SalSari Resto & Coffee

Sukabumi adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang kaya akan potensi wisata alam. Anda mungkin sudah pernah ke pantai pelabuhan ratu di sini. Namun, Sukabumi dengan alamnya yang kaya bukan cuma pantai. Ada banyak bentang alam cantik lainnya yang harus Anda eksplor. Sudah pernah dengar soal Curug Cikanteh?

Nah, curug yang satu ini masih masuk ke dalam kawasan Geopark Ciletuh. Anda mungkin sudah tahu soal wisata cantik dan kekinian ini.

Geopark Ciletuh merupakan kawasan wisata yang sangat luas, dengan total luas 1.261 kilometer persegi dan mencakup 8 kecamatan. Objek wisata di sini ada sekitar 50, bukan cuma curug saja. Hampir semua tempat wisata hits Sukabumi ada di sini.

Sekilas Tentang Curug Cikanteh

batuan besar di curug cikanteh

Dalam bahasa Sunda, curug itu berarti air terjun. Curug Cikanteh menyajikan panorama alam yang spektakuler. Bukan cuma sekadar air terjun, curug ini merupakan air terjun tingkat tiga!

Dengan ketinggian kira-kira 60 meter, debit airnya cukup deras. Air yang mengalir turun itu laksana tirai yang menutupi bebatuan di baliknya.

Di bawah air terjun tertinggi ada patahan air terjun kecil. Inilah yang membentuk tingkatan. Air terjun ini berasal dari sungai Cikanteh. Itulah sebabnya curug ini diberi nama Cikanteh.

Meskipun pada dasarnya curug ini bernama Cikanteh, tiap tingkat curug rupanya punya nama yang berbeda-beda. Tingkat paling dasar diberi nama Curug Sodong, sedangkan tingkatan yang kedua namanya curug Ngelai.

Cikanteh disematkan pada sebagai nama bagi curug yang paling tinggi. Nah, Anda tidak perlu datang ke tiga tempat berbeda untuk bisa menikmati tiga curug. Cukup datang ke sini dan Anda sudah bisa menikmati banyak tempat wisata sekaligus.

Bukan cuma pemandangan air terjun saja, ada juga pepohonan rimbun yang mengelilingi kawasan curug ini. Jadi, kalau ke sini, Anda bisa merasakan gemuruh air terjun sambil merasakan udara khas hutan yang sejuk.

Pas sekali untuk Anda yang ingin healing. Ada banyak spot foto alami yang patut Anda abadikan juga. Secara umum, air terjun Cikanteh ini dikelola oleh masyarakat sekitar, bukannya oleh pemerintah.

Meskipun begitu, tempat ini sangat terawat. Kebersihannya juga sangat terjaga. Lingkungannya yang masih asri membuat pengunjung tertarik untuk datang dan bahkan mendirikan tenda untuk menginap.

Harga Tiket Masuk Curug Cikanteh

Untuk bisa menikmati keindahan curug, Anda harus membayar tiket. Namun harganya sebanding dengan keindahan yang Anda dapatkan. Berikut ini rincian harga tiket masuk Curug Cikanteh.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp2.500,00
Parkir mobil Rp10.000,00
Parkir motor Rp5.000,00

Rute Menuju Curug Cikanteh

wisata curug cikanteh

Curug Cikanteh ini ada di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Kalau Anda berangkat dari pusat kota Sukabumi, butuh waktu kira-kira 3 jam untuk bisa sampai ke sini. Jarak yang sama kalau Anda menempuhnya dari Sparks Forest Adventure.

Dari kota, Anda hanya harus menuju ke kecamatan Ciemas. Dari situ, bisa lanjut ke Dusun Cikanteh yang memakan waktu kira-kira 1 jam. Kondisi jalan dari Ciemas ke Cikanteh masih ada yang belum beraspal.

Medannya pun menanjak. Anda harus melewati hutan tropis yang lebat dan juga lembap. Memang terdengar sulit. Apalagi tidak ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan Anda sampai tepat di depan lokasinya.

Karena itu, kalau Anda tidak membawa kendaraan pribadi, kami sarankan untuk menggunakan jasa rental mobil Avanza plus driver atau sewa bus pariwisata kalau pergi bersama rombongan.

