Anda warga Bandung, siapa yang tak kenal dengan tempat wisata yang satu ini. Bukit Bintang memang sangat terkenal, khususnya para wisatawan dari Jakarta. Tempat ini kerap menjadi tujuan utama liburan bagi warga ibu kota.

Bahkan baru-baru ini, bukit cantik ini menjadi destinasi wisata hits di mata anak muda Bandung. Tak heran jika banyak pengunjung dari kalangan anak jaman now yang berbondong-bondong ke sini.

Tempat ini juga jadi favorit wisatawan luar kota yang menggunakan paket liburan ke Bandung dari agen perjalanan. Keindahannya membuat destinasi wisata ini sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Daya Tarik Bukit Bintang Bandung

Meski tergolong baru, objek wisata ini rupanya sudah sangat populer. Tak hanya populer di Bandung saja, melainkan juga di kota-kota lainnya.

Zona wisata yang berada di ketinggian 1.442 mdpl ini menyuguhkan pemandangan hutan pinus yang menawan. Deretan pohon pinus yang tumbuh subur terlihat begitu rapi berjajar.

Daun-daun pohon pinus yang lebat menjadikan area hutan pinus ini terasa rindang dan adem. Menambah sejuk objek wisata ini. Kecantikannya pun tidak kalah dengan Bukit Bintang yang ada di Gunung Kidul.

Meski masih berbenah, objek wisata ini tentu tak hanya mengandalkan kecantikan hutan pinusnya saja. Melainkan juga ada beberapa atraksi wisata lainnya yang patut Anda kunjungi.

Apa saja daya tarik wisata bukit ini? Telah kami buat rangkumannya untuk Anda.

Sunset di Bukit

Karena berada area dataran yang lebih tinggi, objek wisata ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati detik-detik matahari terbenam.

Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa menyaksikan sunset paling sempurna di Kota Bandung. Selain itu, jika Anda beruntung, Anda juga akan mendapatkan bonus berupa efek sunset. Misal, siluet pepohonan di hutan pinus.

Saat gelap tiba, kerlap-kerlip lampu kota dan lampu kendaraan juga mulai terlihat dari ‘atap’ Bandung ini.

Romantisme dan Suasana Malam

Bukit Bintang Bandung Malam Hari

Suasana malam di bukit Dago ini juga menjadi momen yang sangat ‘mahal’, terutama bagi pengunjung luar Kota Bandung. Bagaimana tidak, suasana semacam ini mampu hadirkan romantisme tersendiri.

Apalagi dibarengi dengan hadirnya orang terkasih. Suasana romantis akan begitu terasa. Sekedar ngobrol santai sembari menikmati jagung bakar hangat pastinya akan menjadi momen indah yang tak terlupakan.

Selain jagung bakar, masih banyak wisata kuliner Bandung yang bisa Anda nikmati. Contohnya saja seperti bandrek, minuman hangat khas Bandung yang mantap.

Camping di Camping Ground

Camping di Bukit Bintang Bandung

Anda juga dapat mendirikan tenda Anda di kawasan camping ground. Area camping ground ini sangat luas. Hampir tiap akhir pekan area ini selalu penuh oleh pengunjung yang ingin berkemah.

Pihak pengelola menyediakan jasa sewa tenda dan perlengkapan camping lainnya. Tarif sewanya sangat terjangkau. Tentu ini menjadi alternatif tepat bagi pengunjung yang mendadak ingin camping.

Bahkan sekedar kebutuhan kayu bakar untuk membuat api unggun pun tersedia di sini. Sungguh menarik, bukan?

Nah, agar suasana camping semakin terasa, jangan lupa untuk menambah logistik Anda. Lagi-lagi pihak pengelola menyediakan beragam logistik. Jika Anda tertarik untuk camping di sini, langsung saja lakukan pendaftaran.

Yang menarik adalah Anda dapat mendaftar langsung di hari H tak perlu booking jauh-jauh hari untuk bisa mendapatkan area untuk camping (kecuali akhir pekan).

Dermaga Bintang di Puncak

Wahana yang dinamai Dermaga Bintang ini terletak tepat di puncak kawasan wisata bukit ini. Dermaga Bintang ini tergolong wahana baru.

Banyak pengunjung yang kemudian memanfaatkan wahana ini untuk menikmati view malam hari dari atas ketinggian. Tentu bersama keluarga atau teman-teman tercinta.

Jika dilihat dari fisik bangunan, Dermaga Bintang ini berupa dek besar dan tinggi. Ketinggiannya hampir sama dengan pucuk pohon-pohon pinus.

