SalSari Resto & Coffee

Ada banyak tempat wisata Bali yang gratis tanpa harus membayar tiket masuk, Taman Werdhi Budaya Art Center Salah satunya. Walaupun gratis, taman budaya ini tetap menawarkan keeksotisan Bali dari segi kebudayaan yang tak kalah dengan yang berbayar.

Semenjak pertama kali buka, taman budaya ini menjadi tempat wisata favorit para wisatawan yang berlibur di Bali. Anda dapat melihat berbagai macam koleksi karya seni dan kebudayaan Bali.

Sehingga selain sebagai ajang untuk refreshing, juga sekaligus menambah wawasan baru mengenai kebudayaan Bali.

Sekilas Tentang Bali Art Center

sekilas tentang Taman Werdhi Budaya Art Centre

Bali Art Center atau Taman Budaya Bali yaitu sebuah tempat yang menaungi berbagai kesenian Bali untuk melestarikan budaya dan pengembangannya. Taman budaya ini diinisiasi oleh Gubernur pertama Bali yaitu, Ida Bagus Mantra.

Beliau merupakan sosok pemimpin yang sangat peduli dengan kelestarian seni dan nilai-nilai budaya Bali.

Sebagai bukti kecintaannya, beliau rela menggunakan tanah pribadinya untuk lahan tempat berdirinya Bali Art Center. Harapannya, generasi muda Bali dapat menjaga sekaligus melestarikan seni dan adat budaya Bali seiring dengan maraknya budaya asing yang masuk.

Nama awalnya yaitu Taman Werdhi Budaya, namun kemudian dilembagakan menjadi Taman Budaya Bali atau Bali Art Center. Kompleks bangunan Taman Budaya Bali mempunyai luas lahan sekitar lima hektar, dengan arsitektur bangunan tradisional Bali.

Setiap detail bangunannya menggambarkan kebudayaan Bali. Terlihat sangat indah apa lagi adanya taman-taman yang tertata rapi serta aliran sungai di tengah taman menambah keindahannya.

Lokasi Bali Art Center

Bali Art Center

Secara administratif lokasi Bali Art Center terletak di Jl. Nusa Indah No.1, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Lokasinya sangat strategis berada di tengah-tengah Kota Denpasar.

Jaraknya hanya sekitar 4,5 kilometer atau 20 menit berkendara. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau jika Anda datang dari kawasan Tanjung Benoa, Kuta, maupun Sanur.

Jika dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit hingga satu jam berkendara. Anda bisa menggunakan layanan rental mobil Bandara Ngurah Rai untuk mengantarkan ke tempat wisata terkenal Bali atau ke penginapan.

Harga Tiket Masuk Bali Art Center

Taman Budaya Bali menawarkan banyak daya tarik dan juga fasilitas. Walaupun begitu, Anda dapat mengunjunginya secara gratis. Bahkan, Anda bebas berfoto-foto dan mengabadikan kenangan indah saat berkunjung ke sana. Awal tujuan didirikannya taman budaya ini yaitu untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan kebudayaan Bali. Oleh karena itu, pengelola setempat tidak menetapkan tiket masuk.

Namun, Anda tetap harus mentaati segala aturan yang berlaku. Misalnya selalu menjaga kebersihan dan tidak asal menyentuh barang koleksi yang ada. Harga tiket masuk Bali Art Center memang gratis, namun Anda masih harus tetap membayar parkir bila datang menggunakan kendaraan. Berikut ini tarif parkir kendaraan di Taman Budaya Bali:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Daya Tarik Bali Art Center

Taman Werdhi Budaya Art Center merupakan destinasi kebanggaan warga Bali. Keberadaannya membantu meningkatkan perekonomian warga Bali, khususnya warga Denpasar.

Para wisatawan yang datang dapat membelanjakan uangnya kepada UMKM dan pemilik usaha di sekitar sana. Selain Bali Art Center, masih banyak tempat wisata Denpasar yang menarik untuk dikunjungi.

Selain sebagai sanggar belajar kesenian, Taman Werdhi Budaya Art Center mempunyai beberapa daya tarik yang membuat banyak wisatawan datang mengunjunginya. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Explore Bangunan Bali Art Center

Saat berkunjung ke Taman Budaya Bali mengeksplorasi seluruh bagian bangunan merupakan suatu hal yang wajib. Secara keseluruhan kompleks taman budaya ini terbagi menjadi empat bagian, masing-masing mempunyai daya tariknya tersendiri.

Yang pertama ada kompleks bangunan suci, meliputi Taman Beji, Bale Pepaosan, Bale Selonding, dll. Selanjutnya komplek tenang yang meliputi Perpustakaan Widya Kusuma, di mana tempat ini banyak menyimpan buku mengenai sejarah-sejarah Bali.

Yang ketiga ada kompleks setengah ramai berisi Gedung Kriya, Studio Patung, Gedung Pameran Mahudara, Wisma Seni dan Wantilan. Tempat tersebut biasa untuk pameran kesenian Bali. Area yang terakhir yaitu kompleks ramai meliputi Panggung Tertutup Ksirarnawa dan Panggung Terbuka Ardha Candra. Kedua panggung tersebut berada di sisi selatan sungai dan biasa digunakan untuk pentas kesenian.

