SalSari Resto & Coffee

Bogor memang kaya akan wisata alamnya. Bahkan masih banyak tempat wisata di Bogor dengan konsep alam yang masih alami. Misalnya seperti Curug Cipamingkis yang berada di kecamatan Sukamakmur.

Objek wisata ini sedang viral dan menjadi primadona baru sebagai alternatif jika wisata puncak terlalu padat. Curug ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan sekaligus menenangkan.

Sekilas Tentang Curug Cipamingkis

Pertemuan Sungai Cisarua dan Sungai Cipamingkis membentuk aliran baru yang kemudian sampai di Curug Cipamingkis Bogor. Kawasan wisatanya sendiri menempati lahan seluas 16,5 hektar.

Di sini wisatawan dapat melihat keindahan curug, suasana yang tenang dan alami serta merasakan sensasi menginap di dekat curug. Kawasan wisata ini memang sangat profesional dan pengelolaannya maksimal.

Sehingga kegiatan wisata di sini bukan hanya air terjun dan berfoto, melainkan ada wahana permainan hingga penginapan atau glamping. Ada juga kolam renang, taman dan banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Curug Cipamingkis

Tiket masuk Curug Cipamingkis berbeda antara wisatawan lokal dan mancanegara. Tapi, semuanya masih sangat terjangkau termasuk harga makanan khas Bogor yang ada di sini. Tiket masuk belum termasuk parkir.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Hari Biasa Rp35.000,00
Tiket Masuk Akhir Pekan Rp40.000,00
Tiket Masuk Turis Mancanegara Rp50.000,00
Sewa Camping Ground (Weekday dan Weekend) Rp25.000,00

Rute Menuju Lokasi Curug Cipamingkis

Lokasi Curug Cipamingkis

Lokasi Curug Cipamingkis berada di Jl. Puncak Dua, Jonggol, Wargajaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Jika dari Sentul City, jaraknya sekitar 32 km. Sedangkan dari Bekasi – Jonggol, sekitar 50 km.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa untuk bisa sampai ke sini. Akses menuju kawasan wisata pun sudah dalam kondisi bagus karena jalan beraspal. Hanya saja ada beberapa tanjakan.

Oleh sebab itu, pastikan kendaraan dalam keadaan prima dan driver cukup berpengalaman. Setelah dari lokasi parkir, jarak ke air terjun juga tidak terlalu jauh sehingga bisa Anda tempuh sambil berjalan kaki.

Agar semakin mudah mencapai lokasi curug, Anda bisa manfaatkan layanan rental hiace Bogor. Sopir yang siap mengantar serta mobil yang nyaman sangat cocok untuk Anda yang datang bersama rombongan.

Jam Buka Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis buka setiap hari mulai pagi hingga sore hari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Sedangkan bagi yang menginap, bisa datang jam berapa saja bahkan di malam hari sekalipun.

Jika datang di akhir pekan, sebaiknya datang dari pagi hari agar suasana masih cukup sepi dan lebih puas. Kemudian, setelah dari curug bisa melanjutkan perjalanan ke pusat oleh-oleh khas Bogor.

Fasilitas Curug Cipamingkis

Fasilitas Curug Cipamingkis

Fasilitas Curug Cipamingkis sangat lengkap. Ada area parkir yang luas untuk kendaraan roda dua, empat hingga medium bus. Kamar mandi, toilet hingga mushola juga tersedia. Semuanya terjaga dan terawat dengan baik.

Fasilitas lain ada kolam terapi ikan, kolam renang, taman, glamping dan camping ground. Jangan lupakan juga wisata kuliner Bogor di sekitar curug yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman.

Bahkan sudah ada petugas medis yang siap melayani pengunjung jika ada masalah terkait kesehatan atau kecelakaan saat berwisata. Semua fasilitas lengkap ini tentunya akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Daya Tarik Curug Cipamingkis

Wisatawan yang datang ke curug memang akan merasa betah dengan fasilitas yang sangat lengkap. Bahkan, untuk glamping fasilitasnya seperti hotel sehingga sangat nyaman.

