earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Wisata gunung Bali yang sangat terkenal selain Gunung Agung adalah Gunung Batur. Tempat wisata ini menjadi primadona bagi kalangan pecinta gunung di Indonesia lantaran menyajikan alam yang menawan.

Banyak pendaki dari penjuru Nusantara yang menjadikan tempat wisata ini sebagai tujuan untuk berpetualang di alam yang terkenal sakral.

Status pemula bukan menjadi penghalang untuk mendaki dan sampai di puncak gunung ini. Karena tak harus menjadi pendaki pro untuk dapat sampai di puncak gunung ini.

Nah, bagi yang belum pernah mendaki gunung ini, berikut akan kami informasikan sedikit tentang objek wisata gunung ini.

Sekilas Tentang Gunung Batur

 

Gunung yang juga menjadi tempat wisata Bali terkenal ini termasuk gunung berapi yang masih aktif di Provinsi Bali. Terbukti dari kawahnya yang masih mengepulkan asap dan mengeluarkan aroma khas belerang.

Terletak di Kintamani, gunung api menjulang tinggi di 1.717 mdpl ini memiliki kondisi topografi yang unik.

Di salah satu sisinya, terlihat ada sebuah kaldera luas dengan panjang 13.8 KM dan lebar 10 KM. Area kaldera ini tergolong dalam kategori besar.

Bahkan bisa dibilang kaldera di gunung ini adalah salah satu kaldera terbesar selain kaldera milik Gunung Bromo.

Pada salah satu tepi kaldera, tepatnya di Desa Penelokan, terdapat kawasan yang begitu terkenal sebagai destinasi wisata. Kintamani Bangli namanya.

Di spot wisata inilah sebagian besar wisatawan dapat menikmati panorama dua gunung api Bali sekaligus, yaitu Gunung Agung dan gunung ini.

Kaldera ini memiliki puncak tertinggi yang bernama Puncak Abang. Puncak ini membentang mengelilingi area danau, hingga gunung Abang.

Puncak Gunung Abang sendiri memiliki ketinggian jauh di atas Puncak Batur. Ketinggiannya mencapai sekitar 2.152 mdpl.

Dengan ketinggian ini, Gunung Abang juga sering menjadi target pendakian oleh sejumlah pendaki yang kebetulan sedang jelajah alam di Kintamani.

Daya Tarik Gunung Batur

Daya Tarik Gunung Batur

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagai destinasi liburan favorit, tempat wisata ini tentu menyimpan banyak daya tarik. Para wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di sini.

Berikut rekomendasi aktivitas yang mungkin ingin Anda coba saat sampai di lokasi wisata ini:

Berkunjung ke Danau Batur

Ada sebuah danau yang sangat terkenal di Bali. Danau Batur namanya. Danau ini terbentuk secara alami sebagai salah satu efek letusan maha dahsyat dari gunung ini.

Yang membuat danau ini terlihat unik adalah bentuknya yang menyerupai bulan sabit. Danau ini juga menjadi danau terluas sama seperti Danau Segara Anak di Lombok.

Saking luasnya, Anda harus menggunakan perahu untuk menjelajahi perairan danau.

Yang membuat para wisatawan takjub ketika sedang berada di sekitar kawasan wisata danau ini adalah pemandangan danau yang sungguh eksotis.

Airnya yang tenang mampu memantulkan pemandangan gunung yang ada di sekitarnya. Air pada danau ini juga dapat berubah warna, menyesuaikan kadar belerang di dasar danau. Kadang berwarna biru dan kadang berwarna hijau kekuningan.

Menikmati Keindahan Kaldera yang Unik

Kawasan kaldera di gunung api juga terbilang unik. Kaldera hitam yang cantik ini terbentuk sejak 29 abad yang lalu.

Area kaldera ini tampak sangat memukau. Apalagi dengan penampakan lanskap bukit, gunung, dan danau yang ada di dalamnya.

Jelajah Wisata Kawasan Geopark

Berkat keunikan nilai sejarah, gunung ini secara resmi didapuk sebagai geopark pertama di Indonesia sejak tahun 2012 lalu.

Selain pertimbangan nilai sejarah, alasan lain mengapa kawasan gunung ini layak menjadi sebuah geopark adalah berkat nilai budaya dan ekologi.

Dengan sejumlah pertimbangan ini, wisatawan tak sekedar dapat menikmati panorama gunung saja. Mereka juga akan mendapat sesuatu yang lain yang dapat menambah pengalaman dan wawasan seputar kegunungapian.

Kulineran

Siapa yang tak senang dengan kulineran sambil memandangi panorama gunung dan danau yang sangat cantik. Hampir semua wisatawan pasti menyukainya. Anda pun bisa berwisata kuliner di sekitar gunung ini.

Ada banyak referensi tempat makan dengan sajian makanan khas Bali yang terkenal enak. Nikmati wisata kuliner bersama keluarga tercinta di beberapa titik terdekat gunung.

Misal saja kulineran di Desa Penelokan yang terkenal sebagai pusat wisata kuliner terbesar di Kintamani.