Jelajah Hutan Pinus

Dan aktivitas paling menarik menurut penulis adalah jelajah hutan pinus. Melalui aktivitas ini, kita bebas berjelajah di area hutan pinus.

Area hutan yang bersih dari sampah plastik, udara bersih dan segar, dan suasana hutan yang sejuk sungguh terasa menenangkan. Rasa serunya  pun tidak kalah dari Hutan Pinus Mangunan Bantul.

Jika Anda berada tepat di puncak bukit, Anda dapat melihat dengan jelas area patahan Lembang. Tentu Anda harus menyiapkan fisik Anda terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas ini.

Cerita Mistis Penunggu Pohon Beringin

Bukan Indonesia namanya jika tidak dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Seperti cerita mistis penunggu 3 pohon beringin di bukit ini (Caringin Tilu).

Masyarakat sekitar masih percaya bahwa pohon-pohon beringin yang berusia ratusan tahun ini adalah pohon keramat.

Misal, ketika dua pohon tiba-tiba saja tumbang, kejadian ini kemudian dikaitkan dengan lengsernya kekuasaan dari salah satu partai politik besar di Indonesia.

Harga Tiket Masuk Bukit Bintang Bandung

Untuk dapat masuk ke dalam objek wisata bukit Moko ini, setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk. Harga per tiket-nya relatif terjangkau.

Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan juga akan dikenai biaya parkir. Bagi yang ingin camping, per camper wajib membayar retribusi Rp. 20.000,00.

Berikut harga tiket masuk terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Rp15.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga di atas bisa berubah alias mengalami kenaikan di waktu tertentu. Misalnya saat akhir pekan, libur nasional, cuti bersama, dan puncak musim liburan.

Agar tidak kehabisan tiket, Anda bisa memanfaatkan paket gathering dari Salsa Wisata. Anda dan rombongan bisa bebas mengunjungi berbagai tempat tanpa repot mengurus hal kecil seperti tiket dan agenda liburan.

Fasilitas Bukit Bintang Bandung

Fasilitas apa saja yang terdapat di area wisata bukit di Daerah Dago ini? Daftar fasilitas yang bisa Anda manfaatkan di objek wisata ini kurang lebih sama dengan fasilitas yang ada di gunung-gunung lainnya.

Contohnya adalah area parkir super luas, mushola, toilet umum, track hiking, camping ground, dan rest area. Untuk tempat parkir, terbagi menjadi beberapa zona.

Area parkir paling favorit adalah area parkir yang terletak di bawah; dekat dengan warung Moko. Kemudian berbicara soal warung, kini ada cukup banyak warung lesehan.

Para pengunjung sering menjadikan warung-warung lesehan ini sebagai tempat istirahat sekaligus mengisi perut. Ada pula toko oleh-oleh khas Bandung yang menjual berbagai souvenir menarik.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Bintang Bandung

Lokasi Bukit Bintang Bandung

Bagi kalian yang tak sabar ingin berkunjung ke sini, langsung datang saja ke Kampung Buntis Bongkor, Cimenyang, Kabupaten Bandung. Lokasi hutan pinus ini tak begitu jauh dari objek wisata Bukit Moko (200 m).

Rute menuju kawasan wisata bukit dan hutan pinus tidaklah sulit. Jika Anda berangkat dari Bandung, silahkan arahkan kendaraan Anda ke Terminal Cicaheum.

Setelah menjumpai perempatan, silahkan belok kiri ke arah Daerah Padasuka. Lanjutkan perjalanan ke arah Caringin Telu.

Area ini ditandai dengan jalan yang menanjak. Nah, kini Anda sedang menuju ke area parkir wisata bukit dan hutan pinus.

Cara termudah lain dengan memanfaatkan sewa Hiace Bandung yang ada di Salsa Wisata. Pilihan mobil yang lengkap dan sopir berpengalaman siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Bukit Bintang Bandung

Hutan pinus dan area bukit ini dibuka setiap hari. Jam operasional dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 7 malam. Akan tetapi, saat akhir pekan atau saat musim liburan, area wisata ini buka 24 jam.

