earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

DKI Jakarta patut bangga dengan Taman Mangrove yang ada di Jakarta Utara. Kota Medan juga tak mau kalah. Kini telah hadir sebuah objek wisata baru yang berupa pantai berisi mangrove. Tepat sekali, namanya adalah Pantai Mangrove di Serdang.

Tempat wisata di Medan murah ini menjadi objek wisata hits di Desa Sei Nagalawan, Kabupaten Serdang Bedagai. Nama lengkapnya adalah Pantai Mangrove Kampung Nipah.

Wisata alam ini cocok untuk wisatawan tua-muda dan bahkan anak-anak. Tak hanya rupa alamnya saja yang elok. Tempat wisata ini menjadi sarana edukasi terkait dengan manfaat mangrove dan cara melestarikannya.

Sejarah Pantai Mangrove Medan

Pantai Mangrove merupakan objek wisata pantai sekaligus pusat konservasi hutan bakau di Kabupaten Serdang Bedagai. Sebelum populer seperti sekarang, kawasan pantai ini memiliki cerita sejarah yang cukup panjang.

Sekitar tahun 1980-an, area pantai ini adalah area hunian para nelayan lokal. Seluruh vegetasi di kawasan pantai ini dibabat habis pada masa Orde Baru. Tujuannya adalah untuk kepentingan pembangunan tambak Udang Windu.

Akibatnya, karena tidak ada satu pun pohon bakau yang tumbuh di area pantai, terjadilah abrasi yang terus menggerus area pantai selama hampir dua dekade.

Peristiwa ini pun membawa dampak lanjutan berupa menurunnya jumlah tangkapan hasil laut, terutama kepiting dan udang. Populasi kepiting dan udang kian hari kian menurun karena mereka kehilangan habitat untuk berkembang biak.

Menyadari hal itu, secara swadaya, masyarakat yang menghuni area sekitar pantai lalu menanam bakau di tahun 2005. Area yang menjadi target mereka adalah area di sepanjang pesisir.

Ide ini muncul sejak tahun 2004 dan baru terealisasi satu tahun kemudian. Lalu tahun 2009, mereka mulai memanen upaya baik mereka. Pohon-pohon bakau yang mereka tanam mulai menjadi rumah bagi kepiting dan udang.

Meski tak seluas Kawasan Ekowisata Mangrove PIK, masyarakat pesisir ini mengaku sangat senang dengan perkembangan hutan mangrove yang mereka buat.

Menariknya lagi, pada tahun 2012 lalu, para nelayan berhasil mendirikan sebuah koperasi mandiri yang dinamai Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai.

Mereka juga aktif mengembangkan wisata edukasi mangrove. Tempat wisata edukasi ini mereka namai Kampung Nipah yang kini jadi tempat wisata terdekat objek wisata pantai ini.

Daya Tarik Pantai Mangrove Medan

Wisata Pantai Mangrove Medan

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tentu pantai ini mempunyai daya tarik yang siap memikat hati para wisatawan. Daya tarik tersebut adalah wisata edukasi, wisata kuliner, dan Kampung Nipah.

Wisata Edukasi

Salah satu daya tarik yang paling diincar oleh sebagian besar wisatawan adalah wisata edukasi seputar tanaman bakau. Dengan mengunjungi hutan bakau yang ada di pantai ini, wisatawan akan mendapatkan informasi tentang fungsi dan manfaat tanaman bakau.

Selain itu, wisatawan akan mendapat kesempatan untuk menanam bibit tanaman bakau dengan didampingi oleh pihak pengelola. Yang lebih asik lagi, wisatawan akan menyaksikan secara langsung proses pembuatan dan pengolahan makanan yang berbahan tanaman bakau.

Wisata Kuliner

Wisatawan juga bisa berburu beragam hidangan seafood segar dengan puas. Semua olahan seafood di sini benar-benar segar karena berasal dari tangkapan nelayan lokal.

Sebagai pelengkap, tersedia aneka tumis sayur segar dan juga makanan khas Medan yang cocok disantap bersama dengan seafood. Jangan lupa untuk sekali-kali mencicipi hidangan atau jajanan yang terbuat dari tanaman bakau.

