SalSari Resto & Coffee

Jawa Timur memang terkenal dengan wisata Jatim Park 1, 2 dan 3 yang sangat hits. Namun, ada juga wisata Air Terjun Dlundung yang tak kalah indah dari berbagai wisata yang terdapat di sana.

Jawa Timur memang menjadi salah satu provinsi yang menyumbang banyak sekali tempat wisata Jawa Timur yang bagus dan menarik. Kali ini, wisata air terjun ini akan menjadi bahasan utama, terutama bagian info wisatanya.

Sekilas Tentang Air Terjun Dlundung

air terjun trawas

Air Terjun Dlundung merupakan ‘sepotong surga’ di Mojokerto yang menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan. Pemandangan alam yang cantik membuat tempat ini menjadi incaran banyak orang.

Tidak jauh berbeda dari Air Terjun Tumpak Sewu yang berada di Lumajang, tempat wisata ini juga menyuguhkan keindahan alam berupa pegunungan dan perbukitan cantik.

Anda bisa menyaksikan view Gunung Penanggungan dengan hamparan pepohonan rindang yang membuat tempat ini terlihat asri. Keindahan kawasan ini bisa Anda lihat sebelum tiba di lokasi air terjun.

Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian 50 hingga 60 meter dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Airnya juga begitu jernih dan jatuh tepat di atas kolam cantik yang berada di bawahnya.

Lokasi Wisata Air Terjun Dlundung

Lokasi Air Terjun Dlundung Mojokerto Jawa Timur ini berada di alamat di Dusun Ketapang, Kelurahan Kemloko, Kec. Trawas. Jarak dari pusat kota ke lokasi air terjun ini cukup jauh namun aksesnya sudah sangat memadai.

Jalan menuju Air Terjun Dlundung ini sudah beraspal halus dan bisa dilalui oleh kendaraan umum, terutama bus pariwisata. Jadi, bila Anda ada rencana untuk berkunjung ke sini bersama rombongan, tak perlu cemas lagi soal akses.

Tugas Anda hanyalah menyewa bus dari agen rental bus pariwisata berpengalaman dan profesional seperti Salsa Wisata. Selain armada bus, Salsa Wisata juga hadir dengan produk layanan rental mobil terdekat, murah, dan berkualitas.

Untuk rute, Anda dapat lalui adalah Jalan Raya Trawas lalu menuju ke Dlundung. Nanti sesampainya di area parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer hingga tiba di lokasi. Cek Google Maps untuk detailnya.

Jam Buka Wisata Air Terjun Dlundung

Objek wisata Trawas ini memiliki jadwal operasional yang berbeda. Cek tabel di bawah ini untuk informasinya:

Jadwal Operasional Jam Buka
Senin – Jumat 07.30 – 16.00 WIB
Sabtu 24 Jam
Minggu 06.00 – 16.30 WIB

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Dlundung

Untuk masuk ke kawasan wisata air terjun Trawas ini, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuk Air Terjun Dlundung sendiri masih sangat murah.

Dan harga tiketnya berbeda bagi pengunjung anak-anak dan dewasa. Perbedaan harga juga berlaku untuk hari biasa dan hari libur. Berikut daftar harga tiket dan biaya-biaya lainnya:

Retribusi Tarif Weekdays Tarif Weekend
Tiket Masuk – Anak Rp7.500,00 per orang Rp10.000,00 per orang
Tiket Masuk – Dewasa Rp10.000,00 per orang Rp12.500,00 per orang
Camping Rp5.000,00 per malam Rp5.000,00 per malam
Spot Selfie Rp5.000,00 per spot Rp5.000,00 per spot
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan Rp5.000,00 per kendaraan

Daya Tarik Wisata Air Terjun Dlundung

dlundung trawas camp

Tempat wisata Mojokerto Trawas ini tidak hanya menawarkan keindahan alam semata. Anda juga bisa mencoba berbagai kegiatan lain seperti jalan-jalan, berkemah, bermain hingga menikmati kuliner lezat.

