earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gunung ini dikenal sebagai gunung berapi paling tinggi di Indonesia. Tepat sekali. Gunung ini adalah Gunung Kerinci yang menyimpan keindahan alam sekaligus potensi wisata terbesar di Sumatera.

Bagi para pendaki, wisata Gunung Kerinci  ini merupakan salah satu spot pendakian favorit. Sebab, gunung ini menawarkan banyak tantangan selama pendakian. Kondisi alam yang masih relatif liar dan penuh dengan misteri adalah sebagian kecil saja.

Namun dibalik itu semua, Kerinci menyuguhkan keindahan yang tak bisa Anda jumpai di tempat lain.

Seolah tantangan berat yang telah dijalani telah dibayar tuntas dengan sejuta pesona di dalamnya. Bagi pecinta alam, ini yang mereka namakan surga dunia.

Gunung ini rupanya juga menawarkan sejumlah tempat wisata Padang menarik yang sebagian besar terletak di kaki dan lereng gunung.

Sebut saja ada danau alami, rawa, pemandian air panas, taman nasional, bukit, dan kebun teh.

Sekilas Tentang Gunung Kerinci

Gunung tertinggi di Indonesia ini, secara geografis, terletak diantara dua provinsi, yaitu Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat.

Selain terkenal dengan nama Kerinci, masyarakat setempat juga sering menamainya Gunung Gadang dan beberapa nama lainnya seperti Berapi Kurinci dan Korinci.

Gunung ini juga menjadi tanda batas antara kawasan permukiman Suku Minangkabau dan Suku Kerinci. Penandanya berupa hutan lebat yang juga menjadi habitat Harimau Sumatera.

Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl dengan puncak yang diberi nama Puncak Indrapura. Sama seperti gunung berapi pada umumnya, Kerinci juga mempunyai sebuah kawah seluas 400 x 120 meter.

Kawahnya berisi air yang bercampur dengan belerang dan berwarna hijau kebiruan menyerupai air kawah di Kawah Ijen.

Geser sedikit ke sisi Timur kawah, terdapat Danau Bento yang tak lain adalah sebuah rawa berair jernih paling tinggi di Pulau Sumatera.

Secara tipe, Kerinci masuk dalam daftar kategori gunung berapi tipe stratovolcano. Gunung ini terakhir erupsi pada tahun 2009 lalu.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Gunung Kerinci

Puncak Gunung Kerinci

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Untuk mengakses jalur pendakian di wisata Gunung Kerinci ini, Anda wajib membayar retribusi tiket masuk yang harganya terbilang murah. Anda juga wajib mengisi SIMAKSI sebagai salah satu syarat mendaki di gunung ini.

Berikut kami informasikan tarif tiket masuk terkini untuk Anda yang ingin berkunjung:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Weekday Rp20.000,00
Tiket Masuk – Weekend Rp25.000,00

Tarif di atas tentu tidak sebanding dengan keindahan alam yang akan Anda saksikan ketika sudah sampai di puncak.

Daya Tarik Wisata Gunung Kerinci

Sejarah Gunung Kerinci

Bukan rahasia lagi bahwa setiap gunung menawarkan keindahan alam yang khas dan berbeda dengan gunung-gunung berapi lainnya.

Gunung Merapi, misalnya, terkenal dengan Pasar Bubrah-nya. Kemudian ada Gunung Ijen yang identik dengan kawah cantiknya dan fenomena Blue Fire-nya.

Demikian juga dengan Kerinci yang tak kalah menarik untuk dieksplorasi karena ada begitu banyak daya tarik yang tersimpan. Sebagai gambaran, berikut kami bahas satu per satu secara singkat.

Panorama Alam yang sangat Natural

Tak seperti gunung-gunung di Pulau Jawa, gunung-gunung di Sumatera dan pulau-pulau lainnya relatif jarang dijamah oleh para pendaki.

Salah satu faktor penyebab utamanya adalah medan dan kondisi alam yang masih sangat natural. Begitu juga dengan Kerinci.

Di sepanjang trek pendakian, Anda akan mendapati hutan tropis yang masih sangat lebat.

View-nya sangat asri. Sebagian besar area hutan dipenuhi dengan pohon-pohon besar berdaun rindang. Diperkirakan usia pohon-pohon ini sudah mencapai ratusan tahun.

Hutan ini merupakan habitat flora dan fauna asli Sumatera. Jadi jangan heran jika di tengah perjalanan, Anda berjumpa dengan satwa-satwa liar penghuni hutan.

Sesampainya di puncak, Anda akan melihat panorama alam yang sungguh memukau. Panorama tersebut berupa hamparan hutan yang sangat luas dan terlihat hijau dari kejauhan.

Ada juga pemandangan deretan bukit dengan tinggi dan ukuran yang bervariasi. Dan tentu saja Anda juga akan menyaksikan dari dekat gulungan awan putih tepat di depan Anda.

Sambil menyeruput kopi hangat dan menyantap Dendeng Balado, makanan khas Padang selain Rendang, pemandangan di sekitar puncak akan terlihat sempurna.

Berburu Foto Alam

Selain pengalaman berpetualang, Anda juga dapat mengabadikan setiap momen selama pendakian dengan menggunakan kamera Anda.

Begitu juga saat Anda tiba di puncak. Ada banyak view indah yang tak boleh Anda lewatkan seperti fenomena langka Blue Fire yang ada di Gunung Ijen.

Spot foto menarik juga dapat Anda jumpai di sejumlah destinasi andalan Kerinci. Berikut adalah 8 nama tempat wisata alam yang terdapat di kawasan Kerinci:

  1. Rawa Bento
  2. Goa Kasah
  3. Bukit Khayangan
  4. Kebun Teh Kayu Aro
  5. Pemandian Air Panas Semurup
  6. Danau Kerinci
  7. Danau Kaco
  8. Taman Nasional Kerinci Seblat

Fasilitas di Gunung Kerinci

Wisata alam zaman sekarang ini tak lagi berfasilitas minim. Di Kerinci ini, misalnya, pihak pengelola telah menyiapkan beberapa fasilitas yang memadai dan lengkap.

Di basecamp tertentu, terdapat beberapa pilihan homestay rumah penduduk yang bisa disewa dengan harga murah. Terdapat juga jasa porter dan guide yang siap menemani perjalanan pendakian Anda.
Ada juga layanan antar-jemput dari homestay ke pos pertama pendakian dan sebaliknya.

Bagi pendaki yang membawa kendaraan pribadi, mereka boleh menitipkan kendaraan mereka di area parkir sekitar basecamp. Di sekitar area parkir ini, pendaki juga akan menjumpai warung-warung makan.

Bahkan di Kayu Aro dan Kersik Tuo, ada beberapa hotel lengkap dengan fasilitas-fasilitas pendukungnya. Salah satu fasilitas tersebut adalah sebuah toko oleh-oleh khas Padang asli buatan warga setempat.

Lokasi & Rute Menuju Gunung Kerinci

Kerinci terletak di dua Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat. Jika dari Kota Padang, gunung ini terletak 130 KM jauhnya dari pusat kota.

Sedang jika dari Provinsi Jambi, gunung ini berbatasan langsung dengan Pantai Barat dan Bukit Barisan.

Terdapat beberapa rute menuju ke Kerinci. Jika bertolak dari Kota Padang, Anda bisa langsung menuju ke Sungai Penuh lalu menuju Kersik Tuo (basecamp).

Bagi Anda pendaki dari luar Sumatera, dari Bandara Minangkabau, Anda dapat naik mobil DAMRI menuju tempat sewa mobil pilihan Anda.

Bisa juga dengan menggunakan mobil sewa dari Salsa Wisata. Sehingga anda bisa langsung kami jemput dan berangkat ke Kersik Tuo.

Pilihan sewa Hiace Commuter Padang (15 seat) di Salsa Wisata tentu akan menjadi alternatif yang paling tepat. Sebab, dapat menghemat biaya dan waktu perjalanan Anda dan rombongan.

Terlebih driver kami adalah pribadi yang handal, jadi siap antarkan Anda ke lokasi dengan tepat waktu.

Jam Operasional Gunung Kerinci

Aktivitas pendakian di Kerinci dapat Anda lakukan kapan saja karena tempat ini buka setiap hari, termasuk hari libur nasional dan libur akhir pekan.

Pihak pengelola menetapkan jam operasional 24 jam untuk melayani para pendaki yang hendak naik. Tak salah memang jika kita sebut bahwa Gunung Kerinci adalah salah satu gunung berapi terindah di tanah Sumatera.

Selain memiliki atraksi wisata yang sangat menarik, taman nasional ini juga masih menyimpan keindahan alam yang hanya bisa dijumpai di puncak.

Untuk Anda yang berminat untuk sekali-kali berpetualang di gunung ini, jangan ragu untuk menggunakan jasa kami, Salsa Wisata Travel Organizer.

Anda akan kami bantu untuk siapkan transportasi, penginapan, dan tiket masuk semua tempat wisata yang ingin Anda kunjungi di sini. Anda cukup lakukan reservasi paket tour dengan menghubungi call center kami.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)