Tips Berkunjung ke Bukit Bintang

Agar trip dan liburan Anda lancar, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan. Berikut list tips-nya:

  1. Bagi Anda yang ingin berburu sunrise di puncak bukit, sebaiknya Anda berangkat lebih dini. Waktu pemberangkatan terbaik adalah pukul 04.30 WIB
  2. Jika ingin melihat sunset, idealnya Anda siap berangkat pukul 16.00 WIB
  3. Pilih waktu liburan saat hari kerja alias bukan saat musim liburan agar lokasi wisata tidak terlalu ramai
  4. Memakai pakaian yang berbahan tebal agar hangat
  5. Bagi Anda yang ingin camping, sebaiknya siapkan peralatan dan perlengkapan jauh-jauh hari
  6. Masih untuk Anda yang akan camping, jangan lupa untuk cek logistik dan obat-obatan

Penginapan Sekitar Bukit Bintang Bandung

Ada banyak sekali daftar penginapan yang dekat dengan kawasan wisata bukit  ini. Masing-masing menawarkan fasilitas yang lengkap dan hunian sementara yang nyaman.

Nah, untuk menambah referensi Anda, berikut kami infokan beberapa penginapan paling recommended di sekitar bukit.

Pondokan Tjiburial

Penginapan ini adalah penginapan terdekat dengan destinasi wisata. Jaraknya kurang dari 1 km dari wisata bukit. Adapun fasilitas yang ditawarkan antara lain Wifi, cleaning service, room service, area parkir, dan AC.

Info harga dan alamat kami bagikan di bawah ini.

Alamat Jl.  Bukit Pakar Timur No.33, Bandung, Jawa Barat
Tarif/ Malam Mulai dari Rp. 635.000,00

De Bukit Dago Villa by HouseinBandung

Jarak villa ini memang relatif lebih jauh dari wisata bukit, yaitu 0,28 km. Akan tetapi lokasinya sangat strategis. Tepatnya di Daerah Dago Atas. Villa ini tentu sangat menjanjikan.

Fasilitas yang tersedia juga lebih lengkap. Bahkan tersedia fasilitas tambahan seperti smoking area. Fasilitas tambahan lainnya adalah fasilitas tempat untuk menyimpan barang tamu.

Villa ini memang didesain untuk memberikan kenyamanan maksimal kepada para tamu. Yang membuat villa ini begitu spesial adalah adanya fasilitas rekreasi.

Fasilitas rekreasi yang dimaksud adalah lapangan golf, playing ground, dan masih banyak lainnya. Dengan fasilitas sekeren ini, Anda pasti penasaran dengan tarif sewanya, bukan? Berikut infonya.

Alamat Jl.  Bukit Pakar Timur IV/ D6, Bandung, Jawa Barat
Tarif/ Malam Mulai dari Rp. 1.170.000,00

Dago Highland Resort

Hanya berjarak 500 meter saja dari destinasi wisata bukit, Dago Highland Resort menawarkan hunian sementara terbaik. Tak hanya soal jarak, fasilitas-fasilitas yang ada juga begitu lengkap.

Wifi gratis, layanan resepsionis 24 jam, area parkir luas, dan food & beverage gratis hanya sebagian saja. Masih banyak fasilitas lainnya yang tak kalah menarik.

Bagaimana dengan harga? Tentu tidak akan membuat dompet Anda menangis. Ini daftar harga dan alamatnya.

Alamat Jl.  Bukit Pakar Timur IV No.88, Bandung, Jawa Barat
Tarif/ Malam Mulai dari Rp. 1.199.000,00

Objek Wisata di Sekitar Bukit Bintang Bandung

Daerah Dago Atas memang terkenal dengan ragam pilihan wisatanya. Ada banyak tempat wisata Bandung yang bisa kita pilih ketika kita berada di sana.

Tak hanya wisata bukit dan hutan pinus saja, melainkan juga ada Fairy Garden, Wisata Maribaya, dan Tebing Keraton.

Fairy Garden

Objek wisata ini sangat fancy, terutama untuk anak-anak. Konsep utama area wisata ini adalah negeri dongeng. Bangunan istana megah bak istana-istana di film Disney menghiasi kawasan wisata Fairy Garden.

Ada banyak spot foto yang sangat Instagramable. Anda yang suka dengan hal-hal berbau Disney, wajib kunjungi tempat ini.

Wisata Maribaya

Berbeda drastis dengan referensi sebelumnya, Wisata Maribaya benar-benar menawarkan vibe alami yang kental. Ada 5 destinasi wisata di sini. Kebun Begonia, The Lodge Maribaya, Curug Omas Maribaya, dan Maribaya Nature Hot Spring Resort.

Tebing Keraton

Jangan lupa mampir ke Tebing Keraton untuk sekedar menikmati pemandangan khas perbukitan di Taman Hutan Raya Juanda. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati ketika akan hiking di sini. Trek-nya begitu terjal.

Tebing Keraton sering menjadi incaran para hikers karena dari puncak tebing kita bisa menyaksikan keindahan Taman Hutan Raya Juanda dan Gunung Tangkuban Perahu sebagai background-nya.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)