SalSari Resto & Coffee

Jika berlibur ke Bandung, memang paling asyik jika berkemah di tengah alam terbuka. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa melakukan aktivitas mengasyikkan, tetapi juga bisa melepas penat.

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang bisa menjadi salah satu pilihan tempat berkemah. Di sini, Anda bisa berkemah bersama keluarga maupun para sahabat, bermain di tepi sungai hingga hiking.

Sebelum Anda berkunjung ke tempat wisata alam hits di Bandung ini, ada baiknya bila Anda menyimak terlebih dahulu ulasan kami berikut ini!

Sekilas Tentang Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

camping di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Tempat berkemah yang juga dikenal sebagai Bumi Perkemahan (Buper) Rancangkuang Gambung ini dikelola oleh Agrowisata PPTK Gamboeng. Ranca Cangkuang sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya “Rawa Pohon Cangkuang.”

Nah, pohon Cangkuang merupakan pohon sejenis palem yang daunnya digunakan sebagai pembungkus gula aren. Dinamakan begitu karena saat belum menjadi tempat berkemah, daerah ini memang ditumbuhi oleh pohon-pohon cangkuang.

Tempat berkemah ini memang cocok sekali untuk Anda yang menginginkan ketenangan dan privasi, atau hendak menjauh dari keramaian selama sesaat. Lokasinya terletak di sebuah lembah asri yang dihiasi dengan sungai jernih.

Buper Cangkuang terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu bagian atas yang merupakan bukit dengan rawa-rawa kering, bagian tengah yang merupakan padang rumput hijau, dan bagian bawah yang berada di tepi sungai.

Nah, bagian bawah inilah yang menjadi spot favorit para pelancong yang hendak berkemah. Tapi, tahukah Anda bahwa Buper ini juga memiliki kisah mistis?

Konon katanya, terdapat beberapa makhluk halus yang suka berbuat usil para para pelancong yang berkemah di sini.

Itu sebabnya diimbau kepada para pengunjung untuk tidak melakukan atau berkata hal yang negatif agar tidak mengganggu makhluk-makhluk halus ini.

Rute Menuju Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Tempat wisata ini terletak di Jl. Gambung, Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 1 jam 30 menit perjalanan dari pusat kota Bandung dengan kendaraan pribadi.

Bagi para pengunjung yang datang dari luar kota atau pulau bisa memanfaatkan layanan rental mobil Innova Zenix lepas kunci di Salsa Wisata. Dengan begitu, perjalanan menjadi lebih nyaman dan Anda tidak perlu lagi memusingkan perihal rute dan waktu tempuh.

Anda bisa langsung mengambil jalur yang menuju Alun-alun Ciwidey. Dari sana, belok ke kiri ke Jalan Cagak atau bisa juga mengambil Cisondari. Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah hingga tiba di Jalan Gambung.

Jam Buka Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Jam buka Pukul
Setiap hari 24 jam

Harga Tiket Masuk Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Untuk berkemah di ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Anda juga bisa mengambil paket wisata Bandung murah di Salsa Wisata yang sudah termasuk kunjungan ke beberapa destinasi. Dengan begitu, Anda bisa semakin menekan biaya berlibur agar terlalu mahal.

Berikut ini beberapa harga yang perlu Anda perhatikan:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Weekdays Rp10.000,00

Weekend Rp12.500,00

Parkir inap motor Rp3.000,00
Parkir inap mobil Rp10.000,00

Fasilitas di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

fasilitas di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Tempat wisata alam Ciwidey kekinian ini berada di alam terbuka yang belum terlalu dijamah oleh tangan manusia. Oleh sebab itu, tidak terlalu banyak fasilitas umum yang ada di sini.

Lahan parkirnya berupa padang rumput yang luas. Ada toilet umum yang letaknya agak jauh. Sementara untuk mandi, para pengunjung lebih memilih berenang atau membasuh tubuh di sungai yang berair jernih.

Ada warung kecil yang menjual makanan ringan khas Bandung enak. Namun, warung ini hanya buka di hari-hari tertentu saja. Maka dari itu, pastikan Anda membawa bekal yang cukup ya!

Selain bekal, jangan lupakan pula segala peralatan dan perlengkapan berkemah. Sebab, di sini belum ada tempat yang menyewakan peralatan dan perlengkapan tersebut.

Daya Tarik di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

bermain air di sungai Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Berkemah di Alam Terbuka

Lokasi ini cocok sekali bagi Anda yang ingin merasakan bagaimana berkemah yang sesungguhnya. Keterbatasan fasilitas justru akan membuat hal tersebut menjadi semacam tantangan tersendiri.

Di hamparan padang rumput yang hijau, tepat di tepi sungai, Anda harus mendirikan kemah sebagai tempat bermalam. Lalu, Anda juga harus mengumpulkan kayu-kayu bakar untuk menyalakan api unggun.

Semua itu tentunya akan terasa cukup sulit, apa lagi bagi yang belum berpengalaman. Tapi, dijamin, berkemah di Buper Cangkuang ini sangat mengasyikkan!

Bagi Anda yang membawa anak juga tidak perlu risau. Sebab, lokasi perkemahan ini aman dan cukup tenang. Walau begitu, jangan lepaskan pengawasan Anda terhadap si kecil ya!

Bermain di Tepi Sungai

Sungai yang ada di tepi padang rumput ini bisa menjadi salah satu alternatif wahana gratis. Tidak kalah seru dan mengasyikkan daripada kolam renang di daerah Bandung lainnya!

Aliran air di sungai ini tidak terlalu deras dan dalam. Jadi, para pelancong bisa dengan aman dan leluasa turun ke sungai untuk mandi, berenang, bermain air atau sekadar membasuh wajah.

Anda juga bisa berjalan-jalan menyusuri sungai ini hingga ke hutan kecil yang ada di sekitar Buper.

Hiking Sambil Mengabadikan Panorama

Buper Cangkuang ini memang terletak tidak jauh dari perkebunan teh. Jika Anda menyukai tantangan, Anda bisa mencoba menyusuri sungai, lalu menyeberang dan mendaki bukit.

Dari bukit ini, Anda bisa langsung menuju perkebunan teh yang luas dan hijau. Pemandangan dari atas juga sangat menakjubkan dan patut diabadikan.

Tapi, Anda harus berhati-hati jika hujan turun ya! Sebab, trek hiking-nya akan becek dan licin.

Nah, jika Anda tertarik untuk berkemah di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang, maka disarankan untuk datang di pagi hari. Dengan begitu, Anda bisa segera mendirikan kemah lalu mengeksplor lingkungan sekitar sepuas hati.

Jangan lupa pula untuk membawa kantong tidur, jaket yang tebal dan pakaian hangat untuk antisipasi jika hujan turun.

Saat pulang dari berkemah, Anda bisa mampir ke toko-toko yang ada di daerah Ciwidey untuk membeli oleh-oleh khas Bandung kekinian ya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)