Trekking

Pemandangan yang cantik akan langsung menyambut Anda ketika masuk ke kawasan air terjun. Bahkan, Anda akan bisa menyaksikan kecantikan alam di kawasan ini saat masih dalam perjalanan.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, Anda akan melewati jalur naik-turun dan berkelok. Meski begitu, akses tersebut sudah halus dan rata dengan aspal. Di kanan dan kiri jalan, Anda bisa menikmati hijaunya pepohonan.

Anda tidak perlu trekking jauh, sebab hanya beberapa saat Anda sudah tiba di lokasi air terjun. Anda bisa melihat dinding batu air terjun yang tampak begitu kokoh. Di sekitarnya pun banyak terdapat tanaman rambat.

Anda bisa menceburkan diri ke dalam kolam dan menikmati guyuran air terjun. Bermain di air terjun lebih cocok Anda lakukan saat siang hari. Namun, jika tidak ingin basah-basahan, Anda juga bisa hanya berfoto di tepian air terjun.

Pesona Alam

Karena berada di kawasan pegunungan, udara di sekitar air terjun ini sangat sejuk, bahkan cenderung dingin pada saat malam hari seperti Air Terjun Sipiso Piso di Medan.

Anda juga tidak perlu heran jika menjumpai kabut. Sebab, kabut memang sering turun di pagi atau sore hari hingga menyelimuti kawasan air terjun.

Berada di tengah hutan dengan pepohonan yang masih sangat asri, membuat suasana air terjun begitu sejuk. Suara derasnya air terjun berpadu dengan kicauan burung bersahutan di dalam hutan.

Perpaduan tersebut menciptakan irama damai yang begitu menenangkan. Anda akan merasa tak ingin beranjak dari tempat ini karena segenap kenyamanan tersebut.

Berkemah

Tempat wisata di Mojokerto ini memiliki area bumi perkemahan dengan hamparan rumput hijau yang begitu luas. Namanya adalah Dlundung Trawas Camp. Lokasi ini memang dikhususkan bagi pengunjung yang ingin berkemah.

Letak Dlundung Trawas Camp tidak jauh dari air terjun sehingga para campers masih bisa mendengar suara air terjun dan hewan-hewan hutan sepanjang malam.

Untuk berkemah di lokasi ini, Anda perlu membawa peralatan sendiri dari rumah. Sebab, pengelola tempat wisata tidak menyediakan fasilitas sewa tenda dan perlengkapan berkemah lainnya.

Sementara untuk harga sewa bumi perkemahan Dlundung masih relatif terjangkau. Harga tetap sama baik di hari biasa maupun hari libur seperti libur akhir pekan.

Menikmati Kuliner

Jangan lupa untuk nikmati pesona air terjun di pagi hari karena ini adalah waktu terbaik. Apalagi dengan sajian makanan khas Jawa Timur Surabaya, Malang, dll yang lezat dan menggugah selera.

Anda bisa membelinya di beberapa warung yang sudah buka. Biasanya, warung-warung tersebut memang sudah buka sejak pagi buta dan siap melayani pelanggan.

Anda juga bisa memesan makanan hangat seperti gorengan untuk mengisi perut di pagi hari. Waktu bersantai Anda lebih lengkap dengan minuman hangat seperti teh, kopi, atau susu.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Dlundung

harga sewa bumi perkemahan dlundung

Objek wisata air terjun ini juga lengkap dengan fasilitas pendukung. Adapun nama-nama fasilitasnya yaitu:

  • area parkir kendaraan
  • bumi perkemahan
  • warung wisata
  • spot foto instagramable
  • mushola

Sayangnya di sini pengunjung tidak akan menjumpai toko oleh-oleh atau souvenir karena memang belum tersedia. Sebagai solusinya, pengunjung dapat singgah sejenak di pusat oleh-oleh Jawa Timur yang terdapat di area sekitar wisata alam ini.

Apalagi jika menggunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata; Anda dapat dengan bebas menentukan lokasi yang Anda kehendaki. Jadi, tak hanya bisa kunjungi Air Terjun Dlundung ini saja, melainkan destinasi wisata lainnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)