SalSari Resto & Coffee

Hingga saat ini, ada banyak sekali peninggalan penjajah yang kini menjadi situs wisata sejarah dan edukasi. Di Bengkulu, misalnya, ada yang namanya Benteng Marlborough yang masih kokoh hingga sekarang.

Benteng ini menjadi salah satu tempat wisata Bengkulu kota yang ramai akan wisatawan. Umumnya, mereka datang ke sini karena penasaran, ingin belajar sejarah, dan berburu foto instagramable.

Sejarah Benteng Marlborough

benteng marlborough dibangun pada masa penjajahan inggris

Benteng Marlborough merupakan sebuah bangunan benteng peninggalan Inggris yang terletak di Bengkulu. Berdasarkan sumber sejarah Benteng Marlborough, Fort Marlborough, dibangun pada tahun 1714 hingga 1719.

Fungsi Benteng Marlborough sendiri adalah sebagai benteng pertahanan pasukan Inggris dari serangan luar. Benteng ini lalu terus mengalami perluasan di beberapa areanya.

Diantaranya untuk ruangan penyimpanan senjata atau gudang senjata. Lalu ada juga ruangan khusus untuk penjara. Kemudian dari segi arsitekturnya, sebenarnya benteng ini tak jauh berbeda dengan Benteng Vredeburg yang ada di Yogyakarta.

Nama benteng ini sendiri berasal dari pendirinya, yaitu John Churchill, yaitu seorang Duke dari Marlborough. Kini, benteng ini menjadi objek wisata sejarah terkenal. Uniknya, masih ada jejak sejarah konkret di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Benteng Marlborough

Ada biaya tiket masuk untuk tiap pengunjung yang memasuki benteng ini. Harga tiketnya sangat murah dan ada biaya parkir kendaraan yang harus dibayarkan tersendiri.

Dan di bawah ini adalah info harga tiket masuk Benteng Marlborough dan biaya parkir terbaru yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Benteng Marlborough

Benteng Marlborough bengkulu

Lokasi Benteng Marlborough terletak di Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu. Letaknya berada di pusat kota sehingga dari arah manapun Anda akan mudah untuk menjangkaunya.

Dari arah manapun, arahkan kendaraan menuju kota Bengkulu. Setelah itu, bisa mengikut papan penunjuk jalan atau menggunakan aplikasi Google Maps. Lokasinya sangat mudah dan akses jalan juga sudah aspal.

Ada cara yang paling mudah untuk bisa dengan mudah tiba di sini. Tepat sekali, caranya yaitu dengan menggunakan jasa rental mobil terdekat dengan rumah Anda.

Daya Tarik Benteng Marlborough

Fort Marlborough bisa menjadi destinasi wisata di akhir pekan untuk mengenal lebih dekat sejarah Bengkulu. Selain itu, ada berbagai daya tarik lainnya yang membuat banyak wisatawan berkunjung ke sini. Berikut keterangannya.

Benteng Inggris Terbesar Kedua di Asia Tenggara

Inggris sempat menjajah mayoritas bangsa di Asia dan masing-masing memiliki benteng sebagai pertahanan. Dan tahukah Anda bahwa Fort Marlborough ini adalah benteng peninggalan Inggris terbesar kedua di Asia.

Posisi pertama adalah Benteng Chennai di India. Sedang di Asia Tenggara, benteng ini adalah yang terbesar. Ukurannya memang sangat luas. belum lagi kanal atau paritnyA yang dulu penuh dengan jebakan untuk lawan.

Bastion dan Meriam

benteng marlborough sejarah

Untuk memperkuat pertahanan Inggris, Inggris melengkapi benteng ini dengan bastion dan meriam. Bastion merupakan tempat untuk memantau musuh yang berada dekat dengan benteng.

Inggris akan menempatkan satu atau beberapa pasukan di setiap bastion. Ketika ada pergerakan musuh, mereka dapat dengan sigap melakukan penyerangan agar musuh menjauh dari benteng.

Bastion ini berbentuk seperti Gunungan Wayang atau Kayon. Jika Anda melihat benteng ini dari atas, maka di setiap pojok memiliki bastion berbentuk Gunungan Wayang. Bastion ini bisa untuk beberapa tentara.

Selain bastion, ada juga meriam yang berjejer rapi. Jumlah meriam di sini ada sekitar 72 buah meriam. Semuanya dalam kondisi siap tembak. Sekarang meriam ini menjadi spot foto yang menarik perhatian para pengunjung.

Parit Pertahanan

Dulu, parit ini memiliki fungsi yang sangat penting terhadap pertahanan benteng. Oleh sebab itu, Inggris tidak tanggung-tanggung membuat parit dengan kedalaman hingga 5 meter dan mengelilingi benteng.

