SalSari Resto & Coffee

Tempat wisata alam masih menjadi primadona bagi para traveller. Seperti Air Terjun Putuk Truno Prigen ini. Suasana asri dan udara sejuk jadi alasan utama tempat ini begitu digandrungi.

Selain alasan di atas, tempat wisata Jawa Timur murah ini juga murah namun mampu suguhkan daya tarik yang tiada duanya. Jadi memang sangat cocok sebagai destinasi wisata dengan budget minim.

Sekilas Tentang Air Terjun Putuk Truno

mitos air terjun putuk truno

Air Terjun Putuk Truno Pasuruan menjadi satu tempat wisata Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi. Ketinggian air terjun ini sekitar 45 meter. Di bawah air terjun persis, terdapat semacam telaga alami yang berhiaskan batu alam.

Telaga ini berisi air yang sangat jernih dan terlihat biru kehijauan. Lokasi telaga ini biasanya menjadi objek terfavorit untuk kegiatan fotografi. Pengunjung juga sering menjadikannya sebagai latar selfie mereka.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno membuat pemandangan di wilayah ini begitu indah. Anda bisa melihat panorama alam yang luar biasa dari berbagai spot.

Pegunungan dan perbukitan yang mengelilingi air terjun ini membuatnya semakin cantik. Kini, area wisata ini sudah lengkap dengan fasilitas pendukung untuk kenyamanan para pengunjung.

Lokasi Air Terjun Putuk Truno

Lokasi Air Terjun Putuk Truno berada di Jalan Putuk Truno, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Alamat ini dapat ditempuh dari Malang atau Surabaya dengan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa.

Dari Malang atau Surabaya, langsung saja arahkan kendaraan ke Pandaan lalu ke Tretes atau Prigen. Jalur ini adalah jalur yang sama untuk menuju ke arah Mojokerto.

Setelah tiba di Prigen, ambil arah kiri. Setelah itu, ikuti petunjuk arah untuk sampai di lokasi. Agar mudah, gunakan bantuan Google Maps sebagai panduan Anda.

Atau bisa dengan mengandalkan driver dari jasa rental mobil Xpander Surabaya yang Anda sewa dari Salsa Wisata. Layanan ini merupakan layanan rental mobil terbaru Salsa Wisata setelah sebelumnya ada tipe-tipe kendaraan lainnya.

Jam Buka Wisata Air Terjun Putuk Truno

Wisata air terjun Jatim ini buka setiap hari mulai Senin sampai Minggu serta hari libur nasional. Jam buka Air Terjun Putuk Truno ini adalah 24 jam.

Akan tetapi, untuk fasilitas pendukung seperti warung wisata, dll, jam bukanya dari jam 08.00 sampai jam 18.00 WIB. Jadi, pastikan Anda berkunjung di waktu yang tepat agar sesuai dengan harapan Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Putuk Truno

Untuk masuk ke kawasan wisata air terjun ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya yang cukup murah. Harga tiket masuk Air Terjun Putuk Truno Jawa Timur ini di luar biaya parkir kendaraan.

Tarif tiket masuk objek wisata air terjun ini juga berbeda saat hari biasa dan juga saat hari libur. Berikut daftar harganya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Weekdays Rp15.000,00 per orang
Tiket Masuk – Weekend Rp20.000,00 per orang
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan

Dengan tarif yang cukup murah ini, tentu Anda bisa manfaatkan sisa budget liburan yang ada untuk biaya-biaya lainnya. Misalnya biaya menginap di homestay murah di Malang Batu atau kota terdekat lainnya.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Putuk Truno

tiket masuk air terjun putuk truno

Wisata air terjun ini merupakan alternatif destinasi wisata air selain waterpark di Kota Surabaya. Daya tarik yang ada di sini pun tak kalah menarik dengan wisata-wisata alam lainnya.

Lantas, ada daya tarik apa saja yang disuguhkan oleh objek wisata alam ini? Langsung simak informasinya di bawah ini:

Kisah Legendaris tentang Air Terjun

Rupanya ada cukup banyak mitos air terjun ini yang beredar di tengah masyarakat sekitar. Sebagian besar masyarakat sekitar percaya bahwa pasangan yang berendam di kolam air terjun ini, ikatan cinta keduanya akan abadi.

Mitos ini dikaitkan dengan kisah cinta antara Joko Taruno, pangeran dari Majapahit, dan Putri Sri Gading Lestari, putri penguasa Madura.

Ayah sang putri, yaitu Raja Arya Wiraraja, tidak menyetujui hubungan tersebut. Sang putri lalu dibuang untuk bertapa di Coban Baung, yakni sebuah air terjun di Purwodadi.

Joko Taruno pun bertapa di Putuk Truno agar mendapat kekuatan untuk membebaskan dan kembali bersama sang pujaan hatinya tersebut.

Keindahan di Balik Gunung

Air terjun dengan tinggi sekitar 45 meter ini mengalir dari atas tebing dengan posisi agak tersembunyi di balik gunung. Letaknya seolah berada di antara kepungan dinding tebing yang melengkung di dalam hutan alami.

Lokasi air terjun yang berada di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Welirang membuat tempat ini memiliki keindahan alam yang tak ada duanya.

Keindahan alamnya semakin terpancar berkat adanya telaga alami di bawah air terjun. Telaga ini dikelilingi oleh bebatuan alami yang hitam, tone warna yang kontras tapi cantik bila dipadukan dengan air telaga yang biru kehijauan.

Kebersihan tempat wisata ini juga terawat dengan baik. Anda bisa rekreasi dengan nyaman di sini sambil berpiknik. Lalu menikmati makanan khas Jawa Timur dari bahan nabati dan hewani di warung-warung yang tersedia.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Putuk Truno

air terjun putuk truno prigen

Air terjun di Prigen, Pasuruan, ini merupakan salah satu objek wisata yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Inilah daftar fasilitas yang bisa Anda gunakan di sini:

  • area parkir
  • warung makan
  • spot foto
  • toilet umum
  • saung
  • view deck
  • cafe

Sayangnya belum ada fasilitas toko atau gerai yang khusus menjual souvenir atau jajanan khas yang bisa menjadi buah tangan. Anda dan pengunjung lain baru dapat berbelanja oleh-oleh di pusat oleh-oleh Jawa Timur yang ada di sepanjang jalan.

Bagaimana, apakah mulai penasaran dan ingin segera merasakan kesegaran air di wisata Air Terjun Putuk Truno Prigen ini? Fasilitas yang cukup lengkap dan akses yang cukup mudah tentu akan membuat liburan di sini pun semakin asik.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)