SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gunung Gumitir merupakan salah satu gunung wisata yang ada di perbatasan antara Jember dan Banyuwangi. Hal yang terkenal dari area gunung ini adalah kontur serta kondisi jalan penghubung dua kabupaten tersebut.

Jalur kendaraan yang berliku, pepohonan besar di kanan dan kiri, hutan yang lebat hingga kisah mistisnya sangat kental sekali jadi ciri khas jalan ini. Semua hal tersebut adalah gambaran yang bisa Anda dapatkan dan rasakan ketika melewati jalur ini.

Sekilas Tentang Wisata Gunung Gumitir

Jalur Gumitir memiliki alas atau hutang yang sangat lebat. Semua jenis kendaraan sering melewatinya dari arah Jember dan Banyuwangi. Jalannya halus, udara sejuk karena berada di ketinggian dan panorama mempesona.

Di jalur Gunung Gumitir Banyuwangi juga ada rest area yang menjadi salah satu destinasi wisata hits di Banyuwangi. Lokasi wisata ini menawarkan berbagai kegiatan seru.

Setiap hari apalagi di akhir pekan, banyak wisatawan bersama keluarganya berkunjung ke destinasi wisata tersebut. Secara keseluruhan, gunung ini memang memiliki daya tarik untuk wisatawan, termasuk cerita mistisnya.

Daya Tarik Wisata Gunung Gumitir

Daya Tarik Wisata Gunung Gumitir

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Kawasan gunung, terutama jalur penghubung ini memiliki daya tarik wisata yang menarik untuk wisatawan kunjungi. Daya tarik ini meliputi cerita mistis hingga wisata seru untuk keluarga.

Asal Mula Kisah Mistis Jalur Gumitir

Kisah mistis ini tidak bisa lepas dari sejarah pembuatan jalur yang terjadi di jaman penjajahan Belanda. Mulanya, ini adalah kawasan gunung yang penuh hutan lebat, tanpa jalan.

Belanda saat itu berpikir untuk menyalurkan hasil perdagangan dari dua kabupaten dengan lebih cepat. Akhirnya, mereka memutuskan untuk membabat hutan dan membuat jalan penghubung dua kota.

Singkat cerita, selama proses pembuatan jalan tersebut banyak pekerja yang meninggal akibat kelaparan dan kesakitan. Lebih mengerikan lagi, pihak Belanda tidak memakamkan jenazah pekerja tersebut secara layak.

Inilah awal dari munculnya berbagai cerita mistis di jalur Gunung Gumitir Banyuwangi. Banyak yang percaya bahwa arwah atau roh-roh pekerja ini sering mengganggu manusia yang melewati jalur tersebut.

Misteri Patung Penari Gandrung

Patung Penari Gandrung ini merupakan salah satu ikon wisata di jalur ini. Tari Gandrung sendiri adalah tari tradisional khas Banyuwangi. Tarian ini adalah perwujudan rasa syukur setelah panen raya.

Patung ini sering menjadi spot foto wisatawan atau traveler yang sengaja mampir untuk mengabadikan momen. Tapi, tidak hanya itu, kisah mistisnya juga membuat wisatawan penasaran ingin melihatnya.

Salah satu ceritanya adalah tangan patung bisa bergerak. Entah benar atau tidak, jika Anda lihat sendiri patung tersebut memang seperti hidup. Terlepas dari itu semua, patung ini tetap sangat menarik dan wajar jika menjadi ikon wisata.

Rehat dan Wisata di Rest Area dan Cafe Gumitir

Di jalur Gunung Gumitir ini ada rest area yang sering menjadi tempat istirahat pengendara dan wisatawan. Tapi, menariknya ini bukan rest area biasa melainkan telah berubah menjadi destinasi wisata.

Ada beberapa wahana yang dapat wisatawan manfaatkan untuk istirahat sambil seru-seruan. Beberapa di antaranya ada flying fox dan permainan outbound yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Ada juga sewa ATV, berkeliling menggunakan Jeep ke kebun kopi dan pabrik hingga ke terowongan kereta peninggalan Belanda. Dengan permainan yang ada, momen rehat Anda di tempat ini pasti jadi lebih menyenangkan.

Apalagi view dari rest area ini juga sangat indah karena berada di ketinggian. Setiap hari, tempat ini selalu ramai apalagi di akhir pekan karena banyak wisatawan.

Nikmati View Alas Gumitir Senja dari Kursi Raksasa

Kursi Raksasa di Kawasan Wisata Gunung Gumitir

Daya tarik berikutnya dari wisata Gunung Gumitir adalah adanya kursi raksasa. Ini lebih tepatnya seperti gardu pandang, tapi bentuknya menyerupai sebuah kursi kayu raksasa karena ukuranya sangat besar.

Bahan dari kursi ini adalah kayu segawe dari afdeling Tanah Manis PTPN XII. Ukurannya 3×3 meter dengan tinggi alas sekitar 2,5 meter, sedangkan tinggi 5,3 meter. Di sampingnya ada tangga untuk naik ke atas.