Selain itu, pada saat benteng ini masih berfungsi sebagaimana mestinya, terdapat dua jembatan dengan panjang mencapai 20 meter. Musuh atau siapapun sebelum memasuki benteng harus melewati jembatan tersebut.

Inilah yang membedakan antara benteng buatan Inggris dan Belanda walaupun dari struktur bangunan hampir sama. Bahkan jika Anda membandingkan Marlborough dengan Benteng Vastenburg. Jelas keduanya berbeda.

Halaman Tengah yang Luas

lokasi benteng marlborough

Jika di bagian luar Benteng Marlborough terdiri dari dinding, maka di bagian dalamnya ada ruang terbuka. Ruangan outdoor ini seperti tanah lapang yang sangat luas sehingga bisa untuk berbagai kegiatan.

Dulu, tempat ini berfungsi sebagai pemukiman sementara para tentara, tempat berlatih, berkumpul, dan berlindung. Ketika Anda berada di sini, bisa merasakan pengalaman bagaimana orang-orang yang berada di ruang ini.

Sekarang ruang tengah ini terlihat cantik dan asri dengan rerumputan hijau dan tanaman. Lokasinya cocok untuk istirahat setelah berkeliling benteng atau sekedar berfoto.

Pantai Tapak Panderi

Ajaklah keluarga atau anak-anak untuk berkunjung ke benteng ini. Selain belajar sejarah, mereka juga bisa berkunjung ke Pantai Tapak Panderi yang berada tepat di sebelah benteng.

Pantainya indah, udaranya sejuk, dan suasanya tenang sehingga cocok untuk berakhir pekan. Garis pantainya panjang dan menawarkan berbagai kegiatan seru seperti bermain air di tepi pantai. Tentu saja, bersantai sambil menikmati view eksotis adalah hal yang sempurna.

Pondok Sandal Jodoh

pondok sandal jodoh

Yang menarik dan cukup berbeda dengan wisata sejarah lainnya adalah adanya Pondok Sandal Jodoh. Tempat ini sangat unik dan nyentrik karena di sini Anda akan melihat banyak sandal tapi hanya satu sisi saja.

Ini adalah dinding pondok di mana banyak pengunjung menggantungkan sandal hanya sebelah saja. Tujuannya adalah untuk menemukan jodoh yang selama ini belum bertemu. Entah benar atau tidak, nyatanya menarik.

Banyak yang datang ke sini dengan tujuan menggantungkan sandal sebelah atau juga berfoto. Cukup unik memang sehingga Anda perlu datang ke lokasi Pondok Sandal Jodoh ini meski sekedar untuk melihat.

Wisata Kuliner Lezat

Memang, di dalam wisata Bengkulu ini tidak terdapat pusat makanan khas 34 provinsi yang ada di Indonesia. Akan tetapi di lokasi dekat bentang ada cukup banyak. Apalagi lokasi benteng ini juga dekat dengan pantai sehingga ada cukup banyak tempat makan.

Jadi, setelah menjelajahi benteng atau bermain di pantai, kegiatan seru selanjutnya adalah wisata kuliner. Di lokasi ini sendiri ada banyak pilihan menu makanan dan minuman segar dengan harga yang terjangkau.

Fasilitas di Objek Wisata Benteng Marlborough

Ragam fasilitas bisa Anda temukan di sini. Fasilitasnya cukup lengkap untuk menunjang kegiatan wisatawan selama berada di sini. Ada tempat parkir kendaraan, toilet, hingga mushola.

Sedangkan fasilitas berupa tempat makan ada di luar benteng atau di dekat pantai. Di Bengkulu sendiri ada beragam makanan Bengkulu yang enak yang bisa Anda coba. Makanan ini kaya akan cita rasa dan bumbu rempah nusantara.

Jam Buka Objek Wisata Benteng Marlborough

harga tiket benteng marlborough

Fort Marlborough buka setiap hari dari pagi hingga sore. Tidak ada hari libur sehingga Anda bisa datang ke sini hari apa saja. Walau di akhir pekan, jumlah pengunjungnya tidak terlalu banyak.

Untuk jadwal operasional, jam buka Benteng Marlborough ini mulai dari jam 08.00 sampai jam 17.00 WIB. Karena lokasinya berada di pusat kota, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai macam oleh-oleh di toko oleh-oleh Bengkulu.

Oleh-oleh ini ada cukup banyak jenisnya sehingga Anda bisa memilih mana yang paling suka. Salsa Wisata dapat membantu Anda untuk mengadakan perjalanan wisata ke objek wisata Benteng Marlborough dengan biaya terjangkau.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)