SalSari Resto & Coffee

Pantai di Sumatera Utara memang tidak diragukan lagi keindahannya. Sebut saja Pantai Mutiara dan Pantai Salju. Kedua pantai tersebut memiliki daya tarik dan pesona yang begitu memikat, sehingga wisatawan selalu ingin kembali.

Sama seperti kedua pantai tersebut, ada sebuah wisata bahari lagi yang terletak di Kabupaten Batubara, Sumut. Namanya Wisata Alam Datuk. Tempat ini adalah wisata alam, dalam hal ini pantai. Namun bukan cuma semata-mata alam.

Ada juga sentuhan kekinian khas anak muda untuk bisa mendapatkan hasil foto yang instagramable. Tak heran kalau tempat ini selalu ramai pengunjung, apalagi kaum millennial dan generasi Z.

Sekilas Tentang Wisata Alam Datuk

Wisata Alam Datuk Batu Bara

Daya tarik utama Wisata Alam Datuk adalah laut. Ditambah dengan pasir putih yang terhampar dan hutan mangrove di sekelilingnya, tempat ini memang masih terlihat asri. Bahkan, kalau Anda menjelajah sampai ke dalam hutan mangrove, Anda akan melihat banyak kera yang bergelantungan dan melompat ke sana kemari.

Kera-kera ini ada juga yang bermain-main sampai ke pantai. Tidak perlu khawatir. Semua kera yang ada itu jinak, kok, karena sudah terbiasa melihat manusia. Bisa sekalian Anda foto untuk kenang-kenangan.

Wisata alam ini sendiri luasnya mencapai tiga hektar. Bukan cuma sekadar menikmati pantai, ada juga berbagai fasilitas yang bisa Anda manfaatkan juga, seperti misalnya kolam dengan perahu dayung, kolam renang, dan berbagai spot foto.

Anda juga bisa rekreasi sambil olahraga, lho. Beberapa aktivitas olahraga yang kerap dilakukan oleh pengunjung di wisata alam ini adalah voli, futsal, jogging, dan bahkan senam. Ada sensasi tersendiri saat Anda berolahraga di alam terbuka. Apalagi dengan pemandangan yang begitu memikat.

Berkemah pun bisa, karena ada area khusus yang disediakan untuk glamping di tempat ini. Pihak pengelola menyediakan berbagai tenda yang sudah terlindung di dalam pondok. Jadi, tidak perlu khawatir cuaca buruk. Ada bisa memilih berbagai tipe tenda di sini, ada tipe Magnum sampai Rendezvous.

Fasilitas Wisata Alam Datuk

fasilitas Wisata Alam Datuk Batu Bara

Secara keseluruhan, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang cukup memadai dan lengkap. Beberapa fasilitas umum yang bisa Anda gunakan yaitu tempat parkir, mushola, wahana permainan, spot foto Instagramable, dan toilet.

Terdapat pula warung makan yang menjual aneka menu kuliner khas Medan yang lezat. Setelah itu jangan lupa pulangnya mampir ke rumah souvenir yang menjual berbagai oleh-oleh khas Medan kekinian.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Datuk

Tahukah Anda, dengan begitu banyaknya keseruan dan fasilitas, harga tiket masuk Wisata Alam Datuk ternyata sangat terjangkau? Tidak butuh uang banyak untuk bisa menikmati wisata alam yang satu ini.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp15.000,00
Parkir motor Rp3.000,00
parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Wisata Alam Datuk

rute Wisata Alam Datuk Batu Bara

Wisata Alam Datuk terletak di Kabupaten Batubara, Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Sumatera Utara. Kalau dari kota Medan, Anda harus menempuh jarak sejauh 121 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 2,5 jam.

Anda bisa masuk tol Medan-Kualanamu, lalu ambil jalan ke Tebing Tinggi. Dari kota Medan, masuk ke Jalan Prof. HM. Yamin Sh sampai Jalan letda Sujono, lalu terus ke Jalan tol Belmera. Dari situ, masuk tol

Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Nanti setelah keluar gerbang tol, Anda bisa belok kanan menuju Jalan Lintas Sumatera Medan-Tebing Tinggi. Dari situ, ikut jalan terus sampai masuk ke Jalan Soekarno Hatta, lalu ambil kiri.

Ikuti lagi jalan ini sampai bertemu Jalan Access Road Inalum, kemudian ambil kiri. Sesudah sampai di Desa Lalang, bisa ambil kanan. Tetap di jalan ini sampai tiba di lokasi. Tentu saja, bagi Anda wisatawan, jarak tersebut sangat jauh untuk ditempuh sendirian.

