SalSari Resto & Coffee

Anda, Ingin liburan ke daerah pedesaan yang aman, damai, tenteram? Anda bisa mengunjungi Wisata Alam Gosari. Tempat wisata alam hits Gresik ini akan memberikan Anda pengalaman berlibur di tengah pedesaan yang indah dan tenang.

Sangat cocok untuk bertetirah dan menjauh sejenak dari keramaian kota. Di sini, Anda bisa menjelajahi taman bunga dan bukit kapur, serta menikmati kuliner khas daerah Gresik sambil berburu foto yang instagramable. Tidak perlu terburu-buru pulang sebab di sini juga terdapat penginapan dan homestay.

Sebelum itu, ada baiknya bila Anda menyimak ulasan kami berikut ini!

Sejarah Singkat Wisata Alam Gosari

Wisata alam Gosari Gresik

Wisata Alam Gosari, atau yang biasa dikenal masyarakat setempat sebagai Wagos, merupakan tempat wisata bernuansa pedesaan. Dengan kerjasama BUMDes dan para pemuda desa, wisata alam ini dibangun di atas lahan seluas 1.500 meter persegi.

Pihak pengelola mengaku merasa terinspirasi dengan kehidupan pedesaan yang sederhana namun sangat indah. Selain itu, pedesaan di daerah Wagos ini terkenal dengan nilai-nilai kebudayaannya yang kental. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan daya tarik wisatawan.

Di dekat lokasi Wagos terdapat Bukit Kapur Banyuurip Gresik yang dulu merupakan lokasi pertambangan. Kemudian, ada pula Goa Butulan yang memiliki prasasti dari zaman Majapahit. Jika Anda berkunjung ke Wagos, jangan lupa untuk melihat dua situs bersejarah itu juga ya!

Jam Operasional Wisata Alam Gosari

Jam Operasional Pukul
Senin  – Minggu 07.30 – 17.00 WIB

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Gosari

Lokasi Wisata Alam Gosari ini terletak di Jl. PUK. Gosari Gg. 8 RT 01/RW 06, Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Dari pusat kota Gresik hanya sekitar 1 jam 20 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Dari sana, Anda hanya perlu mengikuti peta menyusuri Jl. Dandeles. Sementara dari Surabaya, Anda bisa memanfaatkan rental mobil Innova Zenix Surabaya murah di agen terpercaya seperti Salsa Wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Gosari

fasilitas Wisata alam Gosari Gresik

Berikut ini informasi harga tiket masuk terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Dewasa Rp10.000,00
Tiket Masuk Anak-anak Rp5.000,00
Wahana permainan Rp10.000,00 – Rp20.000,00
Kuda Tunggang Rp20.000,00 – Rp30.000,00
Homestay Mulai dari Rp150.000,00 / malam

Daya Tarik Wisata Alam Gosari

bola air Wisata alam Gosari Gresik

Keindahan alam pedesaan memang paling cocok untuk melepas penat. Tapi, Anda tidak hanya akan menikmati pemandangan saja. Ada banyak kegiatan mengasyikkan dan seru yang bisa Anda lakukan di Wagos.

Berpose di Taman Cakra Dewi

Ketika Anda tiba di lokasi, Anda akan langsung memasuki area Taman Cakra Dewi. Taman ini merupakan taman bunga yang sangat luas. Tapi, bukan hanya ada bunga berwarna-warni saja, melainkan ada pula ornamen-ornamen yang indah dan pastinya instagramable.

Ada terowongan berbentuk hati dan berwarna-warni yang selalu dijadikan spot foto oleh para wisatawan. Terowongan ini diperindah dengan bunga-bunga rambat yang berwarna-warni pula.

Kemudian, ada pula rumah-rumah kecil bergaya Eropa yang juga menjadi spot foto favorit para wisatawan.

Tak lupa sebuah ayunan di atas kolam buatan berukuran kecil yang cocok dijadikan spot foto Anda bersama orang terkasih!

Bermain di Aloen-aloen Dolanan Wagos

Setelah puas berfoto di Taman Cakra Dewi, Anda bisa bermain di Aloen-aloen Dolanan Wagos. Di sini terdapat berbagai macam wahana yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Ada kuda tunggang, perahu, perahu angsa, mini car, mini trail dan masih banyak lagi. Untuk bisa menikmati wahana-wahana ini, Anda harus membayar biaya tambahan.

Kirab Budaya Gosari

Setiap setahun sekali, di daerah Gosari ini diadakan Kirab Budaya yang bertujuan untuk melestarikan budaya asli desa.

Rangkaian kegiatan Kirab Budaya ini diawali dengan bersih sendang (ruwat patirtaan), lalu arak-arakan binatang ternak untuk dimandikan (ruwat rojokoyo) dengan air dari Sendang Bidadari.

Setelah rangkaian kegiatan Kirab Budaya selesai, Anda bisa menikmati bermacam-macam jajanan tradisional khas Jawa Timur enak. Tepatnya khas daerah Gresik Utara, seperti ketan dan legen.

Pertunjukan Kebudayaan

Selain kegiatan Kirab Budaya, ada pula beberapa pertunjukan budaya yang bisa Anda saksikan di lokasi tempat Wisata Alam Gosari.

Yang pertama, ada pertunjukan Pencak Silat Naga Wulung. Pencak silat ini merupakan salah satu warisan budaya Desa Gosari yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Pencak silat ini bukan hanya berupa ilmu fisik saja, tetapi juga ilmu kanuragan pengobatan dan kebatinan. Salah satu keunikan dari pertunjukan budaya ini yaitu permainan yang memadukan atraksi fisik dan tenaga dalam.

Pertunjukan biasanya akan diawali dengan peragaan gerakan dasar silat (kembangan), kemudian dilanjutkan dengan pertarungan tangan kosong dan pertarungan dengan senjata, dan akhirnya ditutup dengan atraksi macanan.

Yang kedua, pertunjukan budaya yang bisa Anda saksikan di sini yaitu Tari Gerabah. Tari ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat Desa Gosari pada zaman Majapahit dulu hingga sekarang.

Kedua pertunjukan budaya ini bisa Anda nikmati selama 2 kali dalam sebulan. Namun, sebelum itu, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Menikmati Ragam Kuliner Khas Gresik

Tidak perlu menunggu Kirab Budaya Gosari untuk menikmati kuliner khas Gresik. Karena, di lokasi tempat wisata hits di Jawa Timur ini tersedia restoran dan kafe unik yang menyajikan hidangan khas tersebut.

Ada Bamboe Cafe & Resto yang mengusung konsep dan tema Bali. Jika Anda makan di sini, maka Anda dapat sekaligus menikmati pemandangan pedesaan yang indah dan asri.

Fasilitas di Wisata Alam Gosari

pusat kebugaran Wisata alam Gosari Gresik

Secara keseluruhan, fasilitas yang ada di Wagos sudah cukup lengkap dan memadai. Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Kafetaria
  • Restoran
  • Ruang pertemuan
  • Outbound area
  • Kios souvenir
  • Tempat olahraga
  • Wahana permainan
  • Spot foto Instagramable
  • Homestay

Pulangnya, jangan lupa untuk mampir ke kios souvenir. Ada banyak oleh-oleh khas Jawa Timur tahan lama yang bisa Anda bawa pulang untuk diberikan kepada saudara di rumah.

Jadi, manfaatkan biro travel berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk mengantar ke tempat wisata terkenal Gresik, termasuk ke Wisata Alam Gosari ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)