SalSari Resto & Coffee

Sebagai kota yang juga dikenal dengan sebutan Paris van Java, Bandung memang terkenal sejak dulu karena kecantikannya. Tak heran tempat wisata hits di Bandung selalu kebanjiran pengunjung.

Selain itu, ada banyak juga tempat-tempat bersejarah di Bandung yang sayang untuk dilewatkan. Nah, kalau Anda sudah menjelajah Bandung, tidak ada salahnya menjelajah Ciwidey Valley.

Bagi kebanyakan orang, begitu mendengar kata “Ciwidey”, mereka past teringat Kawah Putih yang terkenal itu. Memang, sebagai bagian dari Bandung, Ciwidey sangat terkenal akan keasrian alamnya.

Kalau Anda sudah pernah ke Kawah Putih, kali berikutnya ke Ciwidey, Anda harus datang ke Ciwidey Valley. Sebetulnya ini bukan semata-mata objek wisata alam. Ini adalah sebuah resort atau penginapan mewah yang sedang hits di kalangan wisatawan.

Tempat ini selalu ramai, terutama di musim liburan. Berlokasi di dataran tinggi membuat tempat ini jadi terasa sejuk. Makanya banyak orang yang ingin merasakan sensasi menginap di sini.

Sekilas Tentang Ciwidey Valley

Ciwidey Valley Resort

Ada alasan mengapa pengelola memutuskan Ciwidey Valley sebagai resort. Itu karena konsep wisata yang disajikan memang begitu unik. Wahana-wahana yang tersedia juga sangat banyak, jadi tidak mungkin Anda bisa menghabiskan waktu hanya sehari saja untuk mengulik tempat ini.

Pengunjung yang datang ke resort ini bisa memilih paket wisata yang ada. Dalam paket tersebut, Anda bisa menikmati berbagai pilihan ini:

  • Spot-spot foto
  • Glamping
  • Hotel, resort, dan penginapan
  • Resto
  • Sumber mata air panas

Ada tiga tipe penginapan di sini:

  1. Glamping. Ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi berkemah tapi dengan fasilitas lengkap nan mewah. Berkemah di sini berarti Anda tidak perlu bawa tenda lagi. Sudah tersedia tenda yang cantik berisi fasilitas memadai di dalamnya. Jadi, meski Anda tidur langsung di bawah langit, Anda tetap merasa nyaman, seolah sedang tidur di hotel.
  2. Cottage. Ini adalah pilihan lain kalau Anda lebih suka menginap di tempat tertutup dengan fasilitas mewah. Menginap di cottage serasa tinggal di rumah sendiri, karena memang suasananya sangat nyaman. Ada akses Wifi, LED TV, dan AC sebagai fasilitas utamanya.
  3. Deluxe. Tipe penginapan ini cocok untuk Anda yang ingin staycation, atau yang berlibur bersama keluarga. Ini adalah kamar hotel mewah yang cukup untuk keluarga. Dilengkapi dengan beranda pribadi, kamar hotelnya lebih terasa seperti rumah super mewah.

Fasilitas Ciwidey Valley

playground anak Ciwidey Valley Resort

Sebagai tempat wisata yang luas dan lengkap, area ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai:

  1. Restoran dengan menu lengkap dan rasa yang menggugah selera
  2. Function hall
  3. Taman bermain anak
  4. Taman burung
  5. Mini zoo
  6. Kolam renang
  7. Spa
  8. Berbagai wahana dan spot foto

Untuk fasilitas umumnya sendiri meliputi area parkir, toilet, layanan resepsionis 24 jam, dan koneksi wifi di seluruh area.

Harga Tiket Masuk dan Penginapan Ciwidey Valley

Tiket masuk Ciwidey Valley sendiri tidak mahal. Namun, Anda harus menyiapkan uang ekstra jika ingin menginap di sini. Berikut ini rincian tarif harganya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Ciwidey Valley Rp15.000,00
Hot Spring Rp50.000,00
Kamar Tipe Deluxe Rp850.000,00
Kamar Tipe Superior Rp1.500.000,00
Cottage Tipe Standard Rp850.000,00
Cottage Tipe Family Rp1.500.000,00
Glamping Tenda Deluxe Rp1.050.000,00
Glamping Tenda Family Rp1.200.000,00
Glamping Tenda Luxury 1 Lantai Rp2.500.000,00
Glamping Tenda Luxury 2 Lantai Rp3.200.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00 – Rp5.000,00

Tiket masuk hot spring tidak berlaku bagi pengunjung yang menginap. Dengan kata lain, jika Anda menginap di sini, Anda bisa menikmati hot spring secara gratis.

Rute Menuju Ciwidey Valley

penginapan Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley terletak di Jl. Raya Barutunggul KM. 17, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jaraknya dari pusat kota Bandung yaitu kira-kira 39 kilometer. Dari kota Bandung, Anda bisa gunakan jalan tol Saroja dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.

Anda bisa gunakan jasa rental mobil Innova plus driver Bandung untuk mengantarkan Anda ke lokasi. Sebetulnya, tempat ini tidak jauh dari pusat kota Bandung asal Anda tahu jalannya.

Bagi wisatawan di Bandung, tentu sulit untuk menghafal jalan. Maka itu, disarankan Anda menyewa mobil bersama supir.

Daya Tarik Ciwidey Valley

Ada banyak alasan mengapa Anda harus berkunjung ke Ciwidey Valley. Bukan cuma staycation saja, ini yang bisa Anda dapatkan:

Berendam di Kolam Air Panas

kolam renang Ciwidey Valley Resort

Daya tarik utama tempat ini yaitu wisata airnya. Ada waterpark dan kolam renang yang bisa memanjakan anak-anak. Nah, untuk orang dewasa, Anda bisa menikmati hot spring alias sumber mata air panas.

Di tengah alam terbuka, dalam cuaca dingin khas Ciwidey, Anda bisa berendam air panas. Berendam air panas dipercaya bisa menghilangkan pegal-pegal di tubuh. Rasanya seperti dipijat. Rasakan sendiri nikmatnya.

Glamping

glamping Ciwidey Valley Resort

Bukan cuma sekadar berkemah, di sini Anda bisa glamping alias glamour camping. Ini adalah daya tarik lainnya dari Ciwidey. Glamping di sini sedikit berbeda dari glamping-glamping di tempat lain.

Di sini, glampingnya di dalam kontainer. Sensasinya kurang lebih sama seperti tidur di dalam tenda, tapi lebih luas. Jangan khawatir akan terasa pengap. Di dalam kontainernya, ada banyak fasilitas pendukung untuk memastikan kenyamanan Anda.

Bentuk kontainernya juga sudah ditata dengan apik, sehingga sekilas terlihat mirip rumah hobbit. Kalau Anda lebih suka glamping konvensional, ada juga lho glamping dengan tenda.

Anda bisa pilih, mana yang lebih Anda suka. Apapun tipenya, area menginapnya ada di tempat terbuka yang luas dan hijau, dikelilingi pemandangan alam yang memukau.

Berfoto di Banyak Spot Menarik

spot foto Ciwidey Valley Resort

Ada banyak titik-titik yang memang disediakan bagi pengunjung untuk berfoto. Seperti misalnya, replika gunung yang benar-benar mengeluarkan asap layaknya gunung berapi, jembatan melengkung yang estetis, dan patung dinosaurus.

Bahkan meski bukan di spot foto, Anda juga bisa kok mengambil foto di tiap sudut tempat ini. Pemandangan alamnya cocok untuk jadi latar belakang foto.

Berkeliling Kebun Binatang

Ada mini zoo juga yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Dengan hewan-hewan yang ramah, Anda bisa berfoto bersama mereka. Hewan-hewan di sini bisa diajak berinteraksi. Dijamin anak-anak tidak akan bosan berkeliling di sini.

Tidak seperti Lembang Park and Zoo yang areanya sangat luas, mini zoo bisa dikelilingi dengan jalan kaki tanpa capek. Jangan lupa kunjungi taman burung dan taman bermainnya. Setelah puas melihat-lihat koleksi binatangnya, Anda bisa lanjut isi perut di restorannya.

Wisata Kuliner

Ciwidey Valley Resto

Sebuah tempat wisata akan terasa kurang tanpa tempat untuk wisata kuliner. Konsep itu juga dipahami oleh tim pengelola tempat ini. Maka disediakan resto dengan beragam menu yang khas untuk memanjakan lidah Anda.

Pilihan menunya lengkap, dari mulai hidangan pembuka, menu utama, sampai pencuci mulut. Ada juga berbagai jenis minuman yang bisa dinikmati semua anggota keluarga. Destinasi ini bisa menjadi tempat wisata kuliner Bandung kekinian.

Jam Operasional Ciwidey Valley

Ciwidey Valley buka selama 24 jam dalam seminggu. Anda bisa datang kapan saja, apalagi jika Anda sudah reservasi penginapan. Jika Anda tidak menginap, disarankan untuk datang sepagi mungkin, sehingga Anda bisa menikmati sebagian besar wahana yang tersedia tanpa harus pulang kemalaman.

Pulangnya jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh khas Bandung makanan terdekat. Ada banyak makakan khas yang bisa Anda bawa pulang untuk diberikan kepada tetangga atau saudara di rumah.

Bingung mengatur jadwal kunjungan destinasi wisata saat sedang di Bandung? Tenang, Anda bisa gunakan jasa Salsa Wisata. Kami adalah agen wisata terbaik yang melayani perjalanan liburan di seluruh Indonesia, termasuk di Bandung.

Kami bisa mengantar Anda ke tempat wisata manapun, termasuk Ciwidey Valley dengan paket wisata Bandung murah yang kami tawarkan. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa berlibur dengan nyaman dan bebas repot.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (5 votes)