SalSari Resto & Coffee

Kota-kota lain juga banyak yang menawarkan wisata alam yang elok. Salah satunya adalah Majalengka. Pernah dengar soal Cikadongdong River Tubing? Dari namanya, Anda mungkin sudah menduga bahwa tempat ini kurang lebih sama seperti Goa Pindul Cave Tubing di Jogja.

Memang tidak salah. Cuma, banyak yang bilang bahwa river tubing di Cikadongdong ini jauh lebih menantang dan ekstrim. Pasalnya, Anda bukan cuma sekadar susur gua, tapi sungai yang arusnya deras.

Sekilas Tentang Cikadongdong River Tubing

wisata Cikadongdong River Tubing

Cikadongdong River Tubing merupakan salah satu tempat wisata Rajagaluh terkenal. River tubing sendiri adalah kegiatan alam yang berupa susur sungai. Menyusur sungai di sini tidak dengan perahu karet seperti arung jeram, tapi dengan ban dalam yang sudah dimodifikasi.

Ban dalam itu berfungsi sebagai pelampung. Anda wajib menggunakan ban ini karena ini adalah bagian dari perlengkapan keselamatan, sama seperti jaket pelampung dan helm.

Memang aktivitas ini belum begitu banyak dikenal. Namun, bagi yang sudah pernah mencobanya, pasti ketagihan. Itulah sebabnya river tubing banyak dijadikan daya tarik bagi wisata sungai di Indonesia.

Salah satunya adalah Cikadongdong River Tubing, salah satu tempat wisata di Majalengka. Selain itu, di sini juga ada Landak River dan Sungai Oyo. Kalau Anda tertarik untuk mencoba susur sungai dengan pelampung ban dalam ini Anda bisa sekalian melihat kecantikan sungai.

Arus di sungai ini sendiri bervariasi, tergantung tempatnya. Ada tempat yang arusnya deras dan ada yang tenang. Cocok bagi Anda yang senang olahraga yang memompa adrenalin.

Bukan cuma sekadar susur sungai, kalau ke sini, Anda juga bisa sekalian healing di tempat wisata alam Majalengka kekinian yang masih sejuk dan asri ini. Suasananya masih sangat alami. Tak heran kalau tempat ini jadi viral.

Kalau Anda tidak ingin melakukan river tubing, Anda juga bisa duduk-duduk santai sambil menggelar alas duduk di tepi sungai.

Harga Tiket Masuk Cikadongdong River Tubing

Sebetulnya, untuk bisa masuk dan menikmati pemandangan sungai Cikadongdong saja, Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Bila ingin bermain river tubing, baru harus menyiapkan budget yang lebih. Namun tenang saja, biayanya terjangkau, kok. Berikut ini rincian wahana Cikadongdong river tubing:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp2.000,00
River tubing hari kerja jarak 250 meter Rp25.000,00
River tubing akhir pekan jarak 250 meter Rp35.000,00
River tubing jarak 1 kilometer Rp85.000,00

Rute Menuju Cikadongdong River Tubing

sungai cikadongdong

Cikadongdong River Tubing ada di Jalan Desa Payung, Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Kalau dari arah Kadipaten, Anda bisa lewat Raja Galuh. Akses jalannya tapi sarat akan tanjakan dan cukup berliku.

Jadi, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Apalagi jalannya tidak lebar, cuma muat satu mobil saja. Nah, daripada repot-repot, lebih baik Anda menggunakan jasa rental mobil Avanza plus driver. Anda pun tidak perlu menyetir, karena sopirnya yang akan mengantarkan Anda sampai ke tempat tujuan.

Daya Tarik Cikadongdong River Tubing

Meskipun tidak semua orang suka olahraga ekstrim, Cikadongdong River Tubing ini tetap tidak pernah sepi pengunjung. Itu karena objek wisata ini punya segudang daya tarik. Di antaranya adalah:

Menyusuri Sungai Cikadongdong

susur sungai Cikadongdong River Tubing

River tubing sendiri adalah olahraga pemompa adrenalin yang bisa jadi alternatif selain arung jeram. Keduanya sama-sama mengharuskan Anda untuk mengikuti arus sungai. Bedanya, kalau river tubing, Anda hanya menggunakan ban dalam yang dimodifikasi dengan tali, sehingga terlihat seperti ular.

Nantinya, Anda akan naik ke pelampung dengan posisi setengah terbaring. Kaki dan tangan Anda harus ada di sekeliling ban. Anda juga harus memegang tali yang ada.

Ban-ban yang lain bisa dinaiki oleh rombongan Anda, minimal lima orang. Di sini, Anda tidak perlu pakai dayung seperti arung jeram. Anda hanya tinggal mengikuti arus. Di sinilah Anda bisa sekalian menikmati keindahan sungai Cikadongdong dan alam sekitar.

Pohon-pohon di sini masih dihuni hewan-hewan liar kecil, jadi suasananya memang masih alami. Inilah yang membuat pengunjung yang masih belum berpengalaman river tubing pun akhirnya akan tergoda juga untuk mencoba.

Mencoba Pengalaman River Tubing

Cikadongdong River Tubing

Mengapa Sungai Cikadongdong menjadi lokasi river tubing? Karena sungai ini punya medan yang beraneka ragam. Di beberapa tempat, arusnya masih tenang dan tekstur sungainya landai.

Di titik inilah Anda bisa menikmati pemandangan sekitar. Namun di beberapa tempat, ada juga medan yang arusnya deras. Anda akan dibawa menuju arus yang lebih deras. Sesekali akan terlihat jelas gelombang air karena ada turunan di beberapa tempat di sungainya.

Yang paling seru adalah ketika Anda melewati turunan ini. Bebatuan sungai pun juga jadi tantangan tersendiri. Kadang pelampung Anda memang akan menabrak batu-batu sungai tersebut. Malah, tak jarang pelampung juga jadi terbalik karena benturan dengan batu yang cukup keras.

Namun jangan khawatir. Tiap tim akan ditemani oleh seorang profesional. Di beberapa titik yang berbahaya, petugas akan siap membantu.

Bersantai di Tepi Sungai

bersantai di Cikadongdong River Tubing

Kalau Anda lebih suka menikmati pemandangan sungai Cikadongdong tanpa ikut masuk ke dalamnya, Anda bisa duduk saja di pinggirnya. Pemandangannya dari sini sangat mempesona.

Sungai ini merupakan sumber mata air pegunungan. Jadi tak heran kalau airnya sangat jernih. Sungainya juga tidak terlalu dalam, jadi Anda bisa melihat ke dasarnya. Sesekali akan tampak juga ikan-ikan kecil yang berenang.

Anda boleh juga berpiknik di pinggir sungai ini. Kami sarankan untuk membawa bekal sendiri, karena memang tidak ada kedai makanan di sekitar sungai.

Wisata Kuliner

Meskipun tidak ada kedai dan warung makan di sekitar sungai, pengunjung telah disediakan menu paket makan. Di sini, Anda bisa mencicipi makanan khas Sunda kekinian yang sambelnya terkenal lezat.

Harga paket makannya sendiri cukup murah. Anda sudah bisa makan enak hanya dengan kisaran harga Rp45.000,00-Rp60.000,00. Anda bisa menikmatinya bersama rombongan.

Fasilitas Cikadongdong River Tubing

resto Cikadongdong River Tubing

Secara keseluruhan, fasilitas yang tersedia di sini bisa terbilang sudah cukup lengkap. Meskipun tempat ini masih dikelola oleh penduduk sekitar, pengunjung tidak akan merasa kekurangan saat main di sini.

Fasilitas utama adalah perlengkapan keselamatan berikut guide profesional untuk membantu para wisatawan. Bahkan, safety and guide di sini standarnya sudah internasional. Jadi Anda yang baru pertama kali mencobanya juga tidak perlu khawatir.

Perlengkapan keselamatannya berupa pelindung kaki dan tangan, helm berkualitas tinggi, dan pelampung. Sedangkan untuk fasilitas standarnya, ada lahan parkir yang luas, toilet yang bersih, dan akses jalan menuju tempat lokasi yang sudah dibenahi. Jadi, Anda bisa mencapai lokasi river tubing ini dengan nyaman.

Tak lupa rest area berbentuk resto siap menyambut kedatangan Anda dengan berbagai cemilan hangat setelah lelah menyusuri Sungai Cikadongdong.

Jam Operasional Cikadongdong River Tubing

Cikadongdong River Tubing mulai beroperasi dari pukul 09.00 WIB sampai 16.30 WIB setiap harinya. Memang tidak kami sarankan untuk melakukan susur sungai ketika hari sudah menjelang malam, karena di sini belum ada penerangan yang memadai. Bisa berbahaya.

Pulangnya, jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh khas Jawa Barat tahan lama terdekat. Ada banyak pilihan barang atau makanan yang bisa Anda bawa pulang untuk diberikan kepada tetangga.

Nah, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Sungai Cikadongdong? Kalau ya, Anda bisa memesan perjalanan Anda ke Majalengka lewat Salsa Wisata. Di Salsa Wisata, ada paket wisata yang bisa Anda pilih.

Paket wisata ini sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi. Jadi, Anda bisa liburan tanpa repot. Hubungi Salsa Wisata sekarang untuk info lebih lanjut.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)