SalSari Resto & Coffee

Setiap daerah di Jawa Timur memiliki potensi wisata yang dapat menjadi magnet bagi wisatawan. Di Mojokerto, ada cukup banyak tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Salah satunya Alun-Alun Mojokerto.

Seperti halnya kota-kota lain, alun-alun kota ini juga menjadi daya tarik wisata hits Mojokerto. Banyak warga Mojokerto yang menghabiskan waktu di akhir pekan dengan berkunjung ke sini karena banyak wahana dan murah.

Sekilas Tentang Alun-alun Mojokerto

drone view Alun-Alun Mojokerto

Alun-alun Kota Mojokerto berdiri di atas lahan seluas 2,2 hektar. Area ini memiliki taman, wahana, bangunan ikonik dan banyak lagi termasuk kuliner. Wajar jika tempat ini selalu ramai pengunjung.

Apalagi jika Anda berkunjung di akhir pekan, suasananya meriah sekali. Banyak pedagang kaki lima yang memadati area alun-alun dan menawarkan berbagai barang, permainan hingga melukis.

Jika berencana untuk berkunjung ke alun-alun bersama dengan keluarga, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil plus drive murah Mojokerto. Jasa ini akan memberikan kenyamanan ketika sedang berlibur di Mojokerto.

Yang menarik adalah alun-alun ini memiliki sejarah yang penting. Oleh sebab itu, Anda akan melihat bangunan ikonik di sini seperti Tugu Proklamasi, gapura dan bangunan khas Kerajaan Majapahit.

Fasilitas Alun-Alun Mojokerto

fasilitas Alun-Alun Mojokerto

Menghabiskan akhir pekan di alun-alun kota memang menyenangkan, apalagi bersama dengan keluarga. Anda pun tidak perlu khawatir dengan fasilitas Alun-Alun Mojokerto.

Sudah ada area parkir luas, masjid besar, wahana permainan gratis dan berbayar termasuk toilet juga ada. Pastinya, ada wisata kuliner dengan harga terjangkau.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Mojokerto

Pengunjung juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tiket masuk Alun-Alun Mojokerto. Sebab, tidak ada tiket masuk, Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan yang tentunya sangat murah.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Gratis
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Alun-Alun Mojokerto

pedestrian Alun-Alun Mojokerto

Lokasi Alun-Alun Mojokerto berada di pusat kota, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Tepatnya berada di di Mergelo, Kota Mojokerto. Ikuti saja arah Google Map ketika memasuki kota Mojokerto.

Daya Tarik Wisata Alun-Alun Mojokerto

Alun-Alun Mojokerto memang layak ada di dalam daftar tempat wisata bagus di Jawa Timur yang layak untuk Anda kunjungi. Berikut beberapa alasan kenapa tempat ini selalu ramai akan pengunjung.

Sarat Akan Sejarah Majapahit

Jika melihat sejarah, alun-alun kota ini berdiri sejak tahun 1838 berbarengan dengan pembangunan kediaman Bupati Mojokerto. Alun-alun berbentuk kotak dengan jalan berada di sekelilingnya.

Uniknya, saat Anda memasuki kawasan alun-alun, ada gapura dengan ornamen dan arsitektur khas kerajaan Majapahit. Bukan hanya itu, di dalamnya juga terdapat bangunan berwarna merah bata.

Bangunan ini memiliki bentuk unik dan menjadi ikon dari alun-alun kota. Desain, bentuk hingga ornamennya sangat khas dengan nuansa Majapahit.

Ini bertujuan untuk memperkuat kesan hubungan tak terpisahkan antara Mojokerto dan Majapahit. Sehingga bagi pengunjung yang kebanyakan adalah warga Mojokerto, mereka tidak akan lupa dengan sejarahnya.

Bahkan, untuk memperkuat kesan tersebut, nama lain dari alun alun ini adalah Alun-Alun Wiraraja, berarti pemimpin yang berani. Ini tidak lepas dari nama Wiraraja yang merupakan pendiri Kerajaan Majapahit.

Tugu Proklamasi dan Filosofinya

tugu Alun-Alun Mojokerto

Di area ini terdapat sebuah Tugu Proklamasi yang tingginya mencapai 45 meter. Sebelumnya, tugu ini hanya setinggi 15 meter dengan warna merah dan putih. Tapi setelah pemugaran menjadi lebih tinggi dan kokoh.

Bentuknya hampir mirip dengan Monumen Nasional Jakarta, bahkan di bagian atasnya ada kemiripan. Tugu ini pun sering menjadi spot foto para pengunjung alun-alun.