Ada cukup banyak varian produk olahan makanan dan minuman yang terbuat dari tanaman bakau. Contoh: Teh Jeruju, Keripik Nipah, sirup, dodol, dan masih banyak contoh produk lainnya.

Produk-produk ini dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu mulai Rp10.000,00. Anda pun dapat membeli produk-produk ini untuk Anda bawa pulang dan Anda jadikan oleh-oleh khas Medan kekinian.

Pantai yang Eksotis

Area pantai yang dulu pora-poranda, kini bertransformasi menjadi area pantai yang bersih, indah, dan eksotis. Pesona keindahannya seolah hampir menyamai keindahan tempat wisata terdekat, Pantai Cermin.

Pasir pantainya putih dan bertekstur lembut. Tekstur pasir semacam ini sangat nyaman untuk kaki yang berjalan tanpa alas. Di seluruh area pantai, terdapat pohon-pohon cemara yang membuat kawasan pantai ini terasa teduh dan tampak rindang.

Anda pun tak perlu cemas akan kepanasan. Sebab di area pantai, terlihat ada beberapa pondok berhiaskan tirai pink-putih yang menambah keindahan pantai ini.

Fasilitas di Kawasan Wisata Pantai Mangrove Medan

Fasilitas di Pantai Mangrove Medan

Tak kalah lengkap dengan tempat-tempat wisata hits Medan, tempat cantik di Medan yang satu ini juga mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap.

Fasilitas homestay untuk wisatawan yang berencana untuk bermalam di sekitar pantai. Homestay ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti toilet dan fasilitas dasar lainnya.

Fasilitas lain yang ada di objek wisata pantai hutan bakau Medan ini yaitu mushola yang disediakan khusus untuk pengunjung yang hendak sholat.

Warung wisata sudah pasti ada di sini. Seringnya tempat ini menjadi spot favorit wisatawan yang ingin mengobati rasa lapar dan haus mereka dengan mendatangi pusat wisata kuliner Medan terdekat ini.

Area parkir tersedia di dekat pintu masuk utama. Lahan di fasilitas area parkir ini cukup luas. Buktinya bisa untuk menampung banyak mobil, motor, dan juga kendaraan jenis minibus.

Harga Tiket Masuk Pantai Mangrove Medan

Objek wisata pantai di Serdang ini bukanlah objek wisata yang mahal. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau. Tarif retribusi parkir kendaraannya juga relatif standar dan murah.

Berikut kami sampaikan info HTM dan biaya parkir terbaru di objek wisata pantai ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00
Parkir Kendaraan Rp10.000,00 (Motor)

Rp15.000,00 (Mobil)

Tarif ini berlaku setiap hari. Tidak ada perbedaan tarif saat libur akhir pekan atau musim liburan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Mangrove Medan

Lokasi Pantai Mangrove Medan

Wisata pantai eksotis berpasir putih ini berada di kawasan Kampung Nipah, Desa Sei Nagalawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Dari Medan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam saja melalui jalur Jalan Lintas Medan-Pematangsiantar.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah Sei Buluh dan Jalan Besar Pantai Kelang. Sekitar 8 KM ke depan, Anda akan sampai di lokasi pantai tujuan Anda.

Kami sampaikan bahwa tidak ada transportasi umum yang melewati rute di atas. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa manfaatkan layanan rental mobil di Salsa Wisata.

Kami sediakan banyak pilihan tipe kendaraan. Salah satu yang paling favorit dan laris manis adalah paket sewa mobil Elf di Medan plus sopir.

Jam Operasional Pantai Mangrove

Kampung Nipah dan wisata pantai ini beroperasi selama 24 jam. Wisatawan boleh datang dan memulai aktivitas liburan mereka kapan saja mereka mau. Namun ada waktu terbaik untuk liburan di pantai cantik ini, yakni saat hari kerja di pagi atau sore hari.

Nikmati liburan Anda kali ini secara spesial hanya dengan reservasi layanan paket tour Medan murah dari Salsa Wisata Travel Organizer. Dengan join menjadi peserta paket tour kami, Anda akan merasakan momen liburan yang mudah, murah, dan memuaskan dari segi kualitas pelayanan.

Ayo jangan tunggu waktu lama lagi, reservasi sekarang juga dan bersiaplah menyambut hari liburan Anda di Pantai Mangrove Serdang Bedagai ini.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)