Kursi ini bisa untuk beberapa orang, dan dari atas bisa melihat keindahan alas atau hutan Gumitir. Jika kondisi cerah, Anda pun bisa menyaksikan keindahan senja atau sunset sambil menikmati secangkir kopi.

Berkeliling dengan Jeep

Untuk berkeliling area kebun kopi, wisatawan bisa menggunakan kuda, kereta kelinci atau Jeep. Jika menggunakan Jeep, maka ada beberapa lokasi yang menjadi tujuan seperti kebun kopi dan terowongan kereta api.

Di sepanjang perjalanan wisata dengan Jeep di Gunung Gumitir ini wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam. Sesekali Anda juga bisa melihat warga yang sedang memetik kopi dan merawatnya.

Setekag melewati kebun kopi, Anda akan mampir di pabrik lama milik Belanda yang cukup bersejarah. Selanjutnya, perjalanan akan mengarah ke terowongan kereta api. Untuk yang satu ini, cukup dengan berjalan kaki.

Wisatawan hanya bisa melihat dan jika beruntung menyaksikan kereta api yang melintasi terowongan. Pengunjung tidak boleh masuk ke area terowongan karena masih aktif sebagai jalur kereta api.

Naik Kereta Wisata

Di lokasi wisata ini, ada dua terowongan yakni Terowongan Garahan sepanjang 113 meter, dibangun Belanda pada 1902. Kedua ada Terowongan Mrawan sepanjang 690 meter yang dibangun pada 1910.

Terowongan Mrawan merupakan yang terowongan kereta api paling panjang di Indonesia. Terowongan menembus pegunungan Gumitir yang membentang antara Jember dan Banyuwangi.

Jika ingin tetap menyaksikan terowongan, maka satu-satunya cara adalah dengan menaiki kereta wisata. Kereta ini yang menyediakan adalah PT KAI, sehingga harus datang ke stasiun Kalibaru Banyuwangi.

Gerbong lori ini hanya bisa menampung 12 orang. Sehingga pastikan untuk datang di waktu yang pas agar tidak tertinggal. Pembelian tiket juga langsung di stasiun.

Wisata Kuliner

Di rest area dan cafe ini bisa menjadi destinasi wisata kuliner Banywangi. Ada berbagai menu makanan dan minuman yang bisa Anda pesan. Di antaranya ada ayam goreng laos, nasi goreng, bebek goreng, mi goreng dan banyak lagi.

Untuk minumnya ada kopi luwak, kopi lanang dan teh rolas yang khas. Memang sangat nikmat bisa menikmati makanan khas Jawa Timur dari lokasi ini, karena berada di ketinggian dengan udara sejuk dan segar.

Fasilitas di Kawasan Wisata Gunung Gumitir

Tiket Masuk Wisata Gunung Gumitir

Objek wisata Gunung Gumitir ini memiliki fasilitas yang lengkap. Ini bisa Anda lihat dari area parkir yang sangat luas karena memang ini adalah rest area. Ada mushola, tempat duduk, toilet, cafe dan banyak lagi.

Untuk wahananya ada kuda, ATV, flying fox, outbound, kereta kelinci, Jeep dan lainnya. Jika berada di sini, pastikan untuk ajak keluarga juga menikmatinya, termasuk keliling kebun dengan Jeep.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Gumitir

Tiket masuk Gunung Gumitir ini gratis, tidak ada biaya bahkan pakir pun gratis. Anda hanya perlu membayar pemandu atau saat naik Jeep, kuda, kereta kelinci dan lori wisata ke terowongan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Wisata Jeep Rp25.000 per orang

Sebelum pulang, Anda juga bisa membeli lebih banyak oleh-oleh khas Jawa Timur menarik yang ada di sekitar lokasi. Dengan begitu, liburan di Banyuwangi akan jadi lebih berkesan dan menyenangkan.

Rute Menuju Lokasi Wisata Gunung Gumitir

Lokasi Wisata Gunung Gumitir

Lokasi Gunung Gumitir berada di Dusun Barurejo, Kalibaru Manis, Kalibaru, Banyuwangi atau di Jl. Raya Jember-Banyuwangi. Tempatnya mudah untuk Anda temukan karena berada di jalan utama.

Tapi lebih mudah lagi jika Anda mengunjungi kawasan wisata Gunung Gumitir ini dengan layanan rental mobil hiace Banyuwangi. Sebab Anda bisa langsung duduk santai tanpa harus berkendara sendiri untuk bisa tiba ke lokasi.

Jam Buka Wisata Gunung Gumitir

Gunung Gumitir buka setiap hari selama 24 jam. Hanya saja, jika ingin menikmati objek wisatanya, sebaiknya datang di pagi, siang atau sore hari. Sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan alam dan wahananya.

Jika berniat ke Banyuwangi untuk menjelajahi wisatanya termasuk ke Gunung Gumitir, manfaatkan layanan dari Salsa Wisata. Ada pilihan paket gathering Banyuwangi dengan harga terjangkau yang cocok untuk liburan Anda bersama romobongan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Banyuwangi, Destinasi

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)