SalSari Resto & Coffee

Rata-rata, suhu di Bandung cukup dingin sebab berada di dataran tinggi. Itulah kenapa Air Panas Cibolang Pangalengan dapat menjadi wisata alternatif untuk relaksasi sekaligus menghangatkan badan dari udara dingin.

Belum lagi nuansanya yang sangat tenang karena lokasinya di tengah perbukitan dan jauh dari keramaian. Alhasil, tempat wisata Bandung untuk keluarga ini sangat cocok menjadi spot healing di akhir pekan.

Sekilas Tentang Pemandian Air Panas Cibolang

kolam air panas cibolang

Air Panas Cibolang Bandung adalah wisata pemandian air panas alami yang terletak di Daerah Pangalengan, Bandung. Berendam di pemandian ini akan memberi manfaat, terutama dari sisi kesehatan kulit.

Wisata kolam air panas Cibolang ini berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Terdapat 3 kolam yang bisa pengunjung gunakan untuk berendam atau berenang. Ketiganya berbeda dari sisi ukuran luas dan kedalamannya.

Selain kolam untuk berendam, ada juga kolam untuk memancing. Wisatawan dapat mencoba keseruan memancing di tempat yang penuh ketenangan ini. Biasanya spot memancing ini akan lebih ramai saat libur akhir pekan.

Di samping memiliki kolam pemandian dan kolam pemancingan, wisata alam ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Dengan fasilitas ini, para pengunjung pun semakin nyaman selama berada di sini.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cibolang

harga tiket Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan

Biaya atau harga tiket Cibolang Pangalengan ini cukup terjangkau dan terbagi menjadi dua jenis tiket. Kedua jenis tiket masuk Pemandian Air Panas Cibolaang tersebut adalah tiket masuk reguler dan tiket masuk VIP.

Untuk jenis tiket reguler, belum termasuk biaya masuk kolam rendam air panas. Sementara untuk jenis tiket VIP, sudah termasuk biaya masuk kolam rendam.

Pengunjung dengan tiket VIP juga akan merasakan sensasi berendam yang lebih privat karena lokasinya terpisah dari kolam rendam umum.

Berikut adalah info rincian harga tiket Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan beserta biaya-biaya lainnya. Silahkan Anda simak.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Reguler Rp20.000,00
Tiket Masuk VIP Rp35.000,00
Kolam Rendam Rp12.000,00
Water Slider Rp5.000,00
Kolam Pemandian VIP Rp32.000,00
Saung Rp25.000,00
Villa Cempaka Rp375.000,00
Villa Cemara Rp300.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Bus Rp35.000,00

Bila Anda ingin mendapatkan penawaran harga yang lebih murah, caranya yaitu dengan reservasi layanan paket liburan Bandung. Ada banyak sekali pilihan dari tour organizer ternama seperti Salsa Wisata.

Rute Menuju Lokasi Pemandian Air Panas Cibolang

Lokasi Air Panas Cibolang terletak di Desa Wanasuka, Pangalengan, Bandung. Jaraknya sekitar 56 KM dari pusat Kota Bandung dan membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk berkendara.

Manfaatkan layanan jasa sewa Hiace Bandung jika datang bersama rombongan. Sedangkan jika bersama keluarga kecil, bisa memilih tipe kendaraan lain seperti Avanza, Mobilio, Innova, atau Xpander.

Rutenya juga cukup mudah. Dari Bandung menuju Soreang lalu ke Cangkuang dan Cimaung baru ke Pangalengan. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk memilih rute mana yang paling cepat.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Cibolang

Wisata pemandian air panas ini menyuguhkan sejumlah daya tarik wisata mulai dari kolam air panas hingga pemandangannya. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner dan bersantai.

Berenang dan Berendam di Air Panas

harga tiket Cibolang Pangalengan

Walaupun namanya air panas, tapi jangan beranggapan airnya sangat panas. Justru airnya hangat dan menyehatkan. Pengunjung bisa memilih kolam berdasarkan luas kolam dan kedalamannya.