Tugu setinggi 45 meter ini memiliki anak tangga berjumlah 17 buah dan ada kolam dengan bentuk segi 8. Angka-angka ini melambangkan hari kemerdekaan Indonesia, yakni 17 Agustus 1945.

Puncak tugu berupa bunga teratai yang masih kuncup dengan tinggi 5 meter. Bagian tiangnya ada bunga teratai yang sudah mekar. Tiang tugu berbentuk lingga yoni sebagai lambang kesuburan wilayah.

Konsep lingga yoni ini ternyata sudah ada sejak zaman Majapahit. Bahkan kerajaan Majapahit juga menggunakannya.

Tempat Rekreasi Favorit Warga

tempat rekreasi Alun-Alun Mojokerto

Alun-Alun Mojokerto menjadi primadona masyarakat Mojokerto. Tempat ini memiliki banyak sekali fungsi salah satunya tentu saja sebagai ruang terbuka hijau. Sehingga udara di sekitar alun-alun juga segar.

Di pagi hari, memang pengunjung cukup sepi hanya beberapa saja yang suka berolahraga seperti jogging. Kemudian, tempat wisata ini mulai rame saat sore hari di mana pedagang kaki lima juga mulai berdatangan.

Di malam hari, jumlah pengunjung semakin banyak dan ramai. Banyak warga yang memanfaatkan untuk rekreasi di alun-alun. Anak-anak bisa bermain wahana, orang tua bisa membeli sesuatu atau hanya sebatas jajan.

Di akhir pekan, jumlah pengunjung semakin banyak terutama saat sabtu malam. Suasana di sini tak ubahnya seperti pasar malam. Suasana seperti ini terjadi setiap sabtu malam.

Belanja Murah

Tidak sedikit pengunjung yang datang ke sini karena ingin berbelanja barang murah khususnya saat malam hari. Saat akhir pekan, jumlah pedagang ini sangat banyak dan Anda bisa mencari apa saja.

Barang-barang yang mereka jual mulai dari sepatu, kaos, celana, baju, makanan, jajanan, hingga barang pecah belah dan rumah tangga. Barang-barangnya sangat lengkap dan harganya terjangkau.

Anda bisa juga membeli oleh-oleh khas Jawa Timur tahan lama baik berupa pakaian, souvenir atau barang-barang unik seperti cincin dan gelang. Layaknya pasar murah, Anda pun bisa menawar setiap barang yang akan Anda beli.

Wahana Permainan Anak

Playground Alun-Alun Mojokerto

Setiap malam, wisata Alun-Alun Mojokerto ini ramai dengan pedagang kaki lima dan wahana permainan anak-anak. Beberapa wahana ini seperti kereta mini, sewa skuter, pancing ikan dan banyak lagi.

Untuk jenis wahana seperti ini pengunjung harus membayarnya. Tenang, harganya sangat terjangkau dan di akhir pekan, untuk menaikinya anak Anda bisa saja harus antri dengan anak-anak lain.

Tapi, ada juga wahana yang tidak berbayar yang sudah tersedia di sini. Beberapa di antaranya ada jungkat-jungkit, ayunan dan wahana lain. Jadi, tinggal pilih saja mau yang gratis atau berbayar.

Kuliner Nikmat dan Murah

Daya tarik berikutnya dari Alun-Alun Mojokerto ini adalah kulinernya. Anda bisa menemukan berbagai macam kuliner dari yang bersifat ringan hingga berat.

Wisata kuliner di alun-alun sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, Anda bisa menyantap berbagai macam makanan khas Jawa Timur enak dan minumannya dengan harga yang murah.

Apalagi makannya di dekat lapangan atau di pinggir jalan bersama keluarga maupun teman-teman. Anda bisa makan sepuasnya dan jajan semaunya tanpa perlu khawatir akan kehabisan uang.

Jam Buka Alun-Alun Mojokerto

gym area alun-alun mojokerto

Alun-alun ini buka setiap hari selama 24 jam. Sehingga Anda bisa berkunjung kapan saja. Tapi jika ingin datang saat ramai, bisa malam hari atau akhir pekan saat suasana sangat ramai dan meriah.

Tentu saja, di Mojokerto bukan hanya alun-alun yang menjadi tujuan wisata. Masih banyak destinasi wisata lain termasuk wisata alam yang menakjubkan.

Anda bisa memanfaatkan layanan dan jasa dari Salsa Wisata untuk berkunjung ke Alun-Alun Mojokerto dan tempat wisata lainnya. Ada paket wisata, paket perjalanan termasuk penginapan.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)