SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gemar mengunjungi situs-situs candi peninggalan sejarah? Klaten dan Yogyakarta adalah lokasi yang pas untuk wisata candi. Namun kali ini kami akan bahas Candi Sojiwan di Klaten.

Situs candi ini sangat menarik karena secara fisik, desain candinya sangat mirip dengan Candi Prambanan. Hanya berbeda dari ukuran dan detail candi saja.

Kompleks candi ini pun sangat indah karena tepat di pelataran depan candi terdapat sebuah taman mungil yang penuh dengan bunga warna-warni.

Kemudian di area samping candi, terdapat taman yang cukup luas dengan dominasi rumput hijau yang terpangkas rapi.

Candi ini relatif sepi pada hari-hari biasa. Namun ketika libur akhir pekan tiba, situs candi ini terlihat dipenuhi oleh wisatawan, terutama wisatawan dari luar kota.

Sejarah Candi Sojiwan

Candi Sojiwan adalah sebuah situs candi bercorak Budha yang terletak di kawasan perbatasan Provinsi Jateng dan Provinsi DIY. Situs sejarah ini terletak di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan.

Dulu, tempat wisata ini hanya reruntuhan yang usang dan tak terawat. Reruntuhan ini berupa bongkahan-bongkahan batu yang belum tertata.

Setelah sekian lama terabaikan, bongkahan-bongkahan batu ini akhirnya mendapat perhatian dan masuk tahap pemugaran. Selesai pemugaran, bangunan candi ini akhirnya secara resmi terbuka untuk wisatawan publik.

Melansir dari website resmi perpusnas, candi ini merupakan peninggalan Raja Balitung. Konon candi ini adalah hadiah untuk sang nenek, yaitu Nini Haji Rakryan Sanjiwana.

Ada yang unik dari kisah ini, yaitu di mana Sang Raja Balitung sendiri adalah raja yang beragama Hindu, sedang sang nenek beragama Budha.

Kisah ini tentu mengingatkan kita akan kisah sejarah pembangunan Candi Plaosan di Klaten. Kedua candi ini adalah wujud toleransi  yang nyata pada masa itu.

Candi ini adalah sebuah monumen peninggalan Dinasti Mataram Kuno yang berdiri pada tahun 842 hingga 850 Masehi.

Luas areanya mencakup 8.140 meter persegi dengan rincian: luas bangunan sebesar 401.3 meter persegi dan tinggi bangunan 27 meter. Candi ini menghadap ke Barat.

Detail Struktur

Bangunan candi ini tergolong ramping dan memiliki gaya candi Jawa Tengah yang biasanya memiliki 3 unsur. Ketiga unsur tersebut terdiri dari dasar atau kaki, tubuh, dan atap.

Pada bagian tubuh candi terdapat relief bertema cerita fabel tentang Jataka. Di sisi Timur candi, terdapat dua buah Arca Makara yang terletak di kedua sisi tangga. Pintu gerbang candi juga memiliki ukiran Kala.

Ada juga ukiran-ukiran eksotis lainnya seperti relief tentang kera dan buaya, kura-kura dan Garuda yang sedang berlomba.

Daya Tarik Candi Sojiwan

Candi Sojiwan Klaten

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

 

Nikmati momen liburan kali ini dengan belajar sejarah tentang candi ini. Anda bisa mendapatkan informasi seputar sejarah candi ini dari petugas di sana.

Selain belajar sejarah candi, Anda dan pengunjung lainnya juga dapat mencoba berbagai aktivitas seru lainnya. Misal, memotret situs candi lengkap dengan pemandangan alam sekitarnya yang eksotik.

Jangan lupa untuk menambah koleksi foto diri Anda di pelataran candi ini. Dapatkan hasil selfie terbaik dengan latar belakang candi, lalu posting ke media sosial Anda.

Candi bukan satu-satunya spot foto yang bisa Anda jadikan spot andalan. Ada taman di samping candi dan area persawahan di depan candi yang juga menarik untuk referensi spot foto Anda berikutnya.

Daya tarik selanjutnya adalah wisata kuliner khas Klaten. Ada cukup banyak warung makan di tepi jalur utama kawasan candi. Warung-warung ini menjual beragam kuliner khas Klaten dan kuliner Nusantara lainnya.

Fasilitas Candi Sojiwan

Ketika memasuki kompleks wisata candi ini, fasilitas pertama yang akan Anda jumpai adalah ruang informasi. Fasilitas ini mudah Anda temui di wisata candi lainnya seperti Candi Borobudur dan candi-candi terkenal lainnya.

Fasilitas lainnya adalah area parkir yang luasnya sebenarnya tidak seberapa. Akan tetapi dapat menampung puluhan sepeda motor. Sementara untuk area parkir mobil, sementara ini masih menggunakan lahan milik warga.

Ada juga fasilitas toilet umum dan warung wisata. Untuk fasilitas toilet, terletak di dalam kompleks wisata candi, sedang untuk fasilitas warung wisata, Anda hanya bisa menjumpainya di luar kompleks candi.

Fasilitas gazebo juga tersedia di area taman candi meski jumlahnya tak banyak. Gazebo-gazebo ini tentu menjadi spot yang nyaman untuk istirahat sambil menikmati pemandangan candi dan menyantap oleh-oleh khas Klaten yang tahan lama.

Harga Tiket Masuk Candi Sojiwan

Wisata Candi Sojiwan Klaten

Jelajah candi akan terasa semakin menyenangkan setelah mengetahui harga tiket masuk yang sangat murah. Dengan hanya mengisi buku tamu dan membeli tiket, Anda bebas eksplorasi seluruh area candi dan sekitarnya.

Berikut adalah info HTM terbaru di tempat wisata Klaten ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00/ orang
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Candi Sojiwan

Lokasi Candi Sojiwan

Candi Budha ini berada di Kwaron, Kb. Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Jika dari Klaten, rute yang harus Anda lalu untuk tiba di candi ini bisa melalui Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Rute ini akan jauh lebih mudah Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bagi Anda yang tidak memiliki atau tidak membawa kendaraan pribadi, sewa mobil murah di Salsa Wisata akan menjadi solusi terbaik.

Kami siap memberikan paket sewa mobil terbaik untuk Anda . Salah satunya adalah paket rental mobil murah di Klaten yang cocok sekali untuk liburan keluarga.

Jam Operasional Candi Sojiwan

Kompleks wisata candi ini buka setiap hari, termasuk hari libur nasional dengan jam operasional dari pukul 06.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Untuk merasakan momen liburan yang memuaskan, sebaiknya Anda pilih waktu terbaik untuk liburan. Jangan lupa juga untuk menggunakan jasa Salsa Wisata untuk mengakomodasi liburan Anda.

Dengan memilih paket traveling terbaik yang tersedia, momen liburan nyaman, aman, dan menyenangkan bukan lagi sekedar impian.

Bersama Salsa Wisata, liburan ke Candi Sojiwan dan tempat menarik lainnya pasti akan terasa jauh lebih menyenangkan. Jadi tunggu apalagi, ajak keluarga dan kerabat Anda untuk liburan bersama Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Klaten



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)