SalSari Resto & Coffee

Indonesia memiliki ribuan pulau kecil dengan pemandangan alam yang sangat mengagumkan. Bahkan keindahannya mampu menghipnotis turis mancanegara. Seperti destinasi wisata Pulau Derawan, pulau eksotis di Kalimantan Timur.

Pulau mungil ini terlihat anggun dengan keindahan alam bahari yang mengelilinginya. Kondisi lanskap alamnya yang masih alami menjadi daya tarik utama. Tempat ini kini ramai jadi destinasi unggulan yang ditawarkan via paket wisata ke Pulau Derawan.

Lantas, seperti apa pesona pulau ini dan ada daya tarik apa saja yang tersimpan di pulau kecil nan cantik ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Wisata Pulau Derawan

paket wisata pulau derawan

Seperti Pulau Seribu di Jakarta Utara, wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur ini adalah sebuah pulau dengan keindahan alam bawah laut yang spektakuler. Bentang alamnya juga tak kalah apik dengan pasir putih dan area vegetasi hijaunya.

Kepulauan Derawan memiliki 3 kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Biduk-Biduk, Maratua, dan Derawan. Ketiganya sangat populer dengan keindahan pantai dan lautnya yang masih terjaga dengan baik.

Sedangkan pulau yang berada di Kepulauan Derawan berjumlah 31 dan yang paling terkenal berjumlah 4 buah pulau. Keempat pulau tersebut adalah Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Pulau Derawan.

Semua pulau ini memiliki pantai yang masuk kategori pantai terindah di Indonesia. Keindahan ini bukan hanya di permukaan tapi juga ekosistem bawah lautnya yang sungguh luar biasa menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pulau Derawan

Siapapun boleh masuk ke lokasi wisata pulau cantik ini tanpa harus membayar. Tiket masuk wisata Pulau Derawan ini gratis. Wisatawan cukup membayar transportasi dan akomodasi saja.

Ongkos transportasi dari darat hingga sampai di pulau ini cukup menguras isi dompet. Pasalnya Anda harus menggunakan moda transportasi darat terlebih dahulu baru kemudian gunakan speedboat.

Namun akan sedikit lebih terjangkau bila Anda memanfaatkan layanan rental mobil terdekat dari Salsa Wisata. Selain dapat lebih hemat, Anda juga dapat memilih tipe moda transportasi yang Anda butuhkan.

Bagi yang penasaran dengan kisaran biaya ke Pulau Derawan, terutama biaya transportasi, berikut kami bagikan infonya.

[/fusion_text]
Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Transportasi dari Bandara Mulai dari Rp700.000,00
Sewa Speedboat Mulai dari Rp1.500.000,00 sampai Rp2.500.000,00 per 15 atau 20 orang

Rute Menuju Lokasi Wisata Pulau Derawan

itinerary derawan

Lokasi wisata Pulau Derawan cukup jauh dari Pulau Kalimantan. Tepatnya berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Bagaimana cara ke Pulau Derawan? Untuk bisa sampai ke sini, ada dua rute yakni rute Berau dan Tarakan.

Rute Berau akan Anda mulai dari Balikpapan, Bandara Sepinggan ke Berau. Selanjutnya, dari Bandara Kalimarau terbang menuju Tanjung Redeb, kurang lebih selama 2 jam. Terakhir adalah menggunakan speedboat.

Sementara bila Anda memilih rute Tarakan, dari bandara, perjalanan berlanjut ke Pelabuhan Sengkawit Tanjung Selor. Setelah itu naik speedboat selama kurang lebih 3 jam.

Daya Tarik Wisata Pulau Derawan

Ada banyak sekali daya tarik wisata pulau ini. Mulai dari eksotisme pantai hingga hidangan kuliner khasnya. Berikut ini daftar daya tarik utama dari wisata pulau ini.

Jelajah 4 Pulau

fasilitas wisata pulau derawan

Yang menjadi daya tarik utama dari kegiatan wisata di pulau ini adalah kegiatan jelajah empat pulau di kawasan wisata alam ini. Total ada 4 pulau yang konon disebut pulau terindah di Kepulauan Derawan.

Masing-masing mempunyai atraksi unggulan tersendiri. Akan tetapi, keempat pulau cantik ini memiliki kesamaan, yaitu memiliki view pantai terbaik, kuliner lezat, dan atraksi wisata alam bawah laut yang memukau.

Para wisatawan juga dapat menjajal safari bawah laut dengan menyelam atau snorkeling. Tersedia peralatan lengkap untuk diving dan snorkeling bagi wisatawan yang tertarik untuk mencobanya.

Wisatawan juga akan ditemani oleh seorang guide profesional selama menyelam di bawah laut, jadi aman dan tentunya menyenangkan.

Mendatangi Spot Whale Shark

Selanjutnya, cobalah datang ke spot Whale Shark atau hiu paus. Spot ini sangat terkenal dan menjadi tujuan favorit wisatawan terutama yang mencintai kehidupan laut.

Hanya berjarak sekitar 30 menit dari Pulau Derawan Berau, Anda berkesempatan untuk menyaksikan fenomena alam yang sangat langka. Kegiatan ini sebaiknya Anda lakukan pada saat bulan Desember sampai Maret.

Di bulan-bulan tersebut wisatawan bisa melihat secara langsung ukuran dan bentuk hiu paus yang terkenal. Jika tidak, maka wisatawan bisa berkunjung ke Talisayan, yaitu lokasi di mana jenis hiu paus ini kerap berkumpul.

Berburu Sunrise dan Sunset

sunset

Bagi yang memilih menginap di Pulau Derawan, ada kesempatan langka yang bisa Anda saksikan yakni sunrise dan sunset. Untuk menyaksikannya ada dua pilihan. Pertama adalah dengan berjalan menuju dermaga.

Kedua adalah dengan menyewa perahu untuk memburu sunrise atau sunset tepat di tengah laut tanpa penghalang apapun. Mana yang paling Anda sukai? Keduanya akan menampilkan fenomena alam eksotis.

Sunrise di sini begitu istimewa karena Anda akan menjadi orang pertama di Kalimantan Timur yang melihat sunrise. Di sore hari, suasana akan semakin romantis saat sunset mulai tiba. Langit cerah akan berubah menjadi merah jingga yang merona saat senja mulai menyapa.

Snorkeling dan Diving dan Kerajaan Bawah Laut

Sama dengan keindahan Pulau Pari yang memiliki kerajaan bawah laut, pulau yang satu ini juga memiliki kehidupan laut yang sangat mempesona. Ekosistem alam bahari di pulau ini masih terjaga dengan baik.

Anda bisa menyaksikannya dengan melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Walau hanya snorkeling, wisatawan bisa melihat berbagai terumbu karang dengan warna-warna yang cantik.

Ikan-ikan kecil dengan warna dan motif eksotis pun tidak luput dari pandangan mata. Mereka terlihat bahagia dan berlarian ke sana kemari di sekeliling terumbu karang. Jika beruntung, Anda bisa melihat penyu.

Wajar jika Pulau Derawan menjadi salah satu daftar tempat wisata di Indonesia favorit para turis asing. Alam bawah lautnya memang dapat membuat siapapun yang melihatnya akan merasa takjub.

Menjelajahi Pulau dan Dermaga dengan Bersepeda

biaya ke pulau derawan

Kegiatan berikutnya yang bisa wisatawan lakukan di sini adalah bersepeda keliling pulau. Kegiatan ini bisa Anda lakukan di pagi atau sore hari. Bersepeda di sini sangat menyenangkan. Apalagi nuansanya segar dengan angin dari pantai yang sepoi-sepoi.

Bersepeda di pinggir pantai melewati dermaga dan beberapa tempat lainnya bersama keluarga atau teman pasti menyenangkan. Anda bisa beristirahat di tempat manapun sambil berjelajah menikmati keindahan pulau.

Kuliner Lezat

Selain menikmati pemandangan serta kehidupan masyarakat sekitar, kegiatan bersepeda ini bisa menjadi cara untuk menjajal wisata kuliner di pulau ini.

Jumlah pedagang makanan khas di sini ada banyak karena memang mereka menawarkan makanan tersebut bagi para wisatawan. Rasa masakannya juga enak dan lezat terutama untuk seafood-nya.

Sebab seafood di sini masih segar sehingga akan menambah cita rasa lezat pada hasil olahannya. Apalagi bumbu nusantara yang khas juga membuat masakan berbahan dasar hasil laut ini terasa begitu enak.

Tak sedikit dari olahan seafood ini dimasak menjadi menu-menu makanan khas daerah di Indonesia yang terkenal. Misalnya saja pepes ikan, udang asam manis, dan lain sebagainya. `

Fasilitas Wisata Pulau Derawan

derawan resort

Pulau Derawan memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk para pengunjungnya. Ada wisata kuliner, penginapan seperti resort dan hotel, hingga wahana air seperti banana boat dan snorkeling.

Bagi yang ingin menjelajahi pulau bisa dengan bersepeda atau menyewa perahu untuk mengelilingi pulau. Fasilitas lainnya berupa tempat ibadah seperti mushola dan masjid, toilet umum, dan juga pusat informasi.

Jam Buka Wisata Pulau Derawan

Objek wisata ini buka setiap hari termasuk saat hari libur nasional dan musim liburan. Dengan begitu jam buka wisata Pulau Derawan ini bisa dianggap 24 jam sehingga wisatawan bisa datang jam berapa saja.

Namun yang perlu menjadi perhatian adalah jam operasional speedboat. Rata-rata speedboat yang beroperasi di kawasan wisata ini akan mulai aktif dari pukul 07.00 sampai pukul 18.00 WITA.

Objek wisata Pulau Derawan memang layak Anda masukan ke dalam daftar destinasi untuk agenda liburan panjang mendatang. Ajak serta keluarga tercinta dengan manfaatkan layanan paket wisata Pulau Derawan dari Salsa Wisata. Dapatkan segala kemudahan selama tour bersama kami ke sejumlah tempat wisata Samarinda terdekat lainnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)