Trekking atau Hiking Sambil Hunting Foto Estetik

Satu lagi kegiatan asik yang wajib Anda lakukan ketika sedang liburan di sini adalah trekking atau hiking. Trekking bisa Anda mulai dari Desa Penelokan dengan menggunakan mobil.

Tapi selama sedang melakukan trekking, Anda tetap harus waspada karena jalur trekking khusus kendaraan cukup berliku. Benar-benar khas trek dataran tinggi.

Nah, untuk hiking, sebaiknya Anda mulai mendaki dari pagi hari agar siang harinya bisa tiba di puncak.

Dari puncak,  Anda akan dibuat takjub dengan lukisan alam yang  sangat luar biasa indah. Jangan lupa abadikan ciptaan Tuhan ini dengan kamera Anda.

Belanja Oleh-Oleh di Pasar Tradisional

Aktivitas yang tak boleh ketinggalan saat sedang liburan di sini adalah belanja oleh-oleh khas Bali yang tahan lama. Anda bisa membeli souvenir atau jajanan kering khas Kintamani di sebuah pasar tradisional di tempat wisata ini.

Fasilitas di Gunung Batur

Danau Batur

Sebagai tempat pendakian favorit selain Gunung Agung, tempat ini telah memiliki deretan fasilitas guna membuat pengunjung nyaman. Area parkir, misalnya, cukup luas untuk menampung kendaraan milik wisatawan.

Tempat parkir di sini dapat menampung banyak kendaraan, termasuk unit bus besar dan juga mobil serta sepeda motor.

Fasilitas lainnya adalah warung makan atau restoran. Sebagian besar restoran di sini ‘menjual’ view gunung dan Danau Batur sebagai  atraksi wisata. Rata-rata restoran di sini juga membanderol harga tiap menunya dengan harga yang relatif terjangkau.

Sementara itu, untuk fasilitas tempat peristirahatan, ada sejumlah tempat penginapan yang nyaman dan pastinya menawarkan tarif yang cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Batur

Untuk biaya pembelian tiket masuk wisata gunung ini, tiap wisatawan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Namun jika Anda tertarik untuk mendaki bersama seorang guide profesional, biaya yang harus Anda keluarkan tentu akan lebih mahal.

Anda juga bisa lanjut berjelajah ke tempat lainnya yang masih satu kawasan dengan gunung ini. Tapi dengan catatan, Anda harus menyiapkan tambahan biaya untuk perjalanan terusan ini.

Misal ingin lanjut ke kawasan makam di Desa Trunyan, Anda wajib menyewa perahu dengan budget yang tak murah. Belum lagi untuk tiket masuk ke Desa Trunyan yang juga terkenal dengan wisatanya.

Informasi detail seputar harga tiket bisa Anda lihat di tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Turis Domestik Rp15.000,00/ orang
Tiket Masuk Turis Asing Rp30.000,00/ orang
Pendakian Rp75.000,00/ orang
Pendakian + Guide Rp300.000,00 – Rp550.000,00

Tarif tiket di atas adalah tarif normal. Saat high season atau libur akhir pekan, umumnya tarif tiket masuk akan naik, namun kenaikannya tidaklah besar.

Lokasi & Rute Menuju Gunung Batur

Lokasi Gunung Batur

Untuk tiba di tempat pendakian ini, Anda harus menuju ke alamat Desa Batur Selatan, Kintamani, Bangli, Bali. Ada cukup banyak pilihan rute untuk sampai ke lokasi tersebut.

Salah satunya bila Anda berangkat dari arah kota Denpasar. Titik mula perjalanan bisa Anda mulai dari Kota Denpasar lalu lanjut ke Ubud hingga ke Jalan Raya Payangan.

Sesampainya di jalan Raya Payangan, lanjutkan perjalanan Anda menuju ke kawasan Kintamani.

Perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam ini tentu akan lebih mudah dan nyaman apabila Anda menggunakan jasa rental mobil murah atau bus dari Salsa Wisata.

Tersedia sejumlah paket rental yang pas untuk keperluan perjalanan wisata Anda di Bali. Salah satu pilihan rental terbaik yang bisa Anda coba adalah paket rental mobil Fortuner VRZ Bali plus sopir yang harganya cukup terjangkau.

Jam Operasional Gunung Batur

Wisata gunung dengan atraksi wisata Danau Batur ini beroperasi setiap hari, termasuk hari libur nasional dengan jam operasional full 24 jam. Meski buka selama 24 jam, Anda harus mengetahui waktu terbaik untuk memulai kunjungan wisata ke sini.

Karena lokasi wisata ini berupa alam pegunungan, sebaiknya Anda memilih waktu liburan saat cuaca sedang cerah. Saat musim kemarau, misalnya.

Untuk pengalaman liburan yang lebih berkesan, gunakan saja layanan dari biro perjalanan terbaik yang ada seperti Salsa Wisata. Paket tour Bali yang tersedia akan sangat memudahkan perjalanan liburan Anda.

Dengan begitu Anda dapat menikmati kunjungan Anda di Bali tanpa repot. Sebab semua telah tersedia dan terlayani, tak hanya transportasi namun hingga akomodasi dan lainnya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)