Tapi, dari sekian banyak bangunan kompleks yang ada, terdapat area-area yang menjadi favorit para wisatawan. Area tersebut adalah Kalangan Ayodya, Gedung Ksisarnawa, Ardha Candra, dan Kalangan Ratna Kanda.

Pesta Tahunan Kesenian dan Kebudayaan Bali

Pesta Taman Werdhi Budaya Art Centre

Perlu Anda ketahui, setiap tahunnya selama sebulan penuh Taman Budaya Bali mengadakan acara kesenian bernama Pesta Kesenian Bali. Acara ini biasanya diadakan pada pertengahan tahun yaitu bulan Juni sampai Juli. Waktu-waktu tersebut memang sering bertepatan dengan waktu libur sekolah.

Jadi, Anda dapat memanfaatkan waktu liburan untuk melihat pertunjukan Pesta Kesenian Bali. Buat Anda yang dari luar Bali bisa menggunakan layanan paket wisata Bali jika ingin melihat pertunjukan seni ini.

Peserta pementasan berasal dari tiap kabupaten yang menampilkan pertunjukan dengan ciri khas masing-masing. Pementasan tersebut tidak hanya dilakukan oleh warga lokal Bali, Anda yang dari luar Bali atau turis mancanegara bisa mengikutinya.

Acara ini akan menampilkan berbagai macam pertunjukan kesenian Bali setiap harinya. Anda dapat menyaksikan berbagai kesenian seperti seni tabuh, wayang, joged bung-bung, kreasi baru, tari bondres, tari kecak, dan lain-lain.

Selain pertunjukan, terdapat pameran kesenian seperti seni lukis, seni pahat, seni batik, kerajinan emas dan perak, dan kerajinan unik lainnya. Anda bisa membelinya langsung di tempat sebagai oleh-oleh khas Bali kekinian untuk Anda bawa pulang.

Ornamen Cantik yang Instagramable

Taman Werdhi Budaya Art Centre

Setiap detail bangunan, ukiran, dan furniture bangunan di Bali Art Center tampak estetik. Sangat kental dengan nuansa Bali. Hal tersebut tentu menjadi sebuah pemandangan yang memanjakan mata, apa lagi buat Anda yang dari luar Bali.

Berkeliling melihat koleksi kesenian yang ada sambil melihat ornamen yang cantik di setiap bangunannya merupakan suatu hal yang mengesankan. Setiap detail ukiran dan ornamennya mempunyai makna tersendiri. Anda dapat bertanya kepada penjaga setempat mengenai makna yang terkandung dalam setiap ukirannya.

Banyak Spot Foto

Wisata Taman Werdhi Budaya Art Center telah menjadi tempat wisata favorit di Bali. Selain mempelajari kesenian dan kebudayaan Bali, Anda juga dapat berfoto-foto, melihat setiap detail bangunannya terlihat sangat estetik.

Berfoto dengan latar belakang ornamen yang estetik tentu akan menghasilkan gambar yang sangat keren. Bentuk ukiran di dinding dan karya seni yang ada di Bali Art Center juga bisa menjadi objek foto yang bagus.

Jangan lupa untuk mendokumentasikan segala aktivitasmu di Bali Art Center dengan kamera atau handphone. Tentunya itu akan menjadi kenangan manis yang sangat berkesan.

Fasilitas Bali Art Center

Karena sering mendapat kunjungan dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara, fasilitas yang tersedia cukup lengkap dan memadai. Anda dapat dengan mudah mendapatkan tempat parkir karena lahan parkirnya luas, muat hingga beberapa mobil.

Taman-tamannya tertata rapi dan banyak pohon rindang yang menaungi sehingga udaranya lebih segar dan sejuk. Selain itu terdapat toilet-toilet yang selalu terjaga kebersihannya. Para penjaga yang bertugas dengan senang hati akan membimbing dan mengarahkan wisatawan dengan penuh senyum.

Di sekitar kawasan Bali Art Center banyak tersedia warung yang menjual aneka hidangan kuliner khas Bali. Anda dapat mengunjungi wisata kuliner khas Bali halal di sekitar lokasi. Pilihannya tentu sangat beragam. Menu-menu makanan yang ditawarkan sangat bervariasi.

Jam Buka Bali Art Center

Bagi Anda yang ingin mengunjunginya penting untuk mengetahui jam operasional Bali Art Center, karena tidak semua hari jam bukanya sama. Taman Werdhi Budaya Art Center setiap hari Senin sampai Kamis pada pukul 08.00 – 14.00 WITA. Pada hari Jumat – Sabtu buka dari pukul 08.00 – 12.00 WITA.

Untuk hari Minggu dan hari libur nasional Bali Art Center tidak beroperasi. Bila sedang ada Pesta Kesenian Bali, tempat ini buka setiap hari hingga pukul 22.00 WITA.

Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah pada pertengahan tahun yaitu bulan Juni sampai Juli. Karena di waktu tersebut akan diselenggarakan Pesta Kesenian Bali. Oleh karena itu catat dari sekarang kapan tanggal terbaik di antara bulan Juni dan Juli.

Untuk mendapatkan pengalaman liburan terbaik, Anda bisa menggunakan layanan biro travel terbaik seperti Salsa Wisata. Berbagai paket wisata Bali bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Dengan begitu Anda tak perlu repot-repot mengurus semua kebutuhan liburan karena semuanya sudah disiapkan. Mulai dari akomodasi, itinerary, transportasi, dan konsumsi.

 



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

3.7/5 - (3 votes)