, gokart, 4D, Virtual Reality dan masih banyak lagi.

Jam Buka The Ranch Puncak

Jika Anda berniat untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa datang di hari Senin sampai Minggu, termasuk hari libur nasional.

Jam operasional di hari Senin hingga Kamis dimulai dari pukul 09.00 – 18.00 WIB. Sementara untuk hari Jumat hingga Minggu, jam operasional dimulai dari pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini tentu saja pada hari biasa sehingga tempat wisata tidak terlalu ramai dan Anda bisa sepuasnya menikmati wahana sambil berfoto-foto.

Nah, itu adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda dapatkan di The Ranch Puncak. Jika Anda berencana untuk mengunjungi tempat wisata ini, jangan lupa untuk membawa serta kartu vaksin dan kebutuhan obat-obatan pribadi ya!

Sempatkan diri juga untuk mengunjungi Cimory Riverside sepulang dari sini ya! Sebab, di sana Anda juga bisa membeli oleh-oleh untuk orang-orang tercinta!

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang seru, gunakan biro perjalanan berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk membuatkan agenda perjalanan liburan yang menyenangkan.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (7 votes)