earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jogja sangat terkenal dengan pilihan tempat wisata hits yang komplit. Berbagai objek wisata tersebar hampir di semua kabupaten di Provinsi DIY. Salah satunya adalah Waduk Sermo yang menjadi ikon wisata Kulon Progo.

Waduk ini merupakan sistem irigasi buatan yang dibangun sejak tahun 1996. Bendungan ini memiliki cakupan area seluas 152 Ha. Selain untuk keperluan irigasi, danau buatan ini pun kini menjadi salah satu tempat wisata favorit Jogja kebanggaan warga Kulon Progo.

Sejarah Waduk Sermo Kulon Progo

Berdasarkan sejarah, bendungan ini dibuat pada saat Presiden Soeharto masih memerintah. Proses pembangunannya berlangsung selama 2 tahun 8 bulan dan akhirnya diresmikan pada tanggal 20 November 1996.

Pemerintah saat itu mengeluarkan biaya sekitar 22 miliar untuk proses pembangunannya. Tentu dana sebesar itu sangat fantastis di masa tersebut.

Kini, bendungan dengan kapasitas air 21.9 juta meter kubik menjadi kawasan wisata alam yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa tempat wisata satu ini memiliki pemandangan alam yang elok. Air waduk yang jernih dan tenang, gugusan Bukit Menoreh yang seolah memagari waduk terlihat begitu serasi.

Seperti di Umbul Ponggok, objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai wahana dan spot foto kekinian. Sehingga menjadi destinasi wisata yang pas untuk wisatawan generasi milenial.

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan di sini harus membeli tiket masuk dengan harga tiket yang sangat terjangkau.

Sedang jika Anda ingin berkemah, Anda hanya perlu membayar biaya tiket camping yang nominalnya juga relatif murah. Berikut adalah tabel harga karcis masuk dan camping di kawasan wisata waduk kebanggaan masyarakat Wates ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp5.000,00 (Dewasa)

Rp2.000,00 (Anak)

Camping Rp15.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp3.000,00
Parkir Bus Rp5.000,00
Sewa Perahu Motor Rp30.000,00
Sewa Perahu Gethek Rp6.000,00
Sewa Gardu Pandang Rp10.000,00

HTM ini biasanya akan mengalami kenaikan pada saat akhir pekan atau libur nasional. Meski begitu, nominal kenaikannya tidak signifikan dan jarang terjadi.

Daya Tarik Waduk Sermo

waduk sermo kulon progo jogja

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagai destinasi wisata paling populer di Kulon Progo, memang diakui bahwa waduk ini memiliki banyak daya tarik, terutama panorama alamnya.

Selain itu, ada juga daya tarik lainnya yang turut mendukung keindahan alam yang telah ada. Sebut saja beberapa spot-spot foto, wahana, dan aktivitas seru yang bisa dilakukan selama di sini.

Keindahan Alam

Seperti halnya Ranu Kumbolo, waduk ini memiliki air danau yang jernih dan berarus tenang. Jika dilihat dari kejauhan, air waduk ini terlihat kehijauan.

Di sekelilingnya, tumbuh ratusan pohon berdaun rimbun membuat suasana di sekitar waduk menjadi teduh. Langit cerah nan biru dengan gumpalan-gumpalan awan putihnya semakin menambah keelokan kawasan wisata ini.

Makam Mbah Sermo

Banyak masyarakat setempat yang masih percaya bahwa terdapat makam suci di sekitar kawasan wisata ini. Makam suci tersebut dipercaya sebagai makam leluhur yang bernama Mbah Sermo. Mungkin keberadaan makam inilah yang kemudian menjadi inspirasi penamaan waduk buatan ini.

Camping

camping waduk sermo

Salah satu rekomendasi tempat camping yang ideal adalah area di tepi waduk. Mengapa? Sebab tempat ini menyuguhkan suasana yang tenang sehingga cocok untuk relaksasi diri sembari menikmati keindahan alam.

Pihak pengelola juga telah menyiapkan tempat khusus untuk pengunjung yang ingin berkemah. Di tempat ini, campers boleh mendirikan tenda.

Saat pagi, kabut putih tipis terlihat menyelimuti area atas permukaan air. Terlihat mistis sekaligus indah dan mempesona. Kesegaran udara siap menyambut pagi dan menyapa Anda.

Di waktu tertentu, biasanya tempat ini digunakan untuk acara kemah anak-anak sekolah. Acara kemah Pramuka, misalnya saat akhir pekan.

Bersantai di Gazebo

Terdapat dua jenis bangunan gazebo yang tersedia di tempat wisata ini, yaitu gazebo jamur dan gazebo rumah panggung. Gazebo jamur secara fisik memang memiliki bentuk menyerupai jamur. Tak heran jika sebagian besar pengunjung menyebutnya Rumah Jamur.

Sedang gazebo rumah panggung memiliki ciri khas desain yang sama dengan rumah-rumah panggung pada umumnya. Kedua gazebo ini biasanya menjadi tempat singgah favorit bagi pengunjung luar kota sambil menyantap bekal camilan yang telah mereka beli dari pusat oleh-oleh khas Jogja.

Keliling Waduk

Ada dua pilihan kendaraan untuk mengelilingi area dalam waduk. Pilihan pertama adalah dengan menggunakan perahu motor. Dengan wahana ini, pengunjung dapat menyaksikan langsung kejernihan air waduk.

Pengunjung juga dapat berkeliling di area waduk dengan menggunakan perahu gethek. Jenis perahu ini hanya berupa bambu yang disusun lalu diikat agar menyatu.

Wisatawan hanya perlu mendayung ke arah yang diinginkan. Keseruan ini bisa jadi cara nostalgia yang seru atau menjadi pengalaman baru untuk Anda selama liburan.

Spot Foto Instagramable

spot foto waduk sermo

Bukan hanya Bukit Bintang Jogja saja yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi utama untuk berfoto, di waduk ini juga menawarkan 8 spot foto Instagramable.

Fasilitas di Waduk Sermo

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah toilet. Di sekitar lokasi wisata, berjajar warung makan yang menjual makanan dan minuman yang siap mengisi perut para pengunjung. Harga makanan dan minuman di sini relatif murah.

Menariknya lagi, ada beberapa warung yang menjual makanan khas Jogja lengkap dengan kopi Menoreh asli Kulon Progo. Kawasan ini juga mempunyai area parkir yang luas. Jadi, pengunjung yang datang dengan menggunakan bus pariwisata tidak perlu cemas soal tempat parkir.

Lokasi dan Rute Menuju Waduk Sermo

Wisata danau buatan ini terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Untuk sampai di lokasi, pengunjung dapat mengikuti rute ini, dari Alun-alun Wates, silahkan Anda lanjutkan perjalanan Anda ke arah RSUD Wates. Setelah itu, masih lurus lalu belok kanan. Ketika sudah menempuh jarak 50 meter, Anda harus belok kiri. Setelah lurus saja nanti Anda akan sampai di lokasi tujuan Anda.

Agar perjalanan Anda semakin nyaman, tidak ada salahnya Anda menggunakan layanan rental mobil matic dari Salsa Wisata. Beragam jenis kendaraan bisa Anda sewa sesuai dengan budget dan kebutuhan kapasitas.

Rental Hiace Premio Jogja, misalnya, akan menjadi pilihan terbaik karena selain murah dan nyaman. Kapasitas penumpangnya yang bisa mencapai 15 orang ini memudahkan perjalanan Anda bersama rombongan. Anda beserta rombongan pun bisa melanjutkan agenda wisata ke objek-objek wisata yang ada di Kulon Progo dengan tenang.

Jam Operasional Waduk Sermo

Objek wisata ini buka setiap hari dari jam 07.00 sampai jam 17.00. Namun bagi pengunjung yang ingin camping, ada petugas yang siap melayani 24 jam.

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke sini, pastikan Anda memasukan Waduk Sermo ke dalam list kunjungan wisata Anda pekan ini.

Pastikan juga Anda memilih agen wisata terbaik di Jogja yang siap mengakomodasi acara liburan Anda. Seperti misalnya Salsa Wisata. Selain pilihan paket wisatanya yang super komplit, Anda pun akan mendapatkan kualitas pelayanan eksklusif selama liburan.

Salah satunya paket gathering Jogja yang siap membuat acara Anda bersama rombongan berjalan lancar. Jadi tidak perlu ragu lagi, percayakan liburan Anda bersama kami, Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)