Keindahan Curug

Air terjun atau curug ini berada di area yang masih sangat alami dengan berbagai pepohonan lebat dan tinggi. Dulunya, kawasan wisata ini merupakan area persemaian hutan pinus. Sehingga, ada banyak pohon pinus di sini.

Ketinggian air terjun hanya sekitar 7 meter dan aliran airnya bersumber dari Gunung Halimun Timur. Kualitas airnya bersih dan jernih serta cukup dingin. Sehingga, berada di dekat air terjun Anda akan merasakan sensasi dingin.

Ada cukup banyak aktivitas yang bisa pengunjung lakukan untuk menikmati keindahan Curug Cipamingkis. Ada yang bermain air di dekat air terjun, berfoto hingga duduk memandangi dan merasakan aroma khasnya.

Jika ingin bermain air di dekat air terjun, sebaiknya untuk hati-hati karena permukaan batu yang licin. Selain itu, tetap jaga kebersihan sehingga kealamiannya tetap terjaga dengan baik.

Spot Foto Instagramable

Spot Foto Curug Cipamingkis

Pihak pengelola telah melengkapi kawasan wisata air terjun Cipamingkis dengan berbagai spot foto instagramable. Seperti misalnya spot dekat air terjun yang menjadi daya tarik utama tempat ini.

Selain itu, pengunjung wisata curug juga bisa berfoto di monumen berupa kerangka bintang berukuran raksasa. Ada juga spot foto I Love U yang cocok sebagai latar untuk berfoto.

Ketiga, ada Taman Baratayudha dengan patung Kresna yang menjadi ikonnya. Sosok Kresna tampak menaiki kereta perang lengkap dengan beberapa kuda yang menariknya. Bahkan, terdapat air mancur di sini.

Keempat, spot foto berikutnya adalah Jembatan Cinta yang terbuat dari bambu dan berada di atas sungai. Dari jembatan ini pengunjung bisa melihat keindahan area sekitar air terjun. Di sini, ada juga anjungan Perahu Asmara.

Kelima, di kawasan hutan pinus ada rumah pohon, jembatan gantung dan banyak lagi. Semua spot foto ini bebas biaya sehingga wisatawan bisa berfoto sepuasnya.

Kolam Terapi Ikan

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi terapi ikan, datang saja ke area yang sudah tersedia. Area kolam terapi ikan ini cukup luas sehingga cukup untuk banyak orang.

Mulanya, saat mencelupkan kaki di kolam rasanya cukup geli, tapi lama kelamaan mulai terbiasa. Ikan-ikan kecil akan mengerumuni area kaki mulai dari mata kaki, sela jari kaki, ujung jari hingga area punggung kaki.

Terapi ini akan dapat menyehatkan kulit kaki karena berbagai kuman atau mikroba akan hilang. Ikan yang mengerumuni kaki itu sebenarnya sedang memakan mikroba atau bakteri dan kuman yang ada di kaki.

Camping dan Glamping

Glamping Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis memiliki camping ground yang bisa pengunjung sewa untuk mendirikan tenda dan bermalam. Suasana saat malam terasa romantis dan syahdu dengan udara yang sejuk dan kerlap-kerlip lampu.

Camping ground ini juga cocok untuk kegiatan outbound Anda bersama rombongan keluarga atau teman kerja. Sehingga jika Anda dan rombongan ingin mengadakan kegiatan gathering yang seru, tempat ini bisa jadi pilihan.

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan fasilitas lebih, bisa menyewa glamping. Glamping ini hadir dengan beberapa pilihan. Semuanya menawarkan fasilitas mewah dan berkesan, sangat cocok untuk keluarga.

Anda bisa memanfaatkan jasa dari Salsa Wisata yang dapat menjadi partner terbaik untuk berlibur ke Curug Cipamingkis. Ada juga paket wisata lain untuk menjelajah berbagai destinasi wisata alam dan kekinian di Bogor.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)