earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Nama Raja Ampat di Tanah Papua memang sudah sangat populer. Sayangnya lokasinya yang jauh dan biaya wisata yang tak murah mengurung niat sebagian wisatawan yang ingin ke sana. Namun kini telah hadir Ulu Kasok.

Tempat wisata ini dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Sumatera karena sekilas memang mirip dengan wisata Raja Ampat di Papua.

Objek wisata ini memang menyuguhkan panorama alam berupa gugusan pulau yang dikelilingi oleh air. Bedanya adalah jika pulau-pulau di Raja Ampat dikelilingi oleh laut, tidak dengan tempat ini.

Pulau-pulau kecil yang ada di tempat ini dikelilingi oleh air danau. Meski begitu, keindahan tempat ini tetap memukau hati siapa saja yang berkunjung ke sini.

Sekilas Tentang Wisata Ulu Kasok

Tempat wisata Pekanbaru ini dahulunya adalah sebuah desa, yaitu Desa Gadang, yang kemudian diubah menjadi proyek PLTA sekitar tahun 1991.

Warga desa sebelumnya telah direlokasi ke Kampung Patin yang notabene masih satu kawasan dengan Pulau Gadang.

Sebelum menjadi sebuah proyek PLTA, perkampungan ini memang terdiri dari bukit-bukit dengan vegetasi yang lebat dan subur.

Ketika proyek mulai berjalan, seluruh area kampung ditenggelamkan dan menyisakan bukit-bukit yang masih tampak menyembul.

Senasib dengan Waduk Jatibarang, selain berperan sebagai sumber irigasi dan PLTA, waduk ini kini menjadi sebuah tempat wisata terkenal.

Lebih tepatnya sekitar tahun 2017 lalu, tempat ini menjadi bagian dari proyek pembangkitan pariwisata di Kota Pekanbaru. Meski fasilitas yang ada masih terkesan minim, tak membuat wisatawan urung datang ke sini.

Harga Tiket Masuk Wisata Ulu Kasok

Ulu Kasok Pekanbaru

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Siapa yang tak tergiur untuk segera datang, lalu berfoto, atau untuk sekedar menikmati pesona alam di sekitar waduk? Pasti kita semua sangat ingin berkunjung ke sini, bukan?

Untuk memulai petualangan liburan di tempat wisata ini, Anda wajib sediakan  uang tunai untuk membeli tiket. Selain itu, Anda juga bisa menyewa jasa ojek apabila Anda tak ingin lelah akibat jalan jauh dari bawah ke puncak bukit.

Semua biaya, mulai dari biaya tiket hingga biaya sewa ojek dan payung berhasil kami rangkum di tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Sewa Ojek Rp5.000,00
Sewa Payung Rp5.000,00
Sewa Perahu Rp15.000,00
Sewa Tikar Rp10.000,00

Harga tiket di atas berlaku untuk hari biasa. Sedang untuk hari libur (akhir pekan dan libur nasional), biasanya harga tiket akan naik sesuai dengan ketentuan pihak pengelola.

Daya Tarik Ulu Kasok Riau

Ulu Kasok Riau

Tiap tempat wisata tentu memiliki daya tarik yang berbeda. Demikian juga dengan tempat wisata ini. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah danau dengan pulau-pulau itu sendiri.

Kemudian ada juga daya tarik lainnya seperti spot foto dan sebuah air terjun yang letaknya tidak jauh dari danau.

Danau dengan Gugusan Pulau Indah nan Hijaunya

Tanpa adanya danau dan gugusan pulau, mungkin tempat ini hanya bukit biasa. Tidak ada lagi yang namanya Raja Ampat versi orang Sumatera.

Di atas ketinggian, tepatnya di puncak bukit tertinggi, Anda dapat melihat dengan jelas kemolekan danau plus pulau-pulaunya.

Air danau yang tenang dan kehijauan tampak indah sekali dengan hiasan gradasi warna hijau yang berasal dari daun-daun pepohonan.

Gunakan kamera Anda untuk mengabadikan perpaduan keindahan alam yang sempurna ini.

Spot Foto di Puncak

Kawasan puncak menjadi spot terfavorit untuk berfoto, baik selfie maupun foto beramai-ramai. Tentu hasil fotonya nanti langsung berlatar danau dan gugusan pulau.

Ada beberapa spot foto di kawasan puncak ini. Sebagian telah dilengkapi dengan properti pendukung seperti ornamen berbentuk LOVE, pesawat, sarang burung, bunga cinta, gembok, dan rumah pohon.

Secara keseluruhan, fasilitas spot foto ini memadai dan pastinya aman layaknya spot foto yang ada di Danau Buyan, Bali.

Keliling Danau dengan Perahu

Setelah puas berfoto ria, kini saatnya Anda turun dan keliling danau dengan menggunakan perahu. Biaya sewa perahu di sini sangat murah.

Dengan moda transportasi air yang sederhana ini, Anda akan merasakan sensasi naik perahu yang berbeda. Sesekali Anda akan merasakan goyangan akibat badan perahu yang terkena bukit karang yang tenggelam.

Dari atas perahu, Anda juga dapat melihat bukit-bukit lebih dekat lagi. Sudah pasti akan sangat menyenangkan.

Apalagi Anda menikmati momen ini dengan camilan Kacang Pukul yang manis gurih. Benar-benar liburan yang sempurna!

Sekedar info, Kacang Pukul adalah jajanan khas Pekanbaru yang terbuat dari kacang tanah yang diolah mirip Enting-Enting.

Jajanan ini banyak dijual di toko oleh-oleh dan memang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru.

Memancing

Anda suka memancing di lokasi pemancingan yang spesial? Di sini tempatnya. Pilih waktu memancing di sore hari. Sebab, menjelang senja, pemandangan di sekitar danau sungguh sangat indah seindah senja di Waduk Selorejo, Malang.

Fasilitas di Ulu Kasok

Seperti wisata bukit dan danau pada umumnya, tempat wisata ini kini telah mempunyai fasilitas umum seperti area parkir yang terletak di bawah bukit.

Fasilitas lainnya yaitu berupa toilet umum yang letaknya juga ada di bawah.

Sejumlah warung makan juga terlihat beroperasi di sini. Letaknya tersebar. Ada yang di bawah dekat dengan area parkir. Ada juga beberapa yang dibangun di lereng dan dekat dengan puncak bukit.

Sebagian besar warung makan ini menjual makanan dan minuman yang praktis seperti mie instan, minuman sachet, dll.

Namun ada satu atau dua warung yang menyediakan makanan khas Pekanbaru yang otentik. Misalnya saja Lontong Paku, Mie Sagu, Mie Lendir, dan Mieso.

Selain fasilitas umum di atas, warga setempat juga menawarkan fasilitas pendukung seperti fasilitas sewa perahu, tikar, dan ojek.

Lokasi & Rute Menuju Ulu Kasok Bangkinang

ulu kasok bangkinang

Anda yang penasaran dan tak sabar untuk liburan di sini, sebaiknya cek lokasinya terlebih dahulu. Alamat lengkap tempat wisata ini ada di Pulau Gadang, Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Dari Kota Pekanbaru, Anda bisa langsung manfaatkan jasa antar-jemput bandara yang telah disediakan oleh Salsa Wisata.

Layanan antar-jemput bandara ini merupakan bagian dari rangkaian paket rental mobil terdekat yang bisa Anda pilih.

Dari bandara atau Kota Pekanbaru ke lokasi, waktu tempuhnya sekitar 2 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 90 KM.

Sebaiknya tetap memilih jalan nasional, bukan jalur pintas. Sebab, jalan nasional yang menghubungkan Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh telah memiliki akses yang cukup baik.

Sesampainya di lokasi, Anda harus naik bukit menuju bukit sejauh 500 meter. Jika Anda tidak sanggup naik bukit, Anda bisa gunakan jasa ojek yang selalu stand by di pangkalan ojek.

Jam Operasional Ulu Kasok

Anda bisa menyaksikan pesona alam di tempat wisata ini di hari apa saja karena tempat wisata ini buka setiap hari, termasuk hari libur. Jam operasionalnya sendiri dimulai dari jam 07.00 sampai jam 18.00 WIB.

Meski kerap disamakan dengan Raja Ampat di Papua, Ulu Kasok tentu memiliki keindahan tersendiri. Selain bentangan alamnya, kuliner khas yang bisa Anda jumpai di sini tentu menjadi ciri khas yang tidak ada duanya.

Dapatkan pengalaman tour yang tak terlupakan di tempat wisata ini bersama kami, Salsa Wisata. Dengan memilih paket liburan yang Anda inginkan di Salsa Wisata, hal-hal yang menyenangkan saat liburan telah menanti.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)