Jadi, Anda bisa sekalian mampir ke toko oleh-oleh untuk beli oleh-oleh khas Jawa Barat tahan lama. Ada banyak pilihan barang yang bisa Anda bawa pulang untuk diberikan ke tetangga di rumah.

Daya Tarik Curug Cikanteh

Dijamin, Anda tidak akan bosan menghabiskan waktu di Curug Cikanteh. Bukan cuma sekadar melihat pemandangan air terjun tiga tingkat, ini beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan:

Berenang

berenang di Curug Cikanteh

Kolam alami yang terdapat di bawah curug ini begitu sayang untuk dilewatkan. Airnya sangat jernih, tapi juga dingin. Namun kesejukan itu justru bisa membuat tubuh jadi terasa segar.

Tenang saja, kolam curug ini masih dalam batas aman. Namun, memang kedalamannya berbeda-beda, seperti umumnya kolam alami. Rata-rata tingginya sedada orang dewasa. Kalau Anda mengajak anak-anak, sebaiknya lengkapi juga dengan pelampung.

Bermain Air

Kalau Anda tidak mau mencebur ke dalam kolam, Anda juga bisa bermain air di sekitar curug. Ada banyak batu besar di sekitar air terjun. Anda bisa duduk-duduk di batu tersebut sambil menikmati keasrian alam dan merasakan cipratan air terjun ke tubuh.

Ada juga aliran air yang tidak begitu dalam di batu-batu besar tersebut. Di sini, Anda bisa bebas bermain air. Area ini lebih cocok untuk anak-anak, karena air di batu-batu besar ini lebih menyerupai genangan alih-alih kolam.

Hunting Foto

berfoto di curug cikanteh

Meski tidak ada spot foto buatan yang biasanya sering menghiasi tempat wisata alam, bukan berarti curug ini jadi kurang indah. Malah, suasananya yang masih alami itulah yang membuatnya jadi menarik.

Setiap sudut tempat ini bisa jadi spot foto yang instagramable. Cobalah untuk berpose di atas batu besar di depan air terjun, kemudian ambil foto dengan latar belakang air terjun Cikanteh yang megah. Ini adalah spot foto favorit pengunjung.

Trekking

trekking Curug Cikanteh

Untuk bisa menuju air terjun ini, Anda harus jalan kaki terlebih dahulu dari tempat parkir. Meskipun begitu, trekking menuju air terjunnya tidak akan terasa melelahkan, karena Anda akan disajikan dengan pemandangan asri nan menghijau di kanan kiri jalan.

Perjalanan menuju air terjun memang tidak mudah. Medannya menanjak. Memang terdengar melelahkan. Maka itu, sebelum berwisata ke sini, pastikan kondisi tubuh Anda sedang fit. Gunakan juga sepatu karet yang nyaman, karena di beberapa tempat, jalannya licin.

Fasilitas Curug Cikanteh

fasilitas Curug Cikanteh

Karena objek wisata ini dikelola oleh masyarakat setempat, jadi memang fasilitas yang tersedia masih minim. Beberapa fasilitas yang sudah bisa Anda nikmati yaitu ada area parkir, jembatan penghubung, toilet, dan warung makan yang menjual aneka makanan khas Jawa Barat kekinian.

Jam Operasional Curug Cikanteh

Curug Cikanteh buka setiap hari selama 24 jam penuh. Namun, sebaiknya Anda sudah harus pulang sebelum pukul 17.00 WIB, karena area wisata ini masih belum diberi penerangan yang memadai. Di malam hari, tempat ini gelap gulita. Berbahaya untuk berjalan di area yang licin dan gelap.

Kalau mau berkunjung, sebaiknya lakukan di pagi dan siang hari, dan di musim kemarau. Nah, tertarik untuk datang? Anda bisa memesan perjalanan liburan Anda ke Sukabumi lewat Salsa Wisata. Salsa Wisata punya banyak paket wisata di berbagai kota di Indonesia.

Mengapa harus pesan paket wisata? Pertama, Anda jadi tidak repot. Penginapan, tiket wisata, makan, dan transportasi sudah termasuk ke dalam fasilitas yang akan Anda dapatkan. Kedua, harganya juga lebih murah ketimbang Anda harus memesan semuanya sendiri-sendiri. Paket wisata kami sifatnya fleksibel, dan masih bisa Anda custom.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)