Untuk anak-anak, tentu lebih tepat memilih kolam yang dangkal sehingga bisa berendam dengan nyaman. Sedangkan untuk orang dewasa bisa memilih kolam yang lebih dalam.

Kolam air panas ini bersumber dari Gunung Windu dan tentu saja memiliki efek kesehatan untuk kulit. Selain menyehatkan kulit, terapi air hangat ini juga dapat memberikan efek relaksasi dengan mengendorkan otot yang tegang.

Pemandangan Indah di Atas Pegunungan

Wisata Pangalengan yang lagi hits ini berada di kawasan pegunungan dengan hawa yang sejuk bahkan cenderung dingin. Suhunya antara 12 hingga 28 derajat Celsius. Adapun letaknya berada di atas ketinggian sekitar 1.000 sampai 1.400 mdpl.

Itulah mengapa objek wisata yang berjarak 13 KM dari Situ Cisanti ini sangat tepat untuk menghangatkan diri. Apalagi view pegunungan dan perbukitan di sekitar pemandian turut mempercantik kawasan wisata ini.

Sedangkan di luar area pemandian terdapat hamparan kebun teh yang hijau dan segar di mata. Pengunjung benar-benar dapat merasakan kedamaian dan ketenangan sambil berendam di air hangat.

Kolam Dewasa dan Kolam Anak

wahana kolam air panas cibolang

Fasilitas kolam di sini tentu dapat jadi alternatif bagi Anda yang ingin mengajak keluarga berekreasi di taman air unik. Jadi, tak harus melulu mengunjungi waterpark atau kolam renang Bandung yang murah saja.

Fasilitas kolam di sini terdapat dua tipe, yakni kolam dewasa dan kolam anak. Kolam dewasa memiliki kedalaman 1.5 meter dan suhu airnya capai 40 derajat Celsius.

Sementara untuk kolam anak, kedalamannya hanya 80 cm dengan suhu 35 derajat Celsius. Khusus kolam anak, area perairannya memang sangat luas untuk menampung orang dewasa yang turut di dalamnya.

Menikmati Kuliner Lezat

Setelah berenang dan puas berendam air hangat, saatnya mencicipi berbagai makanan khas Bandung hits yang lezat di beberapa warung di sekitar lokasi. Ada cukup banyak warung yang menyajikan beragam menu makanan dan minuman.

Anda bisa menikmati sajian kuliner di tempat yang indah dengan nuansa sejuk khas pegunungan. Ada juga menu makanan dan minuman hangat yang terasa begitu nikmat dengan bumbu rempah Nusantara.

Harganya juga terjangkau, jadi tak perlu ragu untuk memilih menu makanan dan minuman mana saja. Soal rasa, pastinya rasanya otentik dan pastinya enak.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Cibolang

fasilitas

Pemandian air panas ini sudah ada sejak 1985. Fasilitasnya pun sangat lengkap. Ada area parkir yang luas, tempat makan, kamar mandi air panas, penyewaan alat pancing, loket tiket, dan pos jaga.

Selain itu, ada toilet, papan petunjuk arah, tempat duduk, gardu pandang, mushola, dan pusat kuliner Bandung. Dengan kelengkapan fasilitas ini, para pengunjung tal perlu khawatir.

Jam Buka Pemandian Air Panas Cibolang

Wisata pemandian air panas ini buka setiap hari sejak pagi hari. Di hari biasa, jam buka Air Panas Cibolang ini hanya sampai sore hari. Tepatnya buka dari jam 06.00 dan tutup jam 17.00 WIB.

Sementara selama libur, wisata pemandian air panas ini buka dari jam 06.00 sampai dengan jam 21.00 WIB. Artinya jam operasionalnya lebih panjang dibanding hari biasa.

Pastikan perjalanan menuju pemandian air panas ini nyaman apalagi jika bersama dengan keluarga. Selain itu, beli juga oleh-oleh khas Bandung yang lagi hits untuk camilan atau sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Salsa Wisata dapat menjadi pilihan terbaik sebagai partner perjalanan wisata Anda ke Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan ini. Kini telah hadir ragam paket wisata dengan tarif hemat yang pastinya cocok untuk Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)