Karena itu, disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil Avanza Medan murah. Anda bisa berangkat dari Medan tanpa harus repot mengingat-ingat rute. Salsa Wisata menyediakan banyak pilihan mobil untuk disewa, lengkap dengan sopir yang sudah berpengalaman.

Daya Tarik Wisata Alam Datuk

Naik Sampan

sampan Wisata Alam Datuk Batu Bara

Selain kolam renang, ada satu lagi kolam yang bisa Anda nikmati. Namun, kolam ini bukan untuk berendam atau main air. Perairan ini khusus bagi Anda yang ingin coba naik sampan. Anda bisa mengeliling danau kecil ini sambil mengayuh perahu kayu tradisional yang disebut sampan.

Kegiatan ini memang kedengarannya sederhana dan kurang menantang. Namun, mengarungi danau sambil mendayung itu memberikan efek ketenangan, lho. Coba Anda rasakan sendiri. Ini adalah cara yang tidak biasa untuk menikmati pemandangan sekitar.

Menikmati Pantai Pasir Putih

Ini adalah daya tarik utama wisata bahari ini. Di tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan indah selat Malaka dari pantainya yang berpasir putih. Tahukah Anda bahwa beberapa orang mengatakan pantai ini adalah pantai terbesar di pulau Sumatera?

Benar atau tidaknya bisa Anda buktikan sendiri di sini. Pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantai benar-benar membius wisatawan. Anda yang membawa anak-anak ke sini pun tidak perlu khawatir.

Anak-anak bisa berlarian bebas di sepanjang pantai ini, karena pasirnya lembut dan bebas batu karang. Anda bisa menggelar tikar dan duduk menikmati kemegahan laut di pinggir pantai. Jangan lupa bawa bekal agar bisa menikmati wisata Anda dengan lebih maksimal.

Menjelajah Hutan Mangrove

hutan mangrove Wisata Alam Datuk

Seperti yang tadi sudah disebutkan sekilas, ada hutan mangrove di pinggir pantai, sama seperti di Pantai Mangrove. Hutan ini dirawat dan dikelola dengan baik oleh warga dan pemerintah setempat, gunanya adalah untuk menarik minat wisatawan.

Kera-kera di hutan ini sangat jinak. Anda bisa memberinya makan berupa kacang atau buah-buahan. Hutan ini sangat teduh, jadi Anda bisa berlindung sejenak dari sengatan matahari di pantai.

Foto-foto di Berbagai Spot Cantik

spot foto Wisata Alam Datuk

Tentu, rasanya tidak lengkap kalau berwisata tanpa foto-foto. Maka itu, pengelola tempat ini sudah menyediakan berbagai spot foto cantik yang bisa Anda jadikan latar belakang. Ada banyak spot, sehingga Anda tidak perlu antri dengan wisatawan lain.

Beberapa di antaranya adalah rumah hobbit, replika rumah adat papua, sangkar burung manusia, kampung indian, jam dinding, sampai spot foto romantis untuk pasangan. Anda harus coba satu per satu.

Berenang

Bukan berenang di pantai, tapi di kolam renang. Wisata alam ini juga menyediakan fasilitas kolam renang yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Tidak seperti kolam renang biasa, tempat ini lebih mirip seperti waterpark mini.

Soalnya, ada wahana seluncur air dan ember raksasa yang biasa Anda lihat di dalam waterpark. Asyiknya, Anda tidak akan dikenai biaya tambahan jika mau menikmati fasilitas kolam renang di sini. Padahal, kolam renang ini bersih dan terawat dengan baik. Malah ada fasilitas toilet dan kamar bilas juga.

Jam Operasional Wisata Alam Datuk

jam buka Wisata Alam Datuk

Kalau dari hari Senin sampai Jumat, Wisata Alam Datuk buka dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB. Sedangkan di akhir pekan, tempat ini buka satu jam lebih awal, yakni dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Kalau Anda ingin berlibur ke Sumatera Utara dan mengeksplor semua pantainya tanpa repot, Anda bisa gunakan jasa Salsa Wisata. Bukan cuma rental mobil saja, kami juga punya banyak pilihan paket wisata yang bisa Anda pilih.

Kami siap mengantarkan Anda ke berbagai destinasi wisata yang sudah kami tentukan, atau yang Anda pilih sendiri. Paket wisata kami sudah termasuk akomodasi dan transportasi, jadi tidak perlu sewa mobil lagi.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (11 votes)