SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Saat mendengar tentang Samarinda, mungkin hal pertama yang terbesit di pikiran Anda adalah Sungai Mahakam. Padahal selain itu, ada banyak tempat wisata di Samarinda yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi selama liburan.

Sekedar pengetahuan, Samarinda merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur. Dulunya termasuk bagian dari kekuasaan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Kota ini juga dinobatkan sebagai kawasan terpadat di Kalimantan.

Salah satu ciri khas yang cukup terkenal dari Kota Tepian adalah hasil karya tenun dengan motif khasnya. Namun, pada kenyataannya kota ini mempunyai segudang destinasi pariwisata yang bagus.

Daftar Tempat Wisata Samarinda Populer

Bila dibandingkan dengan sejumlah tempat wisata terkenal di Indonesia, pariwisata di Samarinda memang masih kalah jauh. Tapi siapa sangka di Samarinda menyimpan banyak tempat wisata yang tak kalah menarik.

Mulai dari wisata alamnya yang eksotis, mencoba pengalaman baru menenun dan mempelajari berbagai budaya Suku Dayak. Pengunjung dapat melepas penat sekaligus liburan sambil menikmati keindahan sudut kota Samarinda.

Tertarik untuk mengunjungi keindahan kota Samarinda? Simak rekomendasi destinasi wisata kekinian di Samarinda untuk referensi tempat liburan.

Desa Wisata Pampang Samarinda

Desa Wisata Pampang Samarinda

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Desa Pampang menjadi salah satu destinasi desa wisata di Samarinda yang menyuguhkan keanekaragam budaya lokal suku di Samarinda. Para penghuni desa ini merupakan warga suku asli Dayak Kenyah.

Lokasinya berada di Jl. Wisata Budaya Pampang, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Anda dapat melihat langsung berbagai macam kegiatan warga suku dayak berlangsung di desa ini.

Setiap hari minggu akan ada pertunjukan seni di balai desa. Seluruh warga akan mengenakan pakaian tradisional khas Samarinda, Anda pun juga bisa turut mengikuti keseruan dengan memakai pakaian tradisionalnya.

Jungle Waterworld Samarinda

Jungle Waterworld Samarinda

Objek wisata Samarinda satu ini merupakan satu-satunya wisata air dengan konsep taman rekreasi di alam terbuka. Lokasinya berada di KM 24, Guntunglai, Jl. Bontang, Tanah Merah, Samarinda Utara.

Tempat wisata keluarga ini mempunyai banyak area kolam renang dengan banyak wahana permainan yang seru. Wahana permainannya tak kalah jauh dengan The Jungle Waterpark salah satu waterpark terbaik di Bogor.

Wahana seluncuran yang memacu adrenalin patut anda coba saat berkunjung ke sini. Selain arena kolam renangnya yang beragam, Anda juga bisa mencoba sejumlah wahana outbound yang tak kalah seru.

Anda hanya perlu membayar sekitar Rp100.000,00 untuk dapat bermain dan menikmati seluruh wahana yang tersedia. Harga tersebut sudah termasuk ban, rompi, pelampung, dan kano. Jungle Water World sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WITA.

Ladang Budaya Tenggarong

Ladang Budaya Tenggarong

Ladang Budaya Tenggarong atau juga dikenal dengan sebutan Ladaya merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Cocok untuk tempat melepas penat di tengah kesibukan aktivitas yang ada.

Tempat ini mempunyai daya tarik berupa tempat outbound yang seru dan mini zoo dengan koleksi hewan yang beragam. Mulai dari beruang madu, aneka burung hias seperti burung enggang, dan burung merak.

Selain itu terdapat terdapat odah rehat yakni bangunan kecil dengan bentuk khas budaya lokal yang dapat wisatawan sewa untuk beristirahat. Karena bentuknya yang unik, seringkali para wisatawan menggunakannya sebagai tempat berfoto.

Adapun harga tiket masuk masih cukup terjangkau yaitu sebesar Rp5.000,00 untuk anak-anak dan Rp10.000,00 untuk pengunjung dewasa. Untuk lokasinya sendiri tempat ini terletak di Jl. H. Bachrin Seman, Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul menjadi destinasi favorit wisata keluarga di Samarinda. Lokasinya berada di Jl. Kuaro, Gn kelua, Samarinda Ulu, Kalimantan Timur. Destinasi ini mempunyai koleksi flora dan fauna yang beragam.

Banyak keluarga yang membawa anaknya ke sini untuk menghabiskan waktu di akhir pekan atau saat sore hari. Ada berbagai jenis flora yang terdapat di sini, salah satunya tanaman anggrek hitam yang langka.

Adapun koleksi faunanya mulai dari orang utan, merak, buaya, kancil, dan lain-lain. Fasilitas yang dapat Anda temui yaitu playground untuk anak, panggung hiburan, delman, museum, dan kolam pemancingan.

Di sekitar pinggir jalan banyak pedagang yang menjual jajanan seperti pisang gapit, kuliner khas Indonesia yang cuma ada Kalimantan Timur. Harga tiket masuk Kebun Raya Unmul hanya sebesar Rp5000 dan beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00 WITA

Samarinda Islamic Centre

Samarinda Islamic Centre

Kali ini, Salsa Wisata akan menyuguhkan spot wisata religi Indonesia yang ada di ibu kota Kalimantan Timur ini. Ya, Samarinda Islamic Centre dapat menjadi destinasi wisata religi saat berkunjung ke Samarinda.

Dari kejauhan kemegahan bangunan masjid Samarinda Islamic Centre sudah terlihat. Desain bangunannya sendiri terinspirasi dari bangunan Masjid Hagia Sophia yang ada di Istanbul, Turki.

Masjid ikonik Samarinda ini memiliki menara yang menjulang tinggi hingga 99 meter yang bermakna jumlah asmaul husna. Saat hendak menuju tempat wisata Samarinda, sempatkanlah untuk mampir ke masjid megah ini.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Destinasi wisata satu ini mengusung konsep taman rekreasi di alam terbuka yang seru. Lokasinya berada di sebelah Kebun Raya Unmul tepatnya di Jl. Samarinda-Bontang KM15.5, Samarinda.

Walaupun harga tiket masuknya hanya Rp5.000,00, Taman Rekreasi Lembah Hijau mempunyai banyak wahana dan fasilitas memadai. Saat berkunjung pun, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru.

Buat Anda yang ingin berada sedikit lama di sini bisa mendirikan tenda di area camping ground yang tersedia. Selain itu, ada pula area outbound yang berisi wahana flying fox, halang rintang, dan meniti jembatan semakin membuat seru.

Tak hanya itu saja, kolam renang dengan penuh wahana permainan pun siap memanjakan Anda. Jadi wajar jika tempat ini jadi destinasi sejumlah paket outbound murah yang ada di biro perjalanan terdekat.

Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Samarinda. Hampir setiap waktu ada aja wisatawan yang berkunjung untuk sekedar menikmati pesona alamnya.

Baik itu dengan bermain air atau duduk-duduk santai di pinggiran air terjun sambil menikmati pemandangan dan udaranya yang segar. Lokasinya sendiri terletak di Desa Purwosari, Samarinda Utara, Kota Samarinda.

Air Terjun Tanah Merah mempunyai ketinggian mencapai 15 meter, air yang mengalir pun cukup deras dan jernih. Akan tetapi, jangan heran bila saat air jatuh ke dasar sungai warnanya akan berubah menjadi hijau kecoklatan.

Hal ini terjadi karena tanah yang ada di bawah air merupakan tanah gambut. Opsi lain jika tak ingin basah-basahan di air bisa duduk santai di gazebo sambil menikmati bekal yang Anda bawa.

Tjiu Palace Samarinda

Tjiu Palace Samarinda

Buat Anda yang hobi mancing ini merupakan tempat yang tepat untuk mengajak keluarga berekreasi sekaligus menjalankan hobi. Tjiu Palace adalah tempat pemancingan yang juga menyediakan berbagai fasilitas wahana permainan.

Tak membawa peralatan mancing? Tenang, di sini Anda juga bisa menyewa peralatan pancing lengkap dengan umpannya. Jadi selagi menunggu Anda memancing, anak bisa bermain wahana permainan yang ada.

Mulai dari kolam renang anak, sepeda air, lapangan futsal, dan pijat refleksi. Untuk dapat memasuki area Tjiu Palace tidak dikenakan retribusi masuk, namun jika ingin bermain wahana permainan harus membayar tiket.

Tjiu Palace terletak di Jl. Sultan Sulaiman No.6, Sambutan, Kota Samarinda. Tiket Masuknya sendiri hanya sekitar Rp15.000,00 saja per orangnya dan cukup murah melihat fasiltiasnya yang lengkap.

Penangkaran Buaya Samarinda

Penangkaran Buaya Samarinda

Buaya merupakan hewan mamalia yang jarang bisa Anda temui di permukiman. Tak sesering sapi, kambing, kucing, atau ayam yang bebas berkeliaran di sekitar kita. Oleh karenanya, melihat langsung buaya menjadi daya tarik tersendiri.

Di Samarinda sendiri terdapat destinasi tempat penangkaran buaya yang menarik untuk Anda kunjungi. Bagi Anda pecinta hewan, Anda akan sangat menyukai tempat penangkaran ini.

Pasalnya, di sini terdapat banyak buaya dari berbagai spesies mulai dari buaya siam, sepit, hingga buaya muara spesies buaya terbesar. Berbagai jenis buaya yang ada di sini merupakan spesies buaya yang sering ditemukan di Sungai Kalimantan.

Jika ingin berkunjung ke sini lokasinya terletak di Desa Pulau Atas, Kel Makroman, Kec Palaran, Kota Samarinda, Kaltim. Adapun tiket masuk untuk melihat langsung penangkaran buaya yaitu sebesar Rp15.000 dan buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WITA.

Telaga Permai Batu Besaung

Saat bingung mencari destinasi tempat wisata untuk mengisi waktu di akhir pekan, Telaga Permai Batu Besaung dapat menjadi alternatif pilihan. Untuk menuju ke lokasi Telaga Permai hanya berjarak sekitar 15 KM dari pusat Kota Samarinda.

Tempat ini juga terkenal dengan nama Air Terjun Pinang Seribu. Keindahan kenampakan alam serta suasana alamnya yang sejuk dan asri dapat Anda rasakan di kawasan wisata alam Samarinda ini.

Ketinggian aliran sungai yang berbeda-beda menjadikan destinasi ini mempunyai air terjun mini yang sering digunakan untuk berendam. Perairan yang dangkal menjadikan tempat ini aman untuk bermain air di sekitarnya tanpa harus takut tenggelam.

Pulau Kumala

Pulau Kumala

Pulau Kumala menjadi objek wisata Samarinda terpopuler selanjutnya dan sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Beberapa dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan keindahan pulau satu ini.

Banyak yang menyebut bentuk tampilan Pulau Kumala seperti perahu terbalik. Pulau Kumala menjadi salah satu destinasi populer di samarinda lantaran mempunyai daya tarik berupa keanekaragaman budaya khas Kalimantan.

Seperti bangunan adat, candi, dan juga ada patung lembu. Selain itu, banyak terdapat spot foto kekinian yang Instagramable. Layanan rental mobil murah terdekat merupakan alternatif kegiatan untuk melakukan city tour mengelilingi Pulau Kumala.

Kampung Tenun Samarinda

Samarinda memang terkenal dengan kain tenunnya yang merupakan kerajinan tangan dari benang dan dipintal dengan alat tenun manual. Kain tenun Samarinda mempunyai motif khas kotak-kotak yang cantik.

Sayang sekali jika sedang berkunjung ke Samarinda tak membawa oleh-oleh khas Samarinda satu ini. Jika membeli kain tenun Samarinda bisa langsung datang ke tempat pengrajinnya.

Di Samarinda yang terkenal ada di Kampung Baqa dan Kampung Masjid. Kedua kampung ini selalu ramai wisatawan yang ingin memborong berbagai oleh-oleh dan souvenir yang ada di kampung tenun ini.

Selain itu, Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatan kain tenun dari sehelai benang hingga menjadi sebuah kain yang cantik. Proses pembuatannya masih manual menggunakan alat yang disebut ‘Gedokan’.

Jika ingin motif yang berbeda atau mempunyai motif sendiri, Anda dapat memesan langsung ke pengrajinnya. Namun tentu dengan biaya yang tidak murah sebab prosesnya yang panjang dan cukup rumit.

Tepian Mahakam

Taman Tepian Mahakam Samarinda

Destinasi ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk menikmati sunset di Samarinda. Terutama pada saat memasuki Bulan Ramadhan, banyak yang datang berkunjung untuk ngabuburit sambil berburu takjil untuk berbuka puasa.

Di sekitar lokasi banyak yang menjual makanan mulai dari jajanan hingga menu makanan berat. Jika berkunjung saat sore hari, Anda dapat melihat kapal yang hilir mudik melintasi sungai mahakam.

Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri sembari menunggu datangnya sunset tiba. Lokasinya terletak di Jl. Gadjah Mada, Bugis, Kecamatan Samarinda, Kalimantan Timur. Adapun tiket masuk per orang sebesar Rp15.000,00.

Jessica Waterpark Samarinda

Jessica Waterpark Samarinda

Wisata keluarga satu ini merupakan destinasi baru di Samarinda dan menjadi incaran para wisatawan. Bagaimana tidak, Anda dapat berenang dan bermain wahana permainan sepuasnya selama seharian penuh.

Terletak di Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir, Samarinda, destinasi ini menyediakan tiga jenis kolam. Di mana ketiga kolam tersebut terdiri untuk semua kalangan termasuk kolam khusus anak.

Jadi, buat Anda yang datang membawa anak tak perlu khawatir melepas anak bermain sendirian. Terlebih banyak tersedia wahana kolam renang baik di kolam anak atau di kolam dewasa.

Adapun harga tiket masuk per orangnya pengelola mematok harga sebesar Rp40.000,00. Harga tersebut tergolong murah untuk ukuran waterpark yang punya banyak wahana seru seperti tempat ini.

Pantai Pangempang

Tak hanya mempunyai sungai dan danau saja. Samarinda juga memiliki destina alam pantai dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Angin sepoi-sepoi yang sejuk dan ombak yang ramah membuat Anda ingin segera berlayar menggunakan kapal kecil disekitarnya.

Destinasi ini sudah dilengkapi dengan standar fasilitas yang memadai. Terdapat spot foto kekinian, wahana ayunan yang telah dihias cantik, jembatan kayu yang biasa menjadi spot foto juga.

Selain itu fasilitas lain seperti toilet, gazebo untuk tempat beristirahat juga tersedia di sini. Harga tiket masuk sendiri, per orangnya hanya sekitar Rp25.000,00 saja.

Museum Mulawarman

Museum Mulawarman

Nama raja pertama dari kerajaan Kutai ini diabadikan sebagai nama museum di Samarinda ini. Koleksinya tentu saja berbagai macam peninggalan Kerajaan Kutai dari awal berdiri hingga runtuhnya.

Selain itu, tak hanya peninggalan Kerajaan Kutai saja, beberapa benda peninggalan sejarah Samarinda lain juga tersimpan di sini. Misalnya dua meriam yang terpajang di depan museum, merupakan saksi bisu perang dunia II yang terjadi di Balikpapan.

Terdapat enam ruangan, setiap ruangannya menyimpan sejumlah koleksi yang berasal dari masa perang dunia dan kemerdekaan. Jika Anda tertarik pergi ke sini, Museum Mulawarman terletak di Jl. Diponegoro, Bukuan, Palaran, Kota Samarinda.

Galeri Samarinda Bahari

Satu lagi destinasi edukasi yang menarik untuk Anda kunjungi yaitu Galeri Samarinda. Saat berkunjung ke galeri ini, Anda dapat melihat berbagai koleksi foto suasana dan keadaan Samarinda saat jaman kolonial Belanda.

Bahkan di awal pintu masuk galeri sudah terpajang beberapa foto yang mengisahkan pendidikan di Samarinda dari tahun 1927 hingga 1970an. Selain itu terdapat pula sejumlah keramik dan benda kuno lain yang jadi koleksi.

Destinasi ini cocok buat Anda yang menyukai sejarah. Jika ingin berkunjung ke sini, Galeri Samarinda Bahari terletak di Jl. Danau Jempang No2, Sungai Pinang Luar, Kecamatan Samarinda Kota, Samarinda.

Digital Akuarium Samarinda

Objek wisata ini masih terbilang baru dan berhasil menarik banyak pengunjung. Taman edukasi Digital Akuarium masih dalam satu kawasan di Taman Tepian Mahakam. Di sini Anda dapat berkreasi dengan mewarnai beragam hewan laut dari tablet yang telah disediakan.

Tablet tersebut sudah terhubung ke proyektor dan hasil kreasi Anda akan muncul di layar dan bergerak seperti sedang berenang. Berkunjung ke sini dapat sekaligus mengenalkan biota hewan laut sekaligus mengasah kreativitas anak.

Kampung Ketupat

Kampung Ketupat

Kampung Ketupat merupakan destinasi yang wajib Anda kunjungi saat hendak ingin mencari oleh-oleh. Tempat jual oleh-oleh di Samarinda ini baru diresmikan pada tahun 2017.

Lokasinya berada di pinggiran Sungai Mahakam, tepatnya di Jl. Mangkupalas, Masjid, Samarinda Seberang, Kota Samarinda. Desain tampilan permukiman warna-warni yang menyerupai Kampung Warna-warni di Malang.

Tampilannya yang unik tersebut membuat kampung wisata ini berhasil menarik banyak pengunjung. Para wisatawan tak hanya bisa membeli oleh-oleh saja, melainkan mengabadikan moment berada di kampung cantik bernilai seni tinggi ini.

Lampion Garden Taman Tepian

Satu lagi destinasi yang masih di dalam satu kawasan Taman Tepian yaitu Lampion Garden. Spot ini juga menjadi salah satu daya tarik taman ini. Aneka lampion cantik yang beragam menghiasi tepian Sungai Mahakam.

Beraneka ragam bentuk lampion mulai dari ikon negara dunia, bentuk hewan. Bahkan Anda dapat menemukan beberapa lampion dengan tema tertentu seperti tokoh kartun yang lucu, tema romantis, horror, dll.

Jika Anda ingin melihat indahnya Sungai Mahakam dengan kelap-kelip lampion datanglah ke sini pada pukul 03.00 – 23.00 WITA. Dengan begitu pengalaman Anda mengunjung tempat wisata Samarinda yang Instgramable ini akan semakin berkesan.

Pelas Tahun Samarinda

Pelas Tahun Samarinda

Pelas Tahun merupakan acara adat masyarakat suku Dayak Kenyah di Desa Pampang, Samarinda. Acara ini sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan (NASIB) atas limpahan nikmat yang telah diberikan berupa hasil panen.

Masyarakat suku Dayak Kenyah di Desa Pampang selalu mengadakan acara adat ini setiap tahunnya. Masyarakat umum juga bisa mengikuti serangkaian acara yang diselenggarakan. Tentunya ini menjadi pengalaman baru yang seru untuk Anda coba.

Jika penasaran ingin melihat langsung silahkan datang ke Jl. dahlia No.69, Sungai Siring, Kota Samarinda. Tiket masuk acara ini sendiri masih gratis dan cukup banyak menarik minat wisatawan untuk melihat.

Air Terjun Berambai

Air Terjun Berambai ini masuk ke dalam deretan tempat wisata Samarinda yang murah. Pasalnya harga tiket masuk hanya sebesar Rp5000 saja. Dengan harga segitu Anda sudah bisa bermain air dan juga menikmati pemandangan alam yang indah.

Namun, untuk bisa mencapai lokasi air terjun memerlukan perjuangan yang ekstra karena jalur treknya yang melelahkan. Walaupun begitu, rasa capek dan lelah akan segera terbayarkan saat sampai di lokasi.

Mendengar gemericik air yang berjatuhan akan membuat hati dan pikiran menjadi tenang. Ditambah pepohonan rindang yang tumbuh menambah suasana menjadi lebih sejuk.

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah juga menjadi destinasi objek wisata di Samarinda yang mempunyai pemandangan yang tak kalah indah. Keindahannya bisa dibandingkan dengan wisata Pulau Rubiah Aceh.

Di sini Anda dapat menikmati keindahan panorama alam laut di tepian pantai. Selain itu, Anda juga dapat menghabiskan waktu dengan berenang di pinggiran laut atau bermain pasir pantai bersama keluarga.

Beberapa fasilitas untuk menikmati keindahan bawah laut juga tersedia. Objek wisata ini berada di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Jika ingin menyambangi Pulau Beras Basah, Anda perlu bersabar karena untuk menuju kesana butuh waktu sekitar tiga jam perjalanan.

Citra Niaga Samarinda

Citra Niaga Samarinda

Citra Niaga merupakan taman wisata sekaligus pasar rakyat pertama yang berdiri di Kota Samarinda. Taman wisata Citra Niaga pernah mendapatkan penghargaan internasional Aga Khan for Architecture.

Karena desain bangunannya yang menggabungkan antara fungsionalitas bangun dan keindahan tata letak arsitektur bangunannya. Di dalamnya menyediakan berbagai macam kios oleh-oleh yang beragam mulai dari toko kaos, jajanan khas Samarinda, kerajinan tangan, dan lainnya.

Jadi berkunjung ke Citra Niaga dapat menjadi agenda penutup safari Anda di Samarinda yang sangat memuaskan. Sebab berbagai macam souvenir dan oleh-oleh menarik bisa Anda bawa pulang.

Itulah tadi daftar tempat wisata di Samarinda rekomendasi dari Salsa Wisata. Dari deretan tempat wisata yang telah kami jelaskan, destinasi mana yang ingin Anda kunjungi saat pertama tiba di Samarinda?

Tertarik untuk berlibur di Samarinda tapi masih bingung mau kemana? Salsa Wisata dapat membantu Anda. Dengan layanan wisatanya yang lengkap, liburan Anda baik sendiri maupun bersama rombongan pasti jadi lebih mudah dan menